Top Stories

JAKARTA, RadarPena.com - Ini Lebaran kesepuluh Yuni Shara tanpa pasangan. Melihat kesendirian Yuni, sempat membuat sang bunda bersedih. Dan, menyelipkan permintaan agar Yuni segera menikah.
"Mama sampai nangis, sedih karena lihat putrinya belum menikah. Saya sudah 10 tahun janda, makanya saat sungkem ke mama di lebaran pertama, mama minta saya cepat menikah," ungkap Yuni dalam infotainment, Rabu (28/6).
Yuni mengakui, sejak bercerai dengan ‎Henry Siahaan 10 tahun lalu, beberapa pria sempat mengisi hatinya. Namun, semuanya gagal berakhir di pelaminan.
"Anak-anak sampai bilang, bunda gak usah menikah lagi, daripada disakiti terus. Biar nanti Cavin dan Cello yang urusin bunda," ujarnya.
Saking sayangnya Yuni kepada kedua putranya, dia pun mengiyakan permintaan tersebut. "Anak-anak segalanya bagi saya. Apalagi mereka sudah besar, sudah jadi tempat saya curhat dan diajak tukar pikiran," tandasnya. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com -  ‎Entah kenapa, kedua putra Yuni Shara enggan ibunya dekat dengan Raffi Ahmad.‎ Perlakuan ini berbeda dengan mantan-mantan Yuni lainnya, seperti Henry Siahaan dan Chico Hakim.

"Saya gak ngerti, anak-anak pasti menolak kalau saya dapat tawaran kerja ada Raffi. Mereka bilang, gak usah diambil, yang lain saja," ujar Yuni mengutip anak-anaknya dalam infotainment, Rabu (28/6).

Penyanyi tembang lawas ini pun mengklarifikasi banyaknya anggapan bila dirinya sangat membenci Raffi. Sebab, faktanya Yuni berusaha santai terhadap semua mantan-mantannya.

"Saya orangnya santai. Kalau saya tidak pernah sepanggung atau seacara dengan Raffi, itu karena permintaan anak-anak. Saya suka diskusikan dengan mereka bila ada tawaran job. Kalau mereka setuju, saya ambil. Saya gak ngerti anak-anak gak suka bila saya jumpa Raffi lagi," tuturnya. (esy/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com -  Lebaran tahun ini terasa berbeda bagi keluarga besar mendiang Julia Perez. Biasanya saat Lebaran Idulfitri, Jupe yang paling heboh menyiapkan segala kebutuhan, termasuk bagi-bagi angpao.

Sekarang tidak ada lagi sosok Jupe yang baik hati. Walaupun Sri Wulansih tetap menyiapkan hidangan Lebaran, tapi suasananya tetap berbeda.

"Memang beda banget. Kalau Lebaran, saya yang masak Jupe bagian menatanya di meja makan. Sedih kalau ingat Yuli," kata Sri, ibunda Jupe dalam infotainment, Rabu (28/6).

Untuk mengingat Jupe, Sri mengaku sering mengenakan pakaian putrinya itu. Demikian juga dua adik Jupe, Nia dan Della.

"Kalau pakai barang-barang Kak Jupe, sepertinya kakak ada dekat-dekat saya," ujar Della.

Mengenai status barang-barang peninggalan Jupe, menurut Della akan diputuskan keluarga setelah acara 40 hari. Apakah barang-barangnya akan dilelang, disimpan atau dibagikan.

"Masih belum tahu mau diapain. Yang jelas tidak semua barang akan dilelang, kami lebih senang merawatnya dan menjadi kenangan bagi keluarga," ucapnya. (esy/jpnn)

 

BALI, RadarPena.com - Demi menyenangkan keluarganya, Anang Hermansyah memboyong keluarganya berlibur ke Bali. Bahkan untuk memberikan rasa nyaman, Anang sengaja menyewa satu bus pariwisata eksekutif.

 

Anang tidak hanya mengajak anak istrinya tapi juga para asisten rumah tangganya. Dengan menyewa bus, perjalanan dari Jember ke Bali pun tidak terasa. Arsy dan Arsya, anak Anang dari pernikahannya dengan‎ Ashanty, malah bisa tidur serta main leluasa di dalam bus.

 

‎Begitu sampai di Bali, Arsy langsung main pasir di pantai. Bocah imut dan lucu ini tampak sangat menikmati. Sementara Ashanty tidak pernah melewatkan tingkah lucu Arsy dengan mengunggah foto maupun videonya.

 

Menurut Ashanty, usai liburan di Bali, mereka akan bertolak ke Australia pada 29 Juni. "Insyaallah besok kami ke Australia. Kebetulan Mas Anang masih libur juga, jadi bisa lama-lama di sana," ujar Ashanty dalam infotainment, Rabu (28/6).

 

Ashanty menyebutkan, tiket ke Australia untuk tujuh orang itu sudah dipesan sejak tahun lalu. Tadinya bersama ibunya, tapi karena ‎sang bunda sudah meninggal, rencana itu pun batal. (esy/jpnn)

 


 

 

JAKARTA, RadarPena.com - Kesibukan Raffi Ahmad hingga tidak punya waktu bagi keluarga kecilnya, bakal dia tebus ‎dengan mengajak anak istrinya liburan ke Eropa. Keluarga kecil ini bertolak ke Belanda tadi malam.

 

Menurut Raffi, ada tiga negara yang akan dikunjunginya yaitu Belanda, Prancis, dan Inggris. Dalam liburan ini, Raffi hanya mengajak Nagita Slavina dan Rafathar‎ serta asistennya. Sedangkan orang tua Raffi maupun ortu Gigi tidak tampak dalam rombongan.

 

"‎Mama Amy dan Mama Rita gak ikut. Saya cuma ajak Gigi dan Rafathar juga asisten. Ini liburan untuk menebus waktu liburan yang tidak bisa saya kasih ke anak dan istri karena padatnya shooting," kata Raffi dalam infotainment, Rabu (28/6).

 

Dia menambahkan, mereka akan berlibur dua pekan di Eropa. Dengan liburan bersama, Raffi berharap makin memperat ikatan batin keluarga kecilnya. "Pengin membahayakan anak dan istri. Kasihan saya tinggal terus," ujarnya. (esy/jpnn)

 


 

BANDUNG, RadarPena.com - Nycta Gina rupanya tak pernah merasakan pulang kampung seumur hidupnya.
Maklum wanita 32 tahun ini asli tinggal di Jakarta, sehingga setiap momen Lebaran dirinya tak pernah merasakan mudik Lebaran.
"Aku lahir di Jakarta, tinggal di Jakarta, orang tua di Jakarta dan saudara-saudara juga kebanyakan semua di Jakarta, jadi saya nggak punya kampung, nggak pernah mudik juga," ungkap Gina.
Beruntung, kini ibu satu anak ini bisa merasakan memiliki kampung lantaran suaminya Rizky Kinos berasal dari Bandung, Jawa Barat.
"Orang tua Kinos kan di Bandung, jadi nanti ke sana pas Lebaran," tuturnya.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Band rock, Slank memang 'ngga ada matinya'. Selalu ada karya terbaru yang dipersembahkan untuk pencinta musik, khususnya Slankers (sebutan fans)
Terbaru, grup yang diisi Bimbim, Kaka, Ridho, Abdee, dan Ivanka itu akhirnya melepas video klip untuk lagu berjudul Terlalu Pahit.
"Yeah selamat menyaksikan video klip Terlalu Pahit. Single kedua dari album Palalopeyank," tulis Slank di akun Instagram resmi.
Video klip Terlalu Pahit ditampilkan dengan kemasan klasik. Semua bagian video disajikan dengan warna hitam putih. Di sana tampak seorang model perempuan dengan personel Slank yang tengah beraksi.
Lagu Terlalu Pahit merupakan materi dalam album Palalopeyank. Tembang ini punya cerita menarik karena sebelumnya Slank sudah memiliki hits berjudul Terlalu Manis. Bimbim mengatakan bahwa lagu itu tercipta dari ide Ridho sebagai gitaris.
"Kalau Terlalu Manis bercerita tentang cinta enggak harus memiliki, tapi kenangannya itu yang Terlalu Pahit," kata Bimbim di Potlot, Jakarta Selatan pada Febuari 2017 lalu.
Dalam lagu itu, Slank tidak tampil sendiri. Band yang dikomandoi oleh Bunda Iffet itu juga mengajak solois, Wizzy untuk mengisi salah satu bagian lagu Terlalu Pahit.
"Kami butuh ending lagu suara perempuan. Makanya minta dia nyanyi diujung tapi mengejutkan," ucap Bimbim.

SAMBAS, RadarPena.com - Crossborder lagi, crossborder lagi. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) konsisten menghidupkan destinasi crossborder yang berada di perbatasan dengan negara tetangga. Lembaga di bawah komando Menpar Arief Yahya ini bekerjasama dengan pemerintah daerah Kalimantan Barat akan menggelar perhelatan Festival Gemilang Wonderful Indonesia di Desa Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) pada 2 Juli 2017, mendatang.
Konser tersebut akan mensasar Wisatawan Mancanegara (Wisman) Malaysia dan akan dimulai pukul 09.00 WIB. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti didampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Buatan, Ni Putu G. Gayatri mengatakan, Kemenpar akan menghadirkan Band yang sudah tidak asing di percaturan musik Indonesia dan terkenal di negri tetangga, Malaysia dan Singapura yakni Wali Band.
"Festival kali ini mengangkat tema Festival Gemilang Wonderful Indonesia yang menjadi salah satu bentuk promosi bagi potensi pariwisata di kabupaten Sambas. Diharapkan konser ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan dunia pariwisata di Sambas," kata Esthy yang juga diamini Gayatri, di Jakarta, Kamis (22/6).
Tidak hanya konser musik, imbuh Esthy, Festival kali ini akan menampilkan beberapa booth Kerajinan Tangan Khas Daerah Sambas seperti Makanan, Pakaian, serta Souvenir buatan masyarakat setempat. Hal itu juga menjadi strategi agar masyarakat setempat bisa menikmati dampak ekonomi langsung dengan diadakannya festival ini.
“Pemerintah terus berupaya agar pariwisata Sambas dikenal banyak orang. Salah satu langkah promosi pariwisata yang dilakukan yakni dengan melaksanakan event bergengsi ini, serta memberikan dampak ekonomi langsung terhadap masyarakat, kami akan goda negara tetangga dengan Wisman," ucap Esthy.
Seirama dengan Esthy, Gayatri juga menyebutkan festival Gemilang Wonderful Indonesia ini sebagai upaya mencapai target kunjungan 15 juta wisman serta promosi Pesona Indonesia di tingkat internasional pada tahun 2017 dan dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisman Malaysia ke Indonesia.
“Potensi yang dimiliki Kabupaten Sambas, dapat dijadikan sebagai gateway atau pintu gerbang untuk mendatangkan Wisman asal Malaysia. Adapun yang menjadi rangkaian kegiatan berupa penyelenggaran seni dan budaya yang akan menampilkan artis nasional, pagelaran kesenian tradisional dan pameran produk kreatif Sambas,” ucapnya.
Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, crossborder tourism di Sambas, selain dimaksudkan untuk menggarap potensi wisata mancanegara di daerah tersebut, juga bertujuan menggeliatkan perekonomian masyarakat setempat.
"Potensi border tourism itu besar. Masyarakat di sana juga harus mendapatkan benefit dengan lebih banyak event, sehingga banyak orang berdatangan," ujar Menpar Arief Yahya.
Menurut Arief, crossborder tourism sesuai dengan fokus Presiden Joko Widodo yang ingin menggairahkan daerah perbatasan. Presiden Jokowi sejak awal menaruh perhatian serius kepada warga masyarakat Indonesia yang berada di pulau terluar, perbatasan dan daerah terpencil.
Saking seriusnya, Presiden ketujuh Indonesia itu tak ragu mengubah sebutan daerah perbatasan dari pulau terluar menjadi pulau terdepan. Karena itu, serangkaian border tourism digelar dari Atambua, Dili, Papua, Aruk, Entikong, sampai ke Batam-Bintan.
"Kami akan terus pelajari dan evaluasi, seberapa efektif untuk menggairahkan ekonomi masyarakat. Termasuk seberapa bagus menarik wisatawan dari negara tetangga," kata menteri asal Banyuwangi itu.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Label rekaman Musik Bagus kembali mempersembahkan karya terbaru. Kali ini yakni sebuah lagu anak berjudul Pelangiku yang dibawakan oleh penyanyi perempuan berusia 10 tahun bernama Adna.

Lagu ini dirilis tepat satu bulan sebelum Hari Anak Nasional yang diperingati pada 23 Juli 2017 mendatang.

"Adna bersama lagu pertamanya berjudul Pelangiku otomatis menambah katalog lagu baru anak Indonesia yang jumlahnya masih sangat terbatas," kata CEO Musik Bagus Aldo Sianturi seperti diberitakan JawaPos.com, Jumat (23/6).

Sejak kecil, pemilik nama lengkap Asila Adna Zahira Oekon ini sangat menyukai musik. Bakat tersebut lambat laun bergelora setelah Adna tampil aktif di beragam acara musik.

Kelenturan Adna dalam bernyanyi tanpa sengaja ditangkap oleh Ali Akbar Nadeem Sugiri dan Aldo Sianturi pada sebuah kesempatan singkat dan langsung dilanjutkan dengan proses rekaman.

Sebagai produser dan arranger, Ali Akbar Nadeem Sugiri lantas menghimpun beragam musisi melalui kolaborasi kreatif yang bertujuan untuk menguatkan pesan natural atas melodi dan lirik lagu.

Semua itu berbaur bersama karakter suara Adna untuk dapat dinikmati sebagai lagu sepanjang masa.

Lagu Pelangiku bertempo andante ini diciptakan oleh Ali Akbar Nadeem Sugiri dan Metta Legita sebagai alumni dari IMDI (Institut Musik Daya Indonesia).

Sementara syairnya ditulis oleh Talitha Fathya yang bercerita tentang kehadiran pelangi sebagai lukisan indah berpadu warna yang membentang luas sebagai penuntun harapan masa depan.

"Pertama kali mendengar lagu ini, aku langsung suka dan berusaha untuk berlatih terus menerus bersama biar bisa menyanyikannya dari dalam hati,” ujar Adna.

Dari segi musik, aransemen lagu Pelangiku dibuat sangat manis. Keputusan instrumentasi yang diorkestrasi oleh Ali mengundang pendengar merasakan emosi dari semua proses seni yang telah dirangkum.

Hadirnya isian instrumen harpa yang dimainkan oleh Lisa Gracia Supadi, instrumen violin oleh Ahmad dan Fitrah Ramadhan, instrumen viola oleh Angga Aditia, cello oleh Robby Subarja dan vokal latar dari Ayoe menjadikan lagu pertama Adna ini menjadi sangat hidup dan bermakna. 

Ali tidak bekerja sendiri demi lagu perdana Adna ini. Campur tangan Dody Isnaini (bassist Kahitna) sebagai vocal director juga menjadi pondasi utama bagi Adna dalam melafalkan notasi demi notasi yang menantang untuk anak seusianya.

Di luar proses rekaman, Ari Renaldi yang dikenal sebagai produser dari Tulus juga turut ambil bagian dalam urusan mixing dan mastering.

Ari kemudian mengkaplikasikan kepekaannya mengatur warna suara tiap instrumen sehingga terdengar balance dan terasa hangat. 

“Semoga lagu Pelangiku dapat menyegarkan dunia anak yang harus selalu dinamis dan menggeliat bahagia. Adna adalah masa depan kita semua yang sedang menggenggam tongkat estafet dunia musik Indonesia untuk etape selanjutnya," ucap Glenn Fredly sebagai pendiri Musik Bagus.

NEW YORK, RadarPena.com - Taipan rap Jay Z akan merilis album teranyarnya pada akhir bulan ini menurut layanan streaming musik Tidal pada Senin (19/6), mengonfirmasi rumor yang merebak selama berbulan-bulan bahwa penyanyi itu tengah mempersiapkan proyek terbaru.

Album itu, berjudul "4:44" akan tersedia secara eksklusif pada 30 Juni bagi pelanggan Tidal dan Sprint, raksasa telekomunikasi yang mengakuisisi sepertiga saham platform streaming musik tersebut tahun ini.

Cuplikan berdurasi 30 detik yang dirilis pada Minggu menampilkan lirik yang mengisyaratkan kemungkinan album baru penyanyi rap itu --yang kemudian dikonformasi sekitar tengah malam oleh Tidal dan Sprint.

"Jay Z adalah ikon global dan kemi memberikan pelanggan kesematan besar untuk berada di antara orang pertama yang emnikmati album barunya '4:44'," kata CEO Sprint Marcello Claure dalam sebuah pernyataan. Album tersebut akan menjadi album pertama Jay Z sejak "Magna Carta Holy Grail" pada 2013.(rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Terlalu lama vakum di panggung musik Tanah Air ternyata membuat Iyut Bing Slamet sempat tak percaya lagi untuk menyanyi.

Namun, karena dorongan sahabat, putri mendiang komedian Bing Slamet itu akhirnya berani merilis single religi berjudul Ku Bersyukur.

“Bagi saya pribadi single ini bisa jadi pijakan awal saya untuk dapat kembali berkarier di dunia entertain. Tentu harapan saya single ini dapat diterima,” tutur Iyut Bing Slamet saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Perempuan berdarah Cirebon, Jawa Barat itu mengaku pernah tertimpa masalah jadi alasannya sempat meninggalkan dunia entertainment.

“Sahabat saya, Dewi Lie-lah yang mendorong saya untuk mencoba eksis lagi. Terima kasih buat dia yang sudah men-support dan mengajak saya duet juga,” kata Iyut yang didampingi Dewi saat itu.

“Saya berharap Iyut memang dapat kembali lagi berkarier dan saya sangat support dia,"imbuh Dewi tersenyum.

Walau terkesan terlambat merilis single religi di penghujung Ramadan, mereka tetap optimistis mengenalkan pada masyarakat.

Sebab kata Dewi, target utama single itu dirilis tak hanya didengar saat bulan Ramadan saja.

"Bahkan usai lebaran saya akan melakukan promosi ke beberapa radio," jelas pemilik album My Journey (2014).

Lagunya sendiri lanjut Dewi, bertujuan untuk mengingatkan kembali untuk bersyukur pada Allah.

”Sekarang ini kebanyakan kita lupa dengan apa yang telah kita terima. Dengan single ini saya berusaha mengingatkan dan mengajak kita semua untuk selalu bersyukur dengan apa yang kita terima," tandasnya.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Superman Is Dead (SID) akhirnya mengumumkan rencana terbaru. Band punk rock asal Bali itu mengungkapkan bahwa mereka tengah mempersiapkan sebuah album baru tahun ini.

Grup ini terakhir melepas album pada 2013. "Kami lagi merencanakan album baru. Direkam di luar studio kami yang biasa," kata Eka Rock, bassist SID kepada JawaPos.com saat ditemui di backstage Jakarta Fair 2017, JIExpo Kemayoran.

"Udah lama juga kami ngga bikin album," sambung Bobby Bikul.

Grup yang diisi Bobby Bikul, Eka Rock, dan JRX itu telah memiliki sejumlah materi untuk direkam. Semua bakal digarap dalam waktu dekat. Sedangkan untuk konsep album, SID belum bisa memberi bocoran. "Materi dasar udah ada, tapi konsep secara umum belum," ujar drummer, JRX.

SID menargetkan full album keenam ini bisa dilepas akhir tahun ini. Namun semua tidak bisa dikerjakan secara buru-buru. Sebab, saat tampil di panggung Jakarta Fair 2017, JRX menyebutkan bahwa SID juga bakal disibukkan oleh rencana tur Eropa pada semester dua tahun ini.

"Rencana rilis album tahun ini, tapi kami juga mau tur ke luar negeri yang negaranya belum bisa disebut, pokoknya di benua Eropa. Semoga bisa awal tahun rilis album," ucap JRX.

Seperti diketahui, sejauh ini SID telah memiliki lima full album. Mulai dari album Kuta Rock City (2003), The Hangover Decade (2004), Black Market Love (2006), Angels and the Outsiders (2010), dan album Sunset Di Tanah Anarki.

SID terakhir meluncurkan album Sunset Di Tanah Anarki pada tahun 2013. Album tersebut berisi 17 lagu. Masih seperti album sebelumnya, SID tetap mengusung tema perlawanan terhadap penindasan, dan ketidakadilan di negeri ini. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - ’’Semua dimulai dari sebuah legenda’’. Begitu Anthony Hopkins membawakan narasi trailer terakhir Transformers: The Last Knight yang tayang awal bulan ini.

’’Selama ribuan tahun, mereka bersembunyi. Pada saatnya, mereka akan melindungi bumi dari apa yang akan menimpa,’’ lanjut pria yang membawakan tokoh baru bernama Sir Edmund Burton tersebut.

Kemudian, trailer berlanjut dengan adegan-adegan heroik khas Michael Bay (diiringi backsound musik bernuansa patriotis), pertarungan robot-robot raksasa yang menggetarkan bumi, perpecahan di tubuh Autobots (ketika Optimus Prime menghajar Bumblebee), hingga aksi Mark Wahlberg dan Josh Duhamel.

Penantian penggemar Transformers tanah air berakhir hari ini. Installment kelima franchise kebanggaan Michael Bay itu resmi ditayangkan, mendahului Amerika Utara yang baru mulai diputar pada Jumat (23/6).

’’Ini bakal lebih besar, lebih keren, dan lebih segalanya. Michael selalu ingin memberikan sesuatu yang lebih buat fans,’’ kata Wahlberg saat global premiere di London pada Minggu (18/6).

Well, jika dilihat dari trailer, film yang dibuat dengan bujet USD 260 juta (setara Rp 3,4 triliun) itu menjanjikan segalanya. Terutama dari sisi action dan efek visual.

Namun, ada satu keunggulan ketimbang empat pendahulunya. Wahlberg mengklaim ceritanya lebih bagus dan dalam. Itu penting karena sejak film pertama dirilis satu dekade silam, plot Transformers selalu dikritik jelek.

’’Ya, ceritanya hebat,’’ janji pemeran Cade Yeager tersebut.

Film kelima itu akan mengungkap banyak mitologi Transformers dan hubungan mereka dengan manusia. ’’Invasi robot’’ yang terjadi sejak abad pertengahan tersebut menjadi kunci untuk menyelamatkan dunia di masa depan. Adalah Sir Edmund Burton, seorang astronom dan sejarawan, yang menemukan asal-usul itu.

Lalu, siapa the last knight alias kesatria terakhir yang dimaksud di judul? Paramount sempat memberi sedikit bocoran melalui sebuah video footage yang ditayangkan di CinemaCon 2017 lalu.

Dalam cuplikan berdurasi 20 menit tersebut, jelas bahwa kesatria terakhir yang dimaksud bukanlah Optimus Prime seperti prediksi banyak orang sebelumnya, melainkan Yeager. Dia disebut-sebut terpilih untuk memegang kekuasaan dan perdamaian antara umat manusia dan Transformers.

’’Banyak hal baru di sini,’’ tutur Wahlberg saat ngobrol dengan Jimmy Fallon di The Tonight Show pada Rabu (14/6).

’’Aku dibawa ke Inggris oleh karakter Anthony Hopkins dan bergabung dengan seorang profesor perempuan di Oxford, lalu kami harus pergi dan mencari tahu mitologi Transformers. Bagaimana mereka bermula dan hubungan antara mereka dan manusia,’’ ungkapnya bersemangat.

Satu lagi pertanyaan besar fans, scene pertarungan brutal antara Bumblebee dan Optimus Prime. Banyak teori yang muncul. Salah satu yang paling santer, Prime telah menjadi robot zombi setelah yang dilakukannya di film terdahulu, Age of Extinction. Tepatnya, ketika Prime meninggalkan bumi untuk mencari pencipta Transformers.

Perkiraan itu didasarkan pada serial televisinya, yakni setelah Prime tewas di versi animasi Transformes: The Movie. Itu juga didukung ucapan Wahlberg.

’’Ya, Prime jadi jahat di sini dan kami harus memperbaiki situasi tersebut,’’ ucapnya. Well, semua spekulasi akan terjawab hari ini.

Selain cerita yang dijanjikan lebih seru, The Last Knight melibatkan teknologi terbaru. Bay all-out membuat penampilan seluruh Autobot terlihat real.

Sebanyak 98 persen proses syuting film itu menggunakan kamera IMAX. Artinya, The Last Knight menjadi film Hollywood pertama yang hampir seluruhnya menggunakan kamera IMAX. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Ingin memberi warna baru dalam web series The Man From Bekasi, Acha Prayogi sengaja menggandeng aktor India, Manish Gopali. Tak hanya Manish, dia juga mengajak Atalarik Syah dan Jenny Cortez.

 

“Kehadiran mereka untuk menghilangkan kejenuhan, karena TV kita keseringan drama penyiksaan,” kata Acha Prayog saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

"Ini kita bikin komedi karena Bekasi kan suka dibikin meme, di-bully sama orang Jakarta. Jadi kami pikir kenapa nggak dibuat komedi," lanjut Acha.

 

Menurut Acha, tak hanya artis India, pihaknya juga menggandeng artis dari Thailand. “Karena pengen beda. Kalau sinetron kan sudah ada pakemnya, tapi di youtube bebas-bebas aja. Gandeng Manish untuk sisi drama tapi kontennya tetap comedy action," jelasnya.

 

Manish pun menceritakan perannya dalam web series itu. “Peran saya seorang turis dari India ke Jakarta, dia kehilangan tunangannya yang meninggal," kata salah satu bintang sinetron Thapki ini.

 

"Datang ke sini dia liburan, terjebak dalam situsi pembunuhan, sampai dia jadi target. Wrong man in wrong place. Basicly dia di perjalanan menyembuhkan luka hatinya, dia jatuh cinta dengan cewek Indonesia," lanjut Manish.(mg7/JPG)

JAKARTA, RadarPena.com - Belum juga dirilis, tapi hak siarnya sudah dibeli di 113 negara. Begitulah nasib apik yang sedang menaungi Battleship Island. Film garapan CJ Entertainment itu baru ditayangkan bulan depan. Namun, para pembeli sudah dibuat kepincut hanya dengan melihat trailer promo berdurasi tak sampai 3 menit itu.

Kali pertama trailer diputar di European Film Market pada Februari. Studio dari berbagai negara tertarik membelinya. Pembeli bertambah begitu trailer diputar di Cannes Film Market akhir bulan lalu. Dikutip dari Hollywood Reporter, negara yang sudah kontrak untuk turut mendistribusikan film arahan Ryoo Seung-wan itu, antara lain, Prancis, Italia, Rusia, Turki, Jepang, Hongkong, Singapura, Indonesia, Vietnam, Thailand, Filipina, Amerika Serikat, dan Kanada.

Battleship Island mengambil setting tahun 1945 ketika Perang Dunia II berlangsung. Tentara Jepang menduduki Korea. Ratusan penduduk Korea dipindahpaksakan ke Pulau Hashima yang terletak 15 kilometer dari Kota Nagasaki, Jepang. Mereka dipekerjakan sebagai penambang batu bara di area yang terletak 1 kilometer di bawah permukaan air laut.

Menjalani kehidupan keras seperti neraka dunia, mereka berusaha membebaskan diri. ’’Ini adalah film perang, film penjara, dan film pelarian. Genre itu punya daya tarik yang kuat untuk penonton Prancis,’’ kata Cyris Burkel, akuisisi eksekutif di Metropolitan, distributor film Prancis, sebagaimana dilansir Allkpop.

Menghadirkan visual yang sangat nyata, Seung-wan mengaku tidak mudah membuat film itu. Meski beberapa dibantu teknik CGI, tetap banyak adegan berbahaya yang mesti dilakoni pemain. ’’Pengalamannya begitu menyakitkan secara fisik,’’ ujar Seung-wan sebagaimana dilansir Inquisitr.

Cerita dan visual memang hebat. Namun, boleh dibilang, kunci utama yang membuat film tersebut menarik adalah kehadiran tiga aktor besar Korea. Yakni, Hwang Jung-min, 46; So Ji-sub, 39; dan Song Joong-ki, 31. Mereka menjadi sosok pahlawan yang membantu para penambang bebas. ”Kolaborasi antara Ryoo dan aktor papan atas serta cerita tentang pelarian besar-besaran, tampaknya, menarik perhatian pembeli asing,’’ ungkap Choi Yoon-hee, kepala tim distribusi luar negeri CJ Entertaiment, sebagaimana dilansir Yonhap News.

Tiga aktor itu berakting dengan maksimal. Ji-sub menyatakan bahwa adegan berbahaya yang dilakoninya sangat menantang. ”(Film, Red) itu juga emosional. Saya senang karena kami menyelesaikan filmnya tepat waktu,’’ ucapnya. Senada, Jung-min juga mengungkapkan rasa bangganya. Menurut dia, film yang proses syutingnya dilakukan tahun lalu itu betul-betul dihasilkan dari teamwork yang kuat. ”Ini selesai dan saya ingin bertepuk tangan sendiri. Pemain dan kru bekerja sangat keras,’’ terang Jung-min.

Kabarnya, Battleship Island terjual dengan harga mahal, melampaui harga rata-rata film Korea di pasar internasional. ’’Meskipun kami tak dapat mengungkapkan jumlah uangnya, sebagian besar pembeli Asia telah membayar dengan harga tertinggi untuk sebuah film Korea,’’ tutur Yoon-hee.

Joong-ki yang lekat dengan perannya sebagai Kapten Yoo Shi-jin dalam drama Descendants of The Sun mengaku antusias dengan perannya itu. Dia berusaha menyelesaikan film tepat waktu di sela-sela kesibukannya menghadiri fan meeting dan syuting iklan. ’’Saya telah berlari selama enam bulan untuk menjaga bentuk tubuh. Saya ingin memberikan akting terhebat. Sebab, saya percaya ini adalah proyek besar,’’ kata Joong-ki sebagaimana dilansir Inquisitr.

Daya tarik tiga aktor itu diakui para distributor film beberapa negara. Salah satunya adalah Singapura. ”Faktor besar kami memutuskan untuk membeli hak Battleship Island tak hanya karena plot cerita yang kuat, tapi juga bintang Hallyu Descendants of The Sun Song Joong-ki,’’ ungkap Lim Teck, managing director Clover Films Singapura.(jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com – ”Saya masuk angin lho, Pak. Dua jam berdiri nggak pakai baju.” Ucapan itu meluncur dari bibir Reyvaldi Zain di Pena Resto Senin (12/6) sore. Reyvaldi adalah pemeran prajurit dalam pentas Sam Po Kong, Sabtu (10/6). Reyvaldi serta para penari pendukung teater tersebut diundang buka puasa bersama oleh Dahlan Iskan dan istri, Nafsiah Dahlan.

Dalam pentas di Ciputra Hall-Performing Arts Centre, Dapur Teater Remy Sylado memang didukung 20 siswa dan mahasiswa Surabaya. Mereka berperan sebagai penari yang melengkapi blocking (tata letak) per adegan.

 

Para penari itu berlatih tidak sampai sepekan. Intensif. Langsung mempelajari tarian pengiring 15 lagu sepanjang pertunjukan. Dan sukses.

 

Dalam perjumpaan selama lima hari itu, para penari tersebut sudah raket (lengket) bak saudara. Karena itu, suasana berbuka kemarin terasa gayeng dan hangat. Penuh canda tawa. Santai banget. Termasuk saat mereka curhat dan berbagi pengalaman tentang penampilan di atas panggung.

 

Bukan cuma Reyvaldi, siswa kelas XI SMAN 20 Surabaya, yang berceloteh. Muhammad Fathin, siswa SMAN 1 Surabaya, ikut-ikutan menggojlok Renaldo Santoso, salah seorang prajurit Majapahit. Aldo, sapaan Reynaldo, jadi bahan candaan lantaran kerap digoda sida-sida. Semacam punakawan banci yang diperankan apik oleh Charles Tjioe. ”Dia (sida-sida, Red) kan pacarnya Aldo,” kata Fathin. Aldo hanya melirik sinis.

 

Turut tampil di panggung teater dan disaksikan banyak mata membuat anak-anak muda itu senang. Ditambah apresiasi yang didapat dari Dahlan Iskan.

 

”Walau cuma figuran, kami mendapat apresiasi tinggi. Saya tersanjung. Bisa makan malam satu meja dengan Pak Dahlan. Foto bareng, dapet tanda tangannya pula,” kata Fathin, lalu tersenyum.

 

Seusai makan malam, para penari live di Instagram@zetizen_surabaya. Mereka memperkenalkan diri satu per satu. ”Halo, kita lagi makan malam bersama Pak Dahlan Iskan,” ucap Nadhiya Shabrina, salah seorang penari Tiongkok.

 

Sembari menggenggam smartphone, Nadhiya yang ditemani Anastasia Blanca berjalan dan merekam kawan-kawannya. Dia juga mengode kawan-kawannya untuk melambai-lambaikan tangan.

 

Dahlan Iskan yang juga ikut siaran membuat gerakan-gerakan lucu dan jahil di belakang para penari. Berbagai pose kekinian dan aksi Boomerang juga mereka lakukan.

 

”Asyik banget bisa ketemu sama temen-temen lagi. Ternyata, Pak Dahlan gaul banget ya,” tambah Naura Jasmine. Naura adalah salah seorang penari Jawa. Masih teringat betul rasa sakit yang harus ditahan kala duduk bersimpuh di panggung. Tidak hanya kesemutan, dia mengaku kakinya mati rasa.

 

Makan malam ditutup dengan foto bersama serta pembagian kenang-kenangan dan sertifikat yang ditandatangani oleh Dahlan Iskan. (esa/c6/dos/jpg)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Seperti yang sudah diprediksi pada awal pemutarannya, The Mummy tak sanggup mendongkel posisi Wonder Woman dari puncak box office Amerika Utara. Bahkan, pada pekan keduanya, Wonder Woman masih perkasa dengan meraup USD 57,2 juta (Rp 761,2 miliar). Sementara itu, The Mummy yang mengandalkan nama besar Tom Cruise hanya memperoleh USD 32,2 juta atau Rp 428,4 miliar. Itu menyedihkan bagi film berbujet Rp 1,89 triliun.

Dengan hasil tersebut, Wonder Woman tak hanya menguasai puncak box office selama dua pekan secara beruntun. Film besutan Patty Jenkins itu juga melampaui perolehan dua film DC dan Warner Bros. Yakni, Batman v Superman: Dawn of Justice dan Suicide Squad. Pada pekan kedua, perolehan dua film itu turun hingga 65 persen.

Total, Wonder Woman sudah mengumpulkan USD 435,2 juta (Rp 5,79 triliun). Sebanyak 47 persen pendapatannya bersumber dari pasar Amerika Utara. ”Kami tahu, kami berkali-kali dikritik karena film DC sukses di box office, tapi tidak memuaskan kritikus,” kata Jeff Goldstein, kepala distribusi domestik Warner Bros seperti diberitakan JawaPos, Selasa (13/6). ”Tapi, cerita Wonder Woman ini benar-benar ditulis dan dieksekusi dengan bagus. Ini bintang baru kami,” lanjutnya.

Di sisi lain, Universal berharap The Mummy lebih sukses di mancanegara. Juga, mereka puas karena pendapatan di luar Amerika Utara telah menembus USD 141,8 juta (Rp 1,89 triliun). Berkat kontribusi itu, tahun ini Universal membukukan total pendapatan USD 3 miliar atau sekitar Rp 39,9 triliun. Salah satu penyumbang terbesarnya adalah Fate and the Furious.

CANNES, RadarPena.com - Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Marlina the Murderer in Four Acts) diputar di Quinzaine des réalisateurs (Directors’ Fortnight) yang berlangsung paralel dalam Festival Film Cannes 2017 pada akhir Mei lalu. Pada festival yang level artistiknya sering dinilai lebih tinggi daripada Hollywood tersebut, film garapan Mouly Surya itu menuai banyak pujian. Mouly menjanjikan Marlina yang dibintangi Marsha Timothy tayang di tanah air.

Festival Cannes berakhir pada 28 Mei. Mouly kembali ke Indonesia pada 30 Mei. Kegembiraan dan kebanggaan masih terlihat jelas di raut wajah director 36 tahun tersebut. ’’Bangga pasti, seneng banget juga,’’ kata Mouly ketika ditemui dalam acara HOOQ Filmmakers Guild di Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta, kemarin (12/6).

Walau tahun lalu Mouly juga hadir di Festival Cannes, kedatangannya tahun ini sangat berbeda. ’’Gimana ya, hal ini buat saya nggak bisa diungkapkan dalam kata-kata. Bukan seperti kamu lari, terus menang lomba. Buat saya, ini seperti saya naik level,’’ ujarnya berseri-seri.

Mouly mengungkapkan, sebelum berangkat, dirinya sempat dilanda rasa waswas dan takut. Sebab, berdasar pengalamannya datang ke Cannes, setiap kali ada film yang dianggap jelek, penonton tidak segan meninggalkan ruang skrining. Tanpa peduli siapa saja di ruangan tersebut. ’’Itu seperti hukuman di tempat,’’ tutur Mouly.

Namun, setiba di sana, semua ketakutan itu hilang. Bukan karena Mouly yakin filmnya mendapat respons bagus. Tetapi, dia pasrah. Menurut dia, tidak ada lagi yang bisa dilakukannya selain menerima apa pun penilaian penonton. Ternyata memang benar respons penonton yang terdiri atas kritikus, aktor dan aktris, serta sesama filmmaker tersebut sangat positif.

Di Cannes, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak ditayangkan lima kali. Empat kali untuk publik dan sekali pemutaran bagi distributor. Dia tidak ikut dalam setiap pemutaran. Hanya, menurut pengamatannya, bioskop yang bisa memuat 850–1.000 penonton selalu penuh.

’’Saat saya menonton di salah satu film, ada satu bagian yang di situ mereka semua tepuk tangan. Sangat antusias dan responsif sekali mereka,’’ ungkap Mouly, lantas tersenyum lebar. Bagian yang mana ya? ’’Ya nggak bisa saya katakan sekarang. Nonton sendiri,’’ lanjutnya ceria.

Antusiasme tinggi juga diperlihatkan audiens dalam sesi diskusi Marlina. Menurut Mouly, mereka tidak hanya memberikan pujian, tetapi juga ketertarikan mengulik film yang ide ceritanya dari Garin Nugroho tersebut. Banyak yang menanyakan seperti apa budaya di Indonesia dan ingin mengetahui seperti apa peran perempuan di Indonesia.

Menurut Mouly, yang dipuji dari Marlina adalah penyutradaraan yang lincah dan segar, pengambilan gambar yang keren, serta scoring musik yang mengesankan. Tidak lupa, akting para pemain seperti Marsha, Egy Fedly, dan Yoga Pratama.

Hal itu sejalan dengan ulasan di sejumlah media. ScreenDaily menyebut Marlina sebagai film yang enjoyable meski mengemban pesan feminisme yang kuat. ’’Marlina mengemas hal-hal sederhana menjadi kisah yang indah untuk diceritakan, diiringi musical score yang benar-benar mencuri perhatian. Film yang sangat pantas diputar di Directors’ Fortnight.’’

’’Kita tidak mungkin mengabaikan capaian Mouly Surya di film ketiganya ini. Ini adalah kisah balas dendam yang mengerikan, tapi dikemas dengan sangat stylish. Potret karakter perempuan kuat yang sangat marah dan tak tahan lagi. Perfect fit untuk Directors’ Fortnight,’’ tulis Boyd van Hoeij, kolumnis The Hollywood Reporter. ’’Intinya, keren,’’ tambahnya.

Menurut sutradara yang menggarap What They Don’t Talk About when They Talk About Love itu, Marlina kini masih ’’jalan-jalan’’. Maksudnya, film tersebut masih diputar di beberapa kota di Prancis. Misalnya, Marseille, Paris, Jenewa, Roma, Milan, Firenze, dan Brussel. Mouly dan timnya sedang berdiskusi dengan jaringan bioskop di Indonesia untuk penayangan di tanah air. ’’Bulannya belum pasti, mungkin November atau Desember,’’ jelasnya. Tidak sabar! (jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com - Lebaran terasa kurang lengkap tanpa sajian aneka kue di meja makan. Resep membuat Chocolate Chip Cookies tanpa harus menggunakan oven berikut bisa menjadi pilihan untuk menambah kemeriahan hari raya Idul Fitri.

Bahan:

16 sdm tepung terigu

2 sdm tepung maizena

1 sdm susu bubuk

4 sdm cokelat bubuk

50 gr chocolate chip

100 gr gula halus

200 gr margarin

1 butir kuning telur

 

Cara:

1. Campurkan margarin dan telur ke dalam mangkuk besar. Aduk hingga rata.

2. Tambahkan gula halus ke dalam adonan. Aduk lagi hingga merata.

3. Di mangkuk terpisah, ayak tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan tepung maizena. Aduk rata. Tambahkan chocolate chip dan aduk kembali.

4. Masukkan adonan mentega ke adonan tepung lalu aduk rata hingga membentuk adonan kue.

5. Cetak adonan kue sesuai selera.

6. Panaskan panci pengukus tanpa air dengan suhu api kecil. Oleskan margarin di atas saringannya.

7. Masak adonan kue hingga matang di api kecil selama 20 menit.(rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Kue kaastengels adalah santapan wajib pada hari raya Idul Fitri. Kue yang terpengaruh dari kuliner Belanda ini bisa dibuat meski Anda tidak memiliki oven. 

Bahan:

200 gr tepung terigu

2 butir kuning telur

2 sdm susu bubuk

5 sdm margarin

2 sdm tepung maizena

1 butir kuning telur untuk olesan

80 gr keju cheddar parut

50 gr keju edam parut

2 sdm gula halus

 

Cara:

1. Campur margarin dan kuning telur ke dalam mangkuk ukuran besar hingga merata.

2. Tambahkan susu bubuk, gula halus, tepung terigu, keju cheddar parut, keju edam parut, dan tepung maizena. Aduk hingga membentuk adonan.

3. Giling adonan dengan menggunakan rolling pin atau botol kaca lalu bentuk adonan kaastengels sesuai selera.

4. Panaskan panci pengukus tanpa air yang sudah diberi saringan lalu oles saringan dengan margarin agar tidak lengket.

5. Oleskan kuning telur ke permukaan adonan yang sudah dicetak lalu taburkan sedikit keju parut di atasnya.

6. Letakkan adonan Kaastengels di atas saringan panci lalu masak kue selama kurang kebih 30 menit dengan api kecil.

7. Angkat lalu dinginkan sejenak. Kaasstengels siap disajikan.(rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Berbuka puasa dengan menu yang seimbang penting untuk mengembalikan tingkat energi dan membantu mempertahankan puasa Anda di hari berikutnya.

Anda harus mengonsumsi makanan yang tepat untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Berikut ini beberapa tips berbuka puasa seperti dilansir laman Al-Arabiya, Minggu (28/5).

1. Hidrasi sebelum makan

Minumlah banyak cairan seperti air, jus segar atau susu. Hal ini akan mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan penting bagi tubuh Anda.

2. Konsumsi kurma

Secara tradisional, kurma dimakan pada awal berbuka. Karena kurma adalah makanan yang mengandung gula alami bergizi, mereka membantu mendukung tubuh Anda dengan energi yang sangat dibutuhkan.

Jika Anda menderita sakit kepala pada saat puasa, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh gula darah Anda menjadi rendah. Mulailah berbuka dengan mengonsumsi dua kurma.

3. Konsumsi semangkuk sup

Sup adalah hidangan yang tak tergantikan di buka puasa. Menu ini kaya akan air dan membantu tubuh Anda terdehidrasi.

Konsumsilah sup miju-miju, sup tomat atau sup sayuran dan hindari sup krim.

4. Konsumsi sayuran

Sayuran kaya akan vitamin, mineral dan serat dan memberi begitu banyak nutrisi.

Semakin merah warna salad Anda, maka semakin banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya.

5. Pilih karbohidrat yang baik

Makanan untuk berbuka puasa harus mengandung sumber karbohidrat. Ini termasuk beras merah, pasta gandum utuh atau roti, kentang atau burghul.

Karbohidrat kompleks memberikan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan di samping serat dan mineral.

6. Memasukkan protein tanpa lemak

Saat berbuka puasa, Anda harus berusaha untuk mengonsumsi protein berkualitas tinggi yang sangat mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial.

Tubuh Anda menggunakan ini untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan dan unggas semuanya lengkap dengan protein berkualitas tinggi.

Pilih protein tanpa lemak untuk mendapatkan manfaat dengan sedikit lemak jenuh. Sertakan ikan, ayam tanpa kulit atau kalkun dan susu rendah lemak untuk dikonsumsi sebagai makanan pembuka Anda.

Jika Anda vegetarian, Anda bisa memilih sumber protein lain seperti kacang polong dan kacang-kacangan.

7. Jangan terburu-buru

Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan makanan Anda. Setelah berpuasa selama satu hari penuh, kelebihan beban pada makanan bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

Mengontrol ukuran porsi Anda adalah kunci untuk tetap sehat dan mencegah penambahan berat badan.

8. Hindari makanan tinggi lemak, garam, dan gula

Bila mungkin, jauhi makanan berat saat berbuka puasa yang mengandung lemak, garam dan gula tambahan yang tidak sehat.

Saat memasak, buat resep Ramadan favorit Anda lebih sehat dengan cara memanggang, mengukus, dan menghindari menggoreng makanan Anda. Tambahkan ramuan dan bumbu bukan garam untuk memberi rasa pada makanan Anda.

Akhirnya, ganti minuman manis dengan gula alami dalam buah-buahan, buah kering dan salad buah.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Kurma selalu menjadi primadona selama Bulan Ramadan. Bukan hanya rasanya yang manis, buah berwarna cokelat ini juga dapat memulihkan energi setelah seharian berpuasa. 

Makan kurma lebih baik saat berbuka puasa. Diawali dengan minum segelas air putih, kemudian memakan tiga buah kurma. Setelah itu, diikuti dengan makan camilan berupa kolak satu mangkuk sedang. 

Nutrisionis atau Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Triyani Kresnawan menjelaskan, makan kurma saat berbuka puasa bisa memulihkan energi. Setiap 100 gram kurma mengandung 248 kalori dan 74 gram karbohidrat, serta 1,8 gram protein, dan 696 miligram kalium. 

"Konsumsi pada saat buka puasa tergantung besar kecinya kurma, kurang lebih 15 gram kurma atau 3 buah kurma," katanya kepada JawaPos.com, Jumat (26/5). 

Kurma menjadi pelengkap yang sempurna selama berpuasa. Sedangkan untuk pilihan menu yang wajib dimakan, kata Tri, adalah hampir sama dengan hari-hari biasa. "Kalau menu sama saja prinsipnya dengan gizi seimbang. Kurma juga boleh dimakan saat sahur," jelasnya. 

Tri menyarankan, para penderita mag untuk berhati-hati saat memilih makanan berbuka. Apabila penyandang maagh atau nyeri lambung, diminta berbuka dengan menghindari makanan pedas seperti asinan, atau buah-buahan yang asam. 

"Untuk penderita mag hindari makanan pedas dan bumbu-bumbu yang merangsang seperti lada hitam yang berlebihan atau cuka dan cabai yang pedas," papar Tri.(jawapos)

JAYAPURA, RadarPena.com - Papeda bungkus, makanan khas Papua menjadi salah satu menu pilihan yang disiapkan dan disajikan untuk makan malam Presiden Jokowi dan ibu Iriana Widodo yang saat ini melakukan kunjungan kerja di Jayapura.

Pemilik hotel Aston Jayapura, Fredy Tour tempat Presiden Jokowi menginap mengatakan kepada Antara, Selasa (9/5), Presiden dan ibu negara yang akan menempati kamar presiden suite itu tidak memesan menu khusus untuk santap malam.

Selain menyiapkan papeda bungkus dan ikan gabus kuah kuning, juga disiapkan ayam goreng kampung serundeng, kangkung bunga pepaya, seafood kare, ikan bakar colo-colo, tumis baby kailan dan daging sapi kecap.

"Kami tidak menyediakan menu khusus karena tidak ada permintaan atau pemberitahuan dari staf kepresidenan," kata Fredy Tour yang mengaku baru kali ini menerima tamu seorang presiden.

Hotel Aston Jayapura memiliki 108 kamar yang terdiri dari deluxe, primare deluxe, superior, bisnis suite dan presiden suite. Khusus untuk president suite memiliki pemandangan menghadap kota Jayapura dan Teluk Youtefa.(rmol)

 

MADRID, RadarPena.com - Penampilan stan Indonesia di Pameran Internasional Salon de Gourmet ke-31 di Spanyol 24-29 April 2017 berbuah manis. Saat pameran, telah memberikan daya tarik tersendiri melalui penyajian berbagai menu kuliner Indonesia seperti nasi kuning, ayam goreng kremes, rendang, mie dan bihun goreng serta sate ayam bumbu kacang goreng oleh Chef APJI.

Para pengunjung yang mencicipi sajian tersebut menyatakan kekagumannya atas nikmat rasa masakan Indonesia, sekaligus menyayangkan tidak adanya restoran Indonesia di Madrid.

Nah, dalam rangka merespons permintaan pasar tersebut, di sela-sela acara pameran tersebut, Kepala Bidang Luar Negeri APJI, Reny Feby telah melakukan pertemuan dengan Isadora Tan (Diaspora Indonesia di Madrid). Pertemuan untuk menjajaki peluang dalam membuka restoran Indonesia di Madrid.

Selain itu, APJI juga melaksanakan negosiasi dengan perusahaan Kunandia SL dalam rangka pembukaan restoran Indonesia di Las Palmas. Seperti diketahui, Las Palmas merupakan salah satu destinasi turis utama di Spanyol, di mana pada tahun 2016, tercatat sebagai daerah di Spanyol yang menerima kunjungan turis terbanyak.

Tak hanya kesempatan membuka restoran Indonesia di Spanyol, nilai transaksi pada pameran ini memberikan capaian yang sangat besar bagi perusahaan makanan kemasan dan minuman Indonesia yang bernilai USD 201.000.

Perusahaan-perusahaann Indonesia telah menampilkan produk makanan kemasan dan kopi serta produk maskan kuliner yang diharapkan dapat menembus pasar internasional khususnya Spanyol.

Partisipasi Indonesia diikuti oleh Atase Perdagangan KBRI Madrid, ITPC Barcelona dan 2 perusahaan asal Indonesia yakni PT. Tiga Pilar Sejahtera Foods, Javaro Coffee dan APJI (Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia) dengan menempati area 30 m2 pada Hall 8 Paviliun G37.

Pameran Gourmet yang pertama kali diikuti Indonesia ini merupakan platform yang efisien bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk memasuki gerbang baru bagi produk-produk kuliner Indonesia dan memperluas jalinan dan networking kontak bisnis dengan perusahaan-perusahaan dari Spanyol dan 30 negara.

Di antaranya Argentina, Belgia, Belanda, Hungaria, Italia, Inggris, Jepang, Jerman, Kolombia Latvia, Meksiko, Swedia, Serbia, Swiss, Perancis, Portugal, Peru, dan Kanada. Kanada telah menjadi negara guest of honor.

Salon Gourmet ke-31 yang memiliki 5 Hall telah menghadirkan 1.500 peserta pameran, 37.500 produk dan 1.200 produk baru dan menghadirkan 85.000 pengunjung dari berbagai dunia. Diperkirakan ekspetasi transaksi (ransaksi (direct and indirect) senilai € 200 Juta.

"Karenanya, tujuan ujuan utama keikutsertaan Indonesia adalah untuk menerobos pasar di bidang makanan dan minuman serta kuliner di wilayah Spanyol dan Eropa lainnya serta Medeterania, Amerika latin dan Afrika. Selain memperkenalkan produk makanan kemasan dan kuliner Indonesia yang siap menyaingi produk-produk Internasional lainnya, Indonesia juga memperkenalkan potensi industri makanan dan minuman Indonesia yang telah memenuhi standar internasional," tegas Dubes RI untuk Spanyol Yuli Mumpuni Widarso, Sabtu (6/5).

Dalam pernyataannya menyambut keikutsertan Indonesia yang dihadiri Ketua Umum APJI, Ibu Ayu Muliadi, Duta Besar Yuli Mumpuni Widarso mengapresiasi dan mendukung keikutsertaan Indonesia khususnya perusahaan-perusahaan Indonesia.

Mengingat pentingnya pameran yang berbobot internasional yang menawarkan banyak peluang dan potensi bagi pemasaran produk makanan dan minuman Indonesia serta mendorong produk-produk makanan dan minuman Indonesia masuk ke pasar-pasar Eropa sehingga dapat meningkatan produk ekspor Indonesia ke Spanyol.

Pameran yang diikuti oleh perusahaan produk makanan dan minuman dari berbagai negara telah diresmikan oleh H.E. Sra. Isabel Garcia Tejerina, Menteri Pertanian dan Perikanan Spanyol.

Pada pembukaan acara Menteri Isabel telah melakukan kunjungan ke stand-stand pada 4 paviliun dan menemukan makanan dan minuman yang lebih mencermikan sektor makanan Spanyol yang memiliki variasi, style dan kualitas internasional, seperti produk makanan olahan dan makanan kemasan, makanan laut, daging, produk unggas, produk susu, bahan tambahan makanan dan bahan-bahan peralatan roti, kembang gula, anggur, minuman keras, kopi teh dan lain-lain.

Menpar Arief Yahya dua tahun lalu pernah bertemu Menteri Isabel di Madrid. Salah satu yang dibicarakan adalah industri perhotelan, sekolah pariwisata dan heritage building. "Spanyol adalah negara dengan jumlah wisman besar di Eropa, kita perlu belajar dari mereka," kata Menpar Arief.(jpnn)

BENGKULU, RadarPena.com - Sesuai prediksi, kemarin (27/6) hari ketiga lebaran di KotaBengkulu, masyarakat mulai menyerbu objek wisata, terutama kawasan pantai.

Berbagai lokasi tempat masyarakat berkumpul, diantaranya mulai dari lokasi patung gajah atau Pantai Pasir Putih, hingga ke Pantai Tapak Paderi dan Pantai Pasar Bengkulu.

Pengunjung yang mulai memadati wisata pantai di Kota Bengkulu ini, untuk hari ketiga lebaran memang merupakan mayoritas wisatawan dari luar kota. Mulai dari wilayah Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Selatan dan beberapa daerah lainnya bahkan dari luar Provinsi Bengkulu yang kebetulan sedang mudik.

Para pengunjung datang dengan menggunakan berbagai alat transportasi, baik roda dua maupun roda empat. Kondisi ini juga mempengaruhi kondisi arus lalu lintas yang juga semakin padat.

Bahkan siang hingga menjelang sore, terutama dari wilayah arah Bengkulu Utara khususnya Kelurahan Rawa Makmur kondisi lalulintas padat merayap bahkan sempat macet dengan antrean kendaraan dari dua arah yang berbeda lebih dari 2 kilo meter.

Para pengendara ini memang rata-rata yang datang dari arah Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah dan Lebong. Tujuannya tidak lain akan mengunjungi objek wisata Pantai Panjang.

‘’Sudah hampir setengah jam macet, tapi memang biasanya seperti ini kalau lebaran. Kita rencananya mau ke Pantai Panjang,’’ kata Suyatna (43) yang mengaku datang dari Unit 3 Bengkulu Utara ini saat sedang terjebak kepadatan lalulintas di Rawa Makmur kemarin, Rabu (28/6)

Kapolres Bengkulu AKBP Ady Savart PS, SH, S.IK melalui Kasat Lantas AKP Ilham S. Sakti, SH, S.IK kepada RB mengatakan, kondisi ini memang sudah diperkirakan jauh-jauh hari. Sehingga langkah antisipasi memang sudah disiapkan dengan melakukan rekayasa lalulintas di beberapa lokasi, terutama di wilayah menuju lokasi objek wisata pantai.

‘’Sesuai dengan perkiraan kita, yaitu lebara ketiga memang kondisi pengendara mulai padat mengunjungi lokasi pantai. Mulai dari arah pantai Sungai hitam hingga ke pantai ujung. Kita mengimbau kepada seluruh pengendara untuk berhati-hati dan memarkirkan kendaraan mereka dengan tertib serta menggunakan kunci pengaman tambahan,’’ kata Ilham.

Meskipun di beberapa titik sempat terjadi kemacetan, namun untuk secara umum kondisi lalu lintas berjalan normal. Terlebih sudah dilakukannya rekayasa lalulintas seperti pemberlakukan satu jalur di beberapa lokasi wisata pantai.

‘’Memang tadi (siang, red) di wilayah Rawamakmur memang sempat macet, tapi tidak terlalu lama dan lalulintas walaupun padat merayap, tapi bisa tetap berjalan,’’imbuh Ilham.(dtk/jpnn)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Sebanyak 121 ribu pengunjung berlibur ke Ancol, Jakarta Utara, pada H+2, Selasa (27/6). Peningkatan pengunjung terjadi pada tahun ini dibanding tahun lalu dengan periode yang sama yakni hanya 89 ribu.
"H+2 Lebaran kemarin, pengunjung mencapai 121.326 pengunjung. Untuk jumlah mobil ada 14.620 unit, dan motor 10.394 unit, dan taksi ada 170 unit," kata Manager Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Rika Lestari saat dikonfirmasi, Rabu (28/6).
Sementara pada tahun lalu, kata dia, pada H+2 pengunjung hanya berjumlah 89.399.
Untuk hari ini, terang Rika, baru 34.161 orang yang memasuki Ancol. Namun angka tersebut akan terus bertambah setiap waktu.
"Diharapkan di libur lebaran kali ini, pengunjung bisa nikmati semua wahana yang kami sediakan," tandas dia. (jpnn)

LABUAN BAJO, RadarPena.com - Musim panas telah tiba. Saatnya berkemas-kemas, memasukkan pakaian ke koper, lalu ciaoooo... Liburan!

Bagi para travelista, musim panas adalah momen paling ideal untuk berlibur.

Kombinasi antara sinar matahari dan suhu yang panas membuat travelista betah berlama-lama di sebuah destinasi wisata. Banyak travelista yang liburan di dalam negeri, tak sedikit pula yang pergi ke negara lain.

Travelista level dewa tentu sudah memiliki daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Namun, travelista yang masih “pemula” sebenarnya juga tak perlu pusing memikirkan tempat liburan. Sebab, banyak situs yang mengulas habis-habisan daftar tempat wisata beken di penjuru dunia.

Salah satunya adalah Vogue. Beberapa waktu lalu, Vogue mengulas sepuluh tempat yang cocok untuk berlibur pada musim panas ini.

Dari sepuluh destinasi wisata yang dibahas, salah satunya berada di Indonesia. Yakni, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain mengupas Pulau Komodo, Vogue juga membahas sembilan tempat cantik di dunia.

Yaitu, Baja California di Meksiko, Sifnos (Yunani), Kepulauan Faroe, Adelaide (Australia), Portugal, Pulau Aland (Finlandia), Kopenhagen (Denmark), Tofino, dan Namibia.

“Pulau Komodo di Indonesia sangat ideal bagi keluarga pemberani dan pasangan yang berbulan madu yang menginginkan pengalaman tersendiri,” demikian tulis Vogue.

Dalam ulasannya, Vogue menyebut Pulau Komodomemiliki perpaduan yang kece antara petualangan dan relaksasi. Untuk petualangan, travelista bisa mendaki gunung, melihat komodo dari jarak dekat, dan menyelam .

Sedangkan untuk relaksasi, travelista bisa mengunjungi desa penghasil tenun tradisional dan berinteraksi dengan warga lokal.

“Juga bisa berenang bersama hiu putih, ke pulau-pulau karang, dan bersantai,” tambah media fashion dan lifestyle papan atas dunia itu.

Vogue juga mengulas sedikit tentang Pulau Sumba yang memiliki pesona luar biasa.

“Pulau Sumba telah menjadi favorit rahasia di antara para peselancar selama bertahun-tahun. Resor-resor, khususnya Nihiwatu memikat orang-orang yang menyukai pantai, alam murni, dan interaksi lokal,” tambah Vogue.

By the way, ulasan di Vogue memang tak berlebihan. Selama ini, Pulau Komodo memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu destinasi favorit untuk berlibur.

Pesohor sekelas Valentino Rossi juga pernah merasakan langsung magnet Pulau Komodo.

Pembalap MotoGP berjuluk The Doctor itu pernah menjejakkan kakinya di Pulau Komodo pada Januari 2017 lalu.

Selain ke Pulau Komodo, pemilik tujuh gelar juara dunia kelas premier itu juga berlibur ke beberapa tempat. Salah satunya adalah Labuan Bajo.

Travelista juga tak akan kesulitan menemukan tempat menginap di Pulau Komodo.

Sebab, Pulau Komodo sudah memiliki amenitas berupa tempat menginap yang siap memanjakan wisatawan.

Namun, co-founder sekaligus owner Black Tomato Tom Marchant menyarankan wisatawan untuk merasakan sensasi menginap di atas superyacht Dunia Baru.

Marchant mengatakan, Dunia Baru menggunakan iPad untuk mengontrol dan dilengkapi sound system Sono di seluruh kapal.

“Tidak ada yang lebih baik dibandingkan Dunia Baru. Dunia Baru mengombinasikan teknik tradisional dengan teknologi modern,” kata Marchant.

Menpar Arief Yahya menjelaskan akses menuju Labuan Bajo Komodo semakin terbuka. Garuda sudah sejak tahun lalu membuka direct flight dari Jakarta langsung. Tidak harus transit ke Denpasar Bali. Bulan ini, Sriwijaya Air juga menambah konektivitas dari Jakarta-Labuan Bajo.

Moda transportasi via laut juga bisa dilakukan dengan life on board dari Bali menyusuri pulau-pulau indah sepanjang Bali-Labuan Bajo. "Makin banyak penerbangan, akan makin murah, dan pariwisata makin berkembang di sana," ungkap Arief Yahya. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Tempat wisata di Jakarta selalu dipenuhi pengunjung saat libur Hari Raya Idul Fitri. Termasuk di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, hari ini, Selasa (27/6).
Tercatat, ada ratusan ribu pengunjung yang mengunjungi tempat tersebut. "Pengunjung 130.325 orang (terhitung pada pukul 16.00 WIB)," ujar Kabag Operasiobal Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Juang Andi Priyanto, melalui pesan singkat, Selasa (27/6).
Selain jumlah per orang, juga tercatat setidaknya ada 78 unit bus atau truk yang masuk ke area wisata tersebut. Sementara ada 5.814 unit kendaraan roda empat dan 16.551 unit kendaraan roda dua. "Sepeda  21 unit," tambahnya.
Tak hanya mencatat jumlah pengunjung, Polres Metro Jaksel juga mendata ada 17 anak yang sempat hilang. Namun kini telah ditemukan dan kembali ke keluarganya.
Soal kriminalitas, setidaknya ada yang mengaku kehilangan barang. "Tujuh laporan kehilangan barang, satu berupa dompet," pungkasnya. (jawapos)

 

NTT, RadarPena.com - Musim panas telah tiba. Saatnya berkemas-kemas, memasukkan pakaian ke koper, lalu ciaoooo... Liburan!

 

Bagi para travelista, musim panas adalah momen paling ideal untuk berlibur.

 

Kombinasi antara sinar matahari dan suhu yang panas membuat travelista betah berlama-lama di sebuah destinasi wisata.

 

Banyak travelista yang liburan di dalam negeri, tak sedikit pula yang pergi ke negara lain.

 

Travelista level dewa tentu sudah memiliki daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

 

Namun, travelista yang masih “pemula” sebenarnya juga tak perlu pusing memikirkan tempat liburan.

 

Sebab, banyak situs yang mengulas habis-habisan daftar tempat wisata beken di penjuru dunia.

 

Salah satunya adalah Vogue. Beberapa waktu lalu, Vogue mengulas sepuluh tempat yang cocok untuk berlibur pada musim panas ini.

 

Dari sepuluh destinasi wisata yang dibahas, salah satunya berada di Indonesia. Yakni, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Selain mengupas Pulau Komodo, Vogue juga membahas sembilan tempat cantik di dunia.

 

Yaitu, Baja California di Meksiko, Sifnos (Yunani), Kepulauan Faroe, Adelaide (Australia), Portugal, Pulau Aland (Finlandia), Kopenhagen (Denmark), Tofino, dan Namibia.

 

“Pulau Komodo di Indonesia sangat ideal bagi keluarga pemberani dan pasangan yang berbulan madu yang menginginkan pengalaman tersendiri,” demikian tulis Vogue.

 

Dalam ulasannya, Vogue menyebut Pulau Komodo memiliki perpaduan yang kece antara petualangan dan relaksasi.

 

Untuk petualangan, travelista bisa mendaki gunung, melihat komodo dari jarak dekat, dan menyelam

 

Sedangkan untuk relaksasi, travelista bisa mengunjungi desa penghasil tenun tradisional dan berinteraksi dengan warga lokal.

 

“Juga bisa berenang bersama hiu putih, ke pulau-pulau karang, dan bersantai,” tambah media fashion dan lifestyle papan atas dunia itu.

 

Vogue juga mengulas sedikit tentang Pulau Sumba yang memiliki pesona luar biasa.

 

“Pulau Sumba telah menjadi favorit rahasia di antara para peselancar selama bertahun-tahun. Resor-resor, khususnya Nihiwatu memikat orang-orang yang menyukai pantai, alam murni, dan interaksi lokal,” tambah Vogue.

 

By the way, ulasan di Vogue memang tak berlebihan. Selama ini, Pulau Komodo memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu destinasi favorit untuk berlibur.

 

Pesohor sekelas Valentino Rossi juga pernah merasakan langsung magnet Pulau Komodo.

 

Pembalap MotoGP berjuluk The Doctor itu pernah menjejakkan kakinya di Pulau Komodo pada Januari 2017 lalu.

 

Selain ke Pulau Komodo, pemilik tujuh gelar juara dunia kelas premier itu juga berlibur ke beberapa tempat. Salah satunya adalah Labuan Bajo.

 

Travelista juga tak akan kesulitan menemukan tempat menginap di Pulau Komodo.

 

Sebab, Pulau Komodo sudah memiliki amenitas berupa tempat menginap yang siap memanjakan wisatawan.

 

Namun, co-founder sekaligus owner Black Tomato Tom Marchant menyarankan wisatawan untuk merasakan sensasi menginap di atas superyacht Dunia Baru.

 

Marchant mengatakan, Dunia Baru menggunakan iPad untuk mengontrol dan dilengkapi sound system Sono di seluruh kapal.

 

“Tidak ada yang lebih baik dibandingkan Dunia Baru. Dunia Baru mengombinasikan teknik tradisional dengan teknologi modern,” kata Marchant. (jos/jpnn)

 


 

 

BADUNG, RadarPena.com - Mengeksplore tempat wisata di Bali memang tidak akan pernah habisnya. Hal itu juga yang terjadi saat kunjungan Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dari tanggal 24 hingga 30 Juni 2017.

 

Setelah berkunjung ke obyek wisata seperti Agung Rai Art Museum (Arma), Desa Pengosekan, Ubud Gianyar Bali, Obama beserta keluarga berpetualang melalui rafting di Sungai Ayung, Badung, Bali.

 

Kepala Dinas Pariwisata Bali AA Yuniartha Putara mengatakan, lokasi start awal kegiatan rafting itu di Banjar Karang Dalem I, Bongkasa Pertiwi, Badung, Senin (26/6/2017).

 

Obama dan rombongan tiba pada pukul 11.00 WITa, area sudah steril sehingga tertutup untuk media. Obama berarung jeram ria selama kurang lebih 90 menit.

 

Garis finish yang berada di Four Seasons Resort Bali di Sayan, Ubud, sekaligus memudahkan Obama dan rombongan untuk beristirahat usai rafting.

 

Sungai Ayung (Ayur River) sendiri merupakan sungai terpanjang di Pulau Dewata ini, ada beberapa pilihan jeram yang bisa dipilih sesuai dengan tantangan yang ingin ditaklukkan.

 

Peserta rafting biasanya akan menempuh waktu sekitar 2 jam, dengan site sepanjang kira-kira 12 km. Suasana alam yang begitu alami berpadu dengan derasnya aliran sungai juga akan memberikan sensasi tersendiri.

 

”Selain itu, beberapa air terjun kecil juga telah disuguhkan oleh alam untuk dijadikan pengabadian moment serta berguna untuk menambah serunya aktivitas rafting. Ayung River Rafting Bali ini juga merupakan lokasi rafting yang paling tua, terbaik juga jika dibandingkan dengan tempat lainnya,” kata Yuniartha Putra.

 

Lokasi ini terletak tepat di bagian sebelah Barat wilayah Ubud atau timur Desa Canangsari.

 

Untuk berkunjung ke Sungai Ayung, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit dari Kuta ataupun Hutan Kera Sangeh. Daerah ini juga mudah diakses dari lokasi wisata favorit lainnya seperti Jimbaran, Sanur, dan Nusa Dua.

 

Rencananya, setelah di Bali, Obama akan langsung ke Yogyakarta pada tanggal 28-30 Juni. Rencananya selama di Jogja, Obama dan rombongan dijadwalkan akan mengunjungi Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan dan Taman Tebing Breksi.

 

Namun sudah dipastikan Obama batal mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

 

"Kunjungan Obama ke keraton resmi dibatalkan. Pihak Obama sudah mengirimkan surat ke Ngarso Dalem (Sultan, red.) bahwa kunjungannya ke Keraton Yogyakarta batal," ujar Tepas Keprajuritan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kanjeng Raden Tumenggung Kusumonegoro, di Yogyakarta, Senin (26/6).

 

Kusumonegoro juga mengatakan, untuk plesiran Obama ke Candi Prambanan dan Taman Tebing Breksi, pihaknya belum menerima adanya informasi perubahan.

 

"Saya juga tidak tahu pembatalan kunjungan ini apakah juga terjadi di objek-objek lain yang akan dikunjungi," katanya.

 

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut kedatangan Obama betul-betul menjadi endorser Pariwisata Indonesia. Pasalnya Presiden ke-44 Amerika Serikat itu mengunjungi destinasi destinasi andalan di Indonesia seperti Bali dan Yogyakarta.

 

"Silahkan Eksplore Bali dan Jogja, kata Arief Yahya. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut destinasi manapun yang dikunjungi Mantan Presiden Obama itu akan menjadi sangat tersohor di dunia. Obama betul-betul menjadi endorser pada Pariwisata Indonesia.

 

"Followers Obama di Twitter mencapai 90 juta pengikut, sekali beliau mentweet akan berdampak langsung kepada pengikutnya. Ini akan menjadi promosi yang bagus untuk pariwisata Indonesia, Terima kasih banyak Mr Obama,” kata Menpar Arief Yahya dari Banyuwangi.

 

“Maka saat inilah timing yang paling bagus mempromosikan Bali lebih keras lagi di mata dan telinga dunia. Karena itu pula saya porsikan budget besar promosi di Time Square Amerika untuk menyambut Barack Obama. Kami genjot sejak kehadirannya ke Bali, Yogyakarta dan Jakarta,” ungkap Menpar Arief Yahya.

 

Menpar Arief berharap setelah Obama meninggalkan Bali, segera dibuat paket "Napak Tilas" Obama di Bali dan dipromosikan di pasar Amerika dan Eropa.

 

"Sama dengan Raja Salman Arab Saudi, napak tilas liburan Mantan Presiden AS Obama itu akan sengat menarik," kata Arief Yahya lagi.(jpnn)

 

 


 

Advertisement
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.