JAKARTA, RadarPena.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkomitmen senantiasa meningkatkan kualitas layanan Information and Communication Technology (ICT) bagi masyarakat. Antara lain melalui program Telkom Modern City yang baru saja diresmikan di Kota Palangka Raya. Peresmian Palangka Raya sebagai Telkom Modern City dilaksanakan oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin di T-Cloud Palangka Raya, Jumat (18/8). 

Program yang ditujukan untuk mendukung pemanfaatan layanan ICT  tersebut menjadikan Palangka Raya sebagai ibu kota provinsi di Indonesia yang pertama memiliki infrastruktur 100% fiber optik. Selain itu, bersamaan dengan peresmian Telkom Modern City Palangka Raya, Telkom secara resmi mematikan (shutdown) empat Sentral Telepon Otomat (STO) di Kalimantan.

Peluncuran Telkom Modern City Palangka Raya mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah karena Telkom Modern City sejalan dengan program pemerintah provinsi dalam meningkatkan konektivitas antar kabupaten/kota di Kalimantan Tengah melalui jaringan komunikasi.  

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengungkapkan harapannya terhadap kemajuan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Provinsi Kalimantan Tengah setelah Telkom berhasil melakukan modernisasi jaringan di Kota Palangka Raya "Terwujudnya Palangka Raya sebagai ibukota provinsi pertama yang menjadi Telkom Modern City, menjadi bukti bahwa Kalteng siap menjadi kawasan modern. Secara infrastruktur telekomunikasi, kini Palangka Raya bisa bersaing dengan kota lain termasuk dengan kota di Pulau Jawa. Diharapkan, dengan coverage broadband di Kalteng yang mencapai 100 persen, akan memudahkan realisasi roadmap TIK dan menjadikan Kalimantan Tengah sebagai basis data center di Kalimantan,” ungkap Gubernur Kalimantan Tengah

Sementara itu, Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah mendukung terselesaikannya pemasangan jaringan 100% fiber optik. “Telkom mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kota Palangka Raya selama proses modernisasi berlangsung hingga saat ini jaringan 100% fiber optik telah selesai terpasang dan saat ini pelanggan TelkomGroup dan masyarakat Palangka Raya dapat menikmati digital experience terbaik,” ujar Zulhelfi Abidin.  Dengan total pelanggan Telkom di Palangka Raya sebanyak 12.156 pelanggan, proses pendirian Palangka Raya sebagai Modern City memakan waktu sekitar satu tahun. 

Zulhelfi Abidin  melanjutkan, Modern City merupakan program modernisasi jaringan tembaga ke jaringan fiber optik yang dapat mendukung peningkatan kualitas layanan ICT. “Program ini bertujuan agar pelanggan dapat menikmati layanan yang lebih baik karena kualitas layanan berbasis fiber optik mampu menghadirkan performa yang jauh lebih baik bahkan hingga ke tahapan Internet of Things (IOT) seperti home security, office security, transportation system, hingga government system yang mendukung penerapan smart city,” lanjut Zulhelfi Abidin.

Hingga pertengahan tahun 2017, dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, Telkom telah menghubungkan 12 kabupaten/kota dengan jaringan backbone serat optik. Sedangkan 2 kabupaten lainnya yaitu Kuala Kurun dan Sukamara saat ini sedang dalam proses penyelesaian pembangunan jaringan. Telah siapnya jaringan fiber optik mendukung berbagai layanan ICT antar kota akan menjadi sarana terwujudnya kabupaten/kota di Kalimantan Tengah sebagai smart city.

Selain itu, guna memberikan kemudahan kepada masyarakat Palangka Raya dalam mengakses informasi, Telkom juga telah membangun fasilitas Wifi Corner. Terdapat 14 lokasi titik akses Wifi Corner di kota Palangka Raya, antara lain berada di halaman kantor kantor Telkom (Wifi Corner  Imam Bonjol, A. Yani, Cempaka) dan area publik, antara lain Wifi Corner  Dermaga Kahayan,  dan STAIN.

Sistem telekomunikasi berbasis fiber optik di Palangka Raya ini akan memungkinkan digital lifestyle dapat langsung dinikmati oleh masyarakat mulai dari sektor rumah tangga. Selain itu, pelaku UMKM ataupun Industri lainnya di Palangka Raya dapat pula menikmati layanan digital ini untuk menggenjot produktivitas dan pemasaran produk. 

Lebih jauh, keberadaan infrastruktur fiber optik ini diharapkan mampu dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk memajukan perekonomian masyarakat Kota Palangka Raya. Sehingga, dengan semakin meningkatnya perekonomian masyarakat daerah, diharapkan kemajuan ekonomi digital nasional akan terakselerasi sesuai dengan cita-cita pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital di Asia Tenggara.(adv)  

 

ANYER, RadarPena.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pantai Anyer, Provinsi Banten. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga. Upacara yang diselenggarakan dengan semangat BUMN Hadir untuk Negeri dihadiri oleh Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi beserta jajaran direksi Krakatau Steel, Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin serta diikuti oleh barisan dari karyawan TelkomGroup dan Krakatau Steel, anggota veteran, tokoh-tokoh masyarakat serta pelajar di Anyer Provinsi Banten. 

Melalui upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, BUMN ingin menegaskan kembali komitmen untuk membangun negeri dan bertekad untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat. Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga menegaskan, “Program BUMN Hadir untuk Negeri merupakan kegiatan sinergi dari seluruh BUMN dengan tujuan agar keberadaan BUMN benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia.”

Sementara itu, Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi menjelaskan bahwa,  BUMN sudah selayaknya memberikan kontribusi nyata atas kehadirannya untuk masyarakat sekitar. Hal ini mengingat keberadaan BUMN salah satunya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Seusai upacara, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga bersama Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi menyerahkan penghargaan kepada 20 siswa Banten yang telah mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara. Selain itu, secara khusus Alex menyerahkan simbolis program Bedah Rumah Veteran kepada perwakilan anggota veteran. 

Melalui program Siswa Mengenal Nusantara, Telkom bersama dengan Krakatau Steel telah mengirimkan perwakilan pelajar Provinsi Banten ke Provinsi Lampung selama delapan hari mulai tanggal 19 Juli 2017. Para perwakilan siswa sebagai duta sekolah dan daerah diharapkan dapat saling bertukar informasi dan pengetahuan seputar seni budaya, sosial masyarakat dan ekonomi, sehingga bisa memperkuat rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Selanjutnya, Telkom bekerjasama dengan Kodam III/Siliwangi menggelar program bedah rumah bagi veteran. Program bedah rumah merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri yakni merenovasi rumah veteran agar menjadi layak huni. Dari target 150 rumah hingga akhir tahun ini, saat ini telah selesai direnovasi 75 unit rumah veteran.

Dalam semarak perayaan HUT Republik Indonesia ke 72, Telkom dan Krakatau Steel dalam kesempatan jalan sehat yang berlangsung di hari Minggu lalu juga menyerahkan bantuan senilai Rp 2,34 Milyar kepada masyarakat Provinsi Banten. Bantuan tersebut antara lain berupa fasilitas Broadband Learning Center (BLC), bantuan perbaikan jembatan dan jalan, sarana air bersih, bantuan pembinaan sanggar seni, bantuan untuk keluarga pra sejahtera serta bantuan khusus untuk masyarakat Badui.

Jalan Sehat 5K yang diselenggarakan di sekitar Alun-alun Kota Serang ini, diikuti lebih dari 20,000 peserta dan membagikan 72 paket hadiah menarik bagi peserta yang beruntung dengan Grand Prize  dua paket umroh dimana masing-masing paket untuk dua orang. Jalan sehat ini merupakan bagian dari implementasi Gerakan #AyoBerjalan yang akan dilaksanakan serentak oleh BUMN di 34 provinsi seluruh Indonesia. Selain itu, pada acara Jalan Sehat terdapat stand dari BUMN-BUMN dan UMKM binaan BUMN yang menampilkan beragam produk.

Kemeriahan perayaan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia ditutup dengan acara hiburan serta lomba-lomba khas 17-an, seperti Balap Karung, Tarik Tambang, dan Panjat Pinang. Kegiatan ini  diikuti  karyawan TelkomGroup dan Krakatau Steel serta perwakilan BUMN di Banten dan masyarakat sekitar Pantai Anyer.

 

TANGERANG, RadarPena.com - Pada kesempatan peresmian GraPARI Digital TelkomGroup, dilakukan juga peluncuran “IndiHome Paket Merdeka” sebagai upaya memberikan layanan khusus kepada pelanggan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72. Direktur Konsumer Telkom Mas’ud Khamid menjelaskan bahwa pada era digital seperti saat ini, TelkomGroup berupaya menawarkan beragam produk, layanan, serta fitur-fitur digital menarik yang mendukung digital lifestyle para pelanggan, khususnya keluarga Indonesia. “Pada momen Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72 ini, TelkomGroup mempersembahkan paket spesial yang diharapkan dapat mendukung kemudahan hidup sehari-hari keluarga Indonesia. Melalui IndiHome Paket Merdeka, diharapkan digital lifestyle keluarga Indonesia dapat semakin positif dan komplit melalui layanan komunikasi yang handal, internet kecepatan tinggi, serta fitur-fitur hiburan yang menarik dan edukatif,” jelas Mas’ud.

IndiHome Paket Merdeka menawarkan harga khusus untuk paket IndiHome kecepatan 10 Mbps, yang semula ditawarkan dengan tarif Rp 460 ribu sebulan, kini hanya Rp 330 ribu sebulan. Melalui IndiHome Paket Merdeka, pelanggan juga dapat menikmati Add On khusus Kemerdekaan yang terdiri dari Paket Nonton, Paket Bicara, dan Paket Internet. Untuk Paket Nonton, pelanggan dapat menikmati tayangan anak-anak di channel IndiKids dengan harga Rp 45 ribu. Sedangkan untuk Paket Internet, Pelanggan dapat mmenggunakan IndiHome Cloud 10 Gb hanya dengan harga Rp 17 ribu. Disamping itu, pelanggan dapat menikmati layanan Movin dengan tarif Rp 17 ribu. Untuk Paket Bicara, pelanggan dapat menggunakan 100 menit telepon gratis ke Telkomsel dan 100 menit ke nomor GSM lainnya dengan harga Rp 72 ribu. 

IndiHome Paket Merdeka dapat digunakan oleh pelanggan baru maupun pelanggan lama IndiHome melalui registrasi dari aplikasi myIndiHome.  Pelanggan beruntung yang mendaftar paket khusus kemerdekaan ini juga berkesempatan mendapatkan grand prize dengan total nilai 2 Miliar terdiri dari 1 Unit Rumah seharga 1 Miliar, 1 Unit Mobil Pajero Sport, 1 Unit Mobil Toyota All New Innova, 2 Unit Mobil Honda Mobilio, serta hadiah hiburan berupa 22 Unit Motor Yamaha NMAX sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Promo ini dapat dinikmati hingga tanggal 31 Oktober 2017.

Melalui peresmian pusat pelayanan pelanggan berbasis digital serta penawaran paket produk dan layanan yang menarik, TelkomGroup berharap dapat memberikan layanan terbaik dan meningkatkan digital experience yang dapat mendukung implementasi digital lifestyle pelanggan dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

JAKARTA, RadarPena.com - Guna memudahkan nelayan dalam menangkap ikan, Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya meningkatkan Inovasi dan teknologi untuk terus dikembangkan.

Adalah LEDikan, sebuah alat untuk memikat ikan dengan menggunakan lampu LED (Light-Emitting Diode) dengan desain dan spesifikasi khusus yang digunakan untuk membantu nelayan memperoleh ikan.

Alat ini digagas oleh Agus Cahyadi, Peneliti Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP), Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Karena penemuannya ini, Agus diganjar penghargaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Ristekdikti), yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada acara peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) hari ini, Kamis (10/8) di Makasar, Sulawesi Selatan.

Dia berharap dengan teknologi LEDikan yang dia ciptakan mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan melalui peningkatan produktivitas tangkapannya.

”Saya ciptakan alat ini untuk bisa membantu nelayan memperoleh hasil tangkapan yang lebih banyak, penemuan alat ini sudah dari 2013 dan sudah mulai diproduksi masal sejak 2016 lalu,” ujar Agus saat ditemui di Jakarta pada Rabu (9/8).

Meskipun sederhana, inovasi penemuan Agus sangat aplikatif dan bermanfaat bagi nelayan. Faktanya, nelayan yang menggunakan lampu LEDikan mampu meningkatkan hasil tangkapannya hingga 5 kali lipat.

“Biasanya LEDikan di pasang di bawah air di bagan atau rumpon milik nelayan, gunanya untuk menarik ikan datang,” tambahnya.

Adapun prinsip kerja alat ini adalah dengan memanfaatkan spektrum cahaya yang dihasilkan dari LED. Cahaya dari lampu LED tersebut dapat menarik plankton-plankton yang akan mengundang ikan kecil untuk datang.

Agus menambahkan, dengan bantuan LEDikan ini nelayan bisa memperoleh hasil tangkapan lima kali lebih banyak jika dibanding dengan tangkapan nelayan biasanya tanpa menggunakan LEDikan.

“Biasanya nelayan memperoleh 100 kg untuk bagan ukuran 8,5 x 8,5 meter untuk sekali angkat, dengan penggunaan LEDikan jumlahnya bisa menjadi 500 kg, bahkan kalau sedang melimpah ikannya bisa sampai 1 ton, hasil tangkapannya,” tandas Agus.(chi/jpnn)

TANGERANG, RadarPena.com – Sebagai upaya meningkatkan digital experience pelanggan dan masyarakat Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) atau (TelkomGroup) meresmikan beroperasinya Digital GraPARI TelkomGroup Bumi Serpong Damai (BSD). Peresmian Digital TelkomGroup BSD dilakukan oleh Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga bersama Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Direktur Konsumer Telkom Mas’ud Khamid, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah dan Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi di Graha Merah Putih BSD, Tangerang, Rabu (16/8).

Di sela-sela peresmian Digital GraPARI TelkomGroup Mas’ud Khamid mengatakan, Digital GraPARI ini merupakan upaya TelkomGroup dalam menyediakan layanan pelanggan berbasis digital. “Digital GraPARI ini merupakan wujud komitmen untuk memberikan layanan terbaik, khususnya bagi pelanggan TelkomGroup, dan umumnya bagi masyarakat Indonesia. Selain menyediakan seamless experience bagi pelanggan, Pusat pelayanan pelanggan ini juga berfungsi sebagai wadah edukasi agar pelanggan dan masyarakat dapat lebih merasakan digital  experience,” ujar Mas’ud Khamid.

Digital GraPARI TelkomGroup menerapkan konsep pelayanan “One and Done”, di mana petugas pelayanan melayani seluruh kebutuhan pelanggan TelkomGroup dengan dukungan fasilitas berkonsep digital hingga pelanggan memperoleh solusi layanan secara tuntas. GraPARI ini juga menyediakan layanan  yang menggabungkan myGraPARI dan myIndiHome, layanan pembayaran non tunai, dan layanan setoran tunai yang didukung oleh Finnet.

Fasilitas lengkap di dalam GraPARI TelkomGroup Digital juga memungkinkan pelanggan dapat mengeksplorasi pengalaman produk dan layanan TelkomGroup, baik itu ritel maupun korporat, serta layanan hiburan digital. Selain itu, pelanggan juga bisa menikmati fasilitas fast lane untuk solusi layanan secara lebih cepat, merasakan pengalaman menggunakan fitur-fitur menarik yang tersedia pada device berteknologi terkini, serta mencoba fasilitas atraksi digital. Pelanggan pun dapat berinteraksi secara lebih casual di co-working space, community space, dan business zone yang tersedia. “GraPARI berkonsep digital ini akan terus kami kembangkan di berbagai wilayah lainnya di Indonesia, sehingga pelanggan dan masyarakat dapat memperoleh solusi layanan digital yang lengkap dan terintegrasi dengan lebih mudah,” tambah Mas’ud Khamid. Saat ini TelkomGroup telah menghadirkan lebih dari 1.100 GraPARI dan Plasa Telkom yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia hingga mancanegara.

BANTEN, RadarPena.com – Sebagai wujud kehadiran BUMN yang senantiasa memberikan manfaat bagi bangsa, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel melalui program BUMN Hadir untuk Negeri menyerahkan bantuan mencapai Rp 2,34 Milyar kepada masyarakat Provinsi Banten saat kegiatan Jalan Sehat 5K di Kota Serang, Minggu (13/8). Bantuan diserahkan oleh Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno didampingi oleh Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga dan Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Dalam kesempatan charity tersebut, Telkom menyerahkan bantuan berupa fasilitas Broadband Learning Center (BLC), bantuan pembinaan sanggar seni dan bantuan pembangunan 7 jembatan penyebrangan sebagai bagian dari komitmen pembangunan 52 jembatan penyebrangan di seluruh Indonesia. Selain itu, sejalan dengan program tanggung jawab sosial Telkom Peduli Budaya, Telkom juga memberikan bantuan perbaikan sarana jalan untuk mendukung kemudahan akses masyarakat Badui serta bantuan kebutuhan pokok. Dengan demikian, total bantuan yang diberikan Telkom untuk masyarakat Banten berjumlah 1,52 Milyar.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno menyampaikan apresiasi kepada seluruh BUMN yang melaksanakan program BUMN Hadir untuk Negeri secara serentak di 34 provinsi seluruh Indonesia bertepatan dengan HUT RI ke-72. “Saya mengapresiasi seluruh BUMN yang telah bersinergi untuk hadir di tengah-tengah masyarakat pada momen peringatan kemerdekaan bangsa ini. Melalui program BUMN Hadir untuk Negeri, Saya berharap semoga masyarakat dapat merasakan manfaat positif dari keberadaan BUMN yang turut terlibat dalam pembangunan nasional serta berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial dan kemandirian ekonomi masyarakat,” ungkap Rini M. Soemarno.

Sementara itu, secara terpisah Gubernur Banten Wahidin Halim mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan bagi masyarakat serta penyelenggaraan kegiatan Jalan Sehat BUMN di Provinsi Banten. “Mewakili masyarakat Banten, Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementrian BUMN yang telah menginisiasi program BUMN Hadir untuk Negeri, serta kepada Telkom dan Krakatau Steel yang telah memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat Banten serta komunitas adat budaya di sini. Kami berharap, seluruh bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan menambah semangat masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.”, ungkap Wahidin Halim.

Diikuti lebih dari 20 ribu peserta, Jalan Sehat 5K merupakan bagian dari implementasi Gerakan #AyoBerjalan yang akan dilaksanakan serentak oleh BUMN di 34 provinsi seluruh Indonesia. Selanjutnya, Gerakan #AyoBerjalan rencananya akan secara rutin dilaksanakan pada kegiatan HUT Bersama BUMN setiap 3 bulan sekali. 

Dengan mengusung tema 17 Semarak Kemerdekaan, jalan sehat diawali dengan Semarak Drumband berupa atraksi marching band serta dimeriahkan Semarak Busana Nusantara dengan menampilkan keragaman aneka busana Nusantara. Terdapat pula kegiatan Semarak Bendera dan Semarak Melodi Nusantara yang melibatkan para peserta jalan sehat. Selain itu, jalan sehat pun dimeriahkan kegiatan Semarak Budaya Nusantara dengan menampilkan berbagai seni budaya khas Indonesia, khususnya yang berasal dari Provinsi Banten. Kegiatan ini juga menghadirkan Semarak Kuliner yaitu berbagai sajian makanan dan minuman khas Indonesia.

Kegiatan Jalan Sehat 5K ini juga membagikan 72 unit hadiah menarik bagi peserta yang beruntung. Jalan sehat juga semakin semarak dengan adanya penampilan artis-artis nasional kegemaran masyarakat Banten. Selain itu, terdapat pula booth-booth khusus BUMN lain yang ada di Banten serta para pelaku UMKM binaan BUMN yang menampilkan berbagai produk masing-masing.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo menjelaskan, kegiatan olahraga dalam rangka perayaan kemerdekaan RI ini sejalan dengan inisiatif perusahaan untuk menginspirasi masyarakat dalam meningkatkan pola hidup sehat mereka. “Telkom bersama seluruh BUMN berupaya menularkan semangat Gerakan #AyoBerjalan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga, kegiatan jalan sehat di Banten ini merupakan salah satu momen yang tepat sebagai upaya menggugah minat masyarakat Banten untuk terbiasa berjalan kaki,” jelas Arif. 

Arif melanjutkan, beberapa hasil riset di beberapa negara dari para ahli dapat menjadi dasar informasi agar masyarakat semakin giat berjalan kaki. “Sesuai dengan hasil riset para ahli dari Standford University mengenai kebiasaan berjalan kaki di beberapa negara, terungkap bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang jarang berjalan kaki dengan rata-rata sebanyak 3.513 langkah per hari, di bawah rata-rata 4.961 langkah per hari dari 111 negara yang disurvey. Oleh karena itu, mengedukasi masyarakat mengenai dampak positif berjalan kaki merupakan tanggung jawab berbagai pihak, salah satunya Telkom sebagai perusahaan milik negara dari sektor telekomunikasi dengan berbagai produk dan layanan digital yang digunakan masyarakat untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. Gerakan #AyoBerjalan yang memiliki slogan Melangkah Ceria Sehatkan Raga ini merupakan inisiatif untuk membangkitkan budaya berjalan kaki masyarakat Indonesia,” terang Arif

Arif Prabowo menegaskan, Telkom bersama PT Krakatau Steel berkomitmen untuk bersinergi mensukseskan program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten melalui pelaksanaan empat rangkaian kegiatan peringatan dan perayaan kemerdekaan RI ke-72. “Selain Jalan Sehat 5K, Telkom bersama PT Krakatau Steel juga akan melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Proklamasi 17 Agustus di Pantai Carita. Kami juga bersinergi melakukan renovasi rumah para pejuang kemerdekaan melalui program “Bedah Rumah Veteran” serta kegiatan pertukaran pelajar antar provinsi “Siswa Mengenal Nusantara” yang telah terlaksana beberapa waktu lalu," tutup Arif. 

 

JAKARTA, RadarPena.com - Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Alex J. Sinaga, Bupati Maluku Barat Daya Barnabas Orno dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, meresmikan pengoperasian BTS (Base Transceiver Station) Telkomsel, anak usaha Telkom, di Desa Ustutun, Pulau Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya dalam kunjungan kerja Menteri BUMN ke Pulau Liran, Senin (7/8). Berkat kehadiran BTS Telkomsel ini, kini warga Pulau Liran tidak lagi mengalami kesulitan dalam akses internet dengan sinyal 3G Telkomsel. 

Terletak di sebelah utara negara Timor Leste, Pulau Liran adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Selama ini, sebagian kecil warga di Pulau Liran hanya dapat menikmati jaringan telekomunikasi seluler Telkomcel dengant arif roaming internasional. Sehingga, pengoperasian BTS pertama di pulau berpenduduk sekitar 1.118 jiwa tersebut merupakan wujud kepedulian BUMN, khususnya TelkomGroup, sebagai upaya membuka akses telekomunikasi bagi masyarakat yang berada di Kawasan Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T). 

Menteri BUMN Rini M. Soemarno dalam kunjungan kerja bersama sejumlah direktur utama BUMN di Kabupaten Maluku Barat Daya, mengatakan bahwa kehadiran BUMN di Kabupaten Maluku Barat Daya ini merupakan perwujudan komitmen BUMN dalam melaksanakan amanat Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla, terutama untuk mendorong kemajuan dan perkembangan Kawasan 3T.

Sehari sebelumnya pada Minggu (6/8), Menteri Rini juga menyerahkan bantuan Broadband Learning Center (BLC) dan Pustaka Digital (PaDi) yang juga dibangun oleh Telkom di SMP PGRI Moa, Pulau Moa. Pada kesempatan tersebut, Menteri Rini berdialog dengan sejumlah siswa serta langsung mencoba mengakses dan menggunakan aplikasi PaDi. Ia meminta agar fasilitas BLC dan PaDi tersebut dapat benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh para siswa.  "Melalui BLC, kini siswa-siswi di Pulau Liran dapat belajar menggunakan internet secara optimal untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu, siswa-siswi juga dapat mengakses buku, jurnal-jurnal pembelajaran dan sumber pengetahuan lain secara virtual melalui PaDi. Manfaatkanlah fasilitas membaca melalui digital. Dengan banyak membaca, kita bangsa Indonesia, pasti akan jaya dan bisa menguasai dunia," pesan Rini.

Sementara itu, Alex J. Sinaga berharap, tersedianya akses telekomunikasi di Pulau Liran mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. “Sesuai dengan hasil riset Bank Dunia pada 2015 bahwa pertumbuhan 10% akses internet di suatu negara, dapat meningkatkan perekonomian sebanyak 1,35 %. Sehingga, dengan hadirnya jaringan Telkomsel, kegiatan komunikasi antar masyarakat Indonesia dari satu pulau ke pulau lainnya diharapkan bisa berjalan dengan baik. Kami juga berharap, kehadiran TelkomGroup di Kabupaten Maluku Barat Daya ini dapat turut meningkatkan taraf perekonomian penduduk di sini,” pungkas Alex.

Selain meresmikan BLC dan BTS di Pulau Liran, dalam kunjungan kerja tersebut Menteri BUMN menyerahkan sejumlah bantuan, antara lain bantuan renovasi gereja, sekolah, bantuan peralatan sekolah, mobil angkutan desa dan hasil bumi, renovasi perumahan, elektrifikasi rumah warga, sekolah dan lampu jalan, pembangunan sumur bor dan MCK, serta rehabilitasi perumahan guru. Terlibat dalam kegiatan tersebut sejumlah BUMN, yakni Telkom, BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, Jasa Raharja, Kimia Farma, Pertamina, PLN, dan Taspen. Pembangunan di Pulau Liran juga diharapkan dapat terlaksana dengan optimal atas dukungan BUMN sektor transportasi dan logistik, yakni Pos Indonesia, Pelni dan ASDP. Seluruh upaya pembangunan ini merupakan wujud BUMN Hadir untuk Negeri.(adv) 

 

More Articles ...