Top Stories

JAKARTA, RadarPena.com - Hubungan Caca Tengker dengan Raffi Ahmad kembali menarik perhatian netizen. Adik Nagita Slavina itu diyakini tengah menyindir sang kakak ipar melalui post terbarunya di Instagram.

 

Post yang dimaksud adalah foto kemasan minuman dingin berbentuk gelas transparan. Pada bagian penutup gelas tersebut tertulis kalimat petuah yang oleh netizen sebagai sindiran untuk Raffi.

 

“Jangan terlalu sibuk mencari yang sempurna bila yang bersahaja sudah dapat membuatmu bahagia,” isi petuah tersebut.

 

“Ngopi siang ini dapet petuah,” tulis Caca dalam foto.

 

Sejak isu perselingkuhan Raffi dan Ayu Ting Ting mencuat, hubungan keduanya memang dikabarkan tak harmonis. Ketidakhadiran Raffi di momen-momen besar keluarga Nagita, termasuk pesta pernikahan Caca, seolah menguatkan gosip tersebut.

 

Melihat foto ini, netizen langsung mengaitkannya dengan Raffi Ahmad. Mereka menilai, bahwa petuah tersebut layak diberikan kepada sang presenter.

 

“Kode ya min wkwk,” kata akun nindiarh. 

 

“Itu kupiii kasih ke kk ipar biar sadar,” ucap akun mamatu_homemade.

 

“Haha…tamparan keras tuh klo otaknya nyampe si peeak,” sambung akun euis_handayani1989. (zul/pj 1/jpnn) 

JAKARTA, RadarPena.com - Yuni Shara ungkapkan kerinduan lewat akun Instagram-nya. Bukan rindu akan sosok kekasih, melainkan rambut pendeknya.

Sebelumnya, Yuni Shara memang betah berlama-lama dengan gaya rambut super pendeknya. Sampai-sampai, gaya tersebut menjadi ciri khasnya.

Kini, pelantun 50 Tahun Lagi ini merubah style dengan memanjangkan rambutnya hingga sebahu. Tapi sekarang dia malah rindu akan gaya rambut sebelumnya.

“Kangen itu wajar .. Nah…nahan kangen itu yang rasanya gimanaaaa gitu. Saya lagi kangen banget Rambut Pendek,” kata Yuni pada keterangan dalam foto yang diunggah 16 April 2017 lalu.

Ibu dua anak ini kembali mengungkapkan kerinduannya pada rambut pendeknya postingan berikutnya.

“Miss my short hair,” kata Yuni.

Untungnya, kerinduan Yuni soal rambut pendeknya tidak ditentang penggemarnya. Bahkan mereka menilai penampilan idolanya ini dengan rambut pendek menjadi lebih fresh.

“Udh potong aja rambutnya bun… lbh fresh lbh muda,” kata akun eleazar_riny. “Bagusan rambut pendek kak Yuni lbh fresh and baby face,” sambung akun aferenciaf. (zul/pj 1/jpnn)

WUHAN, RadarPena.com - Indonesia mulai mengirimkan wakilnya ke perempat final Badminton Asia Championship 2017 di Wuhan, Tiongkok.

Satu yang sudah memegang tiket adalah ganda campuran Praveen Jordan dan Debby Susanto. Dalam pertandingan babak kedua di Wuhan Sports Center Gynasium, Kamis (27/4) siang, Praveen/Debby menang atas ganda Korea Selatan Choi Solgyu/Chae Yoo Jung.

Praveen/Debby butuh waktu 30 menit (data BWF) untuk menang 21-12, 21-13.

Praveen/Debby kini unggul dengan skor 3-2 dalam catatan rekor pertemuan dengan Choi/Chae. “Pertandingan tadi tidak terlalu rumit, kami selalu menekan lawan dari awal game. Kali ini lebih mudah dibanding pertemuan sebelumnya,” kata Praveen di laman Badminton Indonesia.

Pada babak perempat final, Praveen/Debby akan bertemu antara ganda Tiongkok Wang Yilyu/Huang Dongping. Praveen/Debby belum pernah bertemu dengan pasangan asal Tiongkok.

Dari pertandingan lain, tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa harus mengakui pemain Taiwan Chou Tien Chen 16-21, 21-17, 13-21. Sementara ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian harus mengakui ganasnya ganda Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda 17-21, 18-21.

Hingga berita ini diturunkan, masih ada tiga wakil Merah Putih yang belum mengayun raket di babak kedua Kejuaran Asia ini. Mereka adalah ganda putra Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputrom Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama dan ganda putri Della Destiara/Rosyita Eka Putri. (adk/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Aktris Nikita Willy bakal beradu peran dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya Kamil, dalam film Total Chaos.

 

Dalam film yang baru akan digarap itu berperan sebagai anak SMA bernama Rosa, anak Ridwan Kamil.

 

"Istimewa sekali, karena yang menjadi orang tua aku adalah Bapak Ridwan Kamil dan istrinya. Suatu kehormatan juga dan mungkin aku mewakili production house ingin berterima kasih karena Bapak Ridwan Kamil beserta istri sudah memberikan waktu untuk shooting film ini," tutur kekasih anak juragan taksi, Indra Priawan itu di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (26/4).

 

Bintang sinetron Putri yang Ditukar itu mengaku dirinya belum pernah bertemu langsung dengan Ridwan Kamil. "Aku jujur belum pernah ketemu beliau sebelumnya. Nanti mungkin akan langsung bertemu di lokasi, mudah mudahan chemistry-nya bisa langsung terbangun," katanya.

 

Menurut Nikita, di film ini dirinya merasa menjadi sesuatu yang baru. Tidak hanya kembali menjadi anak SMA, tapi juga karena genre filmnya yang kental dengan komedi.

 

"Mungkin kalau yang selama ini aku mainkan adalah romantis komedi. Jadi memang masih ada percintaannya. Masih masuk logika lah filmnya. Kalau ini tuh memang tagline-nya sudah dibilang tinggalkan logika Anda di rumah. Jadi benar-benar film ini kayak di luar logika aja. Itu yang membuat aku mikir nanti gimana pengambilannya, itu nanti gimana aktingnya? Tapi sutradara sudah mempersiapkan semua itu dengan matang," ujar Nikita.

 

Nikita berharap filmnya akan disukai penonton. "Nanti di film ini ada penampilan yang memang berbeda dari aku. Nanti bisa dilihat ketika film sudah tayang," tandasnya. (mg7/jpnn) 

JAKARTA, RadarPena.com - Julia Roberts ternyata penggemar olah raga sepak bola. Seperti semua penggemar, aktris peraih Oscar ini tentu saja mengagumi para bintang lapangan hijau.

 

Nah, pada Minggu (23/4) lalu, Roberts menyaksikan langsung laga super seru antara Real Madrid versus Barcelona di Stadion Santiago Barnebau.

 

Tidak hanya itu, usai pertandingan dia mendapat kesempatan bertemu sejumlah pemain Madrid. Termasuk pemain terbaik tim ibu kota Spanyol itu, Christiano Ronaldo.

 

Namanya fans, Roberts mengaku gugup ketika akhirnya berhadap-hadapan dengan pemain bernomor punggung tujuh itu. Apalagi pertemuan terjadi tepat setelah Madrid menelan kekalahan yang sangat menyakitkan.

 

"Jantung saya berdetak sangat cepat, ini sungguh luar biasa," ungkapnya.

 

Meski masih dalam suasana kekalahan dari Barcelona, para pemain Madrid tetap menyambut kedatangan perempuan bernama lengkap Julia Fiona Roberts ini di Stadion Santiago Bernabeu usai laga.

 

Aktris 49 tahun ini juga berusaha menghibur kapten Madrid Sergio Ramos. "Anda bermain hebat," ujar Roberts kepada Ramos.

 

Roberts menyaksikan langsung kekalahan 2-3 Madrid dari Barcelona bersa­ma suaminya, Daniel Moder, dan ketiga anak mereka. (rakyat merdeka/jpnn) 

JAKARTA, RadarPena.com - Paranormal Mbah Mijan disebut belum move on alias belum mau menerima kekalahan jagoannya yang kalah di Pilkada DKI Jakarta.

 

Hal ini lantaran beberapa postingannya di sosial media yang terus-teris menyindir pasangan Anies-Sandiaga dengan sejumlah rencana programnya.

 

Ketika disebut belum moev on, Mbah Mijan justru balik menyindir Parbowo sebagai Ketua Umum Partai Pengusung Pasangan Anies-Sandiaga.

 

“Nyuruh move on? gak salah tuh, kamu aja dari 2014 sampai sekarang belum move on kok, coba tanya kenapa pada Prabowo, lama banget galaunya.” tulisnya melalui akun twitter pribadinya (26/4).

 

Paranormal yang disebut-sebut sebagai ahli pasang susuk pemikat ini merupakan pendukung pasangan Ahok-Djarot. Ia pernah sesumbar akan mendatangkan sebanyak 1000 jin untuk mengawal Pilkada DKI jakarta.

 

Tak hanya itu, Ia juga meramal jagoannya akan menang dalam pesta Demokrasi itu.

 

Namun sayangnya, Ahok-Djarot harus menerima kekalahan. Tak ayal, Mbah Mijan menjadi sasaran bully netizen.

 

Ramalannya melset, netizen mulai ragu dengan kemampunnnya.

 

“Meleset kok terus2an. Msh ada yg prcaya dgn kemampuannya?,” tulis akun Idayanti.

 

“Kata siapa? Mbah punya bukti puluhan ramalanku terbukti, justru Mbah katakan, ramalan itu tidak boleh benar terus, saya pernah membahasnya”. Balas Mbah Mijan. (dal/fajar)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Penyanyi Kunto Aji mempersembahkan video musik terbaru untuk lagu Mercusuar. Dia menyerahkan pembuatan video kepada Yandy Laurens yang pernah menangangi proyek webseries SORE.

"Saya melihat Yandy sebagai seorang seniman yang memerlakukan karya dengan begitu detail dan dijaga kualitasnya dengan baik. Orientasinya adalah karya. Bukan membuat karya yang laku tapi membuat karya yang hidup, baik dan ideal," kata Kunto Aji kepada JawaPos.com, Kamis (27/4). 

Dalam video musik Mercusuar, penggemar tidak akan menemukan Kunto Aji seperti di video musik dari single sebelumnya. Sebab tampilan kali ini menyajikan kemunculan Rio Dewanto dan Faradina Mufti yang beradu peran berkat arahan Yandy Laurens.

"Saya membuatnya menjadi sebuah film pendek dengan sedikit dialog. Ada gambaran  perasaan nyaman itu justru lebih terlihat ketika mereka yang bersama, diam tanpa harus memikirkan topik untuk terus saling berinteraksi," ucap Yandy Laurens.

Dari setiap momennya, sutradara mencoba untuk menafsirkan kalimat demi kalimat yang terdapat dalam lagu Mercusuar yang menjadi gambaran cinta dari seorang Kunto Aji.

"Jadi ketika kalian menontonnya, coba gunakan headset. Apa yang saya letakan di video musik ini akan lebih tersampaikan,” tambahnya.

Lagu Mercusuar sendiri telah dilepas sejak Februari lalu. Lagu ini digadang sebagai lagu Kunto Aji dengan lirik paling puitis dimana tersaji dalam irama pop dengan selimut jazz yang lembut. Keduanya melebur menjadi sebuah lagu cinta yang  memiliki makna tersendiri bagi ayah satu anak ini.

JAKARTA, RadarPena.com - Selain di Kuningan City, perayaan Record Store Day Indonesia (RSDI) cabang Jakarta juga diselenggarakan di Blok M. Berlokasi di lantai dasar, acara ini digelar pada 22 hingga 24 April 2017.

 

Pada hari terakhir, Minggu (23/4), puluhan toko dan penjual rilisan fisik menjajakan dagangan mulai dari siang hari. Barang yang dijual mulai dari piringan hitam, CD, kaset, hingga merchandise band atau penyanyi dalam dan luar negeri.

 

Beragam diskon ditawarkan penjual untuk konsumen. Seperti beberapa CD yang dijual mulai dari Rp 30 rupiah, kaset diobral dari harga Rp 15 ribu, hingga piringan hitam yang dijual dengan harga di bawah dari hari biasa.

 

Pada Record Store Day tahun ini, banyak juga rilisan langka yang ikut diperjualbelikan. Seperti rilisan musisi pada tahun 60-an, 70-an, dan lainnya. Baik piringan hitam produksi dalam dan luar negeri.

 

Dari segi pengunjung, sekitar ratusan orang memadati area basement Blok M tersebut mulai dari siang hingga sore hari. Semua berburu album yang diincari pada Record Store Day tahun ini.

 

Menurut Robby, sebagai salah satu konsumen mengaku sengaja datang tiap tahun untuk mencari dan membeli rilisan fisik.

 

"Ya tiap Record Store Day saya pasti cari album fisik. Soalnya banyak turun harga dan banyak penjualnya juga," kata Robby di lokasi. (ded/JPG) 

JAKARTA, RadarPena.com - ‎Para personil Geisha mulai menyiapkan diri bila Momo mundur dari band.

Sejak menikah dengan Reza Samudera pada 8 April 2017, Momo kini tinggal di Malang mendampingi suaminya yang pengusaha sukses.

Bahkan, Momo kini sibuk mengurus salah satu perusahaan yang diserahkan kepadanya.

"Belum ada keputusan resmi dari Momo. Namun, kami bisa memahami posisi Momo yang kini berstatus istri," kata Robby, personil Band Geisha seperti diberitakan JPNN, Minggu (23/4).

Sebagai istri, Momo harus mendampingi suaminya. Apalagi bila nantinya vokalis Geisha itu hamil dan punya anak.

"Momo sekarang diserahi tanggung jawab mengelola salah satu perusahaan. Jadi bisa dibayangkan betapa sibuknya Momo," terangnya.

Robby menambahkan, Band Geisha harus tetap jalan. "Kami lihat perkembangan nanti," ucapnya.

JAKARTA, RadarPena.com - Musikus Ahmad Dhani bakal meluncurkan lagu terbarunya dengan tema Sang Penista.

Lagu tersebut terinspirasi dari Sajak Sang Penista karya Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Sayangnya, mantan suami Maia Estianty ini tak menjelaskan apa judul lagu tersebut dan kapan diluncurkan.

Dhani hanya menyebutkan bahwa dia akan berkolaborasi dengan Fadli Zon.

Dia pun mengunggah foto yang tengah sibuk melakukan aransemen.

Di sampingnya tampak Fadli Zon serius mengamati aransemen yang dilakukan Ahmad Dhani.

“Kolaborasi budaya “SAJAK SANG PENISTA” with Mr.Fadli Zon #IGADP,” tulis Dhani lewat akun Instagram miliknya, Minggu (16/4).

Sebelumnya, Fadli Zon membuat puisi berjudul Sajak Sang Penista pada 2 Februari 2017 lalu. Sajak tersebut disebut-sebut sebagai sindiran kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Jelang Ramadhan tahun ini, musisi Glenn Fredly tengah menyiapkan sekuel album Hidayah. Album yang diberi judul 'Hidayah Carita Orang Basudara (COB)’ itu akan mulai digarap pada 18 April nanti di Ambon, Maluku.

"Karena hampir 90 persen musisi lokal yang akan dilibatkan. Mengingat Ambon sekarang sudah menyandang predikat sebagai Music of City," ujar Glenn saat jumpa pers di Chloe Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (13/4) sore.

Mantan suami Dewi Sandra itu pun bergerak sebagai produser di bawah bendera Musik Bagus. Ia juga menggandeng Barry Likumahuwa, Aldisyah, Viddy Papilaya dan Lordy.

"Album ini refleksi dari buku Carita Orang Basudara terbitan Pusad Paramida. Dari buku itu bercerita kisah-kisah yang membawa harapan baru untuk kita menjaga kedamaian dan persaudaraan," kata Glenn.

Konsep album ini berisi lagu dan narasi kolaborasi Paduan Suara UKIM (Universitas Kristen Islam Maluku), Vocal Group Basudara, Moluccas, Bamboo Orchestra, Hip-Hop Basudara, Kelompok Terompet Silo, Manumata, Siera, Nurul, Agiel, Bing Leiwakabessy dan Ridho Hamidz.

"Jadi CD albumnya nanti bundling dengan buku Carita Orang Basudara. Rencananya akan disebar ke 200 lebih negara," imbuh Aldo Sianturi, CEO Musik Bagus.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Pelayanan maskapai Garuda Indonesia kembali dikeluhkan. Kali ini DJ asal Amsterdam, YellowClaw yang mengeluhkan pelayanan Garuda.

Lewat akun Instagram-nya mereka menyampaikan keluhannya terhadap maskapai pelat merah ini.

Penerbangan mereka mengalami delay selama enam jam tanpa pemberitahuan.

"Garuda airlines will book you on another flight after 6 hours delay without saying anything," begitu bunyi keluhan akun resmi YellowClaw seperti dilansir JPNN, Kamis (13/4).

Sedihnya lagi, saat nama mereka dipanggil untuk mendapat penerbangan selanjutnya, YellowClaw merasa kecewa karena pintu gate pesawat yang akan membawa mereka dari Bandara Ngurah Rai ke Bandara Soekarno Hatta sudah ditutup.

Mereka juga mengeluhkan jauhnya lokasi menuju gate penerbangan di Bandara Ngurah Rai.

"And when they out of the blue call your name for last call they already closed the door. Imagine hearing your name for last call on a flight you are not even on but standing 10ft away of the gate and still missing your flight," keluhnya.

JAKARTA, RadarPena.com - Giliran studio film raksasa Walt Disney mengumumkan tanggal perilisan film-film besar mereka kemarin (26/4).

Yang pertama adalah Star Wars: Episode IX. Film itu bakal tayang tujuh bulan lebih awal dari tradisi sebelumnya.

Bila episode tujuh (The Force Awakens, 2015) dan episode delapan (The Last Jedi, 2017) rilis Desember, pada episode kesembilan, Disney memilih Mei. Tepatnya 24 Mei 2019.

Jeda waktu antara 2017 dan 2019 diisi dengan film tentang Han Solo muda yang diluncurkan pada 25 Mei 2018. Fans yang sudah tak sabar tentu senang.

Namun, sebagian mempertanyakan kenapa film garapan sutradara Colin Trevorrow tersebut tidak dirilis 4 Mei saja pada tanggal yang sudah dianggap sebagai hari Star Wars itu.

Selain Star Wars, Disney mengumumkan sekuel animasi paling yang ditunggu. Apalagi kalau bukan, silahkan tarik napas dulu, Frozen 2!!! Film lanjutan dari Frozen (2013) itu dijadwalkan tayang pada 27 November 2019.

Hingga kini, belum ada bocoran tentang lanjutan kisah dengan latar kerajaan Arendelle tersebut. Namun, co-director Chris Buck menjelaskan bahwa tokoh utama Elsa (Idina Menzel) bakal mengalami perubahan karakter yang drastis.

Perubahan itu tidak lepas dari film pendek Frozen Fever yang rilis dua tahun lalu sebagai pembuka film Cinderella. ”Di Frozen Fever, Elsa mulai membuka diri. Kalian bisa melihat sisi lain Elsa yang lebih fun dalam film selanjutnya,” ucapnya sebagaimana dikutip Fandango.

Susunan pengisi suara belum diumumkan, tapi sangat mungkin masih sama dengan film pertama. Salah satunya adalah Kristen Bell yang menyuarakan karakter Putri Anna.

”Ramalan cuaca dari kakak beradik putri Disney kesayanganmu: bioskop akan Frozen (membeku, Red) pada 27 November 2019. Woo hoo!!!,” tulis Bell di akun Twitter-nya.

Tahun 2019 juga menjadi momen perilisan live action dari fabel Disney Lion King. Proyek remake tersebut dikomandoi sutradara remake The Jungle Book Jon Favreau dengan jadwal tayang 19 Juli.

Dia menyatakan telah punya gambaran tentang film barunya itu. Favreau menegaskan, dirinya akan melakukan beberapa penyesuaian tanpa mengurangi nuansa khas versi animasi yang diluncurkan pada 1994 itu.

”Saya harus benar-benar meresapi materi film. Sebab, penonton jelas sudah sangat paham dengan versi orisinal, bahkan tumbuh dan terpengaruh Lion King,” ujarnya sebagaimana dikutip Entertaiment Weekly.

The Lion King telah mengonfirmasi setidaknya empat pengisi suara tokoh utama. Tokoh utama Simba bakal disuarakan aktor sekaligus musisi Donald Glover. Ayah Simba, Mufasa, disuarakan cast orisinalnya, James Earl Jones.

Kemarin Disney sekaligus mengumumkan dua tambahan pengisi suara. Yakni, Seth Rogen sebagai pengisi suara meerkat Timon dan Billy Eichner yang bakal menyuarakan babi rusa Pumbaa.

Duo Timon-Pumbaa tersebut merupakan sahabat Simba yang dikenal kocak. Kabarnya, Disney tengah mengincar Beyonce sebagai pengisi suara Nala.


Di bawah anak perusahaannya, Lucasfilm, Disney tidak hanya menyiapkan Star Wars. Mereka juga berencana kembali menghidupkan Indiana Jones. Film action adventure itu dirilis pada 10 Juli 2020.

Rumah produksi yang mengakuisisi hak milik franchise film karya George Lucas pada 2012 tersebut menegaskan bakal tetap mempertahankan formula asli.

Dalam film kelimanya itu, sosok Indiana Jones tetap diperankan Harrison Ford. Steven Spielberg kembali ditunjuk sebagai sutradara. Film terakhir franchise itu, Indiana Jones and the Crystal Skull, rilis pada 2008.

Sebelum Indiana Jones kelima itu, Spielberg punya setidaknya tiga proyek film baru yang tayang tahun depan. Yakni, film adaptasi kisah Pentagon Papers yang dibintangi Tom Hanks dan Meryl Streep, adaptasi novel Ready Player One, dan memproduseri Jurassic World 2.

Rilis jadwal Disney tersebut sangat penting buat para rumah produksi serta distributor rival. Mereka harus mengatur strategi agar film andalan mereka tidak ”berhadapan” langsung dengan film Disney, yang dikenal berbujet besar dan dibintangi nama-nama besar. (fam/c16/ayi/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Film komedi berjudul Total Chaos segera memasuki proses produksi. Menurut sang sutradara Angling Sagaran, film ini merupakan komedi absurd dengan pesan moral yang positif.

 

"Mudah-mudahan pesannya bisa sampai. Kami buat film Total Chaos ini komedi absurd, tapi ada pesannya," kata Angling saat jumpa pers di Kafe Rolling Stones, kawasan Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Rabu (26/4).

 

Angling mengatakan, ide pembuatan film ini datang dari keresahan yang timbul di lingkungan masyarakat. Termasuk teror bom panci yang sempat heboh di Bandung belum lama ini.

 

"Idenya dimulai dari ada keresahan terhadap penindasan dan di mana-mana kan ada penindasaan. Idenya itu dulu," ujar Angling.

 

Angling pun mengemas film ini dalam genre komedi yang bertujuan agar pesannya bisa diterima oleh masyarakat secara umum.

 

"Kalau diceritain secara serius, orang nggak mau nonton. Makanya dibalut dengan komedi saja bahwa ada penindasan yang harus kita lawan," katanya.

 

Film Total Chaos diperankan oleh sejumlah aktris dan aktor kenamaan Tanah Air, diantaranya Ricky Harun, Nikita Willy, Babe Cabita, Lula Lahfah, Nurfadillah, Cicio Masarenno, Gary Iskak, dan Yurike Prastika. (mg7/jpnn) 

JAKARTA, RadarPena.com - Deretan bintang yang bermain di film Kartini tak mampu menarik penonton untuk datang ke bioskop menyaksikan film terbaru Hanung Bramantyo itu. Setelah enam hari penayangan, film ini baru mendapatkan 323.686 penonton.

Terkait jumlah ini, Hanung masih bersyukur. Menurutnya, untuk film tentang seseorang yang memperjuangkan gagasan, hasil tersebut sangat baik.

Menurut Hanung, membandingkan Kartini dengan film genre lain seperti komedi, horor, romance hingga action tidak tepat.

“Alhamdulillah … untuk sebuah film yang bukan KOMEDI, bukan HOROR, bukan CINTA2AN, tapi film yang menampilkan perjuangan pemikiran seorang tokoh Nasional seperti Haji Ahmad Dahlan, Soekarno, Tjokroaminoto, ADALAH sebuah hasil yang bagus,” tulis Hanung pada keterangan postingannya seperti diberitakan JPNN, Rabu (26/4).

Postingan tersebut lantas dikomentari seorang netizen. Dia mengaku geli dengan alasan yang dikemukakan Hanung saat menanggapi rendahnya perolehan jumlah penonton film Kartini.

Komentar tersebut lantas kembali ditanggapi Hanung. Dirinya mengatakan hal tersebut bukan alasan. Pasalnya, sejumlah media menuliskan hal tersebut.

“Excuse?? Metro TV news dan bbrp media lain menuliskan perolehan penonton film Kartini kalah dengan film Hangout, Danur Dan film2 laris lainnya,” terangnya.

Dirinya kembali menegaskan jika tindakan tersebut tidak tepat. Pernyataannya ini dibuat karena ingin orang-orang tidak gampang membandingkan.

"Itu sebuah tindakan tidak tepat. Apa yang saya katakan agar orang tidak gampang membandingkan tanpa pemahaman yang tepat,” tandasnya.

Seperti diketahui, aktor dan aktris yang terlibat di Kartini antara lain Dian Sastrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Nova Eliza, Djenar Maesa Ayu, Acha Septriasa, Ayushita dan Reza Rahadian.

JAKARTA, RadarPena.com - Aksi Disney dan Warner Bros yang demen melansir timeline peluncuran franchise andalannya bikin panas studio besar lain.

 

20th Century Fox, yang juga memegang hak distribusi film-film blockbuster, akhirnya bangkit. Tak tanggung-tanggung, Sabtu lalu (22/4) mereka mengumumkan jadwal rilis empat sekuel Avatar serta tiga film adaptasi komik Marvel.

 

Pernyataan soal sekuel Avatar yang berjumlah empat film sekaligus terkuak setelah sutradara James Cameron mengunggah foto di Facebook. Dia berfoto bersama tim produksi dan cast film yang identik dengan alien berkulit biru itu.

 

’’Senang bisa kerja bareng tim terbaik di industri ini! Avatar bakal beredar. Kami mulai menggarap produksi empat sekuelnya,’’ tulis Cameron dalam caption.

 

Ini menjadi angin segar bagi fans yang sudah lama menunggu. Maklum, film pertamanya yang tayang pada 2009 sukses besar. Dinominasikan dalam enam kategori Academy Awards ke-82 serta memecahkan rekor box office. Hingga kini, Avatar membukukan penghasilan tertinggi worldwide, yakni USD 2,778 miliar atau Rp 37 triliun.

 

Dengan pernyataan resmi Fox tersebut, sekuel Avatar tak lagi menjadi angan-angan yang tak jelas kapan terwujud. Sebelumnya, Cameron menjadi raja PHP. Dia pernah mengatakan bahwa Avatar 2 dirilis pada 2014.

 

Namun, Cameron ’’menawarnya’’ menjadi akhir 2016. Lagi-lagi, itu tidak terwujud. ’’Tanggal rilis nggak penting. Sebab, aku menggarap tiga film Avatar sekaligus. Bukan hanya satu sekuel, namun tiga,’’ tegas pria 62 tahun itu awal tahun lalu.

 

Tapi, kini sudah ada titik terang. Sigourney Weaver, yang memerankan Dr Grace Augustine, pada awal April lalu mengungkapkan bahwa kru telah berkumpul. Syuting akan dimulai. 

 

’’Kami sudah latihan. Kami juga mulai... hm... belum boleh ngomong. Yang jelas, pengambilan gambar dilakukan musim gugur nanti,’’ katanya kepada The Hollywood Reporter.

 

Nah, kalau jadwal syuting sudah pasti, kapan tayang? Setelah kembali berbelit-belit, Fox mengonfirmasi bahwa Avatar 2 bakal dirilis pada 18 Desember 2020. Di situs IMDb, Avatar 3 dirilis tahun berikutnya, Avatar 4 pada 2024, dan Avatar 5 pada 2025.

 

Libur Natal dipilih sebagai momen peluncuran. ’’Kami sedang mengatur ritme rilisnya,’’ jelas Cameron. (fam/c17/na/jpg) 

 

JAKARTA, RadarPena.com - Tak hanya masyarakat biasa yang berbondong-bondong menyaksikan film Kartini di hari pemutaran perdana, Rabu (19/4). Mantan Presiden Republik Indonesia, B.J. Habibie mengaku langsung terkesan usai melihat layar lebar yang mengisahkan tentang sosok pahlawan emansipasi itu.

Tak seorang diri Habibie menyempatkan diri nonton bareng Kartini bersama beberapa cucunya di Kasablanka XXI, Jakarta Selatan, Rabu (19/4) sore.

Habibie menilai film Kartini adalah tontonan yang sangat menghibur sekaligus memberikan pendidikan. Dua unsur itulah yang membuatnya kagum dengan layar lebar yang berdurasi 119 menit tersebut.

"Ini bagus sekali, luar biasa. Semua keluarga harus nonton, nggak cuma wanita, pria juga. Film Kartini banyak mengandung unsur budaya dan kebenaran," ucap pria sepuh itu.

Melihat kualitas yang dimiliki film Kartini, B.J. Habibie menyatakan layar lebar tersebut layak meraih kesuksesan secara nasional hingga pasar luar negeri.

"Saya bangga dengan sutradaranya, Hanung Bramantyo, karyanya bagus sekali. Ini harus masuk pasar internasional. Serius, semua bangsa harus lihat film Kartini," tuturnya.

(ash/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Sukses menghibur pemirsa lewat serial India dan Turki. Televisi ANTV kembali menghadirkan beragam serial lokal. Setelah I-KTP, kali ini Antv menghadirkan serial berjudul Jodoh Pengantar Jenazah.

Berbeda dari Serial I-KTP, serial yang tayang perdana esok hari (hari ini, red) menyuguhkan sisi mistis. ”Sebelumnya kami menanyangkan serial komedi I-KTP dan mendapatkan respon yang cukup positif.

Kali ini kami kembali menghadirkan sinetron komedi namun ada sedikit nuansa misteri agar lebih berbeda namun tetap menghibur dan menjadi tontonan yang ringan dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.” ungkap Kiki Zulkarnain selaku GM Programming ANTV

Lewat sentuhan tangan dingin sutradara Ceppy Gober, serial ini dibintangi Adly Fairuz, Imaz Fitria, Deddy Soetomo,Vinessa Inez, Tessa Kaunang, Donny Damara dan Virnie Ismail.

Serial ini menceritakan tentang Adam (Adly Fairuz) yang diminta kekasihnya, Kania (Imaz Fitria) untuk segera menikahinya. Namun, Adam ragu untuk menikahi Kania dikarenakan statusnya yang seorang pengangguran.

”Melalui sinetron Jodoh Pengantar Jenazah ini kami harap dapat menjadi tontonan yang menuntun sekaligus menghibur dan tetap mengajarkan kebaikan,” kata sang sutradara.

Konflik pun semakin berlanjut saat Adam diminta Ayahnya (Deddy Soetomo) yang jatuh sakit untuk meneruskan biro jasa pengurus jenazah miliknya. Adam yang semula menginginkan kerja di sebuah perusahaan terpaksa mengurungkan niatnya.

”Adam kembali dibuat bingung karena ayahnya meminta jika ia meninggal nanti, Adam tidak boleh menikah sebelum adiknya, Sista (Vinessa Inez) dan ibunya (Tessa Kaunang) yang akan menjadi janda, menikah duluan,” katanya.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai pengurus dan pengantar jenazah, Adam sering kali menghadapi keanehan dan pengalaman yang tidak biasa. Beberapa peristiwa bahkan melibatkan dirinya.

Saat Adam tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut, ia ditolong oleh Sista yang ternyata mampu berkomunikasi dengan orang yang belum selesai urusannya di dunia, baik melalui mimpi ataupun langsung.

”Sinetron ini juga sebagai sebuah pengingat bahwa kematian itu merupakan sebuah kepastian dan berbagai macam kejadian saat kematian dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya,” katanya.(jpnn)

SUMEDANG, RadarPena.com - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengunjungi sentra pembuatan tahu sumedang di sela-sela kunjungan kerjanya ke wilayah Jawa Barat, Senin (24/4). Zulkifli mendatangi pabrik tahu Sari Bumi di Sumedang, Jawa Barat.

Menurut Zulkifli, tahu sumedang merupakan contoh usaha rakyat yang tetap eksis. Karenanya, perlu ada dukungan penuh terhadap usaha tersebut.

"Agar tahu sumedang bukan hanya bertahan, tapi juga bisa mendunia," kata Zulkifli. 

Ketua umum PAN itu mengatakan, kedatangannya ke sentra pembuatan tahu di Sumedang merupakan bentuk dukungan pada usaha kecil dan menengah (UKM).  Zulkifli menegaskan, UKM mesti diprioritaskan untuk memperoleh modal dan pelatihan sumber daya mmanusia.

Dengan begitu, pengusaha baru bisa tumbuh lebih banyak, sehingga ekonomi rakyat bangkit. 

Sementara Mang Arya selaku generasi ketiga pemilik pabrik tahu sumedang Sari Bumi berharap ke Zulkifli agar MPR bisa memberikan perlindungan pada usaha rakyat. "Dukungan Pak Zul selaku Ketua MPR sangat berarti bagi usaha kecil seperti kami," ujar Mang Arya. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Tidak semua bahan makanan kadaluarsa dalam waktu yang cepat. Ada beberapa yang mampu bertahan disimpan selama berbulan-bulan, bahkan tahun.

Makanan apa saja yang dimaksud? Berikut lima makanan yang tetap awet walau disimpan setahun.

1. Kecap

Kecap berasal dari kedelai yang diawetkan oleh garam. Kecap akan tetap segar selama satu tahun asalkan botolnya ditutup rapat.

Menurut penulis makanan terkenal Keri Gans, kecap dapat digunakan hingga tiga tahun setelah botol dibuka.

2. Gula

Tahukah Anda bahwa gula yang disimpan dalam wadah kedap udara dan tahan kelembapan dapat bertahan selamanya? Gula memang bisa menunjukkan tanda-tanda perubahan menuju basi, tapi pemanis makanan itu tetap bisa bertahan hingga batas waktu yang tak dapat ditentukan.

3. Madu

Secara teknis madu tak akan kadaluwarsa. Sebab, madu mengandung mikroba alami yang tak akan membusuk.

Akan tetapi madu acap kali mengeras akibat kandungan gula di dalamnya. Meski begitu, jangan panik, madu masih dapat digunakan jika dilarutkan dulu menggunakan air hangat.

4. Beras putih

Beras putih yang dikemas dalam kemasan kedap udara dapat disimpan lebih lama dibanding yang tidak sama sekali. Meskipun jenis pangan karbohidrat mudah basi dalam hitungan bulan, asalkan Anda menyimpannya dalam keadaan baik dan benar, beras akan bertahan lebih lama.

5. Cuka

Cuka biasanya digunakan sebagai pengawet. Karena itu, tak heran jika cuka tidak memiliki batas waktu penyimpanan. Hal ini diperkuat oleh The Vinegar Institute yang mengatakan bahwa cuka tidak akan basi sebab sifat asam yang dimilikinya.

JAKARTA, RadarPena.com - Produk kopi asal Indonesia mendapat respon positif pada ajang Melbourne International Coffee Expo (MICE) 2017 di Melbourne, seperti disampaikan dalam keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Rabu (5/4). 

Stand produk kopi asal Indonesia dipadati pelaku bisnis kopi Australia yang ingin mengenal lebih jauh cita rasa kopi Indonesia. Ada enam Perusahaan Indonesia yang turut serta dalam kegiatan MICE 2017, yakni The Q Coffee, Opal Coffee, Sumatera Coffee House, Mandhaeling Coffee, PT Bustabica Bumi Pasemah dan Harrysons Coffee Roaster.

Selama tiga hari pelaksanaan MICE, sesi "cupping" di Stand Kopi Indonesia, selalu ramai dikunjungi pembeli. Setidaknya nilai potensi transaksi yang dihasilkan peserta pameran dari Indonesia selama MICE 2017 mencapai sekitar satu juta dolar Australia.

Bersamaan dengan kegiatan MICE 2017, juga diselenggarakan kompetisi dalam kerangka the 2017 Australian International Coffee Awards (AICA) untuk sejumlah kategori, di mana peserta dari Indonesia, the Q Coffee, berhasil medapatkan medali emas untuk kategori "Cappucino-Milk Blend" dan medali perunggu untuk kategori "Espresso single origin". 

Selain itu, untuk kompetisi barista, peserta dari Tanamera berhasil mendapatkan penghargaan medali perak. Keberhasilan Indonesia dalam mempromosikan produk kopinya di ajang MICE 2017 merupakan hasil kerja sama yang baik antara pelaku usaha dan pemerintah, khususnya KJRI Melbourne dan Kantor Atase Perdagangan Indonesia di Australia sehingga produk kopi Indonesia dapat dipromosikan di ajang pameran kopi bergengsi di Australia.

Dalam upaya menyusun strategi pengembangan "branding" dan nilai tambah produk kopi Indonesia, tim dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang dipimpin oleh Wakil Kepala Bekraf, Ricky Pesik, juga mengunjungi MICE 2017 dan melakukan pertemuan dengan sejumlah pelaku usaha kopi di Melbourne.

Selain itu, tim Bekraf juga bertemu dengan Konjen RI Melborune untuk membahas berbagai langkah dan upaya untuk lebih mendorong pelaku usaha Indonesia agar mampu bersaing di pasar Australia, khususnya untuk produk kopi yang mempunyai pasar potensial di Melbourne. (rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Aerofood ACS dipercaya mendampingi para juru masak Kerajaan Arab Saudi, mempersiapkan hidangan untuk rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud selama berada di Indonesia.

Salah satu unit bisnis dari PT Aero Wisata (anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak di bidang catering) ini sudah menyiapkan 150 koki untuk meracik dan memasak menu makanan bercita rasa tinggi, termasuk Nasi Goreng.

"Ya, kami dipercaya menyajikan makan halal food bagi rombongan kedutaan berbagai kuliner masakan nusantara. Nasi Goreng juga termasuk salah satunya. Akan tetapi secara keseluruhan kami akan memprioritaskan permintaan dari pihak koki kedutaan,” ujar VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Benny S Butarbutar, seperti dilansir JPNN, Rabu (1/3).

Benny juga memastikan 150 koki milik Garuda Indonesia itu akan berkolaborasi dengan koki kepercayaan kerajaan Arab Saudi memasak dan menyiapkan makanan premium dan bertaraf internasional. Mereka akan mengolah bahan mentah yang didatangkan langsung dari Arab Saudi juga bahan lokal di fasilitas inflight kitchen Aerofood ACS Jakarta dan Denpasar.

”Para koki Aerofood ACS akan bekerja 24 jam penuh dan dibagi dalam 3 shift. Makanan yang disajikan bervariasi, mulai dari makanan pembuka seperti hummus, canapé, caviar, dan berbagai roti pilihan,” beber Benny.

Nantinya para rombongan dari Saudi ini juga akan disajikan makanan utama dari beras untuk nasi basmati, beraneka daging seperti daging sapi, daging kalkun, daging kambing, daging ayam dan aneka seafood salah satunya lobster. ”Kami akan melayani dan siap menjamu dengan baik, tentunya akan dikombinasikan dengan makanan Nusantara termasuk Nasi Goreng," kata Benny.

Tampilnya masakan Indonesia di depan tokoh dunia itu langsung memantik komentar Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Vita Datau Messakh.

Vita mengatakan, makanan Indonesia memang tidak ada duanya di mulut dan lidah siapapun. Termasuk untuk Raja Salman yang datang ke tanah air, ini karena makanan Arab karakternya sama dengan masakan Indonesia yang juga banyak menggunakan rempah-rempah nasional.

"Kuliner itu adalah salah satu media diplomasi dalam menjalin hubungan ekonomi, sekaligus Raja Salman mendapat pengalaman dalam merasakan nikmatnya masakan Indonesia,” ujar Vita.

JAKARTA, RadarPena.com - Di antara beberapa pilihan sarapan, roti merupakan salah satu pilihan yang tergolong praktis.

Di Indonesia, jenis roti yang paling banyak ditemui adalah roti tawar putih.

Sayangnya, konsumsi roti jenis ini disarankan agar dibatasi.

Umumnya, bahan pembuat roti ini yaitu tepung terigu. Tepung terigu yang digunakan terbuat dari gandum yang sebagian besar lapisan kulit kasar dan kulit arinya telah hilang saat penggilingan.

Berikut ini beberapa roti yang sebaiknya Anda hindari, seperti dilansir laman Cheat Sheet:

1. Baguette Prancis

Perancis mungkin hidup dari baguette, tapi ini adalah salah satu roti terburuk yang bisa Anda makan.

Roti ini biasanya dibuat dengan bahan-bahan pokok seperti air, tepung putih, garam dan ragi.

Masalah dengan baguettes Perancis adalah roti menawarkan nilai gizi yang sangat sedikit.

Roti ini juga kekurangan vitamin, kalsium dan nutrisi bermanfaat lainnya.

2. Croissant

Karena tidak dibuat dengan biji-bijian dan mengandung banyak mentega, croissant tidak terlalu tinggi pada skala kesehatan.

Rantai makanan cepat saji populer seperti Starbucks menawarkan croissant yang mengandung 240 kalori dengan 12 gram lemak dan 330 miligram sodium.

3. Kaiser rolls

Roti Austria ini biasanya dibuat dengan tepung putih yang sangat halus, mentega dan gula.

CalorieKing mengatakan 2 ons roti ini biasanya mengandung 30 gram karbohidrat, kurang dari 2 gram serat dan sekitar 300 miligram sodium.

4. Roti putih

Roti putih memiliki reputasi buruk untuk alasan yang baik. WebMD mengatakan ini roti ini kekurangan nilai gizi karena bagaimana mereka diproses.

Butir halus yang digunakan untuk membuat tepung dilepaskan dari lapisan luar, yang merupakan bagian yang mengandung serat dan nutrisi bermanfaat lainnya.

Dengan begitu banyak karbohidrat dan sedikit serat, Anda cenderung akan mudah lapar.

Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk makan berlebihan yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan

5. Biskuit

Biskuit adalah sumber lain dari kebanyakan karbohidrat dengan serat minimal dan protein.

Bahan utamanya adalah tepung, mentega, susu dan kadang-kadang gula untuk menambah rasa.

Biskuit biasanya menawarkan 128 kalori, 6 gram lemak, 17 gram karbohidrat dan hanya 2 gram protein.

6. Bagel

Bagel adalah favorit sarapan, tapi mereka tinggi kalori dan karbohidrat. Dengan berbagai rasa yang tersedia.

Penderita diabetes harus ekstra hati-hati jika memilih bagel karena kandungan karbohidrat yang tinggi bisa dengan cepat menaikan lonjakan gula darah.

JAKARTA, RadarPena.com - Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang kondang disapa dengan panggilan Yenny Wahid ikut merasakan mahalnya harga cabai rawit merah. Namun, putri KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu punya cara untuk menyiasatinya. Yenny mengaku tak kesulitan untuk membuat masakannya tetap pedas. Sebab, ada banyak cara selain menggunakan cabai rawit merah untuk membuat masakan pedas.

Salah satunya mengganti cabai rawit merah yang harganya kini melambung dengan cabai lainnya yang harganya cenderung stabil. Misalnya dengan menggunakan cabai rawit hijau dan cabai hijau besar.

"Kami sih di rumah sekarang nyambelnya ganti nyambel hijau. Kalau kami enggak nyambel cabai merah," katanya sembari tertawa saat meninjau Pasar Murah Imlek yang digelar Artha Graha Peduli (AGP) di SCBD, Jakarta, Sabtu (14/1).

Yenny menuturkan, rasa sambal dengan cabai rawit hijau tetap pedas dan tidak mengurangi selera makan. Menurutnya, jika masyarakat tidak terlalu memburu cabai rawit merah dan menggantikannya dengan jenis lain maka harganya pun akan turun.

"Untuk sementara agar demandnya tak terlalu berlebih hingga melambungkan harga. Kita semua berupaya wajib memastikan ikut menyumbang upaya menstabilkan harga," tegas putri mendiang Almarhum Gus Dur ini.

Yenny pun mengapresiasi langkah berbagai pengusaha yang berkontribusi dalam menstabilkan harga dengan menggelar pasar murah. Hal itu membantu masyarakat untuk tetap berdaya beli dan meredam kenaikan harga. "Kami berterima kasih ada kepedulian pengusaha besar sangat membantu masyarakat mengingat harga pangan sedang alami kenaikan," tandasnya.(cr1/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Kecantikan wisata di Tanjung Lesung yang juga menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) rupanya masih belum banyak diketahui wisatawan khususnya asing (wisman). Selain faktor promosi yang belum optimal, juga akibat keterbatasan infrastruktur menuju lokasi yang masih cukup sulit. Tak heran kawasan wisata di Tanjung Lesung masih tenggelam oleh adanya objek wisata seperti di Bali atau di Mandalika Lombok.

Founder Jababeka Setyono Djuandi Darmono mengatakan jika saat ini seluruh pelaku industri wisata di kawasan Tanjung Lesung menunggu akses jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 84 kilometer. Nantinya dengan adanya tol dipastikan kunjungan wisatawan akan meningkat drastis.

Pria yang sudah 25 tahun membangun kawasan wisata di Tanjung Lesung ini mengaku jika saat ini wisman enggan berkunjung karena jarak tempuh ke lokasi cukup sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu juga akibat kondisi jalan existing dalam kondisi yang rusak. Namun begitu kunjungan wisata setiap akhir pekan Sudah mampu menembus angka 5.000 orang.

"Kalau jalan tol selesai perjalanan dari Jakarta ke Tanjung Lesung hanya 2 jam, kalau gitu akan banyak wisatawan datang karena hanya dua jam atau kurang kalau dari Cengkareng (Bandara Soetta) sehingga memenuhi standar turis yang akan datang. Sebab mereka tidak mau naik mobil lebih dari 2 jam. Udah jauh jauh dari Eropa dari Jepang , Amerika ke Cengkareng kalau harus jalan lagi 5 jam kan keberatan," kata Darmono kepada RadarPena.com saat ditemui di Menara Batavia Jakarta, Rabu (26/4).

Dia berharap pemerintah mempercepat konstruksi jalan tol tersebut dan menepati janjinya untuk menyelesaikan dalam kurun waktu 3 tahun. Selain potensi kunjungan wisatawan yang bakal meningkat setelah tol selesai, dia memastikan akan banyak investor berebut untuk berinvestasi di KEK Tanjung Lesung. Dengan begitu akan semakin banyak tenaga kerja dapat terserap.

"Nanti kita cari investornya jadi total investmentnya USD 2 miliar (setara Rp 26 triliun) untuk bangun hotel saja kalau dengan lain - lain bisa USD 10 miliar dan itu akan menimbulkan jumlah lapangan kerja yang multiplier effect keseluruhan. Jadi semua itu menunggu tol ini (Serang - Panimbang)," sambungnya.

Pihaknya menargetkan akan ada kunjungan wisatawan sebanyak 1 juta orang pertahunnya yang datang ke Tanjung Lesung. Kini pihaknya secara internal tengah melakukan perbaikan pelayanan dan juga mempercantik objek wisata. Dia berharap impian pemerintah dalam mewujudkan KEK dapat tercapai setelah tol selesai di bangun dan difungsikan.

"Kalau setiap orang datang dan belanjakan Rp 10 juta dikali 1 juta orang kan udah Rp 10 triliun, jadi akan ada ekonomi yang terus tumbuh dan berputar di sana," tukasnya.(marjudin)

JAKARTA, RadarPena.com – Ada kabar baik untuk percepatan pengembangan parwisata Borobubur yang menjadi ikon Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar). Peraturan Presiden (Perpres) Badan Otorita Pariwisata (BOP) Borobudur telah diteken oleh Presiden Joko Widodo.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat dikonfirmasi di kompleks Istana Negara, Kamis (20/4). Dia mengatakan kementerian yang dia pimpin kebagian tugas membangun kawasan pariwisata terintegrasi, Joglosemar.

Bahkan, Arief mengatakan telah mengantongi lahan seluas 300 hektar untuk dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Tugas utama badan otorita itu, adalah menbangun KEK tersebut menjadi pusat amenitas baru di dekat Borobudur.

“Kalau tanahnya sudah dapat 300 hektare. Di situlah yang akan dibangun semacam Nusa Dua, kawasan resort khusus, tourism resort,” ujar Arief.

Kawasan tersebut nantinya akan dikembangkan seperti Nusa Dua, Bali. Atau serupa Mandalika di Nusa Tenggara Barat. Saat ini, Kemenpar tengah bersiap menggaet investor untuk membangun di sana.

Saat ditanya target yang diberikan Presiden Jokowi kepada Kemenpar untuk mengembangkan kawasan tersebut, Arief hanya mengatakan secepatnya. Apalagi, Perpres BOP Borobudur telah ditiandatangani presiden.

“Badan Otorita Pariwisatanya (BOP) sudah beliau tandatangani. April tanggal 11 sudah tandatangan, tanggal 12 diundangkan. Bisa dicek. Kalau itu sudah ada bisa cepat seperti Danau Toba, sudah ada Badan Otoritanya, sudah ada orang yang fokus memikirkan itu,” jelas mantan dirut PT Telkom ini.

Terkait pertumbuhan wisatawan mancanegara yang ditarget untuk Borobudur, Arief menyebut angka 2 juta wisman, dari sebelumnya hanya 250 ribu di Borobudur dan 500 ribu Jawa Tengah. Dia berambisi untuk menyaingi Kuil Angkor Wat di Kamboja, yang memiliki pengunjuung 2,5 juta wisman setiap tahun.

Joglosemar menurut Menpar, tidak bisa dibangun parsial, tapi harus terintegrasi. Ikon-nya adalah Borobudur, untuk tiga kota Jogja Solo Semarang. “Nama dan pakor Borobudur sidah mendunia, karena heritage building itu memang yang terbesar di dunia. Jauh lebih tua dan lebih dihormati sebagai karya budaya bersejarah daripada Angkor Wat,” pungkas Arief.

Terpisah, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan jika Perpres BOP Borobudur telah diteken Presiden Jokowi. “Sudah ditandatangani,” jawabnya, melalui pesan singkat, Jumat (21/4).(fajar)

JAKARTA, RadarPena.com - Events dan destinasi itu mirip ikan dan terumbu karang! Saling menghidupi, saling bertaut satu dengan lainnya.

 

Karena itulah Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta semua destinasi untuk mempromosikan events-nya lebih gencar, lebih masif, dan lebih mendunia.

 

Pernyataan itu disampaikan Menpar Arief Yahya saat me-launching Calender of Event Wakatobi di Balairung Soesilo Sudarman, Kantor Kementrian Pariwisata, Kamis (20/4).

 

Dia didampingi Gubernur Sulawesi Tenggara H. Nur Alam dan Bupati Kabupaten Wakatobi H Arhawi. Wakatobi yang sudah ditetapkan sebagai 10 Bali Baru ini bakal menggelar 15 event spektakuler sepanjang sisa tahun 2017 ini.

 

“Setelah ditetapkan Presiden Joko Widodo menjadi 10 destinasi prioritas, Kabupaten Wakatobi ini akan kita jadikan sebagai destinasi utama kelas dunia, terutama wisata baharinya yang sudah di anugerahkan memiliki potensi bawah laut yang kaya akan terumbu karang itu,” kata Menpar Arief Yahya.

 

Menpar Arief yang mengenakan udeng khas Wakatobi mengatakan, untuk event di Wakatobi, sudah banyak kemajuan dari banyaknya event yang sudah ada di tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya hanya memiliki satu sampai empat event saja.

 

“Saya berikan contoh kabupaten yang memiliki event terbaik, yaitu Solo dan Banyuwangi. Mereka membuat calender of event, yang berani mereka luncurkan dalam kurun waktu setahun sebelumnya, dan itu fixed schedule. Sekarang sedang saya pelajari statistik semakin banyak event itu maka pendapatan perkapita kedua kota itu semakin bagus. Berikutnya mohon dicarikan top 3 event-nya," ujar Mantan Dirut PT Telkom ini.

 

Untuk Wakatobi, Menpar Arief Yahya meminta pemerintah setempat menyediakan lahan 300 hektare, yang nantinya akan dijadikan Badan Otorita Pariwisata seperti Nusa Dua Bali. 

 

 

“Kita minta itu akan dibangun yang sudah jadi seperti Nusa Dua, Bali. Nusa Dua memiliki lahan 350 hektar, Wakatobi kalau di Indonesia saingannya adalah Labuhan Bajo dan Raja Ampat, itulah kelasnya Wakatobi. Atraksinya harus kelas dunia,” terang Arief Yahya.

 

Bila sudah ditetapkan sebagai destinasi 10 Bali Baru atau destinasi kelas dunia, lanjut Menpar Arief Yahya, Bandara Matohara juga harus dijadikan bandara Internasional.

 

“Pak gubernur tak perlu khawatir masalah airport. Airport di sana wajib kelas dunia. Saya berikan contoh apa yang kita bangun misalkan di Danau Toba yang memiliki Bandara Silangit akan menjadi bandara internasional pada September ini. Lalu sebentar lagi Labuan Bajo juga akan menjadi bandara internasional,” ucap pria asal Banyuwangi ini.

 

Gubernur Sulawesi Tenggara H. Nur Alam lantas menyanggupi keinginan Menpar Arief untuk menyediakan lahan untuk dijadikan lokasi pariwisata seperti di Nusa Dua, Bali.

 

“Kita sudah disiapkan dan sudah kita sampaikan ke masyarakat, mereka sangat mengerti. Semoga akhir tahun ini sudah tersedia. Saat ini baru 70 hektare yang baru terpenuhi. Sementara Pak Menteri meminta 300 hektare,” ujarnya.

 

Nur Alam juga menyampaikan, bahwa tagline “Surga di Bawah Laut” ini adalah kebangkitan pertama pembangunan pariwisata di Wakatobi.

 

“Surga Di bawah laut harus berlanjut menjadi Surga di Atas Laut, ketika kita berupaya melanjutkan pembangunan Wakatobi ke arah Surga di Atas Laut itulah, saya menyebutkan kita memasuki era kebangkitan kedua pembangunan pariwisata di Wakatobi,” papar Nur Alam.

 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Wakatobi H Arhawi menjelaskan, wilayah Wakatobi menjadi destinasi yang kaya dengan potensi pariwisata bahari. Wakatobi di anugerahkan sebagai produk pada keindahan alam bawah laut dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. 

 

 

"Tidak salah Menteri Pariwisata menetapkan Wakatobi sebagai destinasi bahari kelas dunia. Waktobi memiliki 750 spesies terumbu karang di antara 850 spesies karang yang ada di dunia, serta memiliki 942 spesies ikan yang teridentifikasi. Wakatobi juga memiliki karang tunggal terpanjang di dunia yang menjadikan Wakatobi destinasi selam internasional,” Jelas Arhawi

 

Tidak hanya itu, Bupati Arhawi dengan penuh semangat memaparkan, Kabupaten Wakatobi bersinar sebagai perwujudan semangat kebersamaan dan komitmen pembangunan dari seluruh masyarakat Wakatobi.

 

”Kita ingin menjadikan Wakatobi sebagai kabupaten maritim yang sejahtera dan berdaya saing dengan titik berat pembangunan pada tiga sektor pembangunan yaitu meliputi sektor pariwisata sektor kelautan dan perikanan serta perdagangan antar pulau,” ujarnya.

 

Untuk infeomasi, kegiatan dalam CoE Wakatobi 2017 dimulai pada Januari 2017, kemudian dilanjutkan pada April ini dengan menggelar event HUT Masyarakat Kecamatan Wangi Wangi Selatan (15-20 April 2017 ); Wowine (Perempuan) Festival (17-20 Mei 2017); Festival Pulau Tomia (28-30 Juni 2017) sebagai festival berbasis pulau; Kunjungan Kapal Pesiar “Celedonian Sky (13 Juli 2017) yang menunjukkan Wakatobi sebagai jalur wisata cruise.

 

Event Wonderful Sail 2017 berlangsung pada 10-13 Agustus 2017. Kegiatan sail di Wakatobi ke-9 ini akan diikuti sekitar 50 kapal sail yang berlabuh di Water Front City Pulau Wangi Wangi; Festival Sampea Liya (28-30 Agustus 2017) merupakan festival budaya masyarakat Liya; Festival Barata Kahedupa (15-18 September 2017) sebagai Festival Kebudayaan Masyarakat Pulau Kaledupa.

 

Pada event Wakatobi Wave tanggal 19-22 Oktober 2017 merupakan puncak dari kegiatan festival di Wakatobi dan event ini masuk dalam kalender pariwisata nasional. “Kami berharap bapak Presiden Joko Widodo dapat hadir dalam even Wakatobi Wave, yang 6 bulan lagi akan digelar,” ujarnya.(adv/jpnn) 

 

JAKARTA, RadarPena.com -  Event The 1st North Maluku International Business Forum yang digelar 16-17 April 2017 dihadiri pengusaha dan investor dari dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah delegasi pengusaha dari Malaysia yang mengirim lima orang perwakilan ke forum bisnis internasional ini.

 

Salah satu destinasi unggulan di kawasan timur Indonesia ini adalah Morotai. Dilihat dari sisi infrastruktur, kawasan wisata ini lebih strategis dan mudah dijangkau. Jadi, sangat layak menjadi satu di antara 10 destinasi wisata unggulan.

 

“Morotai sudah memiliki bandara dengan panjang landasan 3000 meter, yang dipakai dan sudah diperkeras sepanjang 2400 meter. Ini disebabkan Morotai merupakan tempat yang sangat bersejarah, wilayah yang terkenal karena Perang Dunia II. Dan pada bulan Juni 2018 sudah diprogramkan oleh Menhub menjadi bandara Internasional” ujar PIC Destinasi Morotai, Ari Surhendro, Minggu (16/4).

 

Ari juga menyampaikan saat ini para investor sudah menunggu hasil pengembangan di wilayah Morotai, kelebihan Morotai di antaranya memiliki hasil laut berupa ikan yang langka dan nomor satu di dunia.

 

Selain Morotai, Maluku Utara juga sedang mengembangkan destinasi wisata Pulau Widi yang ada di Halmahera Selatan (Halsel). Pulau Widi di Halsel dikenal sebagai Maldivesnya Indonesia.

 

Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba turut mendukung gelaran The 1st North Maluku International Business Forum. Bahrain mengatakan kabupaten Halmahera Selatan siap bersinergi dengan calon investor yang ingin mengembangkan wisata di Kabupaten Halsel.

 

“Potensi keindahan Pulau Widi bisa dikembangkan sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Halsel lewat pengembangan wisata,” papar Bahrain.

 

Bahrain juga mengungkapkan, pada Oktober 2017 mendatang, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka Widi International Fishing Turnamen (WIFT) yang akan dihelat Pemprov Maluku Utara dan Pemkab Halsel.

 

Ajang bertaraf internasional ini sekaligus ingin mengenalkan keindahan Pulau Widi kepada wisatawan domestik dan mancanegara. Bahrain yakin, potensi dan kekayaan alam yang menjadi pemikat wisata di Halsel masih bisa dikembangkan oleh investor melalui The 1st North Maluku International Business Forum.

 

Ketua Bahagian Internasional Dewan Perdagangan Melayu Putrajaya Malaysia, Datuk Jamal Asyahidan mengatakan, dirinya membawa beberapa pengusaha Malaysia yang cocok dengan potensi di Maluku Utara. Jamal mengaku menaruh perhatian khusus terhadap sektor wisata halal.

 

Jamal melihat Maluku Utara bisa menjadi destinasi wisata halal di Indonesia. Letaknya yang dekat dengan Filipina, Malaysia dan Brunei akan membuat wisatawan mudah menuju Maluku Utara.

 

Malaysia dan beberapa negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia membangun konsorsium Global Halal Travel. Dalam konsorsium ini, pengusaha asal Indonesia Riyanto Sofyan (chairman Sofyan Hotels Tbk) didapuk sebagai komisaris.

 

“Kita ingin mengembangkan pasar terutama di Asia Tenggara. Kita ajak Indonesia, Thailand, Filipina, Brunei dan Singapura untuk mengembangkan Global Halal Travel,” ujar Jamal.

 

Selain itu, lanjut Jamal, potensi alam Maluku Utara dinilai cukup mumpuni. “Maluku Utara itu masih natural masih banyak potensi yang bisa dikembangkan. Wisata halal akan sangat cocok terlebih mayoritas penduduknya Muslim,” papar Jamal.

 

Jamal mengaku sudah melihat sendiri potensi wisata di Maluku Utara. Ia berjanji pada bulan Oktober mendatang akan membawa lebih banyak lagi rombongan pengusaha dari Malaysia untuk melihat potensi Maluku Utara.

 

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Branding Pesona Indonesia di Maluku Utara. Acara yang diadakan di Ternate, 10-12 April 2017 lalu diikuti 49 peserta dari Pemerintah, Akademisi, Asosiasi, Komunitas dan Media.

 

Menpar Arief Yahya menjamin, semua dari 10 Top Destinasi Prioritas yang biasa disebut Bali Baru itu excellent. Ya hebat alamnya, juga keren budayanya. Investasi di sektor pariwisata di mana pun dari 10 titik itu, sudah pasti punya cultural value yang kuat. “Jadi tidak perlu ragu dan berpikir maju mundur, 10 Bali baru itu sudah pasti bagusnya,” jelas Arief Yahya.

 

Dia welcome untuk investasi di sektor amenitas maupun akses. Apalagi, Presiden Joko Widodo sudah menempatkan pariwisata sebagai core economy bangsa, juga menjadikan sektor pariwisata sebagai leading sector untuk mendrive ekonomi bangsa. “Karena itu, pemerintah akan membantu setiap investasi untuk pengembangan destinasi wisata,” kata Menpar Arief.(fajar)

LABUAN BAJO, RadarPena.com – Upaya mengenalkan destinasi wisata unggulan Indonesia ke dunia internasional bakal semakin masif. Bukan hanya melalui iklan atau viral di media sosial, tapi juga melibatkan para diplomat Indonesia yang bertugas di mancanegara.

 

Kementerian Luar Negeri RI pada 16-22 April  menggelar kunjungan dalam rangka Diklat Sesparlu di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasi yang dikunjungi adalah destinasi Labuan Bajo dan sekitarnya.

 

“Destinasi yang dituju adalah Padar, Komodo, Manta Point, Heritage Walk Kampung Ujung, Edukasi Budidaya Mutiara di Pulau Pungu, Kampung Nelayan Papagarang, Pulau Kanawa, Sunset Kalong Rinca, Liang Ndara, Amelia Sea View,” ujar Shana Fatina selaku person in charge Labuan Bajo dari Pokja Destinasi Prioriras Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

 

Para diplomat itu tak hanya  berkunjung dan melihat-lihat. Sebab, ada aktivitas lainnya. “Aktivitasnya meliputi clean up beach, forum pemuda, forum perempuan, forum budaya,” sebutnya.

 

Yang lebih istimewa, kegiatan itu tidak hanya diikuti diplomat senior Indonesia. Ada pula delapan diplomat asing dari Australia, China, Myanmar, Fiji, Laos, Cambodia dan Papua New Guinea yang andil.

 

Shana -panggilan Shafa- menambahkan, kegiatan itu diharapkan menjadikan para diplomat memiliki pengetahuan yang cukup  tentang destinasi-destinasi wisata, khususnya di wilayah Indonesia timur. Bahkan, Kemlu mencanangkan tanda pagar (tagar) atau hashtag khusus pada kegiatan itu, takni #sesparlugoestobajo #wonderfulindonesia #pesonaindonesia.

 

“Jadi setiap peserta wajib untuk mengunggah kegiatan dalam bentuk vlog, foto, dan kicauan di Twitter,” ujar Shana tentang kegiatan yang didukung Kemenpar itu.

 

Kemenpar juga sudah berencana memajang Labuan Bajo di ajang  Malaysia International Dive Expo (MIDE) pada 12-14 Mei mendatang di PWTC Kuala Lumpur, Malaysia. Selama ini, MIDE dikenal sebagai pameran wisata minat khusus selam terbesar di Malaysia.

 

Karenanya, Kemenpar akan mengirimkan sales mission ke MIDE 2017 untuk mempromosikan wisata selam bawah laut dan komodo. “Singapura dan Malaysia merupakan penyumbang diver visitor terbanyak ke Indonesia untuk negara ASEAN,” sebutnya.

 

Lebih lanjut Shana mengatakan, Labuan Bajo memang terus berupaya berbenah dari sisi sumber daya manusia (SDM) maupun sarana dan prasarana. Dari sisi SDM, usulan untuk mendirikan Akademi Komunitas Pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat telah mendapat lampu hijau dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

 

“Yakni untuk tingkat diplomas satu dan diploma dua. Sedangkan kurukulum dan dosen vokasinya dari kalangan industri melalui proses RPL (rekognisi pembelajaran lampau, red),” tuturnya.

 

Sedangkan untuk mengebut aksesibilitas, sedang ada proses percepatan pengalihan pengelolaan Bandara Komodo ke PT Angkasa Pura I. “Ada juga pendekatan ke airlines internasional untuk masuk Labuan Bajo, yaitu dari Garuda dan Air Asia,” sebutnya.

 

Sedangkan untuk akses laut, rencananya akan ada relokasi pelabuhan peti kemas di Kampung Tengah. Nantinya, area bekas pelabuhan peti kemas akan menjadi Kawasan Pelabuhan Pariwisata Terpadu di bawah koordinasi PT ASDP.

 

“Selanjutnya,  Kemenhub dan Pelindo III membentuk tim untuk mencari lokasi relokasi pelabuhan peti kemas, karena lokasi baru tidak memungkinkan,” sambung Shana.

 

Adapun untuk akses darat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2016 telah menyelesaikan pembangunan Jalan Labuan Bajo-Terang Kedindi tahap I, II, III, IV dan V. “Saat ini ada persiapan Jalan Utara Terang-Kedindi lanjutan di 2017,” katanya.

 

Lantas, bagaimana soal amenitas? Labuan Bajo juga terus berupaya menambah ketersediaan kamar bagi wisatawan. “Data pengajuan homestay Labuan Bajo Flores terakhir berjumlah 315 unit kamar, meliputi homestay renovasi kamar dan pembangunan vila baru,” pungkasnya.

 

Menpar Arief Yahya memang meminta para diplomat di manapun berada, di KBRI, KJRI maupun perwakilan RI organisasi dunia, untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. Juga meminta mereka mencarikan investor untuk menanamkan modal di sektor pariwisata Indonesia. “Para diplomat itu adalah ujung tombak di mancanegara. Kami sangat terbantu dalam promosi pariwisata dan investasi,” kata Arief Yahya.

 

Karena itu, ketika Kementerian Luar Negeri RI pada 16-22 April menggelar kunjungan dalam rangka Diklat Sesparlu di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Menpar Arief pun merasa senang. Spirit Indonesia Incorporated menyebar ke semua lini Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. (Fajar)

JAKARTA, RadarPena.com – Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mengantongi predikat sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia sedang berjibaku dengan persoalan sampah. Sebagai destinasi wisata, pulau di sebelah timur Bali itu harus bisa tampil bersih.

Kamis, 13 April 2017 lalu, tiga menteri juga sibuk mencari solusi soal sampah Bali. Mereka itu adalah Menkomar Luhut Binsar Pandjaitan, Menpar Arief Yahya dan Menhub Budi Karya Sumadi, yang mencari soluai sampah di Bali itu. Bahkan mereka juga mengundang Jakpro Jakarta Propertindo dan satu perusahaan pemgolah sampah di Benowo, Surabaya.

Namun, bersih saja belum cukup. Person in Charge (PIC) Mandalika dari Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) T Rahmadi mengatakan, pada Kamis (13/4) ada rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Kemaritiman. Menurutnya, upaya menangani sampah di Pulau Lombok perlu melibatkan masyarakat.

Rahmadi mengaku telah berdiskusi dengan pakar dari Eco Green Nusantara untuk manajemen pengelolaan sampah. “Eco Green Nusantara adalah sebuah wirausaha sosial yang bergerak dalam bidang pengolahan sampah di NTB,” ujar Rahmadi.

Menurutnya, Eco Green Nusantara sudah menunjukkan capaian positif dalam pengelolaan sampah melalui program Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB. Program itu tersebar di lima kabupaten/kota di Lombok.

“Ada pula recycle center (pusat daur ulang, red) di Kota Mataram, NTB. Eco Green bertujuan untuk menjaga lingkungan sekaligus membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat pada pelestarian lingkungan serta pengembangan ekonomi masyarakat desa melalui usaha pengolahan sampah,” tuturnya.

Rahmadi menambahkan, kosep itu bisa diterapkan di lokasi-lokasi wisata. “Eco Green  mencoba untuk mengusulkan quick win pengelolaan sampah di kawasan wisata,” sebutnya.

Rahmadi juga menyampaikan kabar baik tentang perkembangan amenitas di lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Menurutnya, jumlah homestay di lingkar KEK Mandalika terus bertambah.

Hingga 13 April 2017, total ketersediaan homestay sudah mencapai 708 ruang. “Ini sesuai data updated yang kami peroleh dari Tim Relawan Lombok Tourism Forum di lapangan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Lombok menyabet dua penghargaan serius dari ajang World Halal Tourism Award 2016. Dua penghargaan itu adalah World’s Best Halal Beach Resort untuk Novotel Lombok Resort & Villas, serta World’s Best Halal Travel Website bagi  www.wonderfullomboksumbawa.com.(jpg)

Advertisement
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.