SBY Minta Polri Fokus Pengamanan Pemilu 2014

CEP DENI MUCHLIS

Senin, 01 Juli 2013 14:51

DEPOK-Jelang Pemilihan Umum 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan kepada jajaran Kepolisian Republik Indonesia untuk mengamankan jalannya pesta rakyat lima tahunan itu.


"Polri harus siap dan dapat menjalankan tugas untuk mengamankan dan memelihara keamanan dan ketertiban seluruh rangkaian kegiatan pemilu 2014 mendatang," ujar Presiden.

Hal itu disampaikan Presiden dihadapan tamu undangan dalam acara peringatan HUT Bhayangkara ke 67 di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Senin (1/7/2013).

Selain itu, Presiden juga mengingatkan agar perwira polisi pimpinan Timur Pradopo ini juga tetap bersikap netral. Ia mengutip pengalaman Pemilu tahun 2004 dan 2009 untuk dijadikan pelajaran dalam menyongsong pengamanan Pemilu 2014.

"Pemilihan umum dan kompetisi politik adalah salah satu pilar demokrasi. Oleh karena itu marilah kita perjuangkan dan capai dalam kepentingan politik itu secara gigih dan sesuai dengan aturan main serta tidak menghalalkan segala cara. Marilah kita pelihara kerukunan antar sesama warga bangsa dan janganlah kita korbankan dan benturkan mereka satu sama lain dalam kompetisi politik mendatang," tegas Presiden.

Presiden juga mengimbau agar jajaran Polri menjunjung tinggi kode etik Polri, etika kepribadian, kelembagaaan, dan hubungan masyarakat.

"Saya juga mengajak anggota Polri junjung tinggi kode etik Polri, etika kepribadian, kelembagaaan, dan hubungan masyarakat. Etika Polri yang berlandaskan Panca Sila dan Catur Prasetya Polri," imbaunya.
 


Editor: DIAN YUNIARNI

Berita Lainnya :