Top Stories

JAKARTA, RadarPena.com - Apa alasan Caisar Aditya Putra alias Cesar menceraikan istrinya, Indadari Mindrayanti? Usut punya usut  sang istri tidak suka suaminya tampil di acara Pesbukers di salah satu stasiun TV swasta. Menurut Indadari, suaminya memilih kembali berjoget dan meninggalkannya. Bahkan, kata Indadari, sejak hari pertama Caisar muncul di televisi, Caisar sudah menceraikannya. Cesar memilih kembali ke dunia entertainment yang dulu pernah membesarkan namanya.

“Perceraian ini bukan kemauan saya, tapi kemauan Caisar. Saat memutuskan kembali ke entertain, dia juga memutuskan untuk bercerai dengan saya,” kata Indadari, Jumat (18/8) malam.  Wanita yang pernah menjadi istri Lucky Hakim itu, mengaku tak ingin rumah tangganya berakhir.

“Semua serba tiba-tiba. Kadang saya berharap ini mimpi, tapi ternyata nyata. Yang jelas bukan karena masalah ekonomi atau masalah rumah tangga. Semua baik-baik saja," tegasnya. Dia mengaku sudah berusaha mempertahankan rumah tangganya."Tapi ini sudah menjadi keputusan Caisar. Saya hanya seorang wanita dan posisi saya lemah," pungkasnya.(jpnn)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Artis peran Roro Fitria kembali jadi perhatian. Ketika semua orang merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-72, dia justru memilih menjalani ritual mistisnya.

 

Setelah menjalani ritual Selasa Kliwon, kini dia menjalani kegiatan yang nyaris serupa di malam Jumat Kliwon.

 

Kali ini ritual yang dilakukan berbeda. Kalau sebelumnya di malam Jumat Kliwon dia berbaring di dalam gua.

Kala itu seluruh tubuhnya ditutup dengan kain, kecuali keplanya.

 

Di atas kepalanya terdapat sebuah pot kecil serta beberapa jenis bunga.

 

Kali ini dia menjalani ritual tersebut di rawa-rawa. Seperti yang diperlihatkannya lewan Instagram Story pada Kamis (17/8) malam.

 

Pada video singkat itu, Roro terlihat berendam di dalam air sementara di sekelilingnya terdapat pohon besar dengan keadaan gelap gulita.

 

Terdapat bunga-bunga sajen yang diletakkan di pinggir bebatuan. Roro sendiri terlihat menangkupkan kedua tangannya dengan mata terpejam seolah tengah berdoa.

 

Kegiatan mistis Roro Fitria itu pun diunggah kembali oleh akun gosip makrumpita.

 

“Sapose disindang yang kemaren malem ritual malem jumat kliwonan bareng nyai rofit...?. Eta terangkanlahhh....,” tulisnya sebagai keterangan.

 

Tampaknya, ritual mistis sudah menjadi rutinitas pemilik nama asli Raden Roro Fitria Nur Utami itu.

Dan lagi-lagi, ritual mistis yang dijalani Roro Fitria itu mendapat kritikan dari para netizen.

 

 

“Biar apa coba segala ritual dijalani, pengen dekat sama dunia astral??? Udah dekat sama Gusti Allah belum,” celetuk akun kaadzi_baik4914.(Jlo/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com – Musisi Opick yang selama ini luput dari isu miring terakhir diterpa kabar kurang sedap. Penyanyi spesialis lagu religi itu tiba-tiba dikabarkan digugat cerai oleh istrinya, Dian Rositaningrum.

Saat dikonfirmasi awak media, Opick enggan berkomentar. Dia memilih tidak membantah atau mengiyakan kabar tersebut. "Belum tahu. Doakan saja yang terbaik. Aku tidak mengiyakan dan tidak bilang nggak,” kata Opick, Jumat (18/8).

 

Pemilik hits Tombo Ati itu tampak enggan berkomentar mengenai kabar gugatan cerai itu lebih jauh. Dia hanya meminta doa agar rumah tangganya mendapat jalan terbaik.

 

“Istilahnya kalau manusia tempatnya kesalahan, begitu juga saya yang punya kesalahan, jadi mohon doanya semoga diberikan yang terbaik,” ucap Opick.

 

Seperti diketahui, Opick dan Dian Rositaningrum menikah pada 15 Juli 2002 silam. Selama 12 tahun menikah, keduanya telah dikaruniai empat orang anak.

 

 

(ded/JPC)

JAKARTA, RadarPena.com – Kehidupan asmara Citra Kirana semakin ramai dibicarakan. Informasi hubungan Citra Kirana dengan Ali Syakieb membuat  public penasaran, kabar ini mencuat setelah video Citra Kirana sedang video call-an dengan seorang pria tersebar di akun gosip.

 

Dalam video yang tampaknya diambil Natasha Rizki ini, Citra Kirana terlihat sedang asik video call dengan seseorang. Saat ditegur, dirinya cukup terkejut dan langsung tertawa.

 

Di bagian lain video, meski tidak jelas, terlihat sosok pria yang sedang berbicara dengan Citra.

 

“Duhhh Mbak Ciki Pidio Koll ama siapa itu. Kangeeen yaaa Mbak?,” kata akun lambe_turah sebagai caption.

 

Menanggapi postingan ini, netizen meyakini jika pria tersebut adalah Ali Syakieb. Harapan keduanya untuk kembali berpacaran pun ramai disampaikan netizen.

 

“Ali syakieb tuuhhh jelaaasssss bingits,” kata akun lyanoctha_. “Itu ali syakieb … mirip sihh,” ucap akun piia_stiani.

 

 

“Itu koq kyk lg vidcall sm ali syakieb ya…hehehe mngkn masih sahabatan…atau masih sayang….cm mreka yng tau…tp auka sih kalo balikan lg,” harap akun kikicmel. (zul/pojoksatu/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Ada kabar baru terkait Ridho Rhoma yang saat ini terjerat kasus narkoba. Kabar tersebut disampaikan oleh ayahandanya, Rhoma Irama.

Menurut Rhoma, saat ini keadaan Ridho sudah jauh lebih baik.

"Sedang berproses sidangnya, Ridho sudah lebih baik," ujar Rhoma kemarin usai mengisi acara perayaan HUT RI, Kamis (17/8).

Raja dangdut ini meyakini permasalahan yang kini menjerat putranya bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga tentang makna kehidupan.

Terlebih, putra yang dibanggakannya itu sudah menyesal telah mencicipi narkoba.

"Ini menjadi pelajaran betul bagi Ridho untuk memperbaiki diri bahwa narkoba betul-betul sangat berbahaya dan merugikan bagi dirinya," ucap Rhoma.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Sudah seminggu Marcello Tahitoe ditahan polisi akibat penyalahgunaan narkotika. Sayangnya, sang kekasih Aurelie Moeremans belum juga menjenguk. Nah ada apa ya?

Padahal beberapa waktu lalu Aurelie menyebut tetap setia pada Ello.

"Belum, aku masih sibuk ngurus syuting dan beberapa acara," kata Aurelie kemarin.

Lagipula, pelantun lagu Pergi Untuk Kembali itu saat ini belum bisa dijenguk lantaran sedang direhabilitasi.

"Kan lagi direhab juga, jadi belum bisa dikunjungi," tutur dia.

Meski begitu, wanita 24 tahun ini memastikan dirinya bakal setia menunggu pujaan hatinya itu bebas.

"Apa pun yang terjadi, aku akan nunggu dia. Pokoknya doain yang terbaik ya buat dia," harap Aurelie.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Band rock Kotak mempersembahkan hadiah spesial menyambut momen Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-72. Hadiah spesial yang dimaksud yakni sebuah single baru berjudul Merah Putihku.

Grup yang diisi Tantri, Chua, dan Cella itu menjelaskan bahwa lagu anyar ini bertemakan tentang nasionalisme. Merah Putihku dilepas jelang Hari Kemerdekaan juga sebagai ajakan buat para pendengar khususnya, Kerabat Kotak untuk lebih mencintai Indonesia.

Proses pembuatan lagu tersebut berawal dari jamming session yang dilakukan oleh Kotak dan Pay pada saat mereka melakukan workshop di Bali. Kemudian Cella Kotak mengemasnya dengan lirik dan sentuhan glam rock era 90an.

"Karena musik era saat itu bernuansakan spirit, semangat, gagah cocok dengan tema lirik yang saya bikin, dan ingin mengembalikan nuansa glam rock," kata Cella Kotak kepada JawaPos.com, Jumat (11/8).

 

Lewat lagu Merah Putihku, Kotak ingin mengajak para pemuda dan pemudi untuk sama-sama berjuang bersama mengharumkan nama bangsa. Tentunya dengan karya yang mereka punyai atau sesuatu yang dapat mereka persembahkan untuk negara ini. (ded/JPC)

LOS ANGELES, RadarPena.com - Konser Britney Spears bertajuk Piece Of Me Show yang digelar di Planet Hollywood, Las Vegas pada Rabu (9/8) malam diwarnai insiden mengerikan.

Seorang pria bersenjata api nekat naik ke panggung saat Britney melantunkan lagu You Drive Me Crazy. Pria yang belakangan diketahui bernama Jesse Web itu diduga membawa senjata api hingga pengawal Britney melumpuhkannya.

Dari rekaman video seorang penggemar, awalnya Britney tak menyadari kehadiran pria tersebut di atas panggung. Saat itu dia sedang asyik berinteraksi dengan penggemarnya.

Dia baru menyadari ada penyusup saat pengawal dan beberapa penari latar mengamankan pria tersebut.

Video itu pun menjadi viral dan sempat diunggah akun gosip Instagram lambe_lamis. Tampak pada video itu, Britney terlihat sempat ketakutan.

“Meskipun konser tetap dilanjutkan kembali setelah insiden ini, namun menurut sebuah sumber, Britney sempat ketakutan. Untung saja para bodyguard dan penari laki laki yang ada dipanggung segera mengelilingi Britney dan membawanya masuk ke belakang panggung,” tulis lambe_lamis sebagai keterangan.

Dalam video tersebut, terdengar Britney menanyakan apa yang sedang terjadi. Bahkan dia juga bertanya apakah pria tersebut membawa senjata api. “Is everything okay? What's going on. He's got a gun?.”

Hingga berita ini diturunkan belum ada pernyataan resmi dari pihak Britney Spears terkait insiden mengerikan itu.(jpnn)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Pedangdut Ayu Ting Ting merilis album terbaru berjudul Kamu Kamu Kamu , Rabu (9/8) di KFC Kemang, Jakarta.

Usai menyanyikan lagu Kamu Kamu Kamu saat merilis album baru, Ayu pun diberi bunga oleh ayahnya, Abdul Rozak.

"Itu tadi spontanitas aja beri bunga," kata Rozak di KFC Kemang.

Rozak merasa bersyukur atas launching album anaknya.

"Pastinya ayah bersyukur kepada Allah SWT karena hari ini Ayu keluarkan single dan album terbarunya," tuturnya.

Rozak berharap, masyarakat bisa menyukai album baru Ayu.

"Mudah-mudahan ke depannya tambah sukses lagi dan banyak yang menyukai lagu Ayu," ucapnya.

Hal senada disampaikan Ayu, janda satu anak itu berharap, album Kamu Kamu Kamu bisa disukai oleh masyarakat.

"Semoga bisa booming juga seperti album sebelumnya," ‎harap Ayu. (jpnn)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan Festival Lagu Suara Anti Korupsi (SAKSI) 2017 yang merupakan bentuk kampanye antikorupsi dengan mengundang masyarakat membuat lagu.  Lagu-lagu tersebut kemudian akan dipilih yang terbaik dan dibuatkan album. "Festival ini bisa jadi medium masyarakat menyuarakan perlawanan terhadap korupsi," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Jakarta, Senin (7/8).

Seperti tahun lalu, Saut akan menjadi salah satu tim juri yang akan berkolaborasi dengan musisi sekaligus pencipta lagu Sandy Canester. Tim juri mulai menerima karya dari masyarakat sejak Juni hingga 31 Agustus mendatang. Selanjutnya, seluruh karya yang masuk akan dipilih menjadi 10 besar tiap regional dan akan tampil di hadapan dewan juri mulai 11-20 September 2017.

Lima regional tersebut adalah Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang. Pada tahap tersebut, juri akan memilih tiga karya terbaik. Malam final Festival Lagu SAKSI 2017 akan digelar 3 November dengan menyelenggarakan konser suara antikorupsi yang akan menghadirkan musisi Tanah Air antara lain Base Jam, Sandy Canester, dan Orkes Moral Pengantar Minum Racun.

Dalam konser ini pula, KPK akan meluncurkan album kompilasi Suara Antikorupsi Volume 2 yang berisikan 15 karya terbaik dari festival lagu Suara Antikorupsi 2017 tersebut.

Ini adalah kali kedua KPK menggelar Festival Lagu SAKSI. Tahun lalu, KPK menjaring 200 lebih karya dari masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan aliran musik yang beragam, yang dikelompokkan sesuai dengan daerah asalnya, yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Sembilan karya terbaik tahun lalu telah dijadikan album kompilasi untuk materi kampanye dan sosialisasi antikorupsi KPK. Lagu-lagu yang ikut serta di Festival Lagu SAKSI 2016 bisa didengarkan melalui radio KanalKPK di kanal.kpk.go.id.(rmol)

 

YOGYAKARTA, RadarPena.com - Band rock legendaris God Bless tengah menyiapkan album baru yang akan memuat lagu dengan tema-tema kritik sosial."Kayaknya akan kita rilis tahun depan, sekarang sedang kita persiapkan," kata Vokalis Band God Bless, Ahmad Albar di Yogyakarta, Sabtu (5/8).

Menurut Ahmad Albar, tema-tema kritik sosial sejatinya selalu muncul di setiap album dari band yang lahir pada era 1970-an ini. Tema itu juga dimunculkan dalam Album "Cermin 7" yang belum lama diluncurkan. "Yang jelas tema itu selalu kita munculkan selain tema cinta dan lingkungan," imbuhnya. Bagi Ahmad, mempersembahkan lagu dengan tema kritik sosial masih relevan di tengah kondisi Bangsa Indonesia saat ini. Persoalan politik yang tidak jarang menyulut perpecahan masyarakat dinilainya perlu didinginkan melalui media lagu.

"Tema kritik sosial masih penting dimunculkan, karena sekarang sesama saudara sendiri bahkan bisa renggang gara-gara politik," paparnya. Seperti yang tersirat dalam lagu andalan God Bless berjudul "Rumah Kita", menurut dia, seluruh anak bangsa yang mengakui Indonesia sebagai rumah tempat tinggalnya, seharusnya bisa saling menjaga antarsesama penghuni yang tidak lain adalah saudaranya. "Rumah kita ini ya Indonesia. Bukan sekadar rumah biasa," jelasnya. 

Penyanyi yang kini sudah berusia 70 tahun itu mengaku masih memiliki semangat yang kuat untuk terus membangkitkan musik rock. Usia, menurut dia, tidak akan menjadi kendala untuk terus berkarya. "Selama saya masih bisa dan punya tenaga saya akan tetap bermusik," pungkasnya.(rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Kabar tentang Ayu Ting Ting seolah tak ada habisnya. Baru meluncurkan lagu terbarunya, Ayu sudah diterpa isu tak sedap.

Lagu berjudul Kamu Kamu Kamu dinilai menjiplak lagu india.

Lalu apa tanggapan Ayu?

Janda satu anak ini mengaku tidak tahu lagu india mana yang dimaksud.

"Hah lagu yang mana?," tanya Ayu balik.

Meski dikabarkan menjiplak lagu india, pelantun lagu Sambalado ini tak mau ambil pusing.

"Terserah deh orang mau ngomong apa, saya nggak mikirin," ucap wanita yang dikabarkan punya hubungan dengan Raffi Ahmad ini.(jpnn)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Saat pemutaran film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1, Presiden Jokowi menyempatkan diri menontonnya di Bogor. Karena pada penayangan Warkop DKI Reborn part 2, sang pemain berharap Jokowi kembali menonton.

"Waktu tahun lalu, waktu Warkop DKI Reborn yang pertama, Pak Jokowi nonton sendiri sama keluarganya di Bogor," kata salah satu pemain Warkop DKI Reborn, Vino G. Bastian di Festival Kalimalang, Jakarta, Kamis (17/8).

Pada 31 Agustus 2017, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 akan tayang di bioskop. Vino berharap, Jokowi dan keluarga menonton lagi film produksi Falcon Pictures tersebut.

"Mudah-mudahan part kedua ini nonton lagi. Apalagi kalau ngajak kami (nonton bareng), kami tambah senang," ucap Vino.

Jokowi menonton Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 di Lippo Plaza, Bogor pada September tahun lalu. Dia nonton pada pukul 19.00 WIB.

Jokowi menonton dengan tiket reguler. Dia berbaur dengan penonton lainnya dan tanpa pengawalan ketat. Kedatangan Jokowi diketahui dari unggahan netizen di media sosial.(jpnn)

LOS ANGELES, RadarPena.com - Aktor Tom Cruise mengalami kecelakaan. Pergelangan kakinya patah saat syuting adegan berbahaya di lokasi syuting "Mission: Impossible 6". Akibatnya produksi film baru bisa dilanjutkan setelah sang aktor pulih. 

Paramount Pictures dalam sebuah pernyataan, menyatakan film laga itu akan tetap ditayangkan pada 27 Juli 2018. Cruise (55) yang dikenal sebagai aktor yang melakukan aksi berbahaya tanpa pemeran pengganti, terlihat mencoba melompat di antara dua bangunan bertingkat tinggi namun mendarat dengan keras di dinding saat syuting di London pada akhir pekan lalu. Dia kemudian terlihat berjalan terpincang-pincang di lokasi syuting.

"Selama produksi film Mission Impossible terbaru, Tom Cruise mematahkan pergelangan kakinya saat melakukan adegan berbahaya. Produksi akan ditunda sampai Tom benar-benar pulih. Tom ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan Anda dan tidak sabar untuk menayangkan film ini kepada semua orang pada musim panas mendatang," ujar Paramount Pictures dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/8). Paramount tidak mengatakan berapa lama produksi akan tertunda. Variety mengatakan pembuatan film bisa dihentikanmulai dari enam minggu sampai tiga bulan saat Cruise sembuh. Variety mengatakan pinggul sang aktor tersebut juga terluka.(rmol)

JAKARTA, RadarPena.com - Bintang utama Mission: Impossible 6, Tom Cruise mengalami kecelakaan di London, Inggris, Minggu (13/8). Pemeran Ethan Hunt itu mengalami patah tulang engkel, dua ruas sekaligus.

Pemulihannya membutuhkan hitungan bulan dan mungkin menunda proses produksi sekitar empat bulan.

’’Tom sedikit terpukul. Tapi, dia memasang wajah tegar dan tidak menunjukkan kekecewaan atau kesakitan setelah kecelakaan tersebut,’’ ungkap salah seorang sumber kepada Hollywood Life. ’’Dia kini kembali ke AS untuk dirawat,’’ lanjutnya.

Cruise mengalami kecelakaan ketika melakukan adegan meloncat dari atap gedung satu ke gedung lain.

Dari video yang diperoleh TMZ, tampak Cruise yang diikat kabel pengaman mencoba melompat dari atap gedung. Namun, bintang 55 tahun itu salah perhitungan. Bukannya mencapai atap gedung sebelahnya, dia malah menabrak.

Dia pun berupaya memanjat dinding gedung tersebut untuk mencapai atap. Cruise lalu berjalan terpincang-pincang ke arah tim keamanan, bertumpu ke kaki kanannya saja. Dia pun ditarik kembali ke titik awal untuk dievakuasi.

’’Sayang sekali, padahal Tom sangat senang melakukan sebagian besar adegan sendiri. Termasuk stunt berbahaya,’’ kata salah seorang anggota produksi. Ada indikasi, Paramount Pictures mengundur jadwal tayang dari musim panas 2018 ke liburan Natal. (jpnn)

 JAKARTA, Radarpena.com - Demi meningkatkan kualitas film nasional, Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia menyelenggaraan Apresiasi Film Indonesia 2017. Sebagai permulaan event, Pusbang Film mengadakan bermacam lomba seperti Lomba Penulisan Kritik Film, Lomba Penulisan Features, dan Lomba Penulisan Artikel Opini Perfilman.

"Jadi kami ingin mengajak semua lapisan masyarakat untuk memberi pandangan soal film-film Indonesia," kata Kabid Apresiasi dan Tenaga Perfilman M Sanggupri kepada JawaPos.com, Jumat (11/8).

Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia menilai, tulisan atau kritik yang dibuat oleh berbagai kalangan bisa memberikan masukan untuk film lokal ke depannya.

Sehingga mutu dan kualitas karya anak bangsa bisa terus meningkat. Otomatis industri perfilman bakal semakin solid.

Sejumlah syarat dan ketentuan diberlakukan untuk lomba penulisan yang jadi bagian dari Apresiasi Film Indonesia 2017. Lomba Penulisan Kritik Filmboleh diikuti oleh umum. Sementara Lomba Penulisan Features dikhususkan untuk wartawan. Dan Lomba Penulisan Artikel Opini Perfilman boleh diikuti seluruh peserta didik.

Aturan lainnya serta hadiah diumumkan lewat website resmi Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (ded/jpc)

JAKARTA, RadarPena.com - Viva Fantasia Animation memperkenalkan film animasi terbaru berjudul Knight Kris. Menariknya, film animasi ini merupakan produksi anak negeri yang mengangkat kisah dari cerita lokal dan budaya Indonesia.

Produser eksekutif Kurniawan Biantoro mengungkapkan bahwa ide awal pembuatan film ini adalah memberi tontonan yang segar bagi masyarakat, khususnya anak-anak. Ide itu berupa visi dan misi membuat sebuah cerita yang merujuk pada kebudayaan bangsa, seperti tokoh pewayangan, dan candi sebagai latar.

"Ini belum ada di Indonesia, karena biasanya tema yang diangkat oleh film-film anak-anak mengambil tema budaya, namun mengarah ke kota. Kalau film ini kami ambil tema yang Indonesia di zaman dulu," kata Kurniawan di Popcorn Asia 2017 di Jakarta Convention Center, Minggu (6/8).

Pihak Viva Fantasia Animation mengakui bahwa tidak mudah menyelesaikan proyek film Knight Kris. Bahkan tim kreatif telah merancang produksi itu sejak tiga tahun lalu. Hambatan yang ditemui antara lain modelling, karakter penokohan, hingga grafis komputer. Sehingga digunakan Computer Generated Imagery (CGI) yang membuat hasilnya sangat berkualitas.

Hambatan lain yang dirasakan Kurniawan yakni meproduksi film animasi berkualitas yang biaa menjawab keraguan penonton. Sebab, menurutnya, penonton selalu membandingkan film animasi Indonesia dengan animasi yang diproduksi Hollywood.

"Kami mempersilakan penonton membandingkannya, kualitas animasi Knight Kris sudah berkelas internasional," jelasnya.

Sementara itu, aktris Stella Cornelia dipastikan terlibat dalam film animasi Knight Kris ini. Mantan anggota JKT48 itu bertugas mengisi suara untuk karakter Rani.

Knight Kris bercerita mengenai kisah Bayu saat menemukan keris yang tertancap kuat di dalam sebuah candi kuno. Dia pun kemudian mendapat kesaktian menjadi seorang ksatria super. Dan yang lebih penting, keris itu ternyata juga punya kekuatan untuk mengurung raksasa kejam bernama Asura.

Perjuangan karakter Bayu harus menghadapi Asura dan para Prajurit Bayang. Di sana dia juga ditemani Rani yang merupakan sepupunya dan kera tua bernama Empu Tandra. Film Knight Kris direncanakan mulai tayang pada November 2017 mendatang.

 

(ded/JPC/JPG)

JAKARTA, RadarPena.com - The Doll 2 mendapatkan respon positif cukup tinggi dari pecinta film tanah air. Buktinya, hingga hari ke-13 penayangannya, film horor itu hampir tembus 1 juta penonton, tepatnya yakni 932.374.

Atas capaian tersebut Luna Maya sebagai salah satu pemain mengaku senang. Dia pun mengucapkan terima kasih atas apresiasi penonton tanah air. "Alhamdulillah thank you," tulis Luna Maya di akun Instagram, Rabu (2/8).

Hal serupa juga disampaikan pemain lain yakni Sara Wijayanto. Istri Demian itu pun mengajak penonton yang belum menyaksikan film The Doll 2 untuk segera ke bioskop. "Thank u!! Yang belom nonton, Sabrina masih ada lho di bioskop! Ajak temennya ketemu Sabrina,” ungkap Sara.

Jumlah penonton film The Doll 2 itu kemungkinan akan terus bertambah. Pasalnya film produksi Hitmaker Studios itu masih beredar di bioskop. Film The Doll 2 merupakan garapan sutradara Rocky Soraya.

Film horor ini mengisahkan cerita menegangkan yang dialami pasangan suami istri yang dimainkan oleh Herjunot Ali dan Luna Maya. Setelah putri tercinta mereka meninggal dunia, banyak kejadian aneh yang menimpa keduanya.

 

(ded/JPC/JPG)

JAKARTA, RadarPena.com - Lebaran terasa kurang lengkap tanpa sajian aneka kue di meja makan. Resep membuat Chocolate Chip Cookies tanpa harus menggunakan oven berikut bisa menjadi pilihan untuk menambah kemeriahan hari raya Idul Fitri.

Bahan:

16 sdm tepung terigu

2 sdm tepung maizena

1 sdm susu bubuk

4 sdm cokelat bubuk

50 gr chocolate chip

100 gr gula halus

200 gr margarin

1 butir kuning telur

 

Cara:

1. Campurkan margarin dan telur ke dalam mangkuk besar. Aduk hingga rata.

2. Tambahkan gula halus ke dalam adonan. Aduk lagi hingga merata.

3. Di mangkuk terpisah, ayak tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan tepung maizena. Aduk rata. Tambahkan chocolate chip dan aduk kembali.

4. Masukkan adonan mentega ke adonan tepung lalu aduk rata hingga membentuk adonan kue.

5. Cetak adonan kue sesuai selera.

6. Panaskan panci pengukus tanpa air dengan suhu api kecil. Oleskan margarin di atas saringannya.

7. Masak adonan kue hingga matang di api kecil selama 20 menit.(rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Kue kaastengels adalah santapan wajib pada hari raya Idul Fitri. Kue yang terpengaruh dari kuliner Belanda ini bisa dibuat meski Anda tidak memiliki oven. 

Bahan:

200 gr tepung terigu

2 butir kuning telur

2 sdm susu bubuk

5 sdm margarin

2 sdm tepung maizena

1 butir kuning telur untuk olesan

80 gr keju cheddar parut

50 gr keju edam parut

2 sdm gula halus

 

Cara:

1. Campur margarin dan kuning telur ke dalam mangkuk ukuran besar hingga merata.

2. Tambahkan susu bubuk, gula halus, tepung terigu, keju cheddar parut, keju edam parut, dan tepung maizena. Aduk hingga membentuk adonan.

3. Giling adonan dengan menggunakan rolling pin atau botol kaca lalu bentuk adonan kaastengels sesuai selera.

4. Panaskan panci pengukus tanpa air yang sudah diberi saringan lalu oles saringan dengan margarin agar tidak lengket.

5. Oleskan kuning telur ke permukaan adonan yang sudah dicetak lalu taburkan sedikit keju parut di atasnya.

6. Letakkan adonan Kaastengels di atas saringan panci lalu masak kue selama kurang kebih 30 menit dengan api kecil.

7. Angkat lalu dinginkan sejenak. Kaasstengels siap disajikan.(rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Berbuka puasa dengan menu yang seimbang penting untuk mengembalikan tingkat energi dan membantu mempertahankan puasa Anda di hari berikutnya.

Anda harus mengonsumsi makanan yang tepat untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Berikut ini beberapa tips berbuka puasa seperti dilansir laman Al-Arabiya, Minggu (28/5).

1. Hidrasi sebelum makan

Minumlah banyak cairan seperti air, jus segar atau susu. Hal ini akan mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan penting bagi tubuh Anda.

2. Konsumsi kurma

Secara tradisional, kurma dimakan pada awal berbuka. Karena kurma adalah makanan yang mengandung gula alami bergizi, mereka membantu mendukung tubuh Anda dengan energi yang sangat dibutuhkan.

Jika Anda menderita sakit kepala pada saat puasa, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh gula darah Anda menjadi rendah. Mulailah berbuka dengan mengonsumsi dua kurma.

3. Konsumsi semangkuk sup

Sup adalah hidangan yang tak tergantikan di buka puasa. Menu ini kaya akan air dan membantu tubuh Anda terdehidrasi.

Konsumsilah sup miju-miju, sup tomat atau sup sayuran dan hindari sup krim.

4. Konsumsi sayuran

Sayuran kaya akan vitamin, mineral dan serat dan memberi begitu banyak nutrisi.

Semakin merah warna salad Anda, maka semakin banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya.

5. Pilih karbohidrat yang baik

Makanan untuk berbuka puasa harus mengandung sumber karbohidrat. Ini termasuk beras merah, pasta gandum utuh atau roti, kentang atau burghul.

Karbohidrat kompleks memberikan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan di samping serat dan mineral.

6. Memasukkan protein tanpa lemak

Saat berbuka puasa, Anda harus berusaha untuk mengonsumsi protein berkualitas tinggi yang sangat mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial.

Tubuh Anda menggunakan ini untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan dan unggas semuanya lengkap dengan protein berkualitas tinggi.

Pilih protein tanpa lemak untuk mendapatkan manfaat dengan sedikit lemak jenuh. Sertakan ikan, ayam tanpa kulit atau kalkun dan susu rendah lemak untuk dikonsumsi sebagai makanan pembuka Anda.

Jika Anda vegetarian, Anda bisa memilih sumber protein lain seperti kacang polong dan kacang-kacangan.

7. Jangan terburu-buru

Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan makanan Anda. Setelah berpuasa selama satu hari penuh, kelebihan beban pada makanan bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

Mengontrol ukuran porsi Anda adalah kunci untuk tetap sehat dan mencegah penambahan berat badan.

8. Hindari makanan tinggi lemak, garam, dan gula

Bila mungkin, jauhi makanan berat saat berbuka puasa yang mengandung lemak, garam dan gula tambahan yang tidak sehat.

Saat memasak, buat resep Ramadan favorit Anda lebih sehat dengan cara memanggang, mengukus, dan menghindari menggoreng makanan Anda. Tambahkan ramuan dan bumbu bukan garam untuk memberi rasa pada makanan Anda.

Akhirnya, ganti minuman manis dengan gula alami dalam buah-buahan, buah kering dan salad buah.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Kurma selalu menjadi primadona selama Bulan Ramadan. Bukan hanya rasanya yang manis, buah berwarna cokelat ini juga dapat memulihkan energi setelah seharian berpuasa. 

Makan kurma lebih baik saat berbuka puasa. Diawali dengan minum segelas air putih, kemudian memakan tiga buah kurma. Setelah itu, diikuti dengan makan camilan berupa kolak satu mangkuk sedang. 

Nutrisionis atau Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Triyani Kresnawan menjelaskan, makan kurma saat berbuka puasa bisa memulihkan energi. Setiap 100 gram kurma mengandung 248 kalori dan 74 gram karbohidrat, serta 1,8 gram protein, dan 696 miligram kalium. 

"Konsumsi pada saat buka puasa tergantung besar kecinya kurma, kurang lebih 15 gram kurma atau 3 buah kurma," katanya kepada JawaPos.com, Jumat (26/5). 

Kurma menjadi pelengkap yang sempurna selama berpuasa. Sedangkan untuk pilihan menu yang wajib dimakan, kata Tri, adalah hampir sama dengan hari-hari biasa. "Kalau menu sama saja prinsipnya dengan gizi seimbang. Kurma juga boleh dimakan saat sahur," jelasnya. 

Tri menyarankan, para penderita mag untuk berhati-hati saat memilih makanan berbuka. Apabila penyandang maagh atau nyeri lambung, diminta berbuka dengan menghindari makanan pedas seperti asinan, atau buah-buahan yang asam. 

"Untuk penderita mag hindari makanan pedas dan bumbu-bumbu yang merangsang seperti lada hitam yang berlebihan atau cuka dan cabai yang pedas," papar Tri.(jawapos)

JAYAPURA, RadarPena.com - Papeda bungkus, makanan khas Papua menjadi salah satu menu pilihan yang disiapkan dan disajikan untuk makan malam Presiden Jokowi dan ibu Iriana Widodo yang saat ini melakukan kunjungan kerja di Jayapura.

Pemilik hotel Aston Jayapura, Fredy Tour tempat Presiden Jokowi menginap mengatakan kepada Antara, Selasa (9/5), Presiden dan ibu negara yang akan menempati kamar presiden suite itu tidak memesan menu khusus untuk santap malam.

Selain menyiapkan papeda bungkus dan ikan gabus kuah kuning, juga disiapkan ayam goreng kampung serundeng, kangkung bunga pepaya, seafood kare, ikan bakar colo-colo, tumis baby kailan dan daging sapi kecap.

"Kami tidak menyediakan menu khusus karena tidak ada permintaan atau pemberitahuan dari staf kepresidenan," kata Fredy Tour yang mengaku baru kali ini menerima tamu seorang presiden.

Hotel Aston Jayapura memiliki 108 kamar yang terdiri dari deluxe, primare deluxe, superior, bisnis suite dan presiden suite. Khusus untuk president suite memiliki pemandangan menghadap kota Jayapura dan Teluk Youtefa.(rmol)

 

MADRID, RadarPena.com - Penampilan stan Indonesia di Pameran Internasional Salon de Gourmet ke-31 di Spanyol 24-29 April 2017 berbuah manis. Saat pameran, telah memberikan daya tarik tersendiri melalui penyajian berbagai menu kuliner Indonesia seperti nasi kuning, ayam goreng kremes, rendang, mie dan bihun goreng serta sate ayam bumbu kacang goreng oleh Chef APJI.

Para pengunjung yang mencicipi sajian tersebut menyatakan kekagumannya atas nikmat rasa masakan Indonesia, sekaligus menyayangkan tidak adanya restoran Indonesia di Madrid.

Nah, dalam rangka merespons permintaan pasar tersebut, di sela-sela acara pameran tersebut, Kepala Bidang Luar Negeri APJI, Reny Feby telah melakukan pertemuan dengan Isadora Tan (Diaspora Indonesia di Madrid). Pertemuan untuk menjajaki peluang dalam membuka restoran Indonesia di Madrid.

Selain itu, APJI juga melaksanakan negosiasi dengan perusahaan Kunandia SL dalam rangka pembukaan restoran Indonesia di Las Palmas. Seperti diketahui, Las Palmas merupakan salah satu destinasi turis utama di Spanyol, di mana pada tahun 2016, tercatat sebagai daerah di Spanyol yang menerima kunjungan turis terbanyak.

Tak hanya kesempatan membuka restoran Indonesia di Spanyol, nilai transaksi pada pameran ini memberikan capaian yang sangat besar bagi perusahaan makanan kemasan dan minuman Indonesia yang bernilai USD 201.000.

Perusahaan-perusahaann Indonesia telah menampilkan produk makanan kemasan dan kopi serta produk maskan kuliner yang diharapkan dapat menembus pasar internasional khususnya Spanyol.

Partisipasi Indonesia diikuti oleh Atase Perdagangan KBRI Madrid, ITPC Barcelona dan 2 perusahaan asal Indonesia yakni PT. Tiga Pilar Sejahtera Foods, Javaro Coffee dan APJI (Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia) dengan menempati area 30 m2 pada Hall 8 Paviliun G37.

Pameran Gourmet yang pertama kali diikuti Indonesia ini merupakan platform yang efisien bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk memasuki gerbang baru bagi produk-produk kuliner Indonesia dan memperluas jalinan dan networking kontak bisnis dengan perusahaan-perusahaan dari Spanyol dan 30 negara.

Di antaranya Argentina, Belgia, Belanda, Hungaria, Italia, Inggris, Jepang, Jerman, Kolombia Latvia, Meksiko, Swedia, Serbia, Swiss, Perancis, Portugal, Peru, dan Kanada. Kanada telah menjadi negara guest of honor.

Salon Gourmet ke-31 yang memiliki 5 Hall telah menghadirkan 1.500 peserta pameran, 37.500 produk dan 1.200 produk baru dan menghadirkan 85.000 pengunjung dari berbagai dunia. Diperkirakan ekspetasi transaksi (ransaksi (direct and indirect) senilai € 200 Juta.

"Karenanya, tujuan ujuan utama keikutsertaan Indonesia adalah untuk menerobos pasar di bidang makanan dan minuman serta kuliner di wilayah Spanyol dan Eropa lainnya serta Medeterania, Amerika latin dan Afrika. Selain memperkenalkan produk makanan kemasan dan kuliner Indonesia yang siap menyaingi produk-produk Internasional lainnya, Indonesia juga memperkenalkan potensi industri makanan dan minuman Indonesia yang telah memenuhi standar internasional," tegas Dubes RI untuk Spanyol Yuli Mumpuni Widarso, Sabtu (6/5).

Dalam pernyataannya menyambut keikutsertan Indonesia yang dihadiri Ketua Umum APJI, Ibu Ayu Muliadi, Duta Besar Yuli Mumpuni Widarso mengapresiasi dan mendukung keikutsertaan Indonesia khususnya perusahaan-perusahaan Indonesia.

Mengingat pentingnya pameran yang berbobot internasional yang menawarkan banyak peluang dan potensi bagi pemasaran produk makanan dan minuman Indonesia serta mendorong produk-produk makanan dan minuman Indonesia masuk ke pasar-pasar Eropa sehingga dapat meningkatan produk ekspor Indonesia ke Spanyol.

Pameran yang diikuti oleh perusahaan produk makanan dan minuman dari berbagai negara telah diresmikan oleh H.E. Sra. Isabel Garcia Tejerina, Menteri Pertanian dan Perikanan Spanyol.

Pada pembukaan acara Menteri Isabel telah melakukan kunjungan ke stand-stand pada 4 paviliun dan menemukan makanan dan minuman yang lebih mencermikan sektor makanan Spanyol yang memiliki variasi, style dan kualitas internasional, seperti produk makanan olahan dan makanan kemasan, makanan laut, daging, produk unggas, produk susu, bahan tambahan makanan dan bahan-bahan peralatan roti, kembang gula, anggur, minuman keras, kopi teh dan lain-lain.

Menpar Arief Yahya dua tahun lalu pernah bertemu Menteri Isabel di Madrid. Salah satu yang dibicarakan adalah industri perhotelan, sekolah pariwisata dan heritage building. "Spanyol adalah negara dengan jumlah wisman besar di Eropa, kita perlu belajar dari mereka," kata Menpar Arief.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Jurus perjalanan wisata pengenalan (FamTrip) kembali dikeluarkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Kali ini, yang disasar potensi-potensi wisata MICE (Meeting, Incentife, Conference, Exbition) yang ada di Indonesia.

Empat penyedia bisnis (MICE) langsung diundang melakoni FamTrip ke Jogja-Bali, 2-6 Agustus 2017.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kemenpar I Gde Pitana mengatakan, famtrip ini dalam rangka memperkenalkan sekaligus mempromosikan Wonderful Indonesia ke beragam destinasi wisata prioritas Indonesia. Yang dibidik, mengejar target kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara 2017 khususnya dari pasar Asia Pasifik.

“Kegiatan Fam Trip dengan mengundang Biro perjalanan adalah salah satu bentuk promosi destinasi yang efektif. Selain dapat mengenal lebih jauh karakter destinasi, Biro Perjalanan bisa membuat paket wisata Indonesia ke negara asalnya. Ingat, seeing is believing!" ujar Pitana.

Kegiatan FamTrip kali ini, lanjut Pitana, dilaksanakan dengan membawa para wedding planner. Diharapkan dengan membawa para wedding planner ini agar para peserta dapat membuat paket-paket wisata terkait dengan wedding.

"Para peserta diarahkan mengunjungi destinasi-destinasi di Jogja Bali yang dapat dibuat sebagai paket wedding. Kami akan goda para wedding planner ini untuk merancang serta menjual paket wedding kepada para biro perjalanan dan membawa lebih banyak paket wisata terkait wedding. Para wedding planner yang dipilih adalah para wedding planner pilihan dan kredibel," papar Pitana.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik Vinsenius Jemadu mengharapkan para penyedia Bisnis (Biro perjalanan) India bisa menikmati keelokan panorama dan budaya tradisional Jogja dan Bali yang pada akhirnya terdorong untuk membuat dan menjual paket produk wisata terkait weeding kepada masyarakat di India.

"Nantinya saat berada di Jogjakarta, peserta Fam Trip akan diperkenalkan kepada destinasi wisata yang memiliki sejarah dan keindahan Candi terbesar dunia yaitu Borobudur dan Prambanan. Setelah itu, rombongan akan bergerak ke Bali selain menikmati keindahan Bali, juga untuk menikmati kuliner khas Bali di samping juga masakan khas India," ujar pria yang kerap disapa VJ tersebut.

Setting-an perjalannnya disiapkan serius. Arahnya, membuat semua biro perlanan wisata India puas. Semua akan diboyong ke desa wisata Leke Leke di Bedugul. Kawasan itu merupakan lokasi yang siap untuk disambangi wisatawan India dalam melakukan aktivitas Tubing.

"Nantinya para penyedia biro perjalanan India ini dapat menikmati keelokan panorama dan budaya tradisional Jogja dan Bali yang pada akhirnya terdorong untuk membuat dan menjual paket produk wisata baru ke India setelah mengikuti FamTrip ini," harap pria murah senyum ini.

Seperti diketahui, Kemenpar menargetkan kunjungan wisatawan India sebesar 546.000 pada 2017 ini bisa tercapai.

Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta kepada seluruh timnya untuk bisa memberikan pelayanan terbaik, penjelasan terbaik, pemilihan destinasi yang tepat dengan pasar, mengetahui karakter dan kebiasaan wisman dengan cermat.

"Berikan mereka keberhasilan sentuhan yang terasa di saat datang ke Indonesia. Biarkan mereka merasakan kehangatan dan keindahan Indonesia saat melaksanakan Fam Trip," kata Menpar Arief Yahya. (adv/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Sawahlunto International Songket Carnival 2017 atau biasa disebut SISCa 2017 sebentar lagi bakal digelar. Perhelatan berlevel internasional itu dimulai tanggal 25 hingga 27 Agustus 2017, di Sawahlunto, Sumatera Barat.

Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf menjelaskan, acara yang sudah digelar untuk ketiga kalinya ini penuh dengan rangkaian acara yang sangat menarik. ”Kami laksanakan lagi karena semangat kami menumbuhkembangkan rasa cinta dan bangga akan Songket Silungkang. Kami gelar sebagai pemicu semangat penenun untuk terus berkreativitas dengan tradisi turun temurun nenek moyang nagari Silungkang. Ini poin yang kami usung,” ujar Ali.

Lebih lanjut Ali mengatakan, perhelatan yang pernah menyabet rekor MURI untuk peserta dengan songket terbanyak pada tahun 2015 lalu ini sangat dinantikan oleh masyarakat lokal Sawahlunto maupun wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto dengan penuh antusias.

"Kali ini kami mengusung tema Heritage for Sustainability, event ini kami harapkan mendulang kesuksesan serta berdampak positif secara maksimal terhadap perekonomian masyarakat lokal Sawahlunto,” katanya. Acaranya ? banyak banget. Wisatawan nantinya akan disajikan puncak acara karnaval atau arak-arakan yang menampilkan kreativitas desain dengan bahan utama Songket Silungkang. Kata Ali, event yang termasuk sebagai 10 nominator Festival Pariwisata Terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017 ini diharapkan benar-benar dapat mengangkat nama Songket Silungkang di pentas nasional maupun Internasional.

Nanti ada Pameran Songket Internasional (25-27 Agustus 2017), Fashion Show Cilik (25 Agustus 2017), SISCa Night (26 Agustus 2017), Konferensi Songket Nusantara (26 Agustus 2017), Karnaval Songket Silungkang (27 Agustus 2017). ”Penuh warna dan penuh atraksi,” kata Ali bangga. Ali juga menginformasikan jika sobat wisata berminat mengikuti SISCa 2017 silahkan menghubungi tim yang akan menyambut para wisatawan yakni Nofriadi 081277864810, R. Ady Negoro 081372394801, Wulandary 085375018585 dan Suci R 081261050964.

Sekadar informasi, Songket Silungkang dibuat secara tradisional. Alat yang digunakan sebagian besar masih memanfaatkan tenaga manusia. Hal ini justru menjadi keunikan tersendiri, karena pengarjin bisa melakukan modifikasi beragam motif songket dan warna sesuai dengan keinginan pembeli (pasar).

Warna paling dominan yang digunakan adalah warna merah dan hitam. Sedangkan songket modifikasi saat ini sudah kaya akan warna, seperti warna hijau dan biru. Tak hanya warna, motifnya pun sudah banyak mengalami penyesuaian agar terlihat modis dengan model masa kini.

Songket merupakan produk tekstil yang telah dikenal sebagai warisan budaya. Songket dikenal bukan hanya karena keindahan kilau benang emas dalam berbagai motif yang unik saja, melainkan juga karena fungsi sosialnya sebagai alat kelengkapan kostum tradisional.

Salah satu jenis songket yang memiliki sejarah panjang adalah Songket Silungkang dari Sumatera Barat. Songket Silungkang dikenal sebagai sebuah produk peradaban bernilai tinggi yang diminati oleh banyak wisatawan dan telah menjadi salah satu sumber ekonomi yang menopang kehidupan masyarakat dan pariwisata Sawahlunto.

“Saya berharap Silungkang dapat terus menjadi inspirasi, tak hanya menjadi objek budaya, tetapi juga dapat menjadi sumber kreasi terutama bagi para desainer dan pelaku industri sehingga dapat memberikan kontribusi besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya festival ini, Pemanfaatan kekayaan budaya lokal, seperti songket, dalam industri akan mengangkat nama Indonesia karena keunikan dan keunggulannya. Selamat dan sukses untuk acara SISCa 2017,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya. (adv/jpnn)

UBUD, RadarPena.com - Pamor Pulau Bali memang tidak pernah redup di mata dunia. Tiap kabupaten di daerah yang berjuluk Pulau Dewata ini selalu menjadi pusat perhatian dunia. Yang terbaru, ada Ubud di Kabupaten Gianyar, Bali, yang dinobatkan sebagai salah satu dari 15 kota terbaik di dunia versi media traveling Travel+Leisure.

Dengan skor tinggi yakni 90,13, Ubud berhasil 'menyihir' wisatawan dunia dengan menempati posisi ke-9 kota terbaik di dunia dan menempati posisi ke-4 kota terbaik di Asia.

Penghargaan tersebut didapat dari penilaian pembaca Travel+Leisure lewat penghargaan rutin tahunan Worlds Best oleh Travel+Leisure.

Pembaca Travel+Leisure yang pernah berwisata ke Ubud mengaku seni interior khas Bali sangat menawan di tiap sudut Ubud. Selain itu, keramahtamahan penduduk selalu menjadi kenangan manis para wisatawan yang pernah datang.

"Saya suka segalanya dari Ubut. Ubud memesona bagi siapa pun yang suka seni dan ketenangan, daripada pantai dan pesta," tulis salah satu pembaca Travel+Leisure.

Sawah Tegalalang, Jatiluwih dan resort-resort keren yang sukses menyihir pembaca Travel+Leisure. Ubud juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang mempesona. Dari mulai Monkey Forest yang pernah dijadikan lokasi syuting Eat, Pray, Love Julia Roberts.

Bukit Campuhan, Nyuh Kuning Village, Tegalalang, Puri Ubud, Pura Sarawati hingga arum jeram di Sungai Apung, semua ada di Ubud. Bagi Anda yang menyukai olah raga Yoga, Ubud bisa menjadi salah satu tempat favorit.

Sejumlah pesona tadi akhirnya sukses menempatkan Ubud di peringkat ke-9 mengalahkan Roma di Italia dengan posisi 12 dan Barcelona, Spanyol di posisi 15. "Daftar kota terbaik di dunia mencerminkan pembaca kami yang tertarik dengan Asia, ada tujuh dari 15 destinasi urban di kawasan Asia," tulis situs Travel+Leisure.

Tak hanya itu, dalam ajang penghargaan yang sama, Ubud juga berada di posisi keempat untuk kategori kota terbaik di kawasan Asia. "Aku begitu dimanjakan dengan kebaikan dan orang bijaksana yang aku temui ke mana pun aku pergi di Ubud," tulis pembaca Travel+Leisure lain.

Beberapa waktu lalu, Mantan Presiden AS Barack Obama beserta keluarga mengunjungi Pulau Bali. Presiden ke-44 Amerika Serikat itu juga banyak menghabiskan waktu di daerah Ubud.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut award ini sangat kredibel, karena dipilih oleh media yang punya pamor di dunia untuk travellers.

Award juga juga memberi rasa percaya diri bahwa Bali memang hebat, di mata orang lain yang menilai. Apa lagi karena lembaga dunia, tentu sudah menggunakan global standar dalam menjuri.

Bali sendiri, jika dikalibrasi dengan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) World Economic Forum, dengan 14 pilar itu, memberi kontribusi yang besar dalam mengangkat daya saing pariwisata Indonesia. “Bali paling lengkap 3A nya, Atraksi, Akses, Amenita. Tapi ke depan akan terus diperkuat,” ujar Arief.

Menteri asal Banyuwangi itu mengatakan, Ubud tak hanya memiliki produk yang bagus. Daerah yang mendapat julukan sebagai Spirit of Bali ini juga memiliki banyak hal yang bisa dijual dan unggul, baik alam maupun budayanya.

Tri Hita Karana, misalnya, menjadi filosofi yang dipegang teguh oleh Ubud. Filosofi ini memberi ajaran untuk berbuat baik dengan sesama, Tuhan, dan alam.

Arief meyakini dengan filosofi yang kuat ini, produk dan proses yang dihasilkan akan menjadi lebih bagus dan lebih abadi. “Karena sudah ada nilai-nilai spiritual di dalam produk dan layanan seni, budaya, dan pariwisata yang ada di sini,” kata Menpar Arief.(adv/jpnn)

 

 

Berikut adalah daftar 15 Kota Terbaik di Dunia versi Travel+Leisure:

1. San Miguel de Allende, Meksiko

2. Charleston, AS

3. Chiang Mai, Thailand

4. Kyoto, Jepang

5. Florence, Italia

6. Oaxaca, Meksiko

7. Hoi An, Vietnam

8. Cape Town, Afrika Selatan

9. Ubud, Indonesia

10. Luang Prabang, Laos

11. Santa Fe, AS

12. Roma, Italia

13. Siem Reap, Kamboja

14. Udaipur, India

15. Barcelona, Spanyol

 

Daftar 10 Kota Terbaik di Kawasan Asia versi Travel+Leisure adalah sebagai berikut:

1. Chiang Mai, Thailand

2. Kyoto, Jepang

3. Hoi An, Vietnam

4. Ubud, Indonesia

5. Luang Prabang, Laos

6. Siem Reap, Kamboja

7. Udaipur, India

8. Bangkok, Thailand

9. Tokyo, Jepang

10. Thimphu, Bhutan

CENGKARENG, RadarPena.com - Semangat Indonesia Incorporated yang dicetuskan Kementrian Pariwisata di bawah komando Arief Yahya terus mengalir. Bahkan makin deras ke semua lini, semua sektor, semua bidang. Maju bersama dengan cara bersama-sama.

Kali ini, ada Garuda Indonesia dan BNI, dua BUMN yang berkolaborasi. Dua perusahaan plat merah itu bersinergi meng-create program “Ayo Liburan” yang merupakan program kolaborasi dan sinergi antara dua BUMN dalam upaya mendukung pariwisata nasional.

Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung mengapresiasi inisiatif dua BUMN besar tersebut. Program paket perjalanan wisata “AyoLiburan” diyakini dapat berkontribusi pada pencapaian target 20 juta wisatawan mancanegara dan 275 wisatawan nusantara pada 2019 mendatang.

“Program #AyoLiburan ini merupakan salah satu langkah nyata, inovasi dan kreatif dalam membuat paket-paket perjalanan wisata yang menarik, serta menjadi trigger bagi traveler untuk tidak melewatkan penawaran menarik tersebut,” ujar Menteri Arief yang meresmikan peluncuran program paket perjalanan wisata “#AyoLiburan” bersama Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury dan Direktur Utama BNI Achmad Baiquni di area hangar Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia, Cengkareng, Minggu (23/7).

Menteri asal Banyuwangi itu juga menyebut program Ini menunjukkan komitmen CEO-nya sangat tinggi. Garuda Indonesia terus menerapkan rumus 3C dengan benar, yakni calibration, confidence, dan credibility dalam menjaga reputasi dunia.

“Sebagai National Flag Carrier, Garuda Indonesia harus terus berinovasi memperluas jaringan dan menjadi jembatan Nusantara dari berbagai penjuru dunia. Kita harus mengkalibrasi atau mengukur apakah yang kita lakukan untuk kemajuan pariwisata Indonesia. Garuda sudah on the track sesuai dengan standar dunia,” kata Arief Yahya.

Program “#AyoLiburan” merupakan program paket perjalanan wisata hasil kerjasama antara Garuda Indonesia dengan BNI yang menawarkan paket perjalanan wisata lima destinasi menarik di Indonesia di antaranya Belitung, Labuan Bajo, Malang, Padang dan Banyuwangi. Bagi yang berminat, paket ini bisa dinikmati di periode perjalanan bulan Agustus – November 2017.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury mengatakan, program “#AyoLiburan” ini akan semakin memudahkan para traveler untuk dapat mengeksplorasi berbagai destinasi pariwisata tanah air. Ini sekaligus membantu mendorong promosi pariwisata nusantara dan Pesona Indonesia dan Wondeful Indonesia.

“Para traveler kini akan semakin dimudahkan dengan adanya paket perjalanan wisata ini. Cukup akses program #AyoLiburan pada aplikasi GA mobile atau website www.garuda-indonesia.com pada gadget masing-masing, kemudian pilih 5 destinasi menarik, tentukan tanggalnya, lalu lakukan pembayaran dengan harga yang kompetitif. Sangat mudah dan simple”, jelas Pahala.

Selain tiket penerbangan, harga yang ditawarkan bagi para traveler juga telah mencakup biaya untuk akomodasi (hotel), paket tour (land arrangement), biaya masuk ke berbagai obyek wisata, land transport hingga paket kuliner yang khas pada lima destinasi tersebut.

Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni mengungkapkan, dalam rangka Revamping Kartu Kredit BNI Style Titanium, BNI berkolaborasi dengan Garuda Indonesia pada program “#AyoLiburan” sebagai salah satu daya tarik untuk segmen anak muda yang gemar travelling.

"Program ini sekaligus menjadi bentuk dukungan BNI terhadap pengembangan pariwisata Indonesia yaitu dengan meningkatkan akses ke destinasi-destinasi wisata unggulan tanah air, sekaligus menambah mudah akses ke destinasi wisata tersebut melalui tiket-tiket perjalanan yang lebih terjangkau harganya," ujar Achmad Baiquni.

Untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi para traveler, pada program paket perjalanan wisata #AyoLiburan ini para traveler juga akan ditemani beberapa Travel Influencer. Di kota Malang para traveler akan ditemani Ana Octarina, anggey Anggraini. Untuk kota Belitung, ada Marischka Prudence Labuan Bajo, Febrian. Sementara Banyuwangi, dan Goenrock di Padang.(adv/jpnn)

DIENG, RadarPena.com - Ada empat kelemahan yang masih menjadi kendala bagi kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Yakni lama tinggal wisatawan di obyek wisata masih relatif singkat dan atraksi wisata belum tergarap dengan baik.

Selain itu, aksesibilitas belum memenuhi syarat sebagai destinasi pariwisata nasional, dan amenitas atau sarana penunjang pariwisata yang masih sangat terbatas.

Hal itu menjadi bahan masukan bagi Tim Kunspek Komisi X DPR Ri saat berkunjung ke Kawasan Wisata Dieng, dalam rangka meninjau perkembangan penataan kawasan wisata tersebut.

Menanggapi persoalan tersebut, anggota Komisi X DPR RI Laila Istiana mengatakan bahwa Dieng telah menjadi salah satu obyek wisata sejak delapan tahun yang lalu. Namun, kehadiran uluran tangan pemerintah masih belum dirasakan.

"Ada permintaan dari Pemerintah Kabupaten Kota Banjarnegara dan Wonosobo untuk dibuatkan jalan baru selain yang sudah ada, ini bertujuan agar akses wisman maupun wisnus ke lokasi wisata ini menjadi lebih lancar. Karena saat digelar acara Dieng Culture Festival, telah terjadi kemacetan yang sangat panjang," ungkap Laila di Dieng, Jateng.

Laila mengatakan, jalan yang ada sekarang terlalu kecil. Karenanya harus ada terobosan agar masalah tersebut bisa segera diatasi sebagai tindak lanjutnya.

"Kemacetan panjang yang terjadi itu kalau tidak segera dicarikan solusinya, maka akan menjadi hal yang tidak menunjang pariwisata di sini. Wisman dan wisnus akan merasa kapok untuk datang kembali," ucap politikus F-PAN itu.

"Perlu ada uluran tangan dari pemerintah dengan segera, agar ada solusi mengenai akses jalan menuju Kawasan wisata Dieng. Selain itu, harus ada komunikasi untuk membangun sinergi di antara Kementerian terkait," tambahnya. (adv/jpnn)

 

 

DIENG, RadarPena.com - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mengatakan perlu ada sinergitas antara Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian PUPERA terkait pengembangan destinasi wisata di Kawasan Dàtaran Tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara.

Mengingat akses jalan yang ada saat ini masih belum memenuhi syarat sebagai destinasi pariwisata nasional. "Jumlah wisman dan wisnus yang datang ke sini akan jauh dari target yang ingin dicapai, kalau aksesibilitasnya masih seperti ini. Sehingga perlu didesak mengenai pengerjaan pembangunan jalan Tol Jakarta - Semarang, selain itu harus juga difasilitasi akses jalan dari Tol menuju kawasan wisata strategis nasional," ucap Fikri, saat meninjau Komplek Candi Arjuna di Dieng, Jawa Tengah, Sabtu (22/7).

Menurutnya, semua problematika yang dihadapi tersebut tidak akan menjadi suatu masalah, kalau semua pihak, dalam hal ini kementerian-kementerian terkait bisa duduk bersama.

"Kalau ternyata memang kita banyak kendala, maka bisa juga melibatkan pihak swasta, namun dengan catatan jangan sampai menimbulkan penilaian miring seperti yang pernah ada sebelumnya, yakni hal itu hanya akan membesarkan swasta, dan masyarakatnya ditinggalkan tanpa mendapat manfaat apapun," tandasnya.

Fikri juga mengatakan, kalau bidang pariwisata ingin dijadikan andalan penerimaan devisa negara, maka pemerintah harus bisa memenuhi unsur aksesibilitas, amenitas atau sarana penunjang, dan atraksi.

Sementara untuk kawasan wisata Candi Borobudur yang juga dikunjunginya, Fikri menilai sudah ada perkembangannya, meskipun masih ada tuntutan dari Badan Pengelola kawasan candi tersebut.

"Ke depan, peran masyarakat akan lebih diberdayakan. Misalnya untuk mengelola home stay dan sebagainya. Jangan sampai ada lagi pandangan negatif yang mengatakan bahwa ada candi yang dijuluki sebagai salah satu keajaiban dunia, tetapi masyarakatnya hanya menjadi tukang parkir dan tukang asongan," pungkasnya. (adv/jpnn)

Advertisement
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.