Kota Padang Punya Taman Palanta Digital

Typography

PADANG, RadarPena.com - Walikota Padang Mahyeldi Asharullah dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin meresmikan Taman Palanta Digital di Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (29/11). Taman Palanta, merupakan taman kebanggaan warga Kota Padang yang saat ini telah dilengkapi akses WiFi.id, sehingga warga dapat menikmati layanan internet kecepatan tinggi untuk mengakses berbagai informasi dan berkomunikasi.

“Di Taman Palanta Digital ini, warga bisa berekreasi dengan kerabat dan keluarga, sekaligus menikmati layanan internet kecepatan tinggi. Mewakili masyarakat Kota Padang, Saya menyampaikan terima kasih kepada Telkom yang telah menyediakan akses WiFi di Taman Palanta, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan internet, khususnya anak muda Kota Padang,” kata Mahyeldi Asharullah usai meresmikan Taman Palanta Digital.

Zulhelfi Abidin menuturkan bahwa penyediaan infrastruktur ICT di Taman Palanta oleh Telkom dilatarbelakangi traffic penggunaan layanan internet masyarakat Sumatera Barat yang cukup tinggi. “Hingga saat ini, terdapat hampir 19 ribu pelanggan IndiHome di Kota Padang dan sekitar 3.400 pelanggan di Bukittinggi. Sementara itu, di Taman Palanta sendiri, rata-rata pengguna akses internet per bulannya mencapai 7.653 orang dengan trafik mencapai sekitar 3,9 juta” tutur Zulhelfi.

Saat ini, Telkom telah membangun 18 lokasi Wifi Corner (WiCo) di Sumatera Barat. Hingga akhir tahun 2018, diharapkan Sumatera Barat memiliki total 42 lokasi WiCo. "Semoga fasilitas ini dapat membantu masyarakat Kota Padang khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya, terutama generasi muda, yang dapat memanfaatkan keberadaan taman digital secara positif dan menggunakan akses internet untuk memperoleh update informasi dan berbagai pengetahuan," tegas Zulhelfi.

Pada kesempatan yang sama, Mahyeldi Asharullah dan Zulhelfi Abidin juga meninjau pembangunan Digital Lounge (DiLo) di Kantor Telkom Sumatera Barat. Keberadaan DiLo yang dilengkapi dengan akses dan fasilitas ICT yang handal diharapkan menjadi wadah bagi generasi muda dan start-up di Kota Padang untuk berkarya dan memunculkan inovasi kreatif.

Di Sumatera Barat, saat ini terdapat sekitar 80 start-up yang diharapkan dapat membantu peningkatan ekonomi daerah di masa mendatang dan mendorong terwujudnya Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi berbasis digital di Indonesia.

Program pengembangan infrastruktur ICT di dua kota besar Sumatera Barat ini, merupakan wujud komitmen untuk menunjang digital lifestyle dan menciptakan digital experience terbaik bagi pelanggan TelkomGroup dan masyarakat. Melalui sistem telekomunikasi berbasis 100% fiber optik ini, Telkom juga berharap dapat mendorong peningkatan perekonomian daerah, khususnya di Provinsi Sumatera Barat.