Lewat Drama Adu Penalti, Garuda Muda Juara Piala AFF U-19

Senin, 23 September 2013 06:52

SIDOARJO- Indonesia tampil sebagai juara Piala AFF U-19, 2013. Gelar bergengsi itu diperoleh setelah Timnas Merah-Putih berhasil mengalahkan Vietnam melalui drama adu penalti, yang sangat menegangkan. Pasalnya, adu tos-tos pun harus dituntaskan lewat sudden death.

 

Dalam laga babak final yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (22/9/2013) malam, kedua tim tak mampu menciptakan gol, pada pertarungan normal 2 x 45 menit, plus perpanjang waktu (injury time).

 

Begitu pula setelah dilakukan babak tambahan, 2 x 15 menit (plus injury time) gawang Indonesia dan Vietnam tetap saja ‘’perawan’’.

 

Hasil imbang ternyata juga masih berlanjut ketika dilakukan adu penalti secara normal. Dari lima penendang, tiga berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, sedang dua penendang gagal, sehingga skor 3-3.

 

Untuk memastikan pemenangnya, terakhir ditempuh adu penalti dengan sistem sudden death. Kepastian Indonesia menjadi kampiun pun baru diperoleh setelah masing-masing tim menurunkan empat penendangnya.

 

Empat penendang yang tampil di drama penalti sudden death, satu penendang Vietnam gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Sebaliknya, empat penendang Indonesia sukses menjebol gawang Vietnam.

 

Pada tendangan ke empat, Indonesia menampilkan pemain Ilham Udin Armaiyn. Pemain bernomor punggung 20 itu menjalankan tugasnya dengan baik. Sedangkan penendang ke empat Vietnam, Pham Duc Hyu, tendangannya gagal membuahkan hasil karena mampu ditepis kiper Ravi Murdianto.

 

Skor laga final sepanjang 120 menit plus injury time, adu penalti normal dan adu penalti sudden death Indonesia kontra Vietnam berakhir dengan skor 6-7 untuk keunggulan Indonesia.  

 

Indonesia akhirnya menjadi juara Piala AFF U-19, 2013. Ini gelar pertama setelah 11 tahun berkiprah pada kejuaraan sepakbola kelompok umur di bawah 19 tahun (KU-19) bagi anggota AFF itu.

 

Berikut Hasil Adu Penalti Vietnam vs Indonesia: 6-7.

Vietnam

 

Indonesia

2-Le Van Son

Gol

 

5-Muhammad Fatchu Rohman

Gol

3-Tran Huu Dong Trieu

Ditepis

 

6-Evan Dimas Darmono

Ditepis

18-Hoang Thanh Tung

Gol

 

19-Zulfiandi

Ditepis

8-Nguyen Tuan Anh

Melambung

 

7-Muhammad Dimas Drajad

Gol

14-Lam Thi Pong

Gol

 

11-Hendra Sandi Gunawan

Gol

6-Nguyen Huu Anh Tai

Gol

 

16-Hansamu Yama Pranata

Gol

11-Phan Thanh Hau

Gol

 

2-Putu Gede Juti Antara

Gol

9-Nguyen Van Toan

Gol

 

15-Maldini

Gol

 


Editor: AGUS SUDJOKO

Berita Lainnya :