Top Stories

JAKARTA, RadarPena.com - Pasangan artis Aming Sugandhi-Evelyn Nada Anjani dikabarkan sudah pisah rumah.

Kabar tersebut diungkap oleh Nikita Mirzani.

Saat ini kata Nikita, Evelyn menumpang tinggal di rumah temannya untuk sementara waktu.

"Dia sekarang tinggal sama temennya Kak Aming, kan kasihan juga kalau dia tinggal sendirian. Dia kan di Jakarta nggak punya siapa-siapa," ujar Nikita seperti dilansir JPNN, Selasa (28/2).

Janda dua anak ini juga sempat menyarankan agar Evelyn berlibur untuk menenangkan pikirannya.

"Evelyn kan lagi di Singapur sekarang, kasihan juga kalau dia di sini, biar refreshing sebentar lah," ucap Nikita.

JAKARTA, RadarPena.com - Kondisi Julia Perez lagi-lagi drop. Kabar ini disampaikan Ruben Onsu.

Ruben yang diberitahu kondisi Jupe oleh pihak keluarga langsung buru-buru menyambangi RSCM, Jakarta.

"Jupe ngedrop lagi dan udah langsung dikasih tindakan sama dokter. Saya datang cukup panik karena dikabarin sama keluarganya kalau Jupe lagi nge-drop," tutur Ruben, Senin (27/2).

Setelah melihat kondisi Jupe secara langsung, ayah satu anak ini merasa lega sudah memberikan semangat kepada pelantun lagu Merana itu.

"Ya saya bilang, harus dari Jupenya yang punya semangat, ya namanya orang lagi sakit pasti ada kalanya nge-drop ya," ucap Ruben.(jpnn)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Banyak kalangan sudah tidak sabar menanti kedatangan rombongan Raja Salman bin Abdul Aziz dan para pangeran dari Arab Saudi.

Tidak terkecuali Julia Perez yang sudah sepekan terakhir dirawat di rumah sakit karena kanker yang dideritanya.

Jupe panggilan akrabnya menunjukkan antusiasmenya itu dengan mengunggah fotonya yang berhijab dan berkaca mata hitam.

Dia juga tak sabar melihat para pangeran tampan dari Arab yang akan datang ke Indonesia.

"Gw dengar pangeran pada mau datang..ahh ikut mejeng..Hai King Salman..My name is Rahmawati..I'm ready to become ur menantu..I'm ready to kawin again..3 tahun menjanda..#jupemaukawinagain #kaliajajadimantukingsalman," tulis Jupe di bawah fotonya tersebut.

Alhasil, posting-an Jupe langsung mendapat sambutan beragam dari netizen.

Namun, netizen lebih banyak mendoakan Jupe disembuhkan dari penyakit kanker.

"Semangat Mamita, semoga cepat sembuh," tulis netizen. (flo/jpnn)

LOS ANGELES, RadarPena.com - Film La La Land mendominasi ajak Oscar 2017. Akan tetapi sang aktor Ryan Gosling justru gagal meraih piala Aktor Terbaik Oscar 2017. 

Aktor Terbaik justru diraih Casey Affleck berkat perannya di film Manchester by the Sea. Dia mengalahkan kandidat lain seperti Andrew Garfield (Hacksaw Ridge), Viggo Mortensen (Captain Fantastic), serta Denzel Washington (Fences).

Dalam sambutannya Casey Affleck justru mempersembahkan piala Oscar tersebut untuk pesaingnya yakni Denzel Washington. 

"Salah satu orang yang pertama kali mengajariku berakting adalah Denzel Washington. Saya baru bertemu dia malam ini, terimakasih," kata Casey Affleck di panggung Oscar 2017 di Dolby Theater, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (26/2) waktu setempat.

Selain itu, Casey Affleck juga memberi ucapan istimewa untuk Kenneth Lonergan yang menulis sekaligus menyutradarai Machaster by the Sea. 

"Saya senang berada di lingkungan ini. Sangat berarti bagi saya," tutupnya. (jawapos)

 

LOS ANGELES, RadarPena.com - Prediksi banyak pengamat film untuk Sutradara Terbaik di Oscar 2017 akhirnya terbukti. Nama Damien Chazelle yang digadang-gadang membawa pulang piala benar terjadi. Dia menang berkat film fenomenal berjudul La La Land.

Dalam kategori Sutradara Terbaik, Daniel Chazelle menyingkirkan nama besar lainnya. Seperti, Mel Gibson (Hacksaw Ridge), Barry Jenkins (Moonlight), Kenneth Lonergan (Manchester by the Sea), dan Denis Villeneuve (Arrival).

"Film ini tentang cinta, dan saya sangat beruntung karena sudah membuatnya," kata Damien Chazelle di panggung Oscar 2017 di Dolby Theater, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (26/2) waktu setempat.

Uniknya, dengan gelar tersebut Damien Chazelle resmi menjadi sutradara termuda yang pernah memenangi Piala Oscar. Usianya saat ini memasuki 32 tahun.(jawapos) 

JAKARTA, RadarPena.com - Inul Daratista menjenguk Julia Perez yang masih terbaring di RSCM Jakarta. Menurut Inul, kedatangannya untuk memberikan dukungan agar Jupe segera pulih.

"Ya namanya teman ya, apalagi lagi sakit ya, kita harus support," ujar Inul seperti dilansir JPNN, Senin (27/2).

Pemilik goyang ngebor ini memastikan kepada Jupe bahwa dirinya juga akan menjenguknya bila sudah diperbolehkan pulang ke rumah.

"Kalau dia pulang, aku pasti nanti juga jenguk dia di rumah," ucap Inul.

Karena itu, ibu satu anak ini juga mendoakan Jupe agar cepat sembuh.

"Lekas sembuh kesayangan aku Yulia. Doa ku selalu untukmu," tulis Inul memberi keterangan dalam foto yang dia unggah.

JAKARTA, RadarPena.com - Grup Band Nidji tepat berusia 15 tahun pada hari ini, 26 Februari 2017. Ucapan terima kasih pun disampaikan untuk penggemar dan pencinta musik tanah air yang telah memberi apresiasi selama perjalan karier tersebut. 

"Hari ini kami berumur 15 tahun terimakasih atas support kalian semua nidjiholic dan pencinta musik Indonesia," tulis akun Instagram resmi, Nidji.

Suatu persembahan telah disiapkan Nidji untuk merayakan ulang tahun kali ini. Band yang digawangi Giring, Rama, Adri, RunD, Andro, dan Ariel itu berencana segera merilis album baru. Album kelima itu bakal dibarengi dengan sebuah konser tunggal.

"Tunggu persembahan album kelima kami yang sudah rampung dan juga konser tunggal kami 'Arti Sahabat' pada 5 Mei 2017," ungkap Nidji.

Band Nidji terbentuk pada tahun 2002. Album debut, Breakthru yang diluncurkan pada 2006 merupakan awal kesuksesan Giring cs. Selama berjalan, Nidji telah meluncurkan album lain di antaranya, album Top Up (2007), Let's Play (2009), dan Liberty (2011).(jawapos)

LONDON, RadarPena.com - Katy Perry tampil berani saat manggung di Brit Awards di O2 Arena, London, Inggris, Rabu (22/2). Penyanyi yang baru merilis single terbarunya Chained to the Rhythm itu bukan tampil seronok buka-bukaan. Namun dia menunjukkan pernyataan politiknya dengan menghadirkan dua boneka raksasa berdandan ala PM Inggris Theresa May dan Presiden AS Donald Trump.

Boneka tulang May dan Trump itu mengenakan baju serupa yang dikenakan keduanya saat bertemu di Washington bulan lalu. Tampil di Arena O2, London, Inggris, Perry memang mendukung Hillary Clinton saat kampanye pemilihan presiden. Dia pun menjadi kritikus paling keras sejak pemilihan tersebut.

Penampilan Perry memang panas. Benar-benar panas. Pasalnya, tidak hanya bergoyang-goyang, boneka raksasa itu kemudian diledakkan dan terbakar. Ledakan boneka itu pun dibikin pas usai keduanya bergandengan tangan. Saat di Gedung Putih, Trump memang menggandeng tangan May saat keduanya menuruni tangga Gedung Putih.

Penampilan Perry pertama di London setelah tiga tahun tidak manggung di Inggris itu pun mendapat beragam respons dari penggemarnya. ”Katy Perry baru saja memanggang Trump dan Theresa May di Brits, Saya hidup,” komentar seorang netizen. ”Ya Tuhan, saya sekarat. Saya baru melihat Katy Perry menggeret Donald Trump dan Theresa May. Dia adalah idola saya,” tulis penggemar Perry yang lain.(jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com - Pianis cilik asal Kendal, Jawa Tengah, Jefri Setiawan bertekad memecahkan rekor dunia bermain piano dengan mata tertutup yang rencananya pemecahan rekor tersebut bakal digelar di Inggris, 17 April 2017 mendatang. Demi menyukseskan targetnya, pianis berusia 10 tahun ini banyak menggalang dukungan yang salah satunya bertemu langsung dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (16/2).

Saat bertemu, Imam Nahrawi langsung memberikan kesempatan pada siswa kelas V SD Ananda Universal Patebon ini untuk menunjukkan kemampuannya. Ada lima lagu yang dipersembahkan, di mana empat lagu di antaranya dilakukan dengan mata tertutup. Bahkan Imam Nahrawi juga ikut bernyanyi saat Jefri memainkan lagu Bendera. Sontak pegawai Kemenpora yang kebetulan berada di lobi ikut bernyanyi.

"Saya bangga dan mendukung sepenuhnya keinginan Jefri untuk bisa mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia. Hari ini ada begitu banyak anak-anak muda berprestasi dengan segela jenis kreativitas dan kemampuannya. Kita dorong sepenuhnya agar terus berprestasi," ujar Imam Nahrawi.

Dia berjanji akan memfasilitasi keberangkatan Jefri Setiawan ke Inggris, termasuk akan mencoba untuk memfasilitasi pianis muda ini untuk bisa bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Saat bertemu, pianis asal Kendal ini memiliki harapan untuk bisa bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

"Dukungan dari pemerintah maupun pihak yang lain akan mampu membuat prestasi ini terdengar gaungnya. Semoga. Apa yang dilakukan Jefri menjadi inspirasi dan motivasi anak muda yang lain. Bermain piano dengan mata tertutup itu tidak mudah, butuh konsentrasi tinggi," ucap Nahrawi.

Pemecahan rekor bermain piano dengan mata tertutup ini rencananya akan dicatat oleh "Record Holders Republic UK". Jefri bakal memainkan 50 lagu dengan mata tertutup selama lima jam. Sebelumnya, bermain piano dengan mata tertutup ini telah dicatat di Museum Rekor Dunia Indonesia.

Jefri Setiawan mengaku sudah siap untuk memecahkan rekor. Persiapan demi persiapan terus dilakukan meski dengan fasilitas yang terbatas. Siswa kelas V SD ini berharap misinya untuk mencetak rekor dunia bisa terlaksana dengan baik. "Kami berharap Pak Menteri bisa memfasilitasi keberangkatan kami. Termasuk untuk bertemu Pak Presiden Jokowi. Saya ingin sekali bisa bertemu," ujar Jefri.

Jefri bertekad memecahkan rekor dunia bermain piano dengan mata tertutup juga cukup aktif dalam kegiatan yang lain. Bahkan, pianis asal Kendal ini sering memadukan permainan pianonya dengan tari jaipong, debus, tari umbul, monolog pertunjukan teater hingga atraksi ular.(rmol)

LOS ANGELES, RadarPena.com - Perhelatan Grammy Awards ke-59 telah digelar di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (12/2) waktu setempat. Dalam ajang tersebut, penyanyi Adele berhasil menyapu bersih dalam kategori tertinggi.

Yaitu Album of the Year untuk album 25, Record of the Year untuk lagu Hello, dan Song of the Year untuk Hallo.

Selain itu, Adele juga membawa pulang award untuk Best Pop Vocal Album.

Sementara, Beyonce yang mendapatkan sembilan nominasi untuk Grammy kali ini harus puas dengan dua penghargaan Best Music Video untuk Formation dan Best Urban Contemporary Album untuk album Lemonade.

 

Berikut daftar top winners Grammy Awards ke-59:

Album of the Year: 25 - Adele

Record of the Year: Hello - Adele

Song of the Year: Hello - Adele

Best Urban Contemporary Album : Lemonade - Beyoncé

Best New Artist: Chance the Rapper

Best Pop Vocal Album: 25 - Adele

Best Pop Solo Performance: "Hello" — Adele

Best Rock Album: Tell Me I’m Pretty - Cage The Elephant

Best Dance/Electric Album: Skin - Flume

Best Rap Performance: No Problem - Chance The Rapper Featuring Lil Wayne & 2 Chainz

Best Music Film: The Beatles: Eight Days A Week The Touring Years - The Beatles.

Best Alternative Music Album: Blackstar - David Bowie.(jpnn)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Penyanyi seksi Aura Kasih sedang disibukkan untuk merilis single terbarunya.

Pelantun Mari Bercinta ini mengaku dalam proses penggarapan single ini baru memasuki tahap awal.

"Saat ini lagi nyiapin single terbaru. Lagi diskusi aransemennya sama manajemen. Mudah-mudahan satu bulan ini bisa rampung," kata Aura Kasih di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (5/2).

Meski begitu, Aura enggan menyebutkan judul single terbarunya itu.

Namun, ia mengatakan single musiknya ber-genre reggae.

"Masih sama sih musiknya tentang percintaan. Tapi, happy lah. Cuma yang single baru ini akan ada genre musik reggae-nya," jelasnya.

Selain itu, Aura membantah jika aransemen single terbarunya dibantu musisi yang juga kekasihnya, Glenn Fredly.

"Aku punya manajemen. Jadi yah produksi dan digarap bareng manajemen aja. Lagi pula Glenn kan punya project musiknya sendiri. Aku memang ingin menggarap lagu aku sendiri," tutup Aura. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Grup musik Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR) akhirnya mengumumkan rencana peluncuran album terbaru tahun ini. 

Album yang diberi judul 'Penawar Racun' itu akan dipasarkan mulai akhir Februari atau awal Maret 2017 ini.

Boedi Padukone dari Orkes Moral Pengantar Minum Racun mengatakan bahwa proses produksi album anyar tersebut telah selesai dikerjakan.

Album Penawar Racun bakal diisi dengan lima lagu baru. Empat materi berasal dari lagu musisi indie yang mereka parodikan menjadi musik dangdut.

Yakni lagu dari The Upstairs, Steven Jam, Kunto Aji, dan The Flowers.

"Satu lagu lagi merupakan lagu baru ciptaan kita," kata Boedi Padukone kepada JawaPos.com saat ditemui di Potlot, Jakarta Selatan, seperti dilansir JPNN, Minggu (5/2).

Sebagai pembuka jelang rilis album baru, grup itu ingin meluncurkan single terlebih dahulu.

Lagu yang dipilih yaitu berjudul Too Long to Be Alone. Lagu tersebut merupakan hasil parodi dari lagu Terlalu Lama Sendiri milik penyanyi solo Kunto Aji.

"Kalau melihat dari syair memang ada kejadian seperti itu. Jadi kita buat nuansa berbeda," jelas Boedi.

Sejak 2014, band yang diisi Jhonny Iskandar, Boedi Padukone, Yuri Mahippal, Imma Maranaan, Ajie Cetti Bahadur Syah, dan Harri Muke Kapur itu memang kembali aktif di industri musik tanah air usai vakum dari 1994.

Kembalinya Orkes Moral Pengantar Minum Racun ditandai lewat sebuah mini album.

Mereka merilis album berjudul Orkeslah Kalau Bergitar yang berisi empat lagu.

Selain lagu karya sendiri, Time is Money (Yang Penting Jadi Uang), juga ada tiga lagu hasil gubahan dari band masa kini.

Yaitu, lagu Topan (Tato atau Panu) dari lagu Posesif milik Naif, Mengadili Persepsi milik Seringai, serta lagu Cinta Melulu dari Efek Rumah Kaca. Semua lagu itu diubah menjadi versi kocak.

Hingga saat ini Orkes Moral Pengantar Minum Racun terus disibukkan dengan jadwal panggung ke panggung.

LOS ANGELES, RadarPena.com - Ajang penghargaan bergengsi di perfilman Hollywood ‘Academy Awards (oscar)' yang ke 89 telah digelar pada Minggu, 26 Februari 2017 di Dolby Theater, Los Angels, California, AS.

Film musikal ‘La La Land’ yang masuk nominasi dalam 14 kategori akhirnya mendominasi perolehan awards, yakni berhasil membawa pulang 6 awards yakni Aktris Terbaik, Sutradara Terbaik, Lagu Terbaik, Score Terbaik, Kameramen Terbaik dan Design Production Terbaik.

Sayangnya, dua kategori utama luput luput dari genggaman ‘La La Land’ yaitu kategori Film Terbaik dan Aktor Terbaik.

Film terbaik jatuh pada film karya Barry Jenkins ‘Moonlight’, sedangkan gelar aktor terbaik jatuh pada aktor tampan Casey Affleck untuk aktingnya dalam film ‘Manchester By The Sea’.

Dan tampaknya oscar tahun ini bebas dari rasial, karena dua pemenang untuk kategori Aktris dan Aktor Pembantu terbaik diraih oleh artis berkulit hitam yaitu Viola Davis dalam film ‘Fences’ dan Mahershala Ali dalam film ‘Moonlight’.

 

Berikut Daftar Lengkap Pemenang Academy Awards ke 89 Tahun 2017:

Film Terbaik : Moonlight

Sutradara Terbaik : Damien Chazelle (La La Land)

Aktor Terbaik : Casey Affleck (Manchester By The Sea)

Aktris Terbaik : Emma Stone (La La Land)

Aktor Pembantu Terbaik : Mahershala Ali (Moonlight)

Aktris Pembantu Terbaik : Viola Davis (Fences)

Skenario Original Terbaik : Manchester By The Sea

Skenario Adaptasi Terbaik : Moonlight

Lagu Terbaik : City Of Stars (La La Land)

Score Terbaik : La La Land

Kameramen Terbaik : La La Land

Film Dokumenter Pendek Terbaik : The White Helmets

Editor Terabit : Hacksaw Ridge

Live-action Short Terbaik : Sing

Visual-effect Terbaik : The Jungle Book

Produksi Disain Terbaik : La La Land

Animasi Terbaik : Zootopia

Animasi Pendek Terbaik : Piper

Film Berbahasa Asing Terbaik : The Salesman

Sound Mixing Terbaik : Hackshaw Ridge

Sound Editing Terbaik : Arrival

Film Dokumenter Terbaik : OJ: Made in America

Kostum Terbaik : The Fantastic Beasts and Where to Find Them.(jpnn)

HOLLYWOOD, RadarPena.com - Mahershala Ali menyabet Piala Oscar kategori aktor pendukung terbaik pada Minggu berkat perannya sebagai seorang pengedar narkoba dalam film "Moonlight", menjadikannya sebagai bintang film Muslim pertama mendapat patung emas dari Academy Awards. Ali (43) baru pertama kali masuk nominasi Oscar, tetapi ia sukses mengalahkan aktor Inggris Dev Patel, aktor kawakan Amerika Serikat Jeff Bridges dan Michael Shannon serta pendatang baru Lucas Hedges. "Saya ingin berterima kasih kepada para guru, profesor saya," kata Ali.

"Satu hal yang mereka selalu katakan kepada saya... 'Ini bukan tentang dirimu. Ini tentang karakter yang kamu perankan. Kamu seorang pelayan. Kamu melayani cerita dan karakter-karakter itu'."

Ali juga berterima kasih kepada rekan mainnya dan sang istri, yang baru melahirkan anak perempuan. Film "Moonlight" garapan Barry Jenkins berkisah tentang seorang pemuda Afro-Amerika yang berjuang mencari tempat di tengah lingkungan yang keras di Miami.

Dalam film tersebut, karakter pengedar narkoba Juan yang diperankan oleh Ali memberikan pengalaman hidup bagi tokoh protagonis Chiron, yang membantunya bertahan di penjara dan di luar jeruji besi.

Peran tersebut juga membuat aktor kelahiran Oakland itu dinobatkan sebagai aktor pendukung terbaik di Screen Actors Guild Awards meski gagal menyabet penghargaan serupa di Golden Globes, yang memberikan penghargaan kepada Aaron Taylor-Johnson ("Nocturnal Animals"). Ali, yang menjadi mualaf pada 1999 meski sang ibu merupakan seorang pendeta Kristen, bergabung dengan Jamaah Muslim Ahmadiyah pada 2001.

Sederet insan perfilman Muslim menyabet Piala Oscar di berbagai kategori, termasuk produser film dokumenter Pakistan Sharmeen Obaid-Chinoy dan sutradara Asghar Farhadi asal Iran, tetapi sebelumnya tidak ada satu pun aktor Muslim yang mendapatkannya.

Ali baru-baru ini mengatakan kepada majalah Radio Times di Inggris bahwa dia mendapati dirinya masuk dalam daftar pengawasan FBI setelah serangan 11 September 2001."Kalau kau pindah ke Islam setelah beberapa dekade menjadi pria berkulit hitam di AS, diskriminasi yang kau terima sebagai Muslim tidak terasa mengejutkan," paparnya. 

"Saya pernah disuruh menepi, ditanya di mana senjata saya, ditanya apakah saya germo, mobil saya dirusak. Muslim akan merasa bahwa ada diskriminasi baru yang belum mereka terima sebelumnya, tapi itu tidak baru bagi kami," pungkasnya. (rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Pemenang ajang penghargaan Razzie Awards ke-37 akhirnya resmi diumumkan. Pengumuman dilakukan dua hari jelang perayaan Oscar 2017 yang diselenggarakan besok waktu setempat. 

Dua penghargaan ini terkenal bagai dua sisi mata uang yang berbeda. Bila Oscar memberi penghargaan bagi insan perfilman terbaik, Razzie Awards justru memberi gelar untuk pelaku film terburuk.

Pada tahun ini, Batman v Superman menjadi film terburuk dengan mendominasi peraih gelar terbanyak. Seperti dilansir laman Hollywood Reporter, Minggu (26/2), film yang dibintangi Ben Affleck ini mendapat empat penghargaan dan menjadi pemenang bersama film Hillary's America: The Secret History of the Democratic Party yang juga meraih empat piala.

Batman v Superman mendapat gelar Aktor Pendukung Terburuk, Penampilan Combo Terburuk, Skenario Terburuk, serta Prequel Remake dan Sequel Terburuk. Menariknya, film Zoolander 2 yang masuk sembilan kategori justru beruntung dengan hanya menangkan satu kategori, yakni Aktris Pendukung Terburuk yang diraih Kristen Wiig.

 

Berikut Daftar Lengkap Pemenang Razzie Awards 2017:

1. Gambar Terburuk: Hillary's America - The Secret History of the Democratic Party

2. Aktor Terburuk: Dinesh D'Souza (Hillary's America - The Secret History of the Democratic Party)

3. Aktris Terburuk: Becky Turner (Hillary's America - The Secret History of the Democratic Party)

4. Aktris Pendukung Terburuk: Kristen Wiig (Zoolander 2)

5. Aktor Pendukung Terburuk: Jesse Eisenberg (Batman v Superman: Dawn of Justice)

6. Penampilan Combo Terburuk: Ben Affleck dan Henry Cavill (Batman v Superman - Dawn of Justice)

7. Sutradara Terburuk: Dinesh D'Souza dan Bruce Schooley (Hillary's America - The Secret History of the Democratic Party)

8. Skenario Terburuk: Batman v Superman - Dawn of Justice

9. Prequel, Remake, dan Sequel Terburuk: Batman v Superman -Dawn of Justice

10. Razzie Redeemer Award: Mel Gibson (Hacksaw Ridge).

Pemenang Razzie Awards dipilih secara online oleh sekitar seribu anggota. Member yang mendapat hak pilih tersebar di 24 negara. Ajang ini diadakan sejak 1980 lalu.(jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com - Konflik berkepanjangan yang terjadi di internal Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) membuat Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) mengambil langkah tegas.n DPO akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) PARFI di Kuningan, Jakarta pada 12 Maret mendatang. KLB tersebut digelar untuk mencari ketua umum yang baru.

“KLB dilakukan dengan menimbang bahwa perlu ada langkah yang diambil untuk mempersatukan dan menyelamatkan organisasi perfilman di tanah air,” kata Ketua Panitia KLB PARFI Sandec Sahetapy di Jakarta, Sabtu (25/2).

Sandec menambahkan, KLB tersebut terbuka untuk semua anggota perfilman yang sudah terdaftar sebagai anggota PARFI sepanjang 1956 hingga 2016.“Saya berharap kepada semuanya bersatu.  Dengan berkumpul kembali kita akan kembali hebat. Mari bersama-sama bergadengan tangan,” ujar Sandec.

Sementara itu, Steering Committee (SC) KLB Aspar Paturusi mengatakan, seluruh kepanitiaan merupakan pengurus dari DPO PARFI yang berkomitmen tidak akan merekayasa hasil. "Dengan niat yang tulus kami, KLB PARFI nanti memang benar-benar murni untuk mencari kepemimpinan yang kredibel sesuai dengan AD/ART PARFI. DPO tidak akan merekayasa hasil KLB, semuanya diserahkan kepada anggota," jelas Aspar.

Dalam KLB nanti, SC hanya menetapkan lima calon yang persyaratannya sudah ditetapkan dalam AD/ART. "Berapa pun peserta kongres, pemilihan ketua umum PARFI periode mendatang tetap berjalan, karena sudah sesuai dengan AD/ART PARFI," tandasnya. (jos/jpnn) 

 

JAKARTA, RadarPena.com - Film animasi Boboiboy The Movie mendapat respons luar biasa saat ditayangkan di jaringan bioskop tanah air. Berangkat dari capaian tersebut, DNA Production sebagai pemegang lisensi film asal Malaysia tersebut kemudian tertarik merilisnya dalam bentuk DVD. DVD Boboiboy The Movie pun resmi diluncurkan lewat kolaborasi bersama Jagonya Musik dan Sport Indonesia (JMSI).

"Film ini dapat sambutan luar biasa saat diputar di bioskop, makanya kita pengin semua anak dapat nonton," kata Rina Novita, CEO DNA Production saat launching di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (24/2).

Menurut Rina, Boboiboy The Movie memiliki kisah baru dengan pertualangan yang lebih seru tentunya. Uniknya, sejak dipasarkan pada awal Januari lalu, DVD Boboiboy The Movie juga disambut antusias penggemar, yang umumnya adalah anak-anak. Buktinya kurang dua bulan, DVD ini laku terjual hingga 180 ribu unit.

"Ini DVD film pertama yang dirilis Jagonya Musik. Penjualannya sangat bagus, karena fantastic product," jelas CEO JMSI Steve Lillywhite.

Dalam pembelian DVD ini, penggemar bakal mendapat tiga konten menarik. Yakni, DVD Boboiboy The Movie, DVD Boboiboy Galaxy episode 4, dan DVD klip single Jagalah Bumi yang merupakan lagu tema Boboiboy yang dibawakan Kevin and The Red Rose.

DVD Boboiboy The Movie sudah bisa didapatkan di gerai KFC seluruh Indonesia. (jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com - Bunga Citra Lestari (BCL) kembali berakting dalan film terbarunya berjudul Moon Cake Story.

istri Ashraf Sinclair itu mengatakan, film drama arahan sutradara Garin Nugroho ini punya misi khusus.

"Film ini berbeda dari film-filmku sebelumnya karena punya misi," kata Bunga dalam konferensi pers film Moon Cake Story di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (13/2) malam.

Misi yang dimaksud BCL adalah upaya menyadarkan masyarakat tentang budaya berbagi tanpa melihat latar belakang suku, agama, dan ras.

"Di sini digambarkan hubungan bukan cinta pasangan, tapi rasa persaudaraan yang tulus dari kelas berbeda, etnis yang beda, tapi bisa saling memberi. Film ini ada isinya yang aku rasa indah, mengangkat tema sosial juga budaya dan aku sangat bangga bisa terlibat dalam film ini," tambah Bunga.

Bunga berharap film yang bertemakan sosial budaya akan mempunyai dampak besar terhadap toleransi etnis dan budaya di Indonesia.

"Di film ini aku berharap bahwa film ini punya impact tentang pentingnya menghargai budaya. Aku penginnya punya impact besar untuk masyarakat Indonesia mengenai masalah toleransi antar etnis, tingkat sosial, dan lain-lain," tutupnya. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Di antara beberapa pilihan sarapan, roti merupakan salah satu pilihan yang tergolong praktis.

Di Indonesia, jenis roti yang paling banyak ditemui adalah roti tawar putih.

Sayangnya, konsumsi roti jenis ini disarankan agar dibatasi.

Umumnya, bahan pembuat roti ini yaitu tepung terigu. Tepung terigu yang digunakan terbuat dari gandum yang sebagian besar lapisan kulit kasar dan kulit arinya telah hilang saat penggilingan.

Berikut ini beberapa roti yang sebaiknya Anda hindari, seperti dilansir laman Cheat Sheet:

1. Baguette Prancis

Perancis mungkin hidup dari baguette, tapi ini adalah salah satu roti terburuk yang bisa Anda makan.

Roti ini biasanya dibuat dengan bahan-bahan pokok seperti air, tepung putih, garam dan ragi.

Masalah dengan baguettes Perancis adalah roti menawarkan nilai gizi yang sangat sedikit.

Roti ini juga kekurangan vitamin, kalsium dan nutrisi bermanfaat lainnya.

2. Croissant

Karena tidak dibuat dengan biji-bijian dan mengandung banyak mentega, croissant tidak terlalu tinggi pada skala kesehatan.

Rantai makanan cepat saji populer seperti Starbucks menawarkan croissant yang mengandung 240 kalori dengan 12 gram lemak dan 330 miligram sodium.

3. Kaiser rolls

Roti Austria ini biasanya dibuat dengan tepung putih yang sangat halus, mentega dan gula.

CalorieKing mengatakan 2 ons roti ini biasanya mengandung 30 gram karbohidrat, kurang dari 2 gram serat dan sekitar 300 miligram sodium.

4. Roti putih

Roti putih memiliki reputasi buruk untuk alasan yang baik. WebMD mengatakan ini roti ini kekurangan nilai gizi karena bagaimana mereka diproses.

Butir halus yang digunakan untuk membuat tepung dilepaskan dari lapisan luar, yang merupakan bagian yang mengandung serat dan nutrisi bermanfaat lainnya.

Dengan begitu banyak karbohidrat dan sedikit serat, Anda cenderung akan mudah lapar.

Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk makan berlebihan yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan

5. Biskuit

Biskuit adalah sumber lain dari kebanyakan karbohidrat dengan serat minimal dan protein.

Bahan utamanya adalah tepung, mentega, susu dan kadang-kadang gula untuk menambah rasa.

Biskuit biasanya menawarkan 128 kalori, 6 gram lemak, 17 gram karbohidrat dan hanya 2 gram protein.

6. Bagel

Bagel adalah favorit sarapan, tapi mereka tinggi kalori dan karbohidrat. Dengan berbagai rasa yang tersedia.

Penderita diabetes harus ekstra hati-hati jika memilih bagel karena kandungan karbohidrat yang tinggi bisa dengan cepat menaikan lonjakan gula darah.

JAKARTA, RadarPena.com - Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang kondang disapa dengan panggilan Yenny Wahid ikut merasakan mahalnya harga cabai rawit merah. Namun, putri KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu punya cara untuk menyiasatinya. Yenny mengaku tak kesulitan untuk membuat masakannya tetap pedas. Sebab, ada banyak cara selain menggunakan cabai rawit merah untuk membuat masakan pedas.

Salah satunya mengganti cabai rawit merah yang harganya kini melambung dengan cabai lainnya yang harganya cenderung stabil. Misalnya dengan menggunakan cabai rawit hijau dan cabai hijau besar.

"Kami sih di rumah sekarang nyambelnya ganti nyambel hijau. Kalau kami enggak nyambel cabai merah," katanya sembari tertawa saat meninjau Pasar Murah Imlek yang digelar Artha Graha Peduli (AGP) di SCBD, Jakarta, Sabtu (14/1).

Yenny menuturkan, rasa sambal dengan cabai rawit hijau tetap pedas dan tidak mengurangi selera makan. Menurutnya, jika masyarakat tidak terlalu memburu cabai rawit merah dan menggantikannya dengan jenis lain maka harganya pun akan turun.

"Untuk sementara agar demandnya tak terlalu berlebih hingga melambungkan harga. Kita semua berupaya wajib memastikan ikut menyumbang upaya menstabilkan harga," tegas putri mendiang Almarhum Gus Dur ini.

Yenny pun mengapresiasi langkah berbagai pengusaha yang berkontribusi dalam menstabilkan harga dengan menggelar pasar murah. Hal itu membantu masyarakat untuk tetap berdaya beli dan meredam kenaikan harga. "Kami berterima kasih ada kepedulian pengusaha besar sangat membantu masyarakat mengingat harga pangan sedang alami kenaikan," tandasnya.(cr1/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Apa rasa yang paling disukai di Indonesia? Rupanya cokelat berada di posisi pertama. Hal ini diungkapkan Gemita Pasaribu, Country Marketing Manager Mars Chocolate Indonesia. “Termasuk juga untuk rasa minuman,” kata Gemita dalam acara kampanye Dove Chocolate di Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (12/1).

Sementara itu, rasa ayam berada di posisi kedua, disusul dengan vanila, keju, sapi, pedas, strawberi, kopi, udang dan moka. Meski demikian, konsumsi cokelat di Indonesia masih kalah jauh ketimbang negara-negara lain.

Gemita mengungkapkan konsumsi cokelat per kapita di Indonesia hanya 420 gram, berbeda jauh dengan Irlandia di posisi puncak yang konsumsinya mencapai 11 kg.

Menurut Psikolog Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Bona Sardo, cokelat tak hanya berguna sebagai camilan pengganjal perut, tetapi juga bisa berperan penting dalam mengungkapkan rasa kasih sayang.

“Ungkapan kasih sayang itu ibarat cokelat, sel-sel otak menerima rangsangan terhadap ungkapan kasih sayang sama seperti saat kita menikmati cokelat. Keduanya memunculkan hormon endorfin yang memberikan rasa senang dan nyaman,” jelasnya.

JAKARTA,Radarpena.com -  Ada kabar yang cukup membanggakan dari Travelers Choice dari Trip Advisor. Sebuah laman nomor wahid dunia untuk search and share destinasi, seperti atraksi, dan amenitas, yang paling dipercaya para travellers, menempatkan dua restoran di Bali masuk ke dalam 10 Best Fine Dining Restaurants versi Travelers Choice Awards 2016. Ke dua restoran itu adalah Restaurant Locavore Ubud dan Swept Away at The Samaya Ubud.

Bagi pemerintah sendiri, khususnya Kementeria Pariwisata, tentu ini sangat akan memperkuat brand Wonderful Indonesia di pentas dunia. Pamor Bali dan Indonesia makin kuat di banyak event dunia. Ini adalah sebuah penghargaan prestisius yang diberikan kepada restoran-restoran upscale di Asia.
Hingga Selasa (29/11) pagi, 1.303 penulis ulasan di situs TripAdvisor memberikan rating "Excellent" untuk Restaurant Locavore.  Untuk Swept Away at The Samaya, ada 804 rating "Excellent" yang membalut ulasan di situs TripAdvisor.

General manager dan Executive Chef dari Restaurant Locavore Ubud memang sangat mengutamakan pelayanan yang istimewa dan keramah tamahan. Setelah para pengunjung restoran selesai menyantap hidangan, chef Eelke akan menanyakan komentar mereka tentang rasa dan penyajian dari hidangan yang sudah disantap. Semua komentar tadi dijadikan masukan positif untuk pengembangan menu-menu baru di Locavore restaurant Ubud Bali.

“Locavore ini memang keren. Restorannya juga menjadi Best  50 Asia versi 50 Best Restaurant, sebuah badan bergengsi yang memang khusus menilai restoran dunia. Yang ke Bali, harus coba kulineran di sini,” ujar Vita Datau Mesakh, Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata.
Vita mengatakan bahwa, nantinya tak hanya dua restoran di Ubud tadi yang akan didorong tampil di level dunia. Restoran-restaran lain yang punya potensi besar juga akan ikut didorong berkompetisi di level dunia. “Sekarang sedang dibuat program coaching clinic-nya. Restoran-restoran terbaik di negeri ini akan mulai dibiasakan berkompetisi dengan iklim dunia,” ujar Vita.

Menurut Vita, di negara lain, wisata kuliner sudah lama digarap sangat serius. Thailand mulai serius dengan proyek Kitchen of The World sejak 1990. Misinya bahkan dipimpin langsung oleh Raja dan Perdana Menterinya. Korea juga begitu dengan Proyek Hansiknya. dipimpin First Lady-nya. Sementara Jepang diuntungkan dengan Perang Dunia dimana Rest Sushi pertama di USA ada di tahun 1966.Vietnam Food juga sudah lama mengudara. Pengungsi-pengungsi Vietnam tak hanya membuat kampung-kampung  di negara yang mereka tinggali. Di negeri barunya, mereka juga membuat resto-resto yang banyak dikunjungi penduduk lokal. 

“Kita juga sudah mulai serius. Ini yang jadi highlight di Tim Percepatan Kuliner Kemenpar. Melalui program Globalisasi Kuliner Indonesia, kita akan buat kuliner Indonesia makin mendunia. Kalau serius, kita pasti bisa!” ujar Vita

Beragam pujian tadi tak lepas dari kreativitas Locavore yang mampu menyajikan makanan Eropa modern yang dipadukan dengan bahan local organik. Semua dijamin bebas dari pestisida dan pengawet makanan.
“Semuanya masih segar. Dan bahan makanan kami ambil dari petani local agar berdampak pada meningkatnya penghasilan para petani Ubud,” ungkap Executive Chef Eelke Plasmeije. (JPNN)


Berikut 10 Restoran Terbaik Asia versi TripAdvisor
1. DK David's Kitchen at 909 (Chiang Mai, Thailand)
2. Restaurant Locavore (Ubud, Indonesia)
3. TRB (Beijing, China)
4. Restaurant Andre (Singapura)
5. Kobe Teppanyaki Hakushu (Tokyo, Jepang)
6. Tapas Molecular Bar (Tokyo, Jepang)
7. Cafe des Amis (Pattaya, Thailand)
8. Spiral (Manila, Filipina)
9. Swept Away at The Samaya Ubud (Ubud, Indonesia)
10. Mandarin Grill (Kuala Lumpur, Malaysia)

JAKARTA, RadarPena.com - Sebuah festival makanan yang menyajikan berbagai cita rasa dari 10 negara anggota ASEAN digelar di COEX Convention and Exhibition Center, Seoul, Korea Selatan.

Pada acara yang berakhir Sabtu (5/11) sore ini, booth Indonesia yang digawangi Chef Budi Lee menyajikan makanan terenak di dunia berdasarkan hasil voting CNN, yakni soto, gado-gado, dan rendang.

ASEAN Culinary Festival 2016 ini dilaksanakan dalam kaitannya dengan pameran industri makanan ASEAN Fair 2016 yang dihelat selama empat hari bersamaan pameran produk makanan Korea Food Week. 

Masing-masing peserta menawarkan tiga macam ikon kuliner yang disiapkan oleh chef dari 10 negara ASEAN.

"Kami memilih soto sebagai ikon kuliner baru karena makanan ini ada di seluruh Indonesia dengan beragam jenisnya. Makan ini juga mewakili keragaman budaya Indonesia," kata Deputi Pemasaran Luar Negeri Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Joshua Simandjuntak yang khusus datang ke Seoul untuk mendukung kegiatan promosi kuliner kerja sama  ASEAN-Korea Centre (AKC) dan kedubes negara-negara ASEAN di Korea ini. 

Tiga jenis soto yang ditampilkan soto ayam, soto betawi, dan soto tauto Pekalongan.

Duta Besar RI untuk Republik Korea, John A. Prasetio menyatakan  senang melihat kerumunan orang Korea yang menikmati makanan sajian booth Indonesia. Selama empat hari penyelenggaraan festival kuliner, booth Indonesia selalu mencatat jumlah terbanyak menggoyang lidah pengunjung dengan rata-rata 550 porsi makanan ludes setiap harinya.

Sekjen AKC, Kim Young-sun pada saat upacara pembukaan ASEAN Culinary Festival, berharap kegiatan ini dapat menjadi jembatan bagi ASEAN dan Korea untuk meningkatkan jaringan bisnis dan kerjasama ekonomi. Kim juga menyatakan bahwa pameran ini akan menyajikan produk makanan yang kompetitif dan budaya makanan ASEAN yang beragam.(rmol)

JAKARTA, RadarPena.com - Anda suka merasa lapar, padahal jam tidur ada sudah dekat? Apa yang harus anda lakukan, makan atau membawa lapar anda ke dalam tidur? Bisakah anda tidur dalam keadaan lapar?

Apa yang terjadi pada anda ketika anda memutuskan untuk makan, apakah berat tubuh anda akan terpengaruh dengan hal ini?

Well, terkadang ada kondisi di mana mustahil bagi kita untuk menahan lapar, salah satunya di saat menjelang tidur. Menurut saran pakar dari Academy of Nutrition and Dietics, Angela Lemond, R.D.N., lapar bukanlah sesuatu yang harus anda tahan.

Triknya, kata Dr. Lemond, adalah dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang tepat dan tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah, menghindarkan anda dari kebiasaan mengemil yang justru menyebabkan berat tubuh anda bertambah.

Berikut 3 menu yang disarankan Dr. Lemond seperti diambil dari WomensHealthMag.com berikut ini:

1. 1 buah pisang ukuran sedang + 1 sendok makan mentega almond
2. 1 buah apel ukuran sedang + 1 ons keju rendah lemak
3. 1 mangkuk bluberi + 6-8 ons yogurt tanpa lemak

Pilih salah satunya dari menu di atas untuk mengganjal perut anda hingga waktunya sarapan.(Fajar)

JAKARTA, RadarPena.com - Kunjungan Raja Arab Saudi Salam bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017 diharapkan akan menjadi momentum untuk menggaet sebanyak mungkin wisatawan mancanegara asal Timur Tengah. Pertanyaannya adalah apa kaitannya kunjungan Raja Salman dengan wisatawan Timur Tengah ke Indonesia? Jawabannya adalah Raja Salman dalam kunjungan ke Indonesia selain akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Jakarta dan Bogor pada tanggal 1-3 Maret 2017 juga akan belibur ke Bali pada 4-9 Maret 2017.

Rencana liburan Raja Salman ke Bali akan semakin membuat destinasi Pulau Dewata itu naik daun. Pamor dan popularitas Bali diyakini langsung menanjak tajam, karena kedatangan tokoh dunia yang sangat berpengaruh seperti Raja Salman dan merupakan promosi yang luar biasa efektif.

Penguasa Arab Saudi itu terbang ke Bali pada 3 Maret 2017 bersama dengan sekitar 1.500 orang anggota keluarga kerajaan membawa empat pesawat Boeing B747 seri 400 dan 200, dua pesawat Boeing B777 dan dua pesawat C-130 Hercules berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan RI.

Kementerian Pariwisata RI menilai pesona Pulau Dewata rupanya menarik perhatian Raja Arab Saudi mengingat selama tiga hari pertama, Raja Salman dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan, sedangkan, enam hari berikutnya akan berlibur ke Bali.

Pesona Bali yang punya segalanya rupanya menarik keinginan Raja Salman ditambah lagi keindahannya terus diakui oleh dunia internasional. Bahkan, di 2017 ini Pulau Dewata dinobatkan sebagai pulau terbaik di dunia oleh DestinAsian Readers Choice Award (RCA) 2017 yang bermarkas di Singapura. Keunikan adat dan budaya, keramahan manusianya, keindahan alamnya, kuliner dan ekspektasi terhadap destinasi di Bali, dinilai yang terbaik di muka bumi ini.

Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan kedatangan seorang Kepala Negara dengan tujuan khusus berwisata ke destinasi Bali merupakan promosi yang luar biasa karena berpengaruh positif bagi pasar Arab Saudi dan Timur Tengah.

Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali mengatakan kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud untuk berlibur di Bali diharapkan menjadi media promosi pariwisata, khususnya bagi wisatawan dari Timur Tengah.Kunjugan Raja Arab Saudi ini merupakan promosi bagi Bali dan Indonesia. Hal ini akan menjadi sorotan dunia, khususnya masyarakat Arab Saudi.

Pemerintah Indonesia mengharapkan rencana kedatangan penguasa negeri kaya minyak itu memberikan dampak luar biasa, khususnya untuk sektor pariwisata bagi wisatawan dari Timur Tengah.

Diharapkan potensi wisata Bali akan makin dikenal oleh wisatawan dari negara-negara di kawaaan Timur Tengah sehingga bagi masyarakat Arab, diharapkan cepat atau lambat akan merencanakan kunjungannya sebagai turis ke Bali.

Terkait dengan kedatangan Raja Salman ke Bali, Asita belum mengetahui objek-objek wisata yang akan dikunjungi Raja Salman yang mengajak sekitar 1.500 anggota Kerajaan Arab Saudi itu.

Diperkirakan objek wisata di Kabupaten Badung dan paling jauh di Kabupaten Gianyar kemungkinan akan disasar oleh rombongan Raja Arab Saudi untuk berwisata.

Kesempatan itu diharapkan menjadi angin segar bagi perluasan pangsa pasar wisatawan yang selama ini ada, seperti Tiongkok, Australia, Jepang, Singapura, serta beberapa negara di Eropa.

Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia khususnya Bali juga akan mampu memberikan dampak positif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, terutama dari negara Timur Tengah ke Nusantara pada masa mendatang.

Bagi pariwisata Bali sendiri, kunjungan tamu negara itu sangat jelas dampaknya berapa pesawat yang mendarat karena mengangkut rombongan besar sekitar 1.500 orang yang terdiri atas pangeran, menteri dan pebisnis.

Kunjungan Raja Arab Saudi dimaknai juga secara khusus dan pemerintah tentu akan memberikan pelayanan dengan sistem pengamanan secara maksimal.

Bali dan Indonesia umumnya akan mendapat promosi secara gratis ke mancanegara terhadap kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud sekaligus liburannya di Pulau Dewata, 3-9 Maret 2017.

Rombongan tamu negara dalam jumlah besar termasuk 10 menteri dan 25 pangeran tentu akan mendapat pelayanan dan pengamanan yang maksimal, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena hal itu akan memberikan citra negatif terhadap Indonesia.

Untuk itu pemerintah, termasuk Pemprov Bali dan seluruh masyarakat dan komponen di daerah ini dapat berperan serta dalam menyukseskan kunjungan negara Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Kunjungan wisatawan dari negara Timur Tengah ke Indonesia, khususnya Bali selama ini masih sangat kecil. Dengan adanya kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud diharapkan dapat meningkat dimasa-masa mendatang.

Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia, khususnya Bali dimaknai secara khusus karena Bali selama ini memiliki kekuatan seni budaya yang bernapaskan Hindu.(rmol)

 

Terkait dengan potensi wisatawan dari Timur Tengah, mereka merupakan pangsa pasar yang potensial untuk digarap lebih lanjut, apalagi telah dibuka rute langsung dari Doha dan Dubai.

 

Wisatawan dari Timur Tengah juga tergolong wisatawan kelas atas dengan tingkat pengeluaran rata-rata sekitar USD 2.000 per orang untuk sekali kunjungan.

 

Rata-rata pengeluaran wisatawan mancanegara saat ini di Bali mencapai sekitar USD 1.300 per orang untuk sekali kunjungan. Untuk lama tinggal, rata-rata wisatawan dari Timur Tengah mencapai tujuh hingga delapan hari.

 

Dengan adanya kunjungan Raja Salman ke Bali tersebut maka iharapkan akan makin banyak lagi wisatawan Timur Tengah umumnya dan Arab Saudi khususnya berkunjung ke sejumlah objek wisata di Indonesia.(rmol)

 

BANYUWANGI, RadarPena.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mulai melakukan penataan lebih terpadu di Pulau Tabuhan, sebuah pulau kecil tak berpenghuni di kabupaten tersebut.

Pulau dengan pantai berpasir putih dan air laut jernih tersebut akan dikelola dengan memadukan aspek komersial (ekonomi) dan sosial. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, Pulau Tabuhan mempunyai potensi yang luar biasa untuk dikembangkan.

"Kami tawarkan pengelolaannya kepada investor dengan kualifikasi tertentu. Di antaranya, punya pengalaman di dunia wisata, network bagus, dan berkomitmen memberdayakan masyarakat. Poin pemberdayaan kami garis bawahi, karena kami ingin investor dengan visi kewirausahaan sosial, antara oritentasi bisnis dan pemberdayaan seimbang,” kata Anas, Minggu (26/2)

Pulau Tabuhan adalah pulau kecil tidak berpenghuni di wilayah utara Banyuwangi. Untuk menyeberang, dibutuhkan waktu 20 menit menggunakan kapal wisata yang disediakan warga. Wisatawan bisa menikmati pemandangan menawan gradasi warna laut mulai hijau, biru muda, sampai biru tua. Biota lautnya menawan. Pemandangan indah itu bisa dinikmati hanya dengan kedalaman 50cm, sangat memanjakan wisatawan yang gemar snorkeling dan diving. Pulau ini juga jadi favorit penggemar olahraga air seperti selancar layang dan selancar angin.

Dia menambahkan, hanya sebagian pulau yang ditawarkan pengelolaannya ke swasta, yaitu tiga hingga empat hektare. Ada pun lainnya tetap bisa dimanfaatkan secara nonkomersial alias tidak berbayar.

”Jadi nanti dikembangkan menjadi resor-resor. Mirip di Maladewa. Segmentasinya adalah wisatawan asing. Mengapa dikelola oleh pihak ketiga? Karena pasti lebih profesional. Kunci sukses bisnis wisata adalah jaringan. Dengan pengelola yang punya rekam jejak panjang di industri pariwisata, tentu pengelolaannya akan lebih bagus. Pemda tidak mungkin mengelola ini karena keterbatasan banyak hal, mulai dari SDM, dana, sampai budaya kerja,” ujarnya.

Anas mencontohkan pengelolaan Hotel Blambangan di pusat kota Banyuwangi. Hotel tersebut dulunya adalah aset Pemkab Banyuwangi yang kurang terurus. Setelah diperbaiki dan dikelola pihak ketiga yang telah berpengalaman, kini mampu menjadi ikon, penyumbang PAD, dan penyerap tenaga kerja dari lulusan SMK jurusan perhotelan yang ada di Banyuwangi.

Nantinya, sambung Anas, investor harus membayar hak pengelolaan Pulau Tabuhan dalam jangka waktu tertentu, misalnya 5 tahun. Harga sewa dihitung berdasarkan penilaian sesuai regulasi. ”Appraisal-nya melibatkan tim aset daerah, penghitungannya sesuai aturan, dan pasti kita konsultasikan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” papar Anas.

Investor juga diwajibkan memberdayakan masyarakat Banyuwangi. Sebelum dinyatakan berhak mengelola pulau indah itu, mereka diwajibkan mencari tenaga kerja lokal. ”Silakan kami punya SMK dan Politeknik jurusan pariwisata dan perhotelan. Pilih yang terbaik dari sisi bahasa, manajemen, dan ilmu teknisnya. Selain itu, nanti bisa menyerap produk UMKM, seperti furnitur, sabun, alat masak, tusuk gigi, dan sebagainya,” kata Anas.

Dengan demikian, terdapat banyak manfaat, mulai pemberdayaan, penyerapan tenaga kerja, menambah PAD untuk pembangunan daerah, hingga meningkatkan kunjungan turis yang pasti ikut menggerakkan ekonomi lokal.

”Sudah ada beberapa investor tertarik, di antaranya dari Singapura. Ada juga dari lokal. Kami ingin membuka seluas mungkin, seperti ke perusahaan macam Ancol, BUMN Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Grup Alila atau siapapun. Nanti ada beauty contest, siapa yang paling tepat akan kami pilih,” ujarnya. (adk/jpnn)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Rencana Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan rombongan berlibur di Bali pada 4-9 Maret mendatang mendatangkan berkah terdendiri bagi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pulau peraih predikat destinasi Wisata Halal Favorit 2016 itu juga masuk dalam daftar lokasi wisata yang akan dikunjungi perwakilan Kerajaan Arab Saudi. “Kabar dari Kementerian Luar Negeri, ada penjadwalan untuk meninjau Lombok sebagai wisata halal dan telah disetujui pihak kerajaan Arab Saudi," ungkap Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah S Thaib, Sabtu (25/2).

Menurutnya, tujuan utama perwakilan rombongan Arab Saudi ke Lombok adalah meninjau kawasan wisata Mandalika dan melihat peluang-peluang investasi pariwisata. "Selain melihat langsung destinasi wisata Mandalika, akan ada pertemuan bisnis antara Indonesia Tourism Development Corporation dengan pihak delegasi Arab Saudi terkait pariwisata," ujar Hiramsyah.

Menurutnya, kedatangan Raja Salman ke Bali ini harus memacu Lombok untuk bisa menjadi destinasi wisata yang setara dengan Pulau Dewata, baik infrastruktur maupun keamanannya. Lombok baru akan memiliki hotel bintang lima plus setelah kawasan Mandalika rampung.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Kehadiran Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia pada 4-9 Maret 2017, tak hanya tertarik pada Bali. Ternyata raja kaya itu juga melirik Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau yang dua tahun mendapat predikat destinasi Wisata Halal Favorit 2016. Rencananya, beberapa perwakilan dari mereka akan menyambangi Lombok dengan agenda meninjau kawasan wisata Mandalika dan peluang-peluang investasi pariwisata.

"Selain melihat langsung destinasi wisata Mandalika, akan ada pertemuan bisnis antara Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan pihak delegasi Arab Saudi terkait pariwisata," ujar Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas, Hiramsyah S Thaib, yang didampingi PIC Mandalika, T. Rahmadi, Jumat (24/2/2017).

Hiram mengatakan, kedatangan Raja Salman ke Bali ini harus jadi penyemangat buat Lombok, supaya jadi destinasi yang sama dengan Bali, baik infrastruktur dan keamanannya. Lombok baru akan memiliki hotel bintang lima plus setelah kawasan Mandalika rampung. Karena hotel-hotel yang akan dibangun di sana memang hotel berkelas dunia.

“Kabar dari Kementerian Luar Negeri permintaan ada penjadwalan untuk meninjau Lombok sebagai wisata halal telah disetujui pihak kedajaan Arab Saudi," ungkap Hiram.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. Lalu Muhammad Faozal menjelaskan, pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di Lombok Tengah, NTB tengah dikebut.

Pemerintah telah memberikan kepastian sekaligus memberikan daya tarik bagi penanam modal melalui penetapan PP Nomor 96 Tahun 2015 tentang Fasilitas dan Kemudahan di KEK dan Perpres Nomor 3 Tahun 2015 tentang Proyek Strategis Nasional. Dalam waktu tidak lama, Lombok akan memilik Bandara International yang akan dapat didarati pesawat-pesawat besar. Pengembangan bandara juga akan dilanjutkan dengan perpanjangan landas pacu dari 2750 meter menjadi 3000 meter. Direncanakan, dalam waktu dekat, Bandara Internasional Lombok (BIL) akan mampu melayani penerbangan jarak jauh (long haul).

“Di tahun 2017 ini, BIL akan dilengkapi dengan dua apron baru untuk pesawat berbadan lebar (widebody) sekelas Boeing 777 atau Airbus 330. Artinya BIL akan mampu  menampung 10 apron pesawat berbadan sedang (narrow body) dan 2 apron untuk berbadan lebar," papar Faozal.

Faozal menambahkan, infrastruktur penunjang keamanan dan keselamatan juga sedang digeber. Di kawasan Mandalika, akan dipasangi kamera Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa titik yang beroperasi 24 jam. Dan untuk keselamatan, yang disediakan berstandar global bekerjasama dengan Direktorat Polisi Air Polda NTB untuk membentuk satuan Life Guard.

Berdasarkan data Kemenpar, peningkatan kunjungan wisatawan dari Timur Tengah pada 2015 sekitar 39 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2016, sudah tercapai 2 juta wisatawan Timur Tengah yang berkunjung ke Indonesia. Angka ini diprediksi akan bertambah menjadi empat juta wisatawan pada 2018. Wisman dari Timur Tengah ini ada dari Arab Saudi, Dubai, Qatar, dan Abu Dabi.

Menpar Arief Yahya direncanakan bakal menjemput keluarga Raja Salman di Bandara Ngurah Rai, Bali. Ini adalah bentuk perhormatan dan penghargaan dari Pemerintah Presiden Joko Widodo atas keputusan raja untuk  berwisata ke Bali. "Kami berterima kasih pada Raja Salman, telah memilih Bali dan Indonesia sebagai destinasi tempat berlibur bersama keluarga kerajaan, selamat menikmati Wonderful Indonesia," hormat Arief Yahya ke Raja Salman. Paling sering, raja berlibur di Maldives dan Seychelles.(*/JPG)

JAKARTA, RadarPena.com - Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) ketiga akan berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 6-10 September 2017. Sebelumnya, Dua pelaksanaan ICCC digelar di Solo pada 2015 dan di Malang pada 2016. Dari even nasional itu terbentuk Indonesia Creative Cities Network (ICCN), yang menjadi rekanan Kementerian Pariwisata.

Sekretaris Jenderal ICCN Liliek Setiawan menyatakan, ICCC 2017 akan menggali lebih banyak potensi wisata kreatif yang bisa menjadi ujung tombak peningkatan kunjungan pariwisata di daerah masing-masing.  Menurutnya, berbagai daerah di Indonesia memiliki potensi untuk menjadi tujuan wisata utama. Hal itu sejalan dengan kebijakan Kemenpar tentang sepuluh destinasi pariwisata baru atau yang disosialisasikan sebagai Sepuluh Bali Baru.  

"Saya yakin sekali bahwa dengan kekayaan dan keindahan alam yang kita miliki di Indonesia dapat menciptakan 100 Bali baru,” ujar Lilik, seperti diberitakan JawaPos, Jumat (24/2).

Liliek menambahkan, Kemenpar telah berhasil menggenjot jumlah kunjungan wisman.  Bahkan target kunjungan 12 juta wisman 2016 pun tercapai. Namun, kata Liliek, perlu perencanaan matang untuk mengejar target-target selanjutnya. Apalagi ada target kunjungan 20 juta wisman pada 2019 nanti. 

Liliek mengaku tahu persis kinerja Kemenpar di bawah komando Arief Yahya dalam mengejar target kunjungan wisman. Yakni mengejar target dengan perencanaan dan strategi jitu.  “Ada keberhasilan yang telah direncanakan, jadi kami tidak terlalu terkejut atas prestasi ini karena semua pekerjaan telah tertata rapi sejak awal berdasar road map yang sudah ditetapkan,” katanya. 

Lebih lanjut Liliek mengatakan, untuk pertama kalinya pemerintah memiliki sistem yang tepat dalam upaya menggenjot investasi bidang pariwisata. Menurutnya, sudah seharusnya pariwisata menjadi ujung tombak dalam peningkatan pertumbuhan perekonomian nasional. 

Lilek menjelaskan, tahapan dasar atau hukum baku dalam proses perekonomian adalah tourisme, trade dan investment atau yang dikenal dengan rumus T-T-I. “Di mana pintu masuk untuk menggiring peningkatan investasi adalah melalui promosi pariwisata yang menarik sehingga dapat berlanjut ke tahapan-tahapan berikutnya,” tuturnya.

 

NUSA DUA, RadarPena.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud yang rencananya berlibur di Bali. Kedatangannya diharapkan bisa mendongkrak pariwisata Pulau Dewata dan Indonesia."Kalau rajanya datang maka rakyatnya akan datang juga," kata Arief di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Nusa Dua, Kabupaten Badung, Kamis (23/2).

Menurut Arief, kunjungan ke Pulau Dewata tersebut merupakan kegiatan keluarga kerajaan alias kegiatan berlibur pribadi. "Ini merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk promosi pariwisata," ucapnya.

Kedatangan Raja Salman di Bali untuk berlibur itu diharapkan memberikan pengaruh positif bagi rakyatnya termasuk wisatawan dari negara-negara di kawasan Timur Tengah.

Arief menjelaskan wisatawan dari Timur Tengah merupakan salah satu wisatawan kelas premium dengan tingkat pengeluaran yang tinggi yakni sekitar USD 2.000 untuk sekali kunjungan.

Meski demikian jumlah wisatawan dari Timur Tengah ke Indonesia masih rendah yakni dibawah 200 ribu orang atau masih kalah dibandingkan Malaysia dan Thailand yang sudah mencapai 300 ribu dan 600 ribu orang

Raja Salman dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan di Jakarta 1-3 Maret dan berlibur ke Bali mulai 4-9 Maret 2017. Dalam lawatannya ke Indonesia, Raja Salman dijadwalkan membawa sekitar 1.500 rombongan dengan menggunakan sedikitnya enam pesawat. Kunjungan ini juga sangat bersejarah bagi Indonesia karena lawatan Raja Arab Saudi terakhir ke Tanah Air pada 1970 atau 47 tahun lalu.(rmol)

Advertisement
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.