PGRI Penataan Sistem UN Harus Diperbaiki

Typography

JAKARTA, RadarPena.com - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) meminta sistem Ujian Nasional (UN) ditata sehingga pelaksanaannya lebih baik.

"Kita minta penataan sistem Ujian Nasional dengan baik sehingga cukuplah para guru yang di kelas," kata Plt Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis (12/1).

Dia mengatakan saat ini di daerah-daerah siap melaksanakan UN dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) namun ada beberapa permasalahan misalnya terkait pengamanan ujian juga ada daerah-daerah yang mengalami dampak bencana alam.

"Tetapi kami juga berharap mekanismenya lebih baik lagi kalau bisa hanya guru saja tidak ada aparat keamanan yang berada di dalam kelas," tambah dia.

Dia menambahkan guru perlu diberi kepercayaan sesuai dengan otoritasnya dan sistem pelan-pelan diperbaiki. 

PGRI juga melaporkan pelaksanaan ujian nasional pada 2017 bersamaan dengan Hari Raya Galungan pada April 2017 sehingga jika perlu waktu pelaksanaannya bisa ubah untuk menghormati penganut umat Hindu.

Dalam pertemuan dengan Wapres tersebut juga dilaporkan terkait pengalihan kewenangan SMA/SMK dari pemerintah kabupaten/kota ke provinsi. (ant)