JAKARTA, RadarPena.com - Para guru dan kepala sekolah yang mengikuti program Innovative Schools Program (ISP)‎ mengaku mendapatkan banyak pengetahuan tentang cara mengajar yang baik dibanding pelatihan lainnya. Lewat ISP juga, guru dan kepsek lebih banyak inovasinya.

"Saya jadi tahu bagaimana agar pelajaran matematika menjadi menyenangkan. Selama ini pelatihan yang kami dapat dari pemerintah lebih banyak teori. Padahal selain pengetahuan, teknik tentang komunikasi dua arah (guru dan siswa) itu penting," kata Kepsek SDN Lebak Bulus 04 Pagi Nanik Setyowati saat memberikan testimoni soal program ISP, Selasa (28/2).

Dia menambahkan, program ISP terbukti mampu memberikan terobosan baru dalam hal teknis belajar mengajar di dalam kelas. Di sini guru-guru mendapatkan banyak ilmu untuk mengaplikasi metode mengajar yang bervariasi dan bisa memotivasi anak didik menjadi lebih kreatif, memiliki rasa ingin tahu tinggi, dan fokus terhadapp mata pelajaran di sekolah.

Sri Subekti, guru SDN Pondok Labu 07‎ mengungkapkan, program ISP mengajarkan guru bagaimana mendidik siswa agar menghargai perbedaan, dan berani mengungkapkan pendapat.

Selain itu model pengajarannya dibuat semenarik mungkin sehingga siswa tidak merasa bosan dan tertekan. "Kalau sebelumnya, saya suka gebrak meja untuk menenangkan siswa yang ribut, sekarang tidak lagi. Saya mengambil cara dengan ‎permainan tepuk tangan berdasarkan kesepakatan bersama.”

“Dengan ISP saya merasakan wawasan saya lebih luas, kreatif, dan lebih sabar. Sekarang tidak ada lagi siswa ribut dan saya tidak lagi gebrak meja," terangnya.

Sementara ‎Sekretaris Ditjen Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Thamrin Kasman mengatakan, guru-guru dan kepsek lulusan program ISP akan ditarik Kemendikbud untuk dijadikan fasilitator.

Dia berharap tidak hanya guru dan kepsek di wilayah Jakarta Selatan yang bisa mengikuti ISP, tapi seluruhnya agar mutu pendidikan makin meningkat. (esy/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - ‎Keberadaan sekolah satuan pendidikan kerjasama (SPK) sejauh ini dinilai aman-aman saja. Meski Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengevaluasi keberadaan SPK, bukan berarti ada pelanggaran.

"Sejauh ini lancar-lancar saja. Tidak harus ada pelanggaran baru diingatkan bahwa ada aturan main untuk sekolah SPK. Selama ini kami selalu memberikan rambu-rambu kepada SPK," kata Sekretaris Ditjen Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Thamrin Kasman saat meresmikan program Innovative Schools Program (ISP) di Jakarta Intercultural School (JIS), Selasa (28/2).

Tidak adanya masalah SPK, lanjutnya, karena Kemendikbud intensif melakukan sosialisasi aturan-aturan kepada masing-masing pengelola SPK. Salah satunya adalah keharusan mengenalkan budaya Indonesia kepada para siswanya.

Sementara itu Head of School JIS Timothy Carr mengatakan, sebagai sebuah institusi pendidikan, pihaknya memiliki perhatian khusus tidak hanya kepada para peserta didiknya, tapi juga terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui ISP.

Program ini merupakan hasil kerja sama dengan Yayasan Emmanuel Mentari School Jakarta dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang ditujukan bagi guru-guru serta kepsek SD Negeri Jakarta untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui metode pengajaran interaktif, menyenangkan, dan lebih memotivasi.‎

"Sebagai SPK, JIS ingin berkontribusi langsung pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya dengan ISP. Kami berharap program ISP bisa terus dikembangkan dan diperluas jangkauannya ke daerah-daerah lain sehingga bisa memberikan manfaat bagi para pengajar maupun siswa," tuturnya.‎

Ke depan, lanjut Timothy, para guru JIS yang terlibat dalam program ini akan melakukan serangkaian pelatihan dan berbagi pengetahuan serta pengalaman kepada guru-guru maupun sekolah di SDN wilayah Jakarta.‎ (esy/jpnn)‎

JAKARTA, RadarPena.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengimbau para kepala sekolah tidak menarik dana bagi siswa peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Pasalnya, pemerintah tidak pernah meminta sekolah harus membeli komputer.

"UNBK itu gratis, tidak boleh menarik pungutan kepada siswa untuk membayar UNBK. Kan saya sudah pernah bilang, tidak harus beli tapi bisa kerja sama dengan sekolah lain atau lembaga lainnya. Kalau harus sewa ya sekolah harus kreatif jangan disuruh siswa yang bayar," kata Muhadjir, Selasa (28/2).

‎Di sejumlah daerah ada laporan para siswa ditarik dana Rp 100 ribu untuk ikut UNBK. Dana itu disebut-sebut sebagai biaya atas fasilitas komputer yang dipakai siswa. "Enggak boleh ada pungutan untuk UNBK. UNBK dan non-UNBK itu dibiayai negara kok," tegas Muhadjir.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini mengimbau para orang tua murid melaporkan ke Inspektorat bila ada sekolah yang berani menarik dana ke siswa peserta UNBK. (esy/jpnn)

SURABAYA, RadarPena.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meninjau kesiapan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2017.

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Surabaya, Sidoarjo dan Mojokerto, Muhadjir menyaksikan proses produksi dan memastikan kualitas cetak dan kesiapan distribusi soal-soal UN di percetakan Jasuindo Tiga Perkasa, Kota Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

"Tahun ini kami tingkatkan keamanan dan distribusi soal-soal UN, karena itu kami bekerja sama dengan Ombudsman untuk mengawal pelaksanaan UN," kata Muhadjir, Selasa (28/2).

Dia berpesan kepada percetakan untuk memastikan kualitas pengemasan paket-paket soal, khususnya yang dikirimkan ke kabupaten dengan kondisi geografis yang menantang seperti Maluku Utara yang wilayahnya terdiri dari kepulauan.

Percetakan Jasuindo Tiga Perkasa bertanggung jawab pada penyediaan soal untuk Regional V wilayah Propinsi Banten, Jawa Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Selain Jasuindo, terdapat empat perusahaan percetakan yang juga mendapatkan tugas mencetak naskah soal UN. Di antaranya Temprina Media Grafika untuk Region 1 dan 2, Ghalia Indonesia untuk Region 3, dan Adi Perkasa Makassar untuk Region 4.

Selain menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pemerintah juga menggunakan metode berbasis kertas dan pensil (UNKP).

UNKP diperuntukkan bagi sekolah yang belum memenuhi standar penyelenggaraan UNBK karena faktor teknis, baik kesiapan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK) maupun sumber daya listrik. Selain itu, UNPK juga dilaksanakan sekolah yang memiliki siswa peserta UN dengan kebutuhan khusus.

Direktur Jasuindo Hendra Susanto menyampaikan, saat ini soal UN untuk SMA dan SMK untuk Papua dan Papua Barat sudah dikirimkan ke ibukota propinsi. "Saat ini soal untuk SMP sudah selesai cetak dan memasuki tahap penyelesaian," ujarnya.

Berdasarkan data Kemendikbud, sekitar 7,7 juta siswa dari berbagai jenjang siap melaksanakan UN di tahun 2017.

Sesuai data Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) per 22 Februari 2017, terdapat 3,8 juta peserta UN (49,4%) dari semua jenjang akan melaksanakan ujian dengan menggunakan kertas dan pensil.

Sesuai dengan Prosedur Operasi Standar (POS), UN akan diselenggarakan pada tanggal 10 sampai dengan 13 April 2017 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tanggal 2 sampai dengan 8 Mei untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).  Sedangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan menyelenggarakan UN lebih awal pada 3 sampai 6 April 2017. ‎(esy/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Sri Rabitah diduga menjadi korban penghilangan ginjal. Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid mengaku sudah mendapat kabar itu.

Dia menegaskan, sudah dilakukan pertemuan antara Sri, pemerintah provinsi serta rumah sakit umum daerah (RSUD) NTB. Bahkan, kata dia, sudah dilakukan praoperasi yang langsung dipimpin oleh wakil direktur RSUD NTB dan dokter bagian radiologi.

Nusron menegaskan, hasil pemeriksaan praoperasi dinyatakan bahwa ginjal Sri masih lengkap. "Dari pihak dokter menjelaskan bahwa kedua ginjal TKI (Sri) masih ada," kata Nusron di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (28/2).

Dia menjelaskan, operasi pengangkatan ginjal merupakan tindakan medis yang sangat kompleks. Menurut dia, praoperasi ginjal saja membutuhkan waktu satu minggu.

Pascaoperasi juga membutuhkan waktu dua minggu. Meski demikian, Nusron mengatakan hasil penjelaskan dokter menyebutkan masih ada selang yang tertanam dan harus dikeluarkan dari dalam tubuh Sri.

Nusron menjelaskan, selang tersebut dipasang untuk memperlancar saluran kemih. "Pengeluaran selang atau operasi akan dilakukan 2 Maret 2017," ujarnya.

Nusron menjelaskan, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI), Mataram NTB, sudah menemui Sri. Dokter disaksikan BP3TKI Mataram serta Pemerintah Kabupaten Lombok Utara sudah menjelaskan kondisi Sri. Selanjutnya, pihak RSUD NTB, BP3TKI Mataram beserta Sri menjelaskan kepada para wartawan yang sedang berada di RS.

Sri secara langsung menjelaskan kepada wartawan bahwa telah terjadi kesalahpahaman terkait informasi bahwa salah satu ginjal yang bersangkutan tidak ada.  "Selain itu TKI (Sri) juga meminta maaf kepada publik atas penyebaran informasi yang keliru," kata dia.

Nurson pun meminta publik untuk bersabar. Sebab, keterangan yang diperoleh dari Qatar, tempat Sri bekerja mau pun yang ada di si sini masih simpang siur. "Kita tunggu sampai 2 Maret nanti sehingga dokter bergerak untuk membuktikan apakah ginjalnya itu masih ada atau tidak," katanya.

Yang jelas, kata Nusron, menurut deteksi awal praoperasi yang dilakukan dokter yang dipimpin langsung wakil direktur RSUD NTB dinyatakan ginjal Sri masih ada. "Tapi, namanya praoperasi tidak 100 persen betul, ada unsur kesalahannya. Untuk dibuktikan benar atau tidak akan dilakukan pada 2 Maret nanti untuk dilihat secara utuh," katanya.

Dia menegaskan, kalau sampai terbukti benar terjadi penghilangan ginjal, maka izin perusahaan yang mempekerjakan Sri akan dicabut. "Kedua, majikannya kami tuntut. Tapi, untuk saat ini kami serahkan ke tim dokter terlebih dahulu," pungkas Nusron. (boy/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid menyatakan, Siti Aisyah yang kini ditahan Polis Diraja Malaysia karena membunuh Kim Jong-nam hanyalah korban.

Menurut Nusron, janda asal Serang, Banten itu hanya dimanfaatkan untuk membunuh kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un tersebut. "Kita menyatakan bahwa Aisyah adalah posisinya korban penipuan," kata Nusron di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (28/2). 

Karenanya Nusron menegaskan, pemerintah Indonesia akan mendampingi Aisyah dan membelanya. Selain itu, pemerintah Indonesia akan berupaya mencari fakta dan bukti baru. “Itu akan meringankan Saudari Aisyah," kata Nusron. 

Sebelumnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, berdasarkan informasi yang dihimpun perwira penghubung atau liaison officer (LO) Polri maupun Kepolisian Malaysia, Aisyah memang diduga terlibat kasus ini.  Namun, Tito memastikan Aisyah tidak menyadari bahwa aksinya menyemprotkan cairan justru untuk membunuh Jong-nam.

Tito menambahkan, Aisyah mengaku direkrut untuk sebuah program prank atau lelucon. Bahkan, lanjut dia, Aisyah sudah beberapa kali shooting program tersebut. 

"Tiga kalau tidak salah. Tapi bukan di bandara, tapi di tempat lain," kata Tito di sela-sela rapat kerja dengan Komisi III DPR, Rabu (22/2).(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Banyak orang mengatakan seks menyakitkan, namun ada juga yang bilang seks membuat Anda menginginkannya lagi. Ada banyak alasan mengapa bercinta atau berhubungan seksual bisa jadi hal menyakitkan bagi Anda.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Yourtango, Senin (27/2).

1. A prolapsed MS. V or prolapsed uterus bisa membuat seks menjadi menyakitkan

Ms. V prolaps disebabkan ketika otot-otot yang mendukung Ms. V atau rahim menjadi lemah dan tidak lagi melakukan pekerjaan mereka. Salah satu penyebab paling umum untuk ini adalah kehamilan dan persalinan.

Penyebab lain adalah pergeseran hormonal yang bisa terjadi selama menopause.

Kurang estrogen dalam sistem tubuh Anda berarti bahwa otot-otot Ms. V Anda melemah yang bisa menyebabkan prolaps.

Untuk beberapa penderita prolaps, operasi adalah pilihan.

Bagi orang lain, tindakan non-bedah, seperti olahraga benar-benar bisa membantu memperkuat otot Anda.

2. An irritated cervix membuat seks menjadi menyakitkan selama penetrasi mendalam.

Jika Anda memiliki STD, leher rahim Anda mungkin mengalami iritasi. Hal ini bisa menyebabkan sakit serius saat berhubungan seks.

Jika itu PMS, berbicara dengan dokter Anda dan memintan obat untuk mengobatinya.

Jika leher rahim Anda tampaknya menjadi sensitif, beritahu dokter Anda. Mereka mungkin bisa membantu.

Juga mencoba posisi penetrasi seks dangkal dan melihat apakah hal tersebut membantu.

3. Alergi terhadap kertas toilet atau produk menstruasi bisa membuat segala sesuatu menyakitkan, termasuk seks.

Jika Anda memiliki alergi terhadap kertas toilet, bantalan menstruasi atau tampon maka hal tersebut bisa membuat Ms. V Anda “jengkel sekali” yang bisa membuat seks menjadi menyakitkan.

4. Kurangnya pelumasan.

Bagi banyak wanita, kurangnya pelumasan bisa membuat hubungan seksual menjadi menyakitkan.

Beberapa wanita, bahkan mereka yang benar-benar terangsang, butuh waktu yang lama dalam memproduksi lubrikasi alami.

Kekeringan Ms. V adalah efek samping yang umum dari banyak obat resep. Tetap terhidrasi dan menggunakan banyak pelumas bisa membantu meringankan rasa sakit disebabkan oleh kekeringan Ms. V.

5. Kurangnya foreplay.

Foreplay dibutuhkan untuk memproduksi pelumasan secara alami.

Namun, ada kalanya Anda bisa terangsang tapi tidak siap untuk penetrasi yang menyebabkan rasa sakit selama hubungan seksual.

6. Terlalu banyak stres dalam hidup Anda bisa menyebabkan masalah seks yang serius.

Merasa stres dan kewalahan bisa membuat orang merasa 100 persen tegang dan tidak siap untuk seks.

Yang pada gilirannya, jika Anda berhubungan seks dengan pasangan, bukannya merasa nikmat, Anda justru merasa kesakitan.

7. Ukuran Ms. V Anda bisa membuat sakit saat berhubungan seks.

Beberapa wanita dengan bukaan Ms. V lebih kecil mungkin menemukan seks cukup menyakitkan.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda sepenuhnya terangsang, benar-benar basah (secara alami atau dengan bantuan lube) dan minta pasangan Anda melakukan penetrasi secara perlahan-lahan.(fny/jpnn)

More Articles ...