FIF Group Bidik Pembiayaan Umrah dan Haji Rp 400 M

Typography

SURABAYA, RadarPena.com - Potensi pembiayaan umrah membesar seiring bertambahnya permintaan masyarakat untuk ke Tanah Suci. Tak mengherankan, PT Federal International Finance (FIF Group) melalui unit usahanya yang bergerak di bidang pembiayaan berbasis syariah, Amitra, membidik pembiayaan perjalanan umrah di Jatim.

Branch Manager FIF Group Rungkut Dody Agung Susetya menyatakan, potensi pembiayaan perjalanan umrah di Jatim cukup besar. Beberapa kota/kabupaten menjadi daerah dengan tingkat keberangkatan umrah yang tinggi. ’’Seperti Surabaya dan Gresik,’’ katanya di sela road show Amitra Berbagai Berkah, Minggu (18/6).

Selain itu, daerah Tapal Kuda seperti Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi memiliki potensi yang tak kalah besar. ’’Kami juga ekspansi ke Madura, terutama Bangkalan dan Sumenep,’’ tambah Dody.

Upaya memperluas nasabah tersebut didukung keberadaan kantor cabang yang hampir merata di seluruh Jatim. ’’Selama ini, nasabah kami 80 persen didominasi pelanggan lama. Tapi, kami juga genjot penetrasi pelanggan baru,’’ lanjut Dody.

Selain menggaet nasabah baru, pihaknya akan memperluas jaringan biro perjalanan. Tercatat, baru ada tujuh biro perjalanan lokal yang bekerja sama dengan pihaknya. ’’Kami akan terus tambah, tapi tetap disesuaikan dengan standar,’’ ucap Dody.

Secara nasional, pihaknya sudah bekerja sama dengan 79 biro travel, baik level nasional maupun lokal. Brand Amitra baru diperkenalkan FIF Group pada Agustus 2015. Secara nasional, sepanjang 2016, pembiayaan untuk haji dan umrah yang mencapai Rp 40 miliar sudah disalurkan. 

Sementara itu, jumlah jemaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci mencapai tiga ribu orang. Tahun ini, ditargetkan penyaluran pembiayaan umrah dan haji sebesar Rp 400 miliar. (res/c18/sof/jpnn)