Polri Rotasi Tujuh Kapolda

CEP DENI

Selasa, 10 September 2013 08:19

JAKARTA - Menjelang pensiun, Desember 2013, Kapolri Jenderal Timur Pradopo merotasi tujuh jabatan penting dan strategis di tubuh Polri. " Penggantian jabatan ini berkaitan dengan adanya beberapa Pati dan Pamen Polri yang persiapan menjalani masa pensiun, sehingga ada beberapa Pati dan Pamen Polri yang berprestasi mendapatkan kesempatan promosi menempati jabatan yang ditinggalkan," jelas Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie,  saat dihubungi wartawan, Senin (9/9/2013) malam.

Pergantian sesuai SK Kapolri No: Kep/623/IX/2013 tanggal 9 September 2013, antara lain mengangkat  Kapolda Bali  Irjen Pol Arief Wahyunandi menjadi Asops Kapolri yang sebelumnya diisi oleh Komjen Pol Badrodin Haiti. Arief merupakan satu dari sembilan calon Kapolri yang direkomendasikan Kompolnas.

Posisi Arief digantikan oleh Brigjen Pol Albertus Julius Benny Mokalu, yang sebelmnya menjabat Kapolda Bengkulu. Sedangkan Kapolda Maluku diserahkan kepada Brigjen Pol Tatang Somantri, yang sebelumnya menjabat Karobinopsnal Baharkam Polri. Posisi yang ditinggalkan Tatang diisi Kombes Pol Ghufron.

Koorsahli Kapolri Irjen Pol Alex Bambang Riatmodjo juga dimutasi dan digantikan kepada Irjen Pol Herry Haryanto. Sementara, jabatan Wakil Irwasum Polri yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Agus Wantoro digantikan Irjen Pol Bambang Suparsono yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya. Posisinya diisi oleh Kapolda Banten Brigjen Pol Eddy Sumantri.

"Untuk Kapolda Banten diisi oleh Brigjen Pol Muhammad Zulkarnain yang sebelumnya menjabat Karokurlum Lemdikpol yang kemudian diisi oleh Kombes Pol Musyafak. Masih ada lagi yang lainnya," jelas Ronny.

Selain itu, Kapolri juga mengangkat Brigjen Andjaja yang sebelumnya Karo Srena Polri menjadi Kapolda Gorontalo. Waka Korbrimob Polri Brigjen Arie Sulistyo diangkat jadi Kapolda Kalbar.

Sedangkan, Kapolda Maluku Utara Brigjen Machfud Arifin diangkat jadi Kapolda Kalimantan Selatan. Terakhir, Kasespimma Lemdikpol Brigjen Sobri Effendi Surya diangkat jadi Kapolda Maluku Utara.
 


Editor: UNSIYAH SANGIDAH

Berita Lainnya :