Sport News

LONDON, RadarPena.com - Defender Gary Cahill akhirnya resmi ditunjuk sebagai kapten utama Chelsea. Penunjukkan itu dilakukan langsung oleh manajer Antonio Conte. 

Cahill menggantikan peran John Terry yang telah meninggalkan Stamford Bridge dan kini menjadi bagian dari Aston Villa. Bagi Cahill, menjabat kapten tim bukan hal yang asing. Sepanjang musim lalu, dia telah kerap bertindak sebagai kapten menyusul putusan Conte yang lebih sering memarkir Terry. 

Conte menilai Cahill memang sosok tepat mengemban tugas tersebut. Semenjak digaet Chelsea dari Bolton Wanderers pada 2012 silam, Cahill langsung menjelma menjadi pilar penting. 

"Cahill pantas menjadi kapten utama Chelsea. Saat ini dia pilihan terbaik. Kenapa? Dia telah tinggal di Chelsea selama beberapa tahun dan dia berjiwa pemimpin," sebut Conte kepada London Evening Standard. 

Selain menunjuk Cahill sebagai kapten utama, Conte juga menyebut kapten masa depan Chelsea berikutnya. "Masih ada Cesar Azpilicueta, David Luiz, Thibaut Courtois, dan tentunya Cesc Fabregas," imbuh Conte. 

Conte juga berbicara terkait Terry yang saat ini menjadi defender Aston Villa di Divisi Championship. Menurutnya, Terry akan mampu membuktikan kualitasnya di Villa. Conte juga meyakini bahwa Terry akan meneruskan kariernya menjadi manajer. 

"Saya pikir Terry akan bisa menjadi manajer yang hebat. Dia memiliki kemampuan untuk mengelola tim," pungkas Conte. (jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com - Pelatih Timnas U-22 Indonesia, Luis Milla, membuat keputusan menarik dengan menempatkan Hansamu Yama Pranata sebagai penyerang di laga kontra Thailand, Minggu (23/7). Milla menyebut, langka itu diambil menyesuaikan kondisi di lapangan.

Akibat kondisi lapangan Stadion Nasional Supachalasai, Bangkok, yang becek menyusul hujan deras sejak awal laga, Milla mengaku strateginya tak berjalan lancar. Pelatih asal Spanyol itu menyebutkan, anak asuhnya terpaksa bermain dengan bola-bola panjang demi menciptakan gol. 

Bahkan, demi menyukseskan perubahaan strategi tersebut, Milla mengaku sengaja menggeser posisi Hansamu dari bek tengah menjadi penyerang mendampingi Marinus Mariyanto Manewar jelang pertandingan. Kala itu, Indonesia tengah mendapatkan momentum dengan mendominasi serangan atas Thailand.

Sayangnya, upaya Milla tetap saja gagal membuahkan gol. Indonesia dan Thailand harus puas berbagi skor imbang 0-0 sampai laga tuntas. Indonesia dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2018 akibat hanya menempati peringkat ketiga Grup H, di bawah Malaysia dan Thailand.

"Kami membutuhkan dua pemain besar untuk mencetak gol melalui skema bola panjang. Namun tidak berhasil dan itu membuat saya sedih. Melihat kerja keras pemain, seharusnya mereka mendapatkan hadiah lolos dari babak grup kualifikasi," kata Milla seusai laga seperti dilansir PSSI.

Sementara itu, salah satu pemain timnass U-22 Febri Haryadi menyebut hasil kacamata dengan Thailand tidak memuaskan. Namun, dirinya berusaha mengambil hikmah dari persoalan tersebut. "Ini jadi pembelajaran bagi kami," tutur Febri singkat.

Kegagalan di kualifikasi Piala Asia U-23 merupakan hasil negatif pertama Milla di turnamen resmi sejak ditunjuk sebagai pelatih Timnas oleh PSSI pada Januari 2017.

Berikutnya, tantangan pelatih yang pernah bermain untuk Barcelona dan Real Madrid itu adalah membawa anak asuhnya merebut medali emas SEA Games 2017 pada pertengahan Agustus 2017. 

 

(ira/JPC/JPG)

JAKARTA, RadarPena.com - Pelatih Timnas U-22 Indonesia, Luis Milla, mengaku kegagalan mengalahkan Thailand dikarenakan kondisi lapangan Stadion Nasional Supachalasai, Bangkok, yang buruk. Pada laga pamungkas Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2018, Minggu (23/7) itu, Indonesia bermain 0-0 dengan Thailand.

Milla mengatakan, strategi permainan anak asuhnya gagal diterapkan karena lapangan tergenang air menyusul hijan deras yang turun sejak awal laga.

Alhasil, skor imbang 0-0 membuat Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia U-23 yang digelar Januari 2018 di Tiongkok. Kedua tim tidak bisa menampilkan permainan terbaik karena sekitar 40 persen lapangan tergenang air.

"Sebenarnya kami sudah memahami permainan Thailand, tapi ternyata kondisi lapangan membuat kami kesulitan bermain. Para pemain bekerja sangat keras untuk berlaga di lapangan seperti itu," ujar Milla seperti dilansir PSSI.

Dari Grup H, Malaysia menjadi yang terbaik dengan enam poin dari dua kemenangan dan sekali kalah di tiga pertandingan. Thailand sendiri berada di peringkat kedua dengan lima poin, dari dua hasil seri dan sekali menang, disusul Indonesia dengan 4 poin, dan Mongolia 1 poin.

Malaysia berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2018. Sementara Thailand masih berharap lolos sebagai salah satu runner-up terbaik.

 

(ira/JPC/JPG)

JAKARTA, RadarPena.com - Dylan Groenewegen memang berhasil memenangi etape 21 Tour de France 2017. Namun, panggung balap sepeda paling bergengsi di dunia itu menjadi milik pembalap asal Inggris Raya, Chris Froome. Pria berusia 32 tahun itu berhasil merebut titel juara untuk keempat kalinya di Tour de France.

Froome menunjukkan performa yang nyaris sempurna untuk merebut titel ketiga beruntunnya. Meski sempat mendapat beberapa kendala, dukungan rekan setim di Team Sky mampu membantunya untuk menuju takhta. Sementara, Rigoberto Uran berada di posisi kedua klasifikasi umum dengan terpaut 54 detik di belakang Froome, dengan Romain Bardet menguntit di posisi ketiga.

"Setiap kali saya menang terasa unik, selalu ada pertarungan berbeda untuk meraih momen ini. Semua gelar terasa spesial, tapi tahun ini akan diingat sebagai yang terketat dan terberat," sebut pembalap Team Sky itu seusai finis etape 21 di Champs Elysees, kepada BBC Sport, Minggu (23/7).

Ucapan Froome sangat masuk akal. Saat merebut tiga titel sebelumnya, Froome sangat dominan dan unggul cukup jauh dari pesaingnya. Pada 2013, dia ungguk 4 menit dan 20 detik dari Nairo Quintana, sedangkan tahun berikutnya terpaut 1 menit dan 12 detik dari rival yang sama.

Lalu pada 2016, Froome bahkan mampu tampil perkasa denga mengungguli Romain Bardet hingga 4 menit dan 5 detik. Baru tahun ini Froome bsia ditempel oleh pesaingnya hingga etape pamungkas dengan jarak kurang dari satu menit.

"Setiap Tour sangat sulit. Susa mengatakan mana yang terberat, setiap tahun selalu ada tekanan. Namun jelas ini yang terketat," sambungnya.

Fakta menariknya, Froome menjadi juara dengan tanpa kemenangan satu etape pun. Dia menjadi satu daru tujuh pembalap yang juga pernah meraih titel juara tanpa kemenangan etape. Namun, secara koleksi gelar, Froome layak berada di urutan kedua.

Dia hanya kalah dari koleksi lima gelar yang pernah dirai empat pembalap, Jacques Anquetil, Eddie Merckx, Bernard Hinault, dan Miguel Indurain. Dia juga menjadi pembalap pertama yang memenangi tiga gelar berturut-turut sejak Indurain pada periode 1991-95.

"Saya tertegun, sungguh menakjubkan," kata Froome setelah melepaskan sepedanya dan memeluk istrinya Michelle dan sang anak Kellan.

Dengan menjadi juara, Froome berhak atas hadiah sebesar 500 ribu euro. Sementara, Michael Matthews dari Team Sunweb sebagai penguasa jersey hijau berhak atas 25,000 euro. Rekan setim Matthews, Warren Barguil, menjadi penguasa jersey polkadot dan juga mendapat ganjaran 25.000 euro. Satu lagi, Simon Yates dari tim Orica-Scott, mendapat hadiah 20.000 euro atas jersey putih yang dikuasainya.

HASIL ETAPE 21:

1. Dylan Groenewegen (Ned/LottoNL-Jumbo) 2 jam 25 menit 39 detik

2. Andre Greipel (Ger/Lotto-Soudal) waktu sama

3. Edvald Boasson Hagen (Nor/Dimension Data)

4. Nacer Bouhanni (Fra/Cofidis)

5. Alexander Kristoff (Nor/Katusha-Alpecin)

6. Borut Bozic (Slo/Bahrain-Merida)

7. Davide Cimolai (Ita/FDJ)

8. Pierre-Luc Perichon (Fra/Fortuneo-Oscaro)

9. Ruediger Selig (Ger/BORA-hansgrohe)

10. Daniele Bennati (Ita/Movistar Team)

KLASIFIKASI UMUM:

1. Chris Froome (GB/Team Sky) 86 jam 20 menit 55 detik

2. Rigoberto Uran (Col/Cannondale-Drapac) +54 detik

3. Romain Bardet (Fra/AG2R La Mondiale) +2 menit 20 detik

4. Mikel Landa (Spa/Team Sky) +2 menit 21 detik

5. Fabio Aru (Ita/Astana) +3 menit 05 detik

6. Dan Martin (Ire/Quick-Step Floors) +4 menit 42 detik

7. Simon Yates (GB/Orica-Scott) +6 menit 14 detik

8. Louis Meintjes (SA/Team UAE Emirates) +8 menit 20 detik

9. Alberto Contador (Spa/Trek-Segafredo) +8 menit 49 detik

10. Warren Barguil (Fra/Team Sunweb) +9 menit 25 detik

 

(ira/JPC)

JAKARTA, RadarPena.com - Empat hari jelang ulang tahun ke-24 pada Kamis (27/7), Jordan Spieth mendapat kado spesial usai menjuarai The Open di Royal Brikdale. Pegolf Amerika Serikat itu memenangi titel pertamanya di The Open melalui tiga pukulan setelah menjalani duel sengit dengan rivalnya, Matt Kuchar.

Bagi pegolf nomor tiga dunia tersebut, The Open menjadi gelar major ketiganya setelah Masters Tournament dan US Open. Spieth menjadi pegolf kedua setelah Jack Nicklaus, yang memenangi tiga dari empat gelar major sebelum usia 24 tahun. Sebelumnya dia merebut Masters Tournament dan US Open pada 2015.

Dia juga tercatat sebagai juara termuda di The Open sejak Seve Ballesteros memenangi gelar pertamanya dari tiga kesempatan pada usia 22 tahun, 1979 silam. "Ini benar-benar sebuah mimpi yang menjadi kenyataan," ucap Spieth kepada BBC Sport.

Spieth, yang memimpin memimpin setelah setiap putaran, mencatat one-under-par 69, dengan Kuchar meninggalkannya di posisi sembilan. Sementara, pegolf berusia 21 tahun, Li Haotong dari Tiongkok, memainkan putaran kedua turnamen dengan 63 naik ke posisi ketiga dengan six under.

Rory McIlroy dari Irlandia Utara mencatat three-under 67 untuk menempati peringkat keempat, disusul pegolf Spanyol Rafael Cabrera-Bello (68). Sementara, pegolf nomor 172 dunia asal Inggris, Matthew Southgate, menyelesaikan four under untuk posisi keenam, bersama dengan Branden Grace asal Afrika Selatan, yang mencetak 62 pertamanya di babak ketiga turnamen major.

"Saya minum anggur dari Claret Jug saat Zach Johnson memenanginya dua tahun yang lalu dan orang-orang mengatakan bahwa itu adalah nasib buruk. Saya mulai mempercayai mereka juga setelah 9 lubang hari ini," ucap Spieth, yang menerima hadiah uang sebesar USD 1,8 juta

Setelah putaran ketiga, Spieth mengaku telah belajar dari kegagalan di Master 2016, saat dia menyia-nyiakan keunggulan lima pukulan dengan sembilan lubang tersisa.

Kini, Spieth memiliki kesempatan untuk melengkapi prestasi Grand Slam-nya di PGA Championship pada Agustus. Pencapaian terbaiknya di PGA Championship adalah peringkat kedua pada 2015. 

 

(ira/BBC/JPC/JPG)

JAKARTA, RadarPena.com - Indonesia tak mau sekadar numpang lewat di turnamen 19th Asian Senior Men's Volleyball Championship 2017. Sebab, event yang digelar di GOR Tri Dharma komplek Petrokimia dan GOR Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) Gresik, 24 Juli - 1 Agustus ini layak disebut sebagai pemanasan sebelum Asian Games 2018.

Asian Senior Men's Volleyball Championship adalah pertemuan negara-negara kuat di cabor bola voli. Ada 16 negara yang akan ambil bagian di turnamen ini. Mereka terbagi dalam empat grup. Delapan tim di antaranya adalah mereka yang lolos ke perempat final pada edisi sebelumnya. Sedangkan tujuh negara lain dipilih melalui proses kualifikasi. Plus satu negara yang bertindak sebagai tuan rumah.

Indonesia sebagai tuan rumah akan menempati Grup A bersama Qatar, Kazakhstan dan Arab Saudi. Grup B berisi juara bertahan Iran, Taipe, Pakistan dan Iraq. Lalu di Grup C ada Jepang, Korea, Vietnam dan Srilangka. Sedangkan Grup B berisi Australia, China, Thailand serta Hongkong.

Juara dan runner-up di turnamen ini berhak menjadi wakil Asia di Kejuaraan Dunia. Satu poin yang tak kalah menarik adalah event ini merupakan ajang pemanasan sebelum digelarnya Asian Games di Jakarta 2018 nanti.

"Ke-16 negara yang mengikuti turnamen ini adalah kandidat peserta Asian Games 2018 mendatang. Jadi mereka melakukan uji coba di Gresik untuk persiapan tahun depan," ucap Ketua Panitia Penyelenggara Heyzer Harsono Kamis (20/7) sore.

Sebagai tuan rumah, Indonesia tak mau sekadar meraih sukses penyelenggaraan. Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo memasang target delapan besar untuk tim bola voli putra. Imam menjelaskan, dirinya tak mau over confidence dengan membidik gelar juara di kandang sendiri. Sebab lawan yang dihadapi Indonesia adalah negara-negara kuat.

"Makanya kami berharap bisa menang di babak grup. Paling tidak bisa gabung di delapan besar. Kalau delapan besar di turnamen ini tercapai, mudah-mudahan medali emas juga tercapai di SEA Games Kuala Lumpur," harap Imam saat ditemui di Surabaya

Tak mengherankan bila Indonesia memanfaatkan kejuaraan ini sebagai ajang pemanasan sebelum SEA Games. Sebab ada dua negara asal Asia Tenggara yang berpartisipasi di Asian Senior Men's Volleyball Championship 2017. Kedua negara itu adalah Thailand dan Vietnam. Bak menyelam minum air, Indonesia bisa memantau kekuatan kompetitornya itu di Kota Giri.

"Saya yakin Thailand dan Vietnam akan menurunkan tim nasionalnya. Karena grade kejuaraan ini jauh di atas SEA Games. Sehingga mereka akan habis-habisan di sini. Apalagi jika masuk delapan besar mereka bisa mengunci tiket turnamen ini untuk dua tahun depan," jelas Ketua V Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI Hanny S. Surkatty kepada JawaPos.com.

 

(saf/JPC/JPG)

BANDUNG, RadarPena.com - Gelandang Persib Bandung Dedi Kusnandar resmi memiliki pasangan hidup. Dia melepas masa lajangnya setelah menikahi gadis pujaannya, Lerry Alfani di Bandung, Jawa Barat, Minggu (19/3) siang.

Ada prosesi yang unik sebelum pesta resepsi digelar, tepatnya pada sesi akad nikah. Dia memberikan mas kawin atau mahar berupa sebelas macam perhiasan.

Saat ditanya, makna sebelas macam perhiasan emas tersebut, pemain yang akrab disapa Dado itu mengakui ada filosofinya tersendiri.

"Sebelas menjadi nomor punggung saya. Sebelas juga terdiri dua angka 1 dan saya ingin menjadi nomor satu. Angka 11 juga merupakan tanggal jadian kami," katanya, kepada awak media saat sedikit bersantai usai sesi pernikahan.

Dia mengaku senang, karena saudara dan teman-teman yang diundangnya hadir dalam acara resepsi yang digelar di gedung Dayang Sumbi, Itenas, Bandung tersebut.

"Acaranya meriah, luar biasa senang sekali," tandasnya.(jpnn)

PARIS, RadarPena.com - Paul Pogba menjadi atlet yang mungkin paling disorot dalam satu tahun terakhir. Manchester United memecahkan rekor transfer dunia saat mendatangkan gelandang Prancis itu dari Juventus.

Tak ayal, Pogba dianggap sebagai pesepak bola Prancis paling sukses dan kaya saat ini. Namun, sebuah fakta menarik diungkapkan L'Equipe seperti dilansir JawaPos, Minggu (26/2). 

Setan Merah memecahkan rekor transfer hingga 110 juta euro untuk Pogba. Namun, sang pemain ternyata belum mampu menjadi atlet berpenghasilan paling besar saat ini.

Pogba hanya berada di peringkat kedua sementara dengan pemasukan 18 juta euro per tahunnya. Dia kalah dengan dengan point guard San Antonio Spurs, Tony Parker yang untuk keempat kalinya beruntun menjadi atlet dengan pemasukan terbesar yaitu 19,6 juta euro.

Di bawah kedua nama ada Karim Benzema, Franck Ribery, hingga pebasket lain Nicolas Batum. Striker Atletico Madrid, Antoine Griezmann berhasil menembus 10 besar, yakni di peringkat tujuh dengan pemasukan 12,3 juta euro.

Terlepas dari itu, ada prediksi bahwa Pogba akan menjadi atlet dengan pemasukan terbanyak pada akhir 2017 nanti dan mengalahkan dominasi Parker.

Ada yang memperhitungkan sang gelandang mampu mendapatkan setidaknya 25 juta euro dalam setahun itu. 

LONDON, RadarPena.com - Mantan pesepakbola David Beckham membocorkan rahasia keharmonisannya dengan sang istri, Victoria Beckham.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC Radio, belum lama ini, Bechkam membantah gosip yang berkembang yang menyebut bahwa ia dan sang istri tetap bersama hanya karena "brand Bechkam".

"Orang-orang telah berbicara tentang 'kita tetap bersama karena merek itu?' Tentu saja tidak," katanya Bechkam, seperti diberitakan RMOL, Minggu (29/1).

"Kami tetap bersama karena kami saling mencintai. Kami tetap bersama karena kita memiliki empat anak yang menakjubkan," sambungnya.

Beckham mengatakan bahwa ia dan keluarganya merupakan unit yang kuat dan dibesarkan dengan nilai-nilai yang benar.

"Tentu saja Anda membuat kesalahan selama bertahun-tahun. Kita semua tahu pernikahan kadang terasa sulit, dan pernikahan adalah tentang melewati hal semacam itu," jelas Bechkam.

Diketahui bahwa Victoria dan Beckham menikah pada tahun 1999 dan memiliki empat anak.

"Tentu saja Anda pergi melalui masa-masa sulit, tapi kami sangat menghormati kehidupan kita, dan ketika kita melakukannya melalui masa sulit kami bekerja melaluinya sebagai sebuah keluarga, sebagai satu unit," tegas Beckham.

LONDON, RadarPena.com - Mercedes tak ingin kehilangan pembalapnya, Valtteri Bottas. Manajemen telah menyiapkan perpanjangan kontrak bagi pembalap asal Finlandia itu untuk 2018. 

Seperti diketahui, Bottas dikontrak Mercedes selama setahun hanya untuk 2017. Namun, dia mampu menunjukkan performa gemilang sejauh ini. Mercedes pun tak ragu untuk segera memperpanjang kontraknya. 

Bottas bergabung dengan Mercedes sejak Januari 2017. Dia menggantikan posisi Nico Rosberg yang memilih pensiun. Bos Mercedes, Toto Wolff, rupanya tak ingin Bottas menjadi incaran tim lain. Maklum saja, sejumlah pembalap bakal habis kontrak akhir musim ini sebut saja Fernando Alonso, Sebastian Vettel, dan Kimi Raikkonen. 

Tentu saja tim-tim dari pembalap tersebut tengah berancang-ancang untuk mendapatkan pembalap lain atau mempertahankan yang ada. Berdasar itu, Mercedes langsung bergerak cepat agar Bottas tak digaet tim lain. 

Dalam 10 seri yang sudah berjalan pada musim balap 2017, Bottas mampu berada di posisi ketiga klasemen sementara pembalap dengan 154 poin. Dia dua kali meraih kemenangan yakni di GP Rusia dan GP Austria. Tiga kali podium kedua, dua kali podium ketiga, dan sisanya posisi keenam, keempat, dan sekali tidak finis.

"Bottas adalah pembalap yang luar biasa. Dia adalah pelengkap puzzel yang sempurna. Saya pikir, dia tak hanya pantas untuk 2018 saja, melainkan musim balap 2019 dan 2020," jelas Wolff seperti dilansir Crash. 

Rasanya sangat tidak mungkin Mercedes akan melepas Bottas. Penampilan pada musim pertama bersama Mercedes sangat mengesankan.(jawapos)

LONDON, RadarPena.com - Bos Mercedes, Toto Wolff, membantah kabar yang menyebutkan Lewis Hamilton akan pindah ke Ferrari setelah kontraknya berakhir pada akhir balapan 2018. Wolff menambahkan pihaknya tengah mempersiapkan kontrak baru bagi Hamilton untuk 2019 mendatang. 

Rumor tersebut beredar setelah dari pihak Mercedes belum ada sinyal bakal memperpanjang kontrak Hamilton. Meski, kontrak lamanya baru selesai pada akhir balapan 2018. 

Tak ingin spekulasi berkembang liar, Wolff langsung memberikan klarifikasi. Menurutnya, kabar itu tak jelas dari mana datangnya. 

"Saya tidak tahu tentang Ferrari. Saya hanya tahu setiap tim ingin memiliki pembalap terbaik. Demikian kami," sebut Wolff seperti dilansir Crash. 

"Hamilton dalam posisi aman. Dia adalah pembalap terbaik kami dan dia berpeluang kembali menjadi juara dunia. Kami akan segera membahas kontrak baru dengannya," imbuhnya. 

Hamilton menandatangani kontrak selama tiga tahun pada 2015 yang berarti berakhir pada 2018. Mercedes segera menyiapkan draft kontrak anyar untuk 2019.(jawapos)

LONDON, RadarPena.com  - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, lolos dari hukuman pasca-kualifikasi GP Inggris di Sirkuit Silverstone. Hal ini setelah dia dituduh lakukan adangan terhadap Romain Grosjean.
Dalam sesi itu, Hamilton diduga sengaja menghalangi Grosjean. Hal itu sempat membuat pebalap Haas tersebut berang.
Akan tetapi, usai kualifikasi, FIA tak menemukan ada yang salah. Untuk itu, mereka tak menghukum Hamilton.
"Jujur saya kesal karena FIA menilai saya tak terhambat oleh Hamilton. Padahal faktanya saya kehilangan sekitar 0,3 sampai 0,4 detik di satu tikungan," ungkap Grosjean dikutip Crash.
Menurutnya, FIA harus melihat regulasi balap. Hal ini bisa bikin pembalap lain melakukan hal yuang sama.
"Saya tahu ada persaingan gelar sedang berlangsung di barisan depan, tapi kami ada di posisi di mana kami sesungguhnya berjuang sama kerasnya dengan para pebalap di depan dan saya terhambat hari ini (Sabtu)," tandas dia. (jawapos)

Advertisement
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.