Top Stories

JAKARTA, RadarPena.com - Bunga Jaenal kini telah memeluk agama hindu mengkuti suaminya Sukhdev Singh.

Kabar ini terkuak setela Ia mendatangi Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, untuk melaporkan kasus penipuan beberapa waktu lalu.

Kini lewat akun Instagramnya, Bunga mulai mempulikasikan kebahagiaan keluarganya.

Bersama suaminya dan kedua buah hatinya, Ia memposting momen tersebut lewat akun instgramnya.

“My little family,Gak perlu dijabarkan gak perlu diartikan yg penting i’m happy with my boys,” katanya dalam caption foto tersebut.

Namun belum jelas sosok pria tersebut, sabab dalam postingannya Ia sengaja menutupi wajah suaminya itu dengan stiker.

Postingan ini pun menjadi perbincangan netizen di sosial media.

 “Asekkkkkkk.. udah mulai go publik mbak e. Tapi kok putu suami masih ditutup-tutupi pake stiker? nanggung dong mbak publikasinya. tapi tenang aja, minceu punya dong yess putu sesesuami mbak e.
minceu sedang berbaek hati mengobati rasa senapsaran bagi emak-emak dan apak rengginang.
Hepi Besdey yess mbak flower #Eh, smoga selalu bahagia dengan keluarga kecilnya, nganu, mbok yo minceu skali-skali ditawarkeun jadi pemaen eptipi di PH sesesuami mbak e, gini-gini bisalah minceu ekting, walopun cuma jadi cameo pakai jubah mahbun+pegang kamera jadul penominil” kata Lambe Turah yang ikut mempostinga foto tersebut.

“Kok suaminya udah kaya kakek2 mak..apa mata eike yg julid yaaa..,” sindir akun @_missiraa.

“Bunga Zainal mah Pinter dia Main nya Aluuuss padahal sih sama aja dia Pelakor . BINI KeDUA nya itu Produser india Kaya Raya ..” timpal akun @herdiniaputri.

“Sampe Pindah Agama segala? Wah Wahhh UANG MemBUTA kan Segalanyaa yaa yg penting Idup enakk yaahh,” tulis akun @herdiniaputri. (dal/fajar)

NEW YORK, RadarPena.com - Rapper Nicki Minaj berhasil menorehkan sejarah di industri musik. Minaj baru saja mematahkan rekor penyanyi legendaris Aretha Franklin sebagai musisi wanita hits terbanyak di Billboard Hot 100. Rekor tersebut dipecahkan Minaj berkat tiga lagu baru yang dirilis sekaligus pekan lalu. Tiga lagu tersebut yaitu No Frauds bersama Drake dan Lil Wayne, Regret in Your Tears dan Changed It yang din­yanyikan bersama Lil Wayne.  Dengan begitu, kini Minaj memiliki 76 single yang berha­sil masuk dalam Billboard Hot 100. Rapper berusia berusia 34 tahun ini melampaui perolehan Franklin yang hanya memiliki total hits sebanyak 73 lagu sepanjang karirnya, sejak 1961-1998. 

Untuk merayakannya, Minaj ketahuan selebrasi dengan twerking atau goyang bokong. Hal tersebut diunggahnya melalui video di Instagram. Dalam balutan rok dan bra merah, Minaj menggoyangkan bokongnya di depan kamera.  "Ketika kamu mendapati dirimu menjadi satu-satunya wanita dalam sejarah Billboard yang mempunyai 76 lagu di tangga Billboard Hot 100," tulis Minaj dalam keterangan videonya.  Tak lupa, Minaj juga mengucapkan terima kasih kepada fansnya dalam unggahan lain­nya. "Kepada penggemarku, aku sangat mencintai kalian lebih dari kata-kata yang dapat aku katakan," ujarnya. "Terima kasih banyak untuk cinta dan dukungan kalian," ujarnya. 

Memang, bukan Minaj, kalau momen menjadi biasa saja. Misalnya, belum lama ini pelantun Anaconda itu datang ke Paris Fashion Week dalam balutan busana yang memperlihatkan salah satu payudaranya. Tentu saja hal itu jadi mengundang sensasional dan menarik perhatian. Saat itu, Minaj tampak mengenakan atasan hitam dengan model bahu tegas dengan po­tongan rendah di bagian dadanya. Anehnya, busana rekan duet Ariana Grande ini hanya memiliki satu lengan saja. 

Sementara bagian lengan satunya dibiarkan terbuka hingga memperlihatkan payudaranya. Dia pun hanya menutupi bagian intimnya dengan secuil pastie. Sontak, gaya busana Minaj ini pun langsung menjadi bahan perbincangan media sosial.  Ada yang membanding-bandingkan dengan style busana rapper wanita lain Lil Kim, yang juga pernah bergaya busana yang sama pada saat menghadiri MTV Video Music Awards tahun 1999. (rmol)

JAKARTA, RadarPena.com - Semangat untuk sembuh terus diperlihatkan Julia Perez yang sudah sebulan lebih terbaring di RSCM.

Di tengah sakitnya, Jupe masih bisa tersenyum, bahkan tertawa, saat ada kerabat yang datang menjenguk.

Salah satunya seperti saat didatangi komedian Indro, Rabu (22/3) petang kemarin.

"Saya lihat dari awal dia selalu senyum. Dia bilang selalu senyum, saya bilang keren. Senyum itu simbol dari sebuah keikhlasan," kata Indro," kata Indro RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.

Indro juga kagum dengan Jupe yang tetap rajin bersolek meskipun sedang sakit.

Bahkan, beberapa waktu lalu ia sempat menjalani sesi pemotretan bersama fotografer kondang Rio Motret.

"Aku senang liat dia tetap mau make-up meski lagi sakit. Dia seolah-olah gak mau terlihat pucat atau sedang sakit ketika dijenguk oleh temen-temennya. Jupe enggan menampakan wajah murung dan dia tunjukkan dengan senyum yang ceria yang dihias dengan make-up yang cantik," tutup aktor yang bermain dalam Warkop DKI Reborn itu. (mg5/JPNN)

JAKARTA, RadarPena.com - Perseteruan Ayu Ting Ting dan mantan Suaminya, Henry Baskoro Hendarso alias Enji, kian memanas.

Hal ini ketika Enji mulai mendatangi Komisi Perlindungan Anak (KPA) Indonesia untuk membantu masalahnya agar bertemu dengan anaknya, Bilqis Khumairah Razak.

Sikap Enji, embuat Ayu Ting Ting geram, Ia bahkan mengancam akan membongkar rahasia Enji yang selama ini ditutupinya.

“Saya dan anak saya salahnya apa? Saya enggak pernah ganggu kehidupan dia. Jangan sampai saya keluarin yang belum pernah saya keluarin,” kata Ayu Ting Ting saat jumpa pers di kediamannya kawasan Depok Jawa Barat belum lama ini

Kemarahan Ayu Ting Ting terhadap Enji, menurutnya, pada awal-awalnya Enji enggan mengakui Bilis merupakan anak dari hasil pernikahan keduanya, Ia Bahkan mengajak Ayu Ting Ting untuk melakukan tes DNA.

“Kalian teman media yang sudah tahu dulu saya diperlakukan seperti apa. Anak saya enggak diakuin, anak saya mau dites DNA. Saya mah enggak keberatan mau diakuin atau enggak. Saya pertahankan anak saya sampai sekarang, Bilqis hidup dengan saya kan,” kata Ayu Ting Ting.

Hal lain yang dikatakan oleh Pengacara Enji, Denny Karel Tumuju saat bersama Enji mendatangi KPAI beberapan hari lalu, Ia memastikan akan terbongkar siapa sebenarnya anak Ayu Ting Ting.

“Ketika Mas Enji melakukan pengaduan, itu akan dibuka semua. Bersabarlah. Nanti akan ketahuan siapa bapak biologisnya daripada Bilqis itu,” kata Denny Karel kepada awak media di gedung KPAI, Senin (20/2). (dal/fajar)

JAKARTA, RadarPena.com - Setelah Dikabarkan gugat cerai Suaminya Farry Anggara, Elly Sugigi mulai menggaet Pria muda lainnya alias brondong.

Setidaknya hal itu dilihat dari akun instagram miliknya.

Foto yang diunggah Elly bukan sekedar pose biasa, namun keduanya nampak mesra. Pria muda tersebut bahkan ketampanannya tak kalah dari Fery Anggara.

Ia menyandarkan kepala ke Bahu Elly Sugigi dengan penuh manja sambil memejamkan matanya.

Pertanyaannya siapa sih Pria brondong itu? Apa Elly Sugigi nggak kapok menggaet brondong? Begitulah pertanyaan yang terlintas oleh netizen.

Ternyata pria tersebut adalah  Giorgino Abraham. Sayangnya, kemesraan itu hanaya ada pada adegan sinetron Berkah Cinta yang ditayang di salah satu TV swasta.

Diketahui, Ely Sugigi telah melayngkan surat cerai terhadap suaminya Feri Anggara ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan, pada Rabu (22/3). (dal/fajar)

JAKARTA, RadarPena.com - Kabar duka menyelimuti grup vokal JKT48. Sang general manager, Jiro Inao, ditemukan sudah tak bernyawa di kamar mandi rumah. Tragisnya, pria asal Jepang itu diduga meninggal karena gantung diri.

Belasan karangan bunga dukacita berjajar rapi di depan rumah berlantai dua di River Park, Pondok Aren, Ta­ngerang Selatan, Banten, kemarin (22/3) Ungkapan belasungkawa tersebut ditujukan untuk kematian mendadak General Manager (GM) JKT48 Jiro Inao. Pria 48 tahun tersebut ditemukan meninggal pada Selasa sore (21/3) dalam posisi gantung diri di kamar rumahnya.

Rumah mewah bercat putih itu kemarin penuh pelayat yang hilir mudik berdatangan. Termasuk seluruh member JKT48 yang sampai di rumah duka pukul 18.15 dengan menumpang dua bus besar berwarna oranye. Mereka datang bersama manajemen. Satu per satu mereka keluar dari bus dengan pakaian serbahitam.

Tampak, antara lain, GM Teater JKT48 Melody Nurramdhani Laksani, member Jessica Veranda, Ayana Shahab, Cindy Yuvia, dan Devi Kinal Putri. Terlihat pula Haruka Nakagawa yang kini sudah tidak berkostum JKT48. Tidak seperti biasanya yang selalu ceria, mereka keluar dari bus dengan wajah kuyu dan sedih.

Tak berapa lama, suara tangis meledak dari dalam rumah duka. Gadis-gadis cantik tersebut seolah tak percaya mengetahui bos mereka sudah tidak bernyawa. Sementara itu, sejumlah polisi masih menyelidiki penyebab kematian Jiro yang tak lazim tersebut.

Sejam kemudian, rombongan personel JKT48 keluar dari rumah duka. Mereka hanya bisa menunduk, menangis sesenggukan, dan diam sambil menuju bus yang mengangkut mereka. "Doain mendiang ya," ujar Melody singkat sembari berlalu menuju bus.

Bisa dimaklumi bila seluruh kru JKT48 merasa terpukul atas kematian mendadak Jiro. Pasalnya, sebelumnya tak ada tanda-tanda sang GM akan meninggalkan mereka secepat itu. Semua masih biasa-biasa saja.

Bahkan, saat Cindy Yuvia, Nabilah Ratna Ayu, dan Adhisty Zara tampil live di acara Hitam Putih di Trans7 pada Selasa malam, mereka tidak tahu bahwa Jiro sedang menghadapi sakaratul maut di RS Primer Bintaro Jakarta.

Kasatreskrim Polres Tangerang Selatan AKP Alexander Yurikho menegaskan, diduga kuat Jiro meninggal karena bunuh diri. Mendiang yang lahir di Kyoto, Jepang, itu ditemukan tergantung di kamar mandi oleh asisten rumah tangganya, Suryati, pukul 17.00, Selasa (21/3).

Suryati kali terakhir melihat juragannya itu pagi sebelumnya sekitar pukul 09.00. Suryati juga sempat melihat Jiro masuk ke kamar tidur sekitar pukul 11.00. Sekitar pukul 17.00, salah seorang anak Jiro mengetuk kamar ayahnya. Namun, tidak ada jawaban. Tidak lama kemudian, istri Jiro, Reny Damayanti, yang baru pulang kerja juga memanggil-manggil nama suaminya, tetapi tidak ada jawaban.

"Istri mendiang kemudian menyuruh pembantunya untuk mengintip dari jendela. Dan, alangkah kagetnya, Bu Suryati melihat mendiang tergantung di kamar mandi di dalam kamar tidur. Dia menggantung dengan kain panjang seperti syal yang dijulurkan di plafon kamar mandi," tutur Alexander.

Gemparlah seisi rumah itu. Istri mendiang yang dibantu petugas sekuriti perumahan cepat-cepat mendobrak pintu kamar dan langsung menurunkan tubuh mendiang. Sang istri sempwat berupaya memberikan pernapasan buatan. Dia masih berharap ada keajaiban sehingga nyawa Jiro bisa tertolong. Namun, upayanya tidak berhasil.

Maka, secepatnya Jiro dilarikan ke RS Primer Bintaro. Namun, sesampai di rumah sakit, bapak dua anak itu dinyatakan meninggal.

Hingga kemarin, polisi belum mengetahui pasti motif bunuh diri Jiro. Namun, Kasubaghumas Polres Tangsel AKP Mansuri menduga, beban kerja menjadi pendorong Jiro untuk memilih mengakhiri hidup. Anehnya, Kapolsek Pondok Aren Komisaris Indra Ranudikarta membantah kepastian motif meninggalnya Jiro adalah bunuh diri. Dia menegaskan bahwa pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut.

Kepergian mendadak Jiro juga mengagetkan Dhimas Ginanjar, wartawan Jawa Pos yang menulis buku Laptime JKT48: Lima Tahun Penuh Cerita. Pasalnya, baru beberapa hari lalu dia bertemu dan berbincang-bincang dengan mendiang. Tepatnya Sabtu malam (18/3) saat JKT48 menggelar konser B.E.L.I.E.V.E di Ciputra Hall Surabaya.

Saat itu, seperti biasa, kata Dhimas, Jiro sedang melakukan "ritual" setiap kali JKT48 tampil. Yakni, melihat kerumunan penggemar yang antre masuk ke gedung pertunjukan. Saat itulah Dhimas bertemu Jiro.

"Dia tanya soal acara rilis buku saya, Laptime JKT48. Dia juga mendoakan semoga buku saya laris," kenang Dhimas, fans berat sister group AKB48, grup vokal asal Jepang.

Dhimas menyatakan, saat itu tidak ada yang aneh dengan Jiro. Gayanya tidak berubah, tetap santai dan ramah. Tak ada yang mencurigakan pada penampilan pria yang rambutnya sudah memutih tersebut. Bahkan, seperti biasa, dia menjalankan tugasnya sebagai announcer pada akhir acara.

Dhimas masih ingat betul, senyum Jiro merekah saat naik ke panggung. Penggemar JKT48 yang memenuhi ruangan itu langsung meneriakkan yel-yel menyerukan nama Jiro. Dengan tersenyum, dia mengangkat tangannya ke arah penggemar meminta untuk tenang.

Duka mendalam ditunjukkan keluarga besar JKT48. Selain member, penggemar juga kaget dengan kabar kematian Jiro itu. Sejak Rabu pagi, ucapan belasungkawa membanjiri linimasa Twitter. Bahkan, nama Jiro-san sempat menjadi trending topic Indonesia (TTI).

Jiro mendapat tempat di hati penggemar karena suka membuat penggemar deg-degan. Dia selalu muncul di acara-acara penting JKT48. Biasanya, dia akan memberikan pengumuman seperti rotasi isi tim, kegiatan JKT48 seperti konser, sampai setlist baru untuk dibawakan di teater.

Yang paling menggemaskan berkaitan dengan perubahan isi tim. Misalnya, pada September 2016, saat JKT48 melakukan grand shuffle. Fans dibuat deg-degan ke mana oshimen (member paling didukung) akan ditempatkan. Atau, ada tidaknya member yang naik kelas dari trainee menjadi anggota tim J, KIII, maupun T.

Jiro juga dikenal sebagai sosok yang dekat dan menyenangkan bagi member JKT48. Dia pemimpin yang tegas sehingga JKT48 bisa sebesar saat ini dengan 3,5 juta pengikut. Haruka Nakagawa, member yang "lulus" pada akhir 2016, merasakan betul tangan dingin Jiro. "Terima kasih Jiro-san yang selalu membantu, menyemangati, dan membuat kami selalu bahagia," katanya.

Haruka mengaku sangat sedih. Hatinya sebenarnya tidak kuat. Tapi, dia harus bisa tegas karena ingin Jiro meninggalkan dunia dengan tersenyum.

Ada juga penggemar yang mengaitkan kematian Jiro dengan lagu baru JKT48 berjudul So Long!. Single yang baru dirilis pada awal Maret itu sejatinya dipakai untuk melepas Jessica Veranda yang memutuskan untuk "lulus" dari JKT48. Namun, lagu tersebut ternyata untuk melepas Jiro juga.

"Rest in peace Jiro-san. Kamu adalah ayah yang hebat bagi kami semua. Terima kasih untuk cinta, dukungan, dan tawa yang kamu bagi bersama kami," tulis Veranda melalui akun Twitter-nya. (*/c5/c10/ari/jpg)

JAKARTA, RadarPena.com - Slank menyiapkan kejutan bagi para penggemar di tanah air. Band rock kenamaan itu berencana menggelar tur ke beberapa kota di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan drummer Slank, Bimbim kepada JawaPos.com saat ditemui di Potlot, Jakarta Selatan, baru-baru ini. "Iya kita mau tur keliling Indonesia April nanti, masih dalam persiapan dan cari sponsor," kata Bimbim Slank.

Pria 50 tahun itu menyebut bahwa ada sekitar 22 kota yang bakal didatangi Slank dalam tur kali ini. Baik kota besar hingga kota kecil di beberapa pulau Indonesia. "Kotanya belum bisa diupdate. Doain lancar," ucap Bimbim.

Tur Slank nanti diagendakan sebagai promosi album terbaru. Seperti diketahui, Slank resmi meluncurkan album ke-22 yang diberi nama Palalopeyank pada Februari 2017.

Bimbim mengatakan bahwa nama album itu diambil dari salah satu judul lagu di dalamnya. Palalopeyank diartikan sebagai jargon baru dari Slank teruntuk para penghujat yang senang menyebarkan berita bohong alias hoax, ujaran kebencian, dan provokasi di media sosial.

Album Palalopeyank berisi 12 lagu baru yang diramu Slank beberapa bulan terakhir. Materi ini dibuat dari berbagai cara pandang Slank terhadap situasi saat ini. Mulai dari isu politik, sosial, lingkungan, dan cinta.

Dari segi musik, menurut vokalis Kaka, album Palalopeyank lebih keras dari album sebelumnya. Sebelas lagu bertempo rock yang cepat sementara satu lagu lainnya justru santai.

Salah satu keistimewaan album ini yakni keterlibatan Steve Lillywhite yang dikenal sebagai produser musisi dunia. Dia ikut memberikan masukan untuk Bimbim, Kaka, Ivanka, dan Ridho.

JAKARTA, RadarPena.com - Band pop, Ungu akhirnya merilis lagu terbaru setelah setahun vakum. Lagu berjudul Setengah Gila itu dilepas dengan formasi lengkap lewat kehadiran Pasha yang kini menjabat sebagai Wakil Walikota Palu, Sulawesi Tengah.

Kembali eksisnya pria 37 tahun tersebut ternyata telah direstui oleh Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah, Drs. Hidayat Msi. Dia menyatakan dukungannya atas peluncuran single terbaru dari Ungu itu. Beliau mengaku menyayangkan bila Pasha tidak melanjutkan karyanya di bidang musik. Baginya, band Ungu lah salah satu faktor yang sudah mengantarkan Pasha hingga akhirnya menjadi seorang pejabat publik seperti sekarang.

"Dari awal saya sudah bicara, sepanjang tidak menganggu tugas dan kewajiban beliau di pemerintahan kota Palu, ya enggak masalah. Beliau punya fungsi yang penting di Ungu. Begitu juga arti Ungu buat Pasha," kata Hidayat seperti diberitakan JawaPos, Minggu (12/3).

Wali Kota Palu itu juga menilai Pasha mampu menyesuaikan diri di lingkungan pemerintahan dan sebagai pemusik. Pergantian tugas juga dapat diatur dengan komunikasi yang baik.

"Kita berdua ini nyaman-nyaman saja, tidak ada kekhawatiran. Kadang beliau keluar, saya jaga gawang. Begitu juga sebaliknya,” jelasnya.

Seperti diketahui, Ungu akhirnya kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru yang berjudul Setengah Gila. Launching single terbaru itu diselenggarakan di kawasan Kasablanka, Jakarta bertepatan dengan Hari Musik Nasional yang diperingati, 9 Maret.

Momen peluncuran lagu terbaru dari Ungu ini menjadi spesial dan ditunggu-tunggu oleh para Cliquers (sebutan untuk penggemar Ungu). Selain dalam rangka merayakan dua dekade berkarier, Ungu juga kembali dengan formasi lengkap dengan kehadiran Pasha. Hal ini sekaligus menjadi jawaban atas isu bubarnya Ungu setelah Pasha sang vokalis resmi menjabat sebagai Wakil Walikota Palu, Sulawesi Tengah.

"Sebenarnya bukan kembali, tapi ingin memulai lagi. Memang kami sudah satu tahun vakum, satu tahun kemarin kami melakukan hal-hal lain yang ingin kami lakukan di luar Ungu. Dulu semuanya kami lakukan buat Ungu," ucap Pasha.

"Jadi nggak ada bubar, kita sudah 20 tahun, sudah waktunya mengambil yang lain karena kemarin sudah sama Ungu terus. Walaupun 1 tahun vakum, kami masih sering kumpul," sambung pelantun Demi Waktu tersebut.

 Sementara itu, lagu Setengah Gila adalag ciptaan gitaris, Enda. Tembang ini bergenre pop ballad, sedangkan liriknya mengisahkan seseorang yang setengah gila ketika mencintai seseorang. Lagu ini pun rencananya akan hadir menghiasi album terbaru Ungu selanjutnya. 

JAKARTA, RadarPena.com - Presiden Joko Widodo setuju dengan usulan agar setiap peringatan Hari Musik 9 Maret, dalam sehari penuh, lembaga penyiaran, tempat hiburan, kafe dan lainnya menyiarkan lagu-lagu nasional. "Saya setuju agar pada Hari Musik Nasional, penuh dari pagi hingga tengah malam itu, radio, televisi, departemen, kafe, dan lainnya menyiarkan lagu nasional," kata Jokowi saat membuka Musyawarah Nasional VII Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) dan Peringatan Hari Musik Nasional Tahun 2017 di Istana Negara Jakarta, Kamis (9/3).

"Tidak tahu (apakah) lewat Keppres atau apa, nanti biar diurus Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Pak Triawan Munaf," imbuhnya. "Saya senang sekali mendengarkan, tapi tidak bisa menyanyi, 50 menit setiap pagi dan malam pasti saya dengarkan musik di mobil dari Jakarta ke Bogor dan sebaliknya," jelasnya.

Jokowi mengaku, mendapat penyegaran tertentu dengan mendengarkan musik. "Setiap hari yang masuk ke saya politik dan ekonomi, begitu ketemu musik langsung fresh lagi," paparnya.

Menurutnya, menikmati musik pada dasarnya menikmati cerita. Seperti cerita lingkungan, cinta, kesulitan dan lainnya yang bisa membuat orang lebih optimis.  "Dengan musik kita bisa merayakan saat berbahagia dan pelipur lara saat sedih," urai Jokowi.

Melalui musik kebenaran bisa disampaikan secara apa adanya. Musik juga bisa menembus kelas sosial. "Saya sekarang baru seneng-senengnya musik dangdut, karena bisa berinteraksi sangat baik dengan rakyat," aku Kepala Negara.

Jokowi juga menyampaikan keinginannya musik Indonesia agar mendominasi semua tempat, ruang, kalangan di Tanah Air, bukan dari barat atau negara lain. "Ini yang terus kita upayakan agar musik kita menjadi tuan rumah di rumah sendiri," jelas dia.

Jokowi juga mengungkapkan pengalaman KPOP di Korea yang bisa menjadi bahan pelajaran bagi Indonesia dalam pengembangan musik nasional menjadi bertaraf internasional.

"Mereka harus menyiapkan 13 tahun sebelum akhirnya bisa melakukan diplomasi budaya ke negara lain, saya kira itu ke depan kita juga harus hati-hati, jangan sampai ada penetrasi budaya luar tanpa kita bisa memagarinya," tukasnya. (rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Bunga Citra Lestari (BCL) menghelat konser tunggal bertajuk It’s Me BCL di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (1/3) malam.

Konser ini menandai satu dekade karirnya di industri musik.

Sebanyak 3.500 tiket yang dijual sold-out beberapa jam sebelum acara.

BCL membawakan 28 lagu selama dua jam. Waktu terasa cepat karena panggung terus diisi aksi-aksi memikat.

Tepat pukul 20.30, lampu gedung dipadamkan. Andi Rianto sebagai music director bersama Magenta Orchestra membuka dengan memainkan instrumen lagu Karena Ku Cinta Kau (2009).

Latar panggung perlahan mendapatkan penerangan. BCL terlihat cantik mengenakan gaun merah terang karya Didi Budiardjo dan headpiece bunga besar dari Rinaldy Yunardi.

Selain Karena Ku Cinta Kau, dia menyanyikan Ku Tak Mau Sendiri, Tentang Kamu, dan Kecewa. Lagu-lagu lama yang hit pada awal karirnya.

Membawakan empat lagu tersebut, BCL mengganti look kostum hingga tiga kali di atas panggung.

Yang terakhir, kostum berwujud gaun mini model off shoulder sehingga BCL tampak seksi tanpa meninggalkan kesan mewah.

’’Selamat malam semuanya. Senang sekali akhirnya bisa mewujudkan mimpi membuat konser. Saya persembahkan semua ini untuk semua yang ada di sini. Kerinduan yang tak terbendung adalah bukti cinta saya,’’ kata BCL.

Tidak lama setelah dia mengucapkan sambutan, Joe Taslim muncul lewat video yang ditampilkan di layar background.

Salah seorang aktor dalam film Star Trek Beyond itu memamerkan bakat terpendamnya, yakni menyanyi.

Duet virtual Joe Taslim dan BCL lewat lagu Rindu Kamu tersebut sukses memukau penonton.

Ada satu bagian di konser yang begitu emosional. Yaitu, sesi ketika BCL membawakan lagu untuk orang-orang yang dikasihinya.

Misalnya, almarhum produser labelnya, Suwardi Widjaja atau lebih dikenal dengan Pak Iin. Video kebersamaan BCL dengan Pak Iin membuat penonton terharu.

Beberapa kali dia tidak mampu melanjutkan nyanyian lagu berjudul Legenda karena terbawa emosi.

"Walaupun Pak Iin enggak ada, saya yakin Pak Iin bangga melihat saya. Sebegitu besar arti Pak Iin untuk BCL,’’ ujar istri aktor Ashraf Sinclair tersebut.

Momen emosional berikutnya terjadi saat BCL menyanyikan lagu spesial bagi orang tuanya.

Dia menyanyikan lagu Ayah dari Rinto Harahap dan Bunda milik Melly Goeslaw. Bukan cuma BCL dan orang tuanya yang menangis.

Putra BCL, Noah, yang menyaksikan di bangku depan ikut sesenggukan.

’’I love you, Noah,’’ ucap BCL menenangkan putranya yang berumur 6 tahun tersebut.

Namun, BCL tidak membiarkan panggung terus berada di suasana sendu.

Panggung yang tadi gelap dan hanya diterangi kelap-kelip dari gelang lampu penonton berubah meriah.

Perempuan yang telah membintangi sederet film layar lebar itu mengganti pakaiannya dengan dress pendek. Dia ikut menjajal musik EDM dengan menggandeng DJ Dipha Barus.

Dua jam itu sukses membuktikan BCL sebagai musisi Indonesia yang berkualitas.

Permainan tata panggung yang memukau dari The Squared Division, production house asal Los Angeles, Amerika Serikat, milik Anthony Ginandjar dan Ashley Evans makin membuat malam sempurna.(jpnn)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Perusahaan rekaman milik Glenn Fredly, #MusikBagus kembali meluncurkan sebuah karya. Terbaru, karya yang dirilis yakni sebuah single dari Tiara Eve berjudul Undercover. Lagu yang bermuatan dance music ini adalah hasil kolaborasinya dengan Glenn Fredly & Liquid Silva.

Lagu Undercover ini merupakan soundtrack film Jakarta Undercover. Dipilihnya lagu ini karena dalam waktu yang bersamaan, Tiara Eve juga ikut membintangi film yang diproduksi Grafent Pictures dan Demi Istri Production itu. Di sana wanita yang mengawali karier sebagai female disc jockey ini beradu akting bersama Baim Wong, Bimo, Lukman Sardi, Oka Antara, Nikita Mirzani, dan Bimo Ganindra. 

Film yang disutradari oleh Fajar Nugros itu diadaptasi dari buku laris yang merangkum kehidupan malam kota Jakarta milik Moammar Emka. Sementara itu, lirik lagu Undercover dibuat dalam bahasa Inggris dengan penegasan yang senada dengan peran Tiara Eve di film tersebut. 

"Liriknya diciptakan oleh Liquid Silva yaitu seorang rapper berkebangsaan Kanada yang telah malang-melintang bersama rapper dunia seperti Eminem, Snoop Dogg," kata Tiara Eve kepada JawaPos.com, Kamis (2/3).

Dalam segi produksi, Tiara Eve dibantu oleh produser rekaman bernama Wizzow. Sedangkan kehadiran Glenn Fredly sebagai vokal utama pada lagu itu yakni untuk membawa suasana riang gembira. Mengingat lagu ini punya tekstur musik yang perkusif dan melodik semakin menggila ketika Liquid Silva menorehkan racauan rap bermuatan Jamaican Ragga.

"Lagu berbahasa asing ini menjadi tidak berjarak dan dapat diterima oleh pendengar musik Indonesia," jelas Glenn Fredly.

Lagu Undercover dari Tiara Eve feat. Glenn Fredly & Liquid Silva ini mendapat respons luar biasa saat diluncurkan beberapa hari lalu. 

JAKARTA, RadarPena.com - Band The Changcuters akhirnya meluncurkan album terbaru. Album kelima yang diberi judul Binauralis tersebut resmi dirilis Rabu (1/3) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Binauralis juga menjadi trilogi kedua dari album Visualis yang dipasarkan 2013 lalu. 

"Kita sudah selesai mengerjakan sejak tahun lalu, nyicil hingga selesai," kata Qibil saat jumpa pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (1/3).

Band yang diisi Tria, Qibil, Alda, Dipa, dan Erick itu menyebut Binauralis adalah suatu interpretasi tentang suara. Sebuah dongeng audio yang terdiri dari 12 lagu bersahutan dari awal sampai akhir. Mengumandangkan cerita tentang suara, tentang asyiknya mendengarkan tanpa sajian visual. 

Dari segi lirik di album Binauralis, The Changcuters masih memegang teguh bahasa-bahasa catchy yang selama ini menjadi ciri khas mereka. Sedangkan untuk musik, band asal Bandung yang berdiri sejak 2004 itu masih mengusung musik rock n roll. "Benang merah tetap rock n roll tapi ada lagu sisipan yang elektro," ujar Qibil.

"Semoga album ini bisa diterima dengan baik sama pendengar musik. Dengarnya harus berulang kali," sambung Tria.

The Changcuters telah melakukan pemanasan sebelum merilis album baru ini lewat single Hmmm.. Sudah Kuduga. Lagu itu sempat mendapat respons luar biasa.(jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com - ’’Luar biasa. Selamat bergabung. Akun media sosialmu bakal hancur dengan sendirinya dalam lima detik,’’ tulis sutradara Mission: Impossible 6 Christopher McQuarrie di akun Instagram-nya kemarin (17/3). Komentar itu mengonfirmasi bergabungnya Henry Cavill di franchise film mata-mata yang memasang karakter utama Ethan Hunt (Tom Cruise) tersebut.

Tidak sampai lima detik, akun media sosial aktor Man of Steel itu langsung penuh komentar. Para fans membanjiri kolom komentar dengan ucapan selamat. Dengan tambahan proyek M:I 6 tersebut, tahun ini menjadi tahun yang makin sibuk buat pemeran Cavill tersebut.

Tahun ini dia kembali memerankan Superman di Justice League yang tayang November mendatang. Selain itu, aktor Inggris tersebut bakal terlibat dalam drama perang Sand Castle. Proyek film yang akan tayang 26 Januari 2018 itu saat ini baru masuk tahap praproduksi. McQuarrie menjelaskan rencananya. ’’Syutingnya dimulai 10 April mendatang di Paris,’’ ucapnya dikutip Empire. Dia berambisi menampilkan M:I 6 dengan gaya beda. ’’Ini adalah Ethan Hunt yang beda. Saya ingin karakter ini mengalami perjalanan emosi,’’ tegasnya.

Pria yang memenangkan Piala Oscar pada 1996 tersebut menyatakan tidak bakal mengulang adegan ikonik di M:I 5. Termasuk ketika Cruise bergelantungan di helikopter yang tengah terbang. McQuarrie bahkan menegaskan akan mengganti bagian pembuka film. ’’Film ini tidak bakal dimulai dengan adegan action. Akan sulit, tapi saya ingin pembukanya terlihat tidak biasa,’’ ujarnya dikutip dari Empire.(jawapos)

LOS ANGELES, RadarPena.com - Ajang penghargaan bergengsi di perfilman Hollywood ‘Academy Awards (oscar)' yang ke 89 telah digelar pada Minggu, 26 Februari 2017 di Dolby Theater, Los Angels, California, AS.

Film musikal ‘La La Land’ yang masuk nominasi dalam 14 kategori akhirnya mendominasi perolehan awards, yakni berhasil membawa pulang 6 awards yakni Aktris Terbaik, Sutradara Terbaik, Lagu Terbaik, Score Terbaik, Kameramen Terbaik dan Design Production Terbaik.

Sayangnya, dua kategori utama luput luput dari genggaman ‘La La Land’ yaitu kategori Film Terbaik dan Aktor Terbaik.

Film terbaik jatuh pada film karya Barry Jenkins ‘Moonlight’, sedangkan gelar aktor terbaik jatuh pada aktor tampan Casey Affleck untuk aktingnya dalam film ‘Manchester By The Sea’.

Dan tampaknya oscar tahun ini bebas dari rasial, karena dua pemenang untuk kategori Aktris dan Aktor Pembantu terbaik diraih oleh artis berkulit hitam yaitu Viola Davis dalam film ‘Fences’ dan Mahershala Ali dalam film ‘Moonlight’.

 

Berikut Daftar Lengkap Pemenang Academy Awards ke 89 Tahun 2017:

Film Terbaik : Moonlight

Sutradara Terbaik : Damien Chazelle (La La Land)

Aktor Terbaik : Casey Affleck (Manchester By The Sea)

Aktris Terbaik : Emma Stone (La La Land)

Aktor Pembantu Terbaik : Mahershala Ali (Moonlight)

Aktris Pembantu Terbaik : Viola Davis (Fences)

Skenario Original Terbaik : Manchester By The Sea

Skenario Adaptasi Terbaik : Moonlight

Lagu Terbaik : City Of Stars (La La Land)

Score Terbaik : La La Land

Kameramen Terbaik : La La Land

Film Dokumenter Pendek Terbaik : The White Helmets

Editor Terabit : Hacksaw Ridge

Live-action Short Terbaik : Sing

Visual-effect Terbaik : The Jungle Book

Produksi Disain Terbaik : La La Land

Animasi Terbaik : Zootopia

Animasi Pendek Terbaik : Piper

Film Berbahasa Asing Terbaik : The Salesman

Sound Mixing Terbaik : Hackshaw Ridge

Sound Editing Terbaik : Arrival

Film Dokumenter Terbaik : OJ: Made in America

Kostum Terbaik : The Fantastic Beasts and Where to Find Them.(jpnn)

HOLLYWOOD, RadarPena.com - Mahershala Ali menyabet Piala Oscar kategori aktor pendukung terbaik pada Minggu berkat perannya sebagai seorang pengedar narkoba dalam film "Moonlight", menjadikannya sebagai bintang film Muslim pertama mendapat patung emas dari Academy Awards. Ali (43) baru pertama kali masuk nominasi Oscar, tetapi ia sukses mengalahkan aktor Inggris Dev Patel, aktor kawakan Amerika Serikat Jeff Bridges dan Michael Shannon serta pendatang baru Lucas Hedges. "Saya ingin berterima kasih kepada para guru, profesor saya," kata Ali.

"Satu hal yang mereka selalu katakan kepada saya... 'Ini bukan tentang dirimu. Ini tentang karakter yang kamu perankan. Kamu seorang pelayan. Kamu melayani cerita dan karakter-karakter itu'."

Ali juga berterima kasih kepada rekan mainnya dan sang istri, yang baru melahirkan anak perempuan. Film "Moonlight" garapan Barry Jenkins berkisah tentang seorang pemuda Afro-Amerika yang berjuang mencari tempat di tengah lingkungan yang keras di Miami.

Dalam film tersebut, karakter pengedar narkoba Juan yang diperankan oleh Ali memberikan pengalaman hidup bagi tokoh protagonis Chiron, yang membantunya bertahan di penjara dan di luar jeruji besi.

Peran tersebut juga membuat aktor kelahiran Oakland itu dinobatkan sebagai aktor pendukung terbaik di Screen Actors Guild Awards meski gagal menyabet penghargaan serupa di Golden Globes, yang memberikan penghargaan kepada Aaron Taylor-Johnson ("Nocturnal Animals"). Ali, yang menjadi mualaf pada 1999 meski sang ibu merupakan seorang pendeta Kristen, bergabung dengan Jamaah Muslim Ahmadiyah pada 2001.

Sederet insan perfilman Muslim menyabet Piala Oscar di berbagai kategori, termasuk produser film dokumenter Pakistan Sharmeen Obaid-Chinoy dan sutradara Asghar Farhadi asal Iran, tetapi sebelumnya tidak ada satu pun aktor Muslim yang mendapatkannya.

Ali baru-baru ini mengatakan kepada majalah Radio Times di Inggris bahwa dia mendapati dirinya masuk dalam daftar pengawasan FBI setelah serangan 11 September 2001."Kalau kau pindah ke Islam setelah beberapa dekade menjadi pria berkulit hitam di AS, diskriminasi yang kau terima sebagai Muslim tidak terasa mengejutkan," paparnya. 

"Saya pernah disuruh menepi, ditanya di mana senjata saya, ditanya apakah saya germo, mobil saya dirusak. Muslim akan merasa bahwa ada diskriminasi baru yang belum mereka terima sebelumnya, tapi itu tidak baru bagi kami," pungkasnya. (rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Pemenang ajang penghargaan Razzie Awards ke-37 akhirnya resmi diumumkan. Pengumuman dilakukan dua hari jelang perayaan Oscar 2017 yang diselenggarakan besok waktu setempat. 

Dua penghargaan ini terkenal bagai dua sisi mata uang yang berbeda. Bila Oscar memberi penghargaan bagi insan perfilman terbaik, Razzie Awards justru memberi gelar untuk pelaku film terburuk.

Pada tahun ini, Batman v Superman menjadi film terburuk dengan mendominasi peraih gelar terbanyak. Seperti dilansir laman Hollywood Reporter, Minggu (26/2), film yang dibintangi Ben Affleck ini mendapat empat penghargaan dan menjadi pemenang bersama film Hillary's America: The Secret History of the Democratic Party yang juga meraih empat piala.

Batman v Superman mendapat gelar Aktor Pendukung Terburuk, Penampilan Combo Terburuk, Skenario Terburuk, serta Prequel Remake dan Sequel Terburuk. Menariknya, film Zoolander 2 yang masuk sembilan kategori justru beruntung dengan hanya menangkan satu kategori, yakni Aktris Pendukung Terburuk yang diraih Kristen Wiig.

 

Berikut Daftar Lengkap Pemenang Razzie Awards 2017:

1. Gambar Terburuk: Hillary's America - The Secret History of the Democratic Party

2. Aktor Terburuk: Dinesh D'Souza (Hillary's America - The Secret History of the Democratic Party)

3. Aktris Terburuk: Becky Turner (Hillary's America - The Secret History of the Democratic Party)

4. Aktris Pendukung Terburuk: Kristen Wiig (Zoolander 2)

5. Aktor Pendukung Terburuk: Jesse Eisenberg (Batman v Superman: Dawn of Justice)

6. Penampilan Combo Terburuk: Ben Affleck dan Henry Cavill (Batman v Superman - Dawn of Justice)

7. Sutradara Terburuk: Dinesh D'Souza dan Bruce Schooley (Hillary's America - The Secret History of the Democratic Party)

8. Skenario Terburuk: Batman v Superman - Dawn of Justice

9. Prequel, Remake, dan Sequel Terburuk: Batman v Superman -Dawn of Justice

10. Razzie Redeemer Award: Mel Gibson (Hacksaw Ridge).

Pemenang Razzie Awards dipilih secara online oleh sekitar seribu anggota. Member yang mendapat hak pilih tersebar di 24 negara. Ajang ini diadakan sejak 1980 lalu.(jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com - Konflik berkepanjangan yang terjadi di internal Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) membuat Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) mengambil langkah tegas.n DPO akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) PARFI di Kuningan, Jakarta pada 12 Maret mendatang. KLB tersebut digelar untuk mencari ketua umum yang baru.

“KLB dilakukan dengan menimbang bahwa perlu ada langkah yang diambil untuk mempersatukan dan menyelamatkan organisasi perfilman di tanah air,” kata Ketua Panitia KLB PARFI Sandec Sahetapy di Jakarta, Sabtu (25/2).

Sandec menambahkan, KLB tersebut terbuka untuk semua anggota perfilman yang sudah terdaftar sebagai anggota PARFI sepanjang 1956 hingga 2016.“Saya berharap kepada semuanya bersatu.  Dengan berkumpul kembali kita akan kembali hebat. Mari bersama-sama bergadengan tangan,” ujar Sandec.

Sementara itu, Steering Committee (SC) KLB Aspar Paturusi mengatakan, seluruh kepanitiaan merupakan pengurus dari DPO PARFI yang berkomitmen tidak akan merekayasa hasil. "Dengan niat yang tulus kami, KLB PARFI nanti memang benar-benar murni untuk mencari kepemimpinan yang kredibel sesuai dengan AD/ART PARFI. DPO tidak akan merekayasa hasil KLB, semuanya diserahkan kepada anggota," jelas Aspar.

Dalam KLB nanti, SC hanya menetapkan lima calon yang persyaratannya sudah ditetapkan dalam AD/ART. "Berapa pun peserta kongres, pemilihan ketua umum PARFI periode mendatang tetap berjalan, karena sudah sesuai dengan AD/ART PARFI," tandasnya. (jos/jpnn) 

 

JAKARTA, RadarPena.com - Film animasi Boboiboy The Movie mendapat respons luar biasa saat ditayangkan di jaringan bioskop tanah air. Berangkat dari capaian tersebut, DNA Production sebagai pemegang lisensi film asal Malaysia tersebut kemudian tertarik merilisnya dalam bentuk DVD. DVD Boboiboy The Movie pun resmi diluncurkan lewat kolaborasi bersama Jagonya Musik dan Sport Indonesia (JMSI).

"Film ini dapat sambutan luar biasa saat diputar di bioskop, makanya kita pengin semua anak dapat nonton," kata Rina Novita, CEO DNA Production saat launching di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (24/2).

Menurut Rina, Boboiboy The Movie memiliki kisah baru dengan pertualangan yang lebih seru tentunya. Uniknya, sejak dipasarkan pada awal Januari lalu, DVD Boboiboy The Movie juga disambut antusias penggemar, yang umumnya adalah anak-anak. Buktinya kurang dua bulan, DVD ini laku terjual hingga 180 ribu unit.

"Ini DVD film pertama yang dirilis Jagonya Musik. Penjualannya sangat bagus, karena fantastic product," jelas CEO JMSI Steve Lillywhite.

Dalam pembelian DVD ini, penggemar bakal mendapat tiga konten menarik. Yakni, DVD Boboiboy The Movie, DVD Boboiboy Galaxy episode 4, dan DVD klip single Jagalah Bumi yang merupakan lagu tema Boboiboy yang dibawakan Kevin and The Red Rose.

DVD Boboiboy The Movie sudah bisa didapatkan di gerai KFC seluruh Indonesia. (jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com - Aerofood ACS dipercaya mendampingi para juru masak Kerajaan Arab Saudi, mempersiapkan hidangan untuk rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud selama berada di Indonesia.

Salah satu unit bisnis dari PT Aero Wisata (anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak di bidang catering) ini sudah menyiapkan 150 koki untuk meracik dan memasak menu makanan bercita rasa tinggi, termasuk Nasi Goreng.

"Ya, kami dipercaya menyajikan makan halal food bagi rombongan kedutaan berbagai kuliner masakan nusantara. Nasi Goreng juga termasuk salah satunya. Akan tetapi secara keseluruhan kami akan memprioritaskan permintaan dari pihak koki kedutaan,” ujar VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Benny S Butarbutar, seperti dilansir JPNN, Rabu (1/3).

Benny juga memastikan 150 koki milik Garuda Indonesia itu akan berkolaborasi dengan koki kepercayaan kerajaan Arab Saudi memasak dan menyiapkan makanan premium dan bertaraf internasional. Mereka akan mengolah bahan mentah yang didatangkan langsung dari Arab Saudi juga bahan lokal di fasilitas inflight kitchen Aerofood ACS Jakarta dan Denpasar.

”Para koki Aerofood ACS akan bekerja 24 jam penuh dan dibagi dalam 3 shift. Makanan yang disajikan bervariasi, mulai dari makanan pembuka seperti hummus, canapé, caviar, dan berbagai roti pilihan,” beber Benny.

Nantinya para rombongan dari Saudi ini juga akan disajikan makanan utama dari beras untuk nasi basmati, beraneka daging seperti daging sapi, daging kalkun, daging kambing, daging ayam dan aneka seafood salah satunya lobster. ”Kami akan melayani dan siap menjamu dengan baik, tentunya akan dikombinasikan dengan makanan Nusantara termasuk Nasi Goreng," kata Benny.

Tampilnya masakan Indonesia di depan tokoh dunia itu langsung memantik komentar Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Vita Datau Messakh.

Vita mengatakan, makanan Indonesia memang tidak ada duanya di mulut dan lidah siapapun. Termasuk untuk Raja Salman yang datang ke tanah air, ini karena makanan Arab karakternya sama dengan masakan Indonesia yang juga banyak menggunakan rempah-rempah nasional.

"Kuliner itu adalah salah satu media diplomasi dalam menjalin hubungan ekonomi, sekaligus Raja Salman mendapat pengalaman dalam merasakan nikmatnya masakan Indonesia,” ujar Vita.

JAKARTA, RadarPena.com - Di antara beberapa pilihan sarapan, roti merupakan salah satu pilihan yang tergolong praktis.

Di Indonesia, jenis roti yang paling banyak ditemui adalah roti tawar putih.

Sayangnya, konsumsi roti jenis ini disarankan agar dibatasi.

Umumnya, bahan pembuat roti ini yaitu tepung terigu. Tepung terigu yang digunakan terbuat dari gandum yang sebagian besar lapisan kulit kasar dan kulit arinya telah hilang saat penggilingan.

Berikut ini beberapa roti yang sebaiknya Anda hindari, seperti dilansir laman Cheat Sheet:

1. Baguette Prancis

Perancis mungkin hidup dari baguette, tapi ini adalah salah satu roti terburuk yang bisa Anda makan.

Roti ini biasanya dibuat dengan bahan-bahan pokok seperti air, tepung putih, garam dan ragi.

Masalah dengan baguettes Perancis adalah roti menawarkan nilai gizi yang sangat sedikit.

Roti ini juga kekurangan vitamin, kalsium dan nutrisi bermanfaat lainnya.

2. Croissant

Karena tidak dibuat dengan biji-bijian dan mengandung banyak mentega, croissant tidak terlalu tinggi pada skala kesehatan.

Rantai makanan cepat saji populer seperti Starbucks menawarkan croissant yang mengandung 240 kalori dengan 12 gram lemak dan 330 miligram sodium.

3. Kaiser rolls

Roti Austria ini biasanya dibuat dengan tepung putih yang sangat halus, mentega dan gula.

CalorieKing mengatakan 2 ons roti ini biasanya mengandung 30 gram karbohidrat, kurang dari 2 gram serat dan sekitar 300 miligram sodium.

4. Roti putih

Roti putih memiliki reputasi buruk untuk alasan yang baik. WebMD mengatakan ini roti ini kekurangan nilai gizi karena bagaimana mereka diproses.

Butir halus yang digunakan untuk membuat tepung dilepaskan dari lapisan luar, yang merupakan bagian yang mengandung serat dan nutrisi bermanfaat lainnya.

Dengan begitu banyak karbohidrat dan sedikit serat, Anda cenderung akan mudah lapar.

Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk makan berlebihan yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan

5. Biskuit

Biskuit adalah sumber lain dari kebanyakan karbohidrat dengan serat minimal dan protein.

Bahan utamanya adalah tepung, mentega, susu dan kadang-kadang gula untuk menambah rasa.

Biskuit biasanya menawarkan 128 kalori, 6 gram lemak, 17 gram karbohidrat dan hanya 2 gram protein.

6. Bagel

Bagel adalah favorit sarapan, tapi mereka tinggi kalori dan karbohidrat. Dengan berbagai rasa yang tersedia.

Penderita diabetes harus ekstra hati-hati jika memilih bagel karena kandungan karbohidrat yang tinggi bisa dengan cepat menaikan lonjakan gula darah.

JAKARTA, RadarPena.com - Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang kondang disapa dengan panggilan Yenny Wahid ikut merasakan mahalnya harga cabai rawit merah. Namun, putri KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu punya cara untuk menyiasatinya. Yenny mengaku tak kesulitan untuk membuat masakannya tetap pedas. Sebab, ada banyak cara selain menggunakan cabai rawit merah untuk membuat masakan pedas.

Salah satunya mengganti cabai rawit merah yang harganya kini melambung dengan cabai lainnya yang harganya cenderung stabil. Misalnya dengan menggunakan cabai rawit hijau dan cabai hijau besar.

"Kami sih di rumah sekarang nyambelnya ganti nyambel hijau. Kalau kami enggak nyambel cabai merah," katanya sembari tertawa saat meninjau Pasar Murah Imlek yang digelar Artha Graha Peduli (AGP) di SCBD, Jakarta, Sabtu (14/1).

Yenny menuturkan, rasa sambal dengan cabai rawit hijau tetap pedas dan tidak mengurangi selera makan. Menurutnya, jika masyarakat tidak terlalu memburu cabai rawit merah dan menggantikannya dengan jenis lain maka harganya pun akan turun.

"Untuk sementara agar demandnya tak terlalu berlebih hingga melambungkan harga. Kita semua berupaya wajib memastikan ikut menyumbang upaya menstabilkan harga," tegas putri mendiang Almarhum Gus Dur ini.

Yenny pun mengapresiasi langkah berbagai pengusaha yang berkontribusi dalam menstabilkan harga dengan menggelar pasar murah. Hal itu membantu masyarakat untuk tetap berdaya beli dan meredam kenaikan harga. "Kami berterima kasih ada kepedulian pengusaha besar sangat membantu masyarakat mengingat harga pangan sedang alami kenaikan," tandasnya.(cr1/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Apa rasa yang paling disukai di Indonesia? Rupanya cokelat berada di posisi pertama. Hal ini diungkapkan Gemita Pasaribu, Country Marketing Manager Mars Chocolate Indonesia. “Termasuk juga untuk rasa minuman,” kata Gemita dalam acara kampanye Dove Chocolate di Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (12/1).

Sementara itu, rasa ayam berada di posisi kedua, disusul dengan vanila, keju, sapi, pedas, strawberi, kopi, udang dan moka. Meski demikian, konsumsi cokelat di Indonesia masih kalah jauh ketimbang negara-negara lain.

Gemita mengungkapkan konsumsi cokelat per kapita di Indonesia hanya 420 gram, berbeda jauh dengan Irlandia di posisi puncak yang konsumsinya mencapai 11 kg.

Menurut Psikolog Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Bona Sardo, cokelat tak hanya berguna sebagai camilan pengganjal perut, tetapi juga bisa berperan penting dalam mengungkapkan rasa kasih sayang.

“Ungkapan kasih sayang itu ibarat cokelat, sel-sel otak menerima rangsangan terhadap ungkapan kasih sayang sama seperti saat kita menikmati cokelat. Keduanya memunculkan hormon endorfin yang memberikan rasa senang dan nyaman,” jelasnya.

JAKARTA,Radarpena.com -  Ada kabar yang cukup membanggakan dari Travelers Choice dari Trip Advisor. Sebuah laman nomor wahid dunia untuk search and share destinasi, seperti atraksi, dan amenitas, yang paling dipercaya para travellers, menempatkan dua restoran di Bali masuk ke dalam 10 Best Fine Dining Restaurants versi Travelers Choice Awards 2016. Ke dua restoran itu adalah Restaurant Locavore Ubud dan Swept Away at The Samaya Ubud.

Bagi pemerintah sendiri, khususnya Kementeria Pariwisata, tentu ini sangat akan memperkuat brand Wonderful Indonesia di pentas dunia. Pamor Bali dan Indonesia makin kuat di banyak event dunia. Ini adalah sebuah penghargaan prestisius yang diberikan kepada restoran-restoran upscale di Asia.
Hingga Selasa (29/11) pagi, 1.303 penulis ulasan di situs TripAdvisor memberikan rating "Excellent" untuk Restaurant Locavore.  Untuk Swept Away at The Samaya, ada 804 rating "Excellent" yang membalut ulasan di situs TripAdvisor.

General manager dan Executive Chef dari Restaurant Locavore Ubud memang sangat mengutamakan pelayanan yang istimewa dan keramah tamahan. Setelah para pengunjung restoran selesai menyantap hidangan, chef Eelke akan menanyakan komentar mereka tentang rasa dan penyajian dari hidangan yang sudah disantap. Semua komentar tadi dijadikan masukan positif untuk pengembangan menu-menu baru di Locavore restaurant Ubud Bali.

“Locavore ini memang keren. Restorannya juga menjadi Best  50 Asia versi 50 Best Restaurant, sebuah badan bergengsi yang memang khusus menilai restoran dunia. Yang ke Bali, harus coba kulineran di sini,” ujar Vita Datau Mesakh, Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata.
Vita mengatakan bahwa, nantinya tak hanya dua restoran di Ubud tadi yang akan didorong tampil di level dunia. Restoran-restaran lain yang punya potensi besar juga akan ikut didorong berkompetisi di level dunia. “Sekarang sedang dibuat program coaching clinic-nya. Restoran-restoran terbaik di negeri ini akan mulai dibiasakan berkompetisi dengan iklim dunia,” ujar Vita.

Menurut Vita, di negara lain, wisata kuliner sudah lama digarap sangat serius. Thailand mulai serius dengan proyek Kitchen of The World sejak 1990. Misinya bahkan dipimpin langsung oleh Raja dan Perdana Menterinya. Korea juga begitu dengan Proyek Hansiknya. dipimpin First Lady-nya. Sementara Jepang diuntungkan dengan Perang Dunia dimana Rest Sushi pertama di USA ada di tahun 1966.Vietnam Food juga sudah lama mengudara. Pengungsi-pengungsi Vietnam tak hanya membuat kampung-kampung  di negara yang mereka tinggali. Di negeri barunya, mereka juga membuat resto-resto yang banyak dikunjungi penduduk lokal. 

“Kita juga sudah mulai serius. Ini yang jadi highlight di Tim Percepatan Kuliner Kemenpar. Melalui program Globalisasi Kuliner Indonesia, kita akan buat kuliner Indonesia makin mendunia. Kalau serius, kita pasti bisa!” ujar Vita

Beragam pujian tadi tak lepas dari kreativitas Locavore yang mampu menyajikan makanan Eropa modern yang dipadukan dengan bahan local organik. Semua dijamin bebas dari pestisida dan pengawet makanan.
“Semuanya masih segar. Dan bahan makanan kami ambil dari petani local agar berdampak pada meningkatnya penghasilan para petani Ubud,” ungkap Executive Chef Eelke Plasmeije. (JPNN)


Berikut 10 Restoran Terbaik Asia versi TripAdvisor
1. DK David's Kitchen at 909 (Chiang Mai, Thailand)
2. Restaurant Locavore (Ubud, Indonesia)
3. TRB (Beijing, China)
4. Restaurant Andre (Singapura)
5. Kobe Teppanyaki Hakushu (Tokyo, Jepang)
6. Tapas Molecular Bar (Tokyo, Jepang)
7. Cafe des Amis (Pattaya, Thailand)
8. Spiral (Manila, Filipina)
9. Swept Away at The Samaya Ubud (Ubud, Indonesia)
10. Mandarin Grill (Kuala Lumpur, Malaysia)

JAKARTA, RadarPena.com - Sebuah festival makanan yang menyajikan berbagai cita rasa dari 10 negara anggota ASEAN digelar di COEX Convention and Exhibition Center, Seoul, Korea Selatan.

Pada acara yang berakhir Sabtu (5/11) sore ini, booth Indonesia yang digawangi Chef Budi Lee menyajikan makanan terenak di dunia berdasarkan hasil voting CNN, yakni soto, gado-gado, dan rendang.

ASEAN Culinary Festival 2016 ini dilaksanakan dalam kaitannya dengan pameran industri makanan ASEAN Fair 2016 yang dihelat selama empat hari bersamaan pameran produk makanan Korea Food Week. 

Masing-masing peserta menawarkan tiga macam ikon kuliner yang disiapkan oleh chef dari 10 negara ASEAN.

"Kami memilih soto sebagai ikon kuliner baru karena makanan ini ada di seluruh Indonesia dengan beragam jenisnya. Makan ini juga mewakili keragaman budaya Indonesia," kata Deputi Pemasaran Luar Negeri Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Joshua Simandjuntak yang khusus datang ke Seoul untuk mendukung kegiatan promosi kuliner kerja sama  ASEAN-Korea Centre (AKC) dan kedubes negara-negara ASEAN di Korea ini. 

Tiga jenis soto yang ditampilkan soto ayam, soto betawi, dan soto tauto Pekalongan.

Duta Besar RI untuk Republik Korea, John A. Prasetio menyatakan  senang melihat kerumunan orang Korea yang menikmati makanan sajian booth Indonesia. Selama empat hari penyelenggaraan festival kuliner, booth Indonesia selalu mencatat jumlah terbanyak menggoyang lidah pengunjung dengan rata-rata 550 porsi makanan ludes setiap harinya.

Sekjen AKC, Kim Young-sun pada saat upacara pembukaan ASEAN Culinary Festival, berharap kegiatan ini dapat menjadi jembatan bagi ASEAN dan Korea untuk meningkatkan jaringan bisnis dan kerjasama ekonomi. Kim juga menyatakan bahwa pameran ini akan menyajikan produk makanan yang kompetitif dan budaya makanan ASEAN yang beragam.(rmol)

PURWAKARTA, RadarPena.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa Pemerintah Republik Indonesia berpeluang menuntut ganti rugi dan menindak kapal pesiar MV Caledonian Sky yang merusak sekira 1.600 meter persegi terumbu karang di Raja Ampat, Papua, pada 4 Maret 2017.

"Kita memiliki peluang kuat untuk menuntut ganti rugi dan menindak," kata Luhut di sela-sela kunjungan kerja ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (15/3). Ia mengatakan, pihaknya membentuk satu tim untuk menangani persoalan tersebut. Tim itu bertugas untuk datang ke lokasi kejadian. "Persoalannya ini bukan luas terumbu karangnya, tapi karangnya itu sangat langka," tegas Luhut.

Terumbu karang di Raja Ampat itu mengalami kerusakan diawali dari masuknya kapal pesiar MV Caledonian Sky berbobot 4.200 GT yang berbendera Bahama dan dinakhodai Kapten Keith Michael Taylor pada 3 Maret 2017.

Kapal tersebut membawa 102 turis dan 79 anak buah kapal (ABK) sempat mengelilingi kawasan Raja Ampat untuk mengamati keanekaragaman burung dan menikmati pementasan seni. Para penumpang kembali ke kapal pada siang hari 4 Maret 2017.

Kemudian, kapal itu melanjutkan perjalanan ke Bitung pada pukul 12.41 WIT. Di tengah perjalanan menuju Bitung, MV Caledonian Sky kandas di atas sekumpulan terumbu karang di Raja Ampat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kapten Keith Michael Taylor merujuk pada petunjuk Global Positioning System (GPS) dan radar, tanpa mempertimbangkan faktor gelombang maupun kondisi alam lainnya. Saat kapal itu kandas, sebuah kapal penarik (tug boat) TB Audreyrob Tanjung Priok tiba di lokasi untuk menariknya, namun awalnya tidak berhasil karena MV Caledonian Sky terlalu berat.

Kapten Taylor terus berupaya untuk menjalankan kapal Caledonian Sky hingga akhirnya berhasil kembali berlayar pada pukul 23.15 WIT pada 4 Maret 2017. Hal itu berdampak merusak terumbu karang mencapai luas 1.600 meter persegi.(rmol)

 

BANDUNG, RadarPena.com - Upaya Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menggelorakan semangat Indonesia Incorporated memperoleh respons positif dari Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi. Perwakilan pemerintah RI di negeri Raja Salman bin Abdulaziz itu pun memiliki berbagai kegiatan untuk mendorong warga setempat menjadikan Indonesia sebagai destinasi utama dalam berwisata.

Salah satunya adalah paket wisata untuk menapak tilas kunjungan dan liburan Raja Salman di Indonesia beberapa waktu lalu. Arief pun memuji respons sigap KJRI Jeddah.

"Momentumnya tepat, di saat Raja Salman bin Abdul Aziz bin Saud berkunjung ke Indonesia dan liburan ke Bali 1-12 Maret 2017. Terima kasih KJRI cepat merespons," kata Arief Yahya, Menpar di Bandung seperti diberitakan JPNN, Selasa (14/3).

Arief lantas menyarankan KJRI segera berkolaborasi dengan industri pariwisata. Dan industri harus segera membuat paket-paket wisata ke Bali, Jakarta-Bogor-Bandung, dan Beyond Bali (Lombok, Banyuwangi, Labuan Bajo).

"Destinasi yang pernah dikunjungi Raja Salman dan keluarga itu bisa menjadi paket yang dinamakan King Salman's Route, atau jalur Raja Salman," jelas Arief Yahya.

Arief meyakini King Salman's Route bisa populer. "Semampang suasananya masih fresh, masih aktual," tutur mantan Dirut PT Telkom ini.

Kemenpar sendiri akan melakukan promosi di travel mart dan sales mission. Kota-kota di Arab Saudi yang sejak tahun lalu digerilya dengan marketing Wonderful Indonesia adalah Riyadh, Jeddah dan Dammam.

"Lalu Arabic Travel Mart (ATM) Dubai 24-27 April 2017 bulan depan," kata Arief. Dia mengapresiasi KJRI Jeddah yang sangat agresif dan bersemangat mempromosikan Wonderful Indonesia.

KJRI Jeddah memang akan melakukan sejumlah kegiatan dalam strategi promosi pariwisata tahun 2017. Konsul Jenderal RI di Jeddah Mohamad Hery Saripudin mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan berpartisipasi pada Riyadh Travel Fair tanggal 5-8 April 2017 dan menyelenggarakan buyer to buyer meeting di Jeddah dan Madinah sebelum pelaksanaan Arabian Travel Mart di Dubai.

"KJRI Jeddah juga akan melakukan pertemuan sejumlah travel agent untuk mengundang mereka menghadiri Majapahit Travel Fair di Surabaya tanggal 13 -16 April 2017," jelas Konsul Jenderal RI di Jeddah Mohamad Hery Saripudin, Minggu (12/3).

Alumnus jurusan Hubungan Internasional FISIPOL Universitas Gadjah Mada (UGM) itu lantas menguraikan sejumlah langkah yang telah KJRI Jeddah. Untuk strategi pemasaran pariwisata, KJRI Jeddah pada pengujung 2016 lalu menyebar kalender 10 tujuan utama pariwisata 2017, brosur dan leaflet keindahan Indonesia.

Sedangkan pada tanggal 15 – 17 Februari 2017, KJRI Jeddah bersama Kementerian Pariwisata hadir sebagai Guest of Honor pada Jeddah International Travel and Tourism Exhibition ke-7 (JTTX). Dalam pameran yang diikuti 160 peserta dari 20 negara itu, Indonesia mampu menarik perhatian pengunjung dengan pertunjukan tari tradisional yang interaktif dan pencak silat oleh murid-murid Sekolah Indonesia Jeddah.

Para pengunjung juga memenuhi paviliun Indonesia untuk swa-foto atau selfie bersama para staf KJRI Jeddah yang berpakaian tradisional, serta mencicipi kue-kue jajanan pasar berbagai daerah. Pada malam penutupan, paviliun Indonesia kembali menyedot perhatian saat Saung Angklung Mang Udjo mengajak pengunjung bersama-sama memainkan lagu Indonesia Pusaka dan Can’t Falling in Love.

Dari para warga Saudi yang mengunjungi paviliun Indonesia, ternyata ada 1.375 transaksi kunjungan wisata. Nilainya lumayan, mencapai Rp 8.670.539.000,-.

Hery menambahkan, KJRI Jeddah juga gencar melakukan berbagai strategi guna mendongkrak kunjungan wisman Arab Saudi ke Indonesia. Hery bahkan turun tangan langsung dengan menyelenggarakan sejumlah jamuan makan malam di kediamannya.

Pada tanggal 18 Februari 2017, giliran lebih dari 90 tamu dari travel agent dan tour operator memenuhi undangan business dinner yang dihadiri juga oleh sejumlah dan travel & social bloggers ternama di Arab Saudi.

"Sambil dimanjakan dengan menu khas Indonesia dan penampilan tari-tarian tradisional murid-murid kelas 8-10 Sekolah Indonesia Jeddah, para undangan melakukan transaksi dengan agen perjalanan nasional senilai Rp. 10.914.545.454," katanya.(jpnn)

BANYUWANGI, RadarPena.com - Satu lagi wisata di lereng Gunung Raung mulai dikunjungi para wisatawan. Yakni,  air terjun Kembar Arum. Letaknya di kawasan Kampung Timur Corah, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, yang merupakan lereng Gunung Raung. Air terjun tersebut satu ini memang indah, menyuguhkan panorama menawan. Apalagi, di sekitar kawasan itu terhampar luas tanaman sayur seladah milik warga setempat.

Air terjun satu ini memang belum lama menjadi jujugan wisatawan. Menariknya, air terjun tersebut masih satu aliran dengan air terjun Telunjuk Raung yang lebih dulu populer. Bedanya, air terjun Telunjuk Raung berada di kawasan Perkebunan Bayu Kidul. Sedangkan Air terjun Kembar Arum berada tak jauh dari permukiman warga.

Jalan menuju air terjun yang terus bersolek itu lebih mudah. Tidak ada tiket khusus untuk mengunjungi air terjun Kembar Arum. Hanya, di sana telah disediakan tempat penitipan kendaraan yang dikelola warga setempat. Sehingga, pengunjung cukup membayar biaya penitipan kendaraan.

Pejabat (Pj) Kepala Desa Sumberarum, Ahmad Busairy, me ngungkapkan air terjun tersebut memang dikelola warga sekitar. Pengelolaan itu berbasis swadaya masyarakat. ‘’Setiap Sabtu dan Minggu ramai pengunjung,” katanya seperti dilansir JawaPos, Minggu (12/3).

Air terjun tersebut memang masih baru dikelola. Melihat antu siasme pengunjung yang semakin ramai, fasilitas yang kurang akan terus dibenahi. ‘’Air terjun ini aset besar warga sini,” tandasnya.

Air terjun tersebut langsung dari mata air Kumbo dan satu ruas dengan air terjun Telunjuk Raung. Hingga saat ini air yang mengalir masih jernih. “Airnya juga deras dan stabil,’’ tukasnya. Warga sekitar semakin bersemangat dalam mengelola wisata air terjun tersebut. Jalan setapak terus dibenahi. Air yang mengalir dari tebing dibendung, sehingga mirip seperti kolam.

Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi, air terjun Kembar Arum mulai ramai dikunjungi wisatawan pada hari Sabtu dan Minggu. Mereka berasal dari berbagai daerah di Banyuwangi. “Tempatnya sangat sejuk. Mandi di air terjun terasa segar,’’ ujar Benny, seorang pengunjung asal Singo trunan, Banyuwangi.

BERLIN, RadarPena.com - Menpar Arief Yahya dan masyarakat Indonesia patut berbangga. Pavillion Wonderful Indonesia sukses mempertahankan gelar sebagai The Best Exhibitor 2017 di ITB Berlin. Kabar membanggakan itu diumumkan, Minggu (12/3) pukul 02.30 WIB tadi. Indonesia kembali mengungguli pesaing dekatnya, "Imagine" Korea Selatan yang meraih peringkat ke-2 dan "Amazing" Thailand di peringkat ke-3.

Prestasi ini merupakan yang kedua Menpar Arief. Tahun lalu, Wonderful Indonesia yang juga tampil di stage ITB Berlin dinobatkan sebagai The Best Exhibitor 2016. Indonesia unggul atas ”Imagine" Korea Selatan di peringkat ke-2, dan diperingkat ke-3 adalah "Incredible" India (no 3). 

Tetangga Malaysia yang hobi mempromosikan wisatanya pun hanya puas di nomor 10, dari 75 negara di 3 benua, dan 1466 exhibitors. "Ini prestasi yang membanggakan. ITB Berlin adalah pameran pariwisata terbesar dunia, diikuti 187 negara, 10.000 exhibitor, 180.000 pengunjung di Messe Berlin. Semua industri pariwisata, tour travel, airlines, cruise, hotel, resort, atraksi, pemerintah, asosiasi kumpul di ITB Berlin. Dan Wonderful Indonesia menunjukkan kelasnya di level dunia," ujar Arief di Berlin, Minggu (12/3).

Hasil juara pertama itu, sejatinya sudah diduga Menteri Arief. Semua kriteria sudah dikalibrasi dengan global standart. "Saya biasa lihat detail, saya cek, saya benchmark ke pavillion lain yang juara-juara, termasuk aktivitasnya untuk menghidupkan suasan booth selama 8-12 Maret pelaksanaan ITB Berlin," jelas Arief Yahya.

Seberapa penting mendapatkan juara di pameran terbesar itu? Menpar Arief selalu menyebut 3C, Calibration, Confidence, dan Credible. "Kemenangan itu menunjukkan kita sudah bisa berkalibrasi dengan standar dunia. Kualitas yang kita tampilkan sudah pas dengan cara dunia melihat kualitas kita," kata Arief Yahya.

Nah, secara internal, bagi pelaku bisnis pariwisata, dan masyarakat Indonesia, kemenangan itu akan menaikkan confidence level. "Mendongkrak kepercayaan diri kita, bahwa bangsa kita memang punya kapasitas, punya kemampuan, dan berani bersaing dengan manapun. Kita terlalu lama dijajah, terlalu lama menjadi inferior, kini saatnya kita berani pasang dada, bahwa kita bangsa besar, bangsa hebat!" kata Arief Yahya.

Sedangkan C ketiga adalah Credibility. "Kemenangan itu menaikkan kredibilitas induatri wisata di Indonesia. Jika sudah juara, value nya naik, maka harganya pun bisa dijual lebih mahal," jelas dia.

Apalagi di ITB Berlin yang memang forum pameran yang paling terpercaya di pariwisata. Tahun 2015 membukukan transaksi potensial Rp 4,2 Triliun, tahun 2016 naik Rp 6,5 Triliun. "Target tahun 2017 ini Rp 10 triliun," ujarnya.

Sebenarnya Arief Yahya berharap di tahun 2017 Indonesia melompat menjadi best of the best di ITB Berlin, juara di 5 benua. Juara umumnya. Semalam diumumkan, best of the bestnya Lufthansa Airlines, maskapai penerbangan Jerman. "Tahun depan kami akan targetkan Best of The Best, jawara di lima benua," sebut Menpar Arief, semangat.(jawapos)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) I Gede Pasek Suardika meyakini kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud di Pulau Bali untuk berlibur bakal membawa dampak luar biasa bagi pariwisata di provinsi berjuluk Pulau Dewata itu. Menurutnya, pamor Bali akan semakin berkibar di kalangan wisatawan asal Timur Tengah.

"Dari sudut pariwisata, itu menguatkan Bali sebagai pariwisata budaya, karena keluarga Raja Salman pun mencoba berbagai tradisi yang ada di Bali, termasuk pakaian kebesaran orang Bali, putrinya mencoba pakaian itu," kata Pasek kepada JPNN di Jakarta, Jumat (10/3).

Pasek juga memandang kedatangan Raja Salman ke Bali ternyata membalik berbagai anggapan selama ini tentang raja di Arab Saudi. Sebab, politikus Partai Hanura itu, Raja Salman benar-benar menikmati liburannya hingga memperpanjang masa tinggalnya di Bali.

"Ternyata beliau suka alam yang bagus, mencintai tradisi dan kami bangga beliau menambah liburan di Bali, tiga hari lebih lama dari yang direncanakan. Untuk ukuran seorang Raja itu luar biasa untuk waktunya," jelas dia.

Karenanya Pasek menegaskan, kunjungan Raja Salman di Bali akan membawa efek jangka panjang yang luar biasa. Wisatawan asal Timur Tengah tentu sudah melihat hal yang dilakukan Raja Salman dengan memilih Bali sebagai tempat berlibur.

"Ini luar biasa dampaknya nanti, saya kira tiga empat tahun ke depan akan kelihatan jumlah wisatawan Timur Tengah yang dulu ke Eropa, nanti akan lari ke sini. Dan mereka orang-orang yang punya finansial bagus untuk berlibur," tambahnya.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud kepincut suasana Pulau Dewata. Dia memperpanjang tiga hari masa liburannya di Bali, hingga 12 Maret nanti. Untuk pelesiran ini, Raja Salman dan rombongan diperkirakan merogoh kocek hingga Rp 250 miliar. 

Perihal penambahan masa liburan itu diketahui dari surat Kedutaan Besar Arab Saudi kepada Kementerian Luar Negeri di Jakarta, kemarin. Dalam surat, yang antara lain ditembuskan ke Polda Bali itu disebutkan Raja Salman berkeinginan menambah memperpanjang liburannya sampai 12 Maret nanti. Di jadwal sebelumnya, Raja Salman keberadaan Raja Salman di Indonesia ini termasuk yang terlama dalam kunjungan kenegaraan Raja Salman, yaitu 12 hari. Raja Salman yang membawa rombongan berjumlah 1500 orang, 25 pangeran dan 10 menteri mulai pelesiran ke Bali sejak 4 Maret lalu. sebanyak 800 kamar di empat hotel mewah sudah dipesan untuk tempat menginap Raja dan rombongan yaitu, Saint Regis, Mulia, Laguna, dan Hilton.

Raja Salman menginap di Saint Regist. Sebanyak 123 kamar di hotel ini sudah dipesan sejak 28 Februari sampai 13 Maret nanti. Ada dua kamar khusus, yang dikabarkan jadi tempat menginap Raja Salman yakni room nomor 917 jenis villa dan room 620 tipe suite, termasuk rumah sakit darurat di sebelahnya. Saint Regis adalah hotel yang langsung menghadap laut. Untuk menjamin kenyamanan liburan Raja Salman dan rombongan, kawasan pantai di sekitar hotel dipagari dengan bambu setinggi 3 meter yang dibebat kain putih.

Meski begitu aparat keamanan tidak menutup kawasan wisata elite tersebut. Masyarakat dan wisatawan yang memasuki "Nusa Dua Resorts" di kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), masih mendapatkan akses keluar masuk di kawasan perhotelan tersebut. Hanya saja pengaman yang dilakukan aparat gabungan diperketat mulai di pintu gerbang ITDC. Polda Bali juga mendirikan posko Brimob di kawasan ITDC sebagai tempat bersiaga petugas keamanan.

Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al-Shuaibi mengungkapkan alasan kenapa Raja Salman memilih Bali untuk berlibur. Kata dia, Raja Salman sangat menyukai laut. Karena itu dipilih tempat yang langsung menghadap ke laut lepas dengan hawa yang stabil. Berbeda dengan kondisi di Saudi. "Jadi, kemungkinan besar beliau akan banyak menghabiskan waktunya untuk menikmati pemandangan laut," kata Osama, akhir pekan lalu. Hanya saja Osama enggan merinci perihal lokasi atau obyek wisata yang akan dikunjungi Raja Salman selama berlibur di Bali.

Selama di Bali memang tidak diketahui agenda wisata Sang Raja selama di Bali. Selain rahasia, kegiatan banyaknya kegiatan pribadi keluarga kerajaan. Tapi pada Minggu lalu, sebagian rombongan terintip menghabiskan liburan di Pantai Pandawa.

Berapa biaya yang dihabiskan untuk liburan Raja dan rombongannya? Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Asnawi Bahar, memperkirakan lebih dari Rp 250 miliar dihabiskan selama kunjungan Raja Salman di Indonesia. "Minimal Rp 150 miliar dihabiskan selama di Bali," kata Asnawi, Rabu (8/3).

Rinciannya, biaya untuk memborong kamar di Hotel Sait Regis, Laguna, Bali Hiltin, dan Mulia. Plus menyewa 300 mobil mewah, wisata ke Nusa Dua, Uluwatu, kawasan GWK, dan biaya lainnya.

Misalnya untuk hotel Laguna yang memiliki 287 kamar dengan variasi tarif Rp 10 juta sampai Rp 100 juta per malam. Mengambil tarif yang paling murah, estimasinya biaya Rp 14,35 miliar dengan asumsi mereka menginap selama 5 hari. Kemudian St Regis Resort yang mempunyai 123 kamar dengan harga minimal yang sama dan kurun waktu yang sama, maka diperkirakan biaya yang dihabiskan sekitar Rp 6,15 miliar. Untuk biaya pengeluaran di hotel Ritz Carlton dihitung sama dengan yang lain. "Itu belum perhitungan tarif kamar Raja Salman yang mencapai ratusan juta, biaya makan selama di Bali karena hotel kan ditutup untuk umum," jelasnya.

Ditambah lagi sewa mobil mewah 300 Mercedez Benz, dengan estimasi tarif per mobil Rp20 juta per hari. Sisanya mobil mewah biasa seperti Alphard dengan tarif Rp 5 juta dikalikan lagi waktu selama berada di Bali. "Hasilnya mencapai Rp 10 miliar. Kemudian belum termasuk biaya groundhandling, dan lainnya," paparnya.(rmol)

Advertisement
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.