Berdayakan Sampah Plastik dengan Ecobrik, Mahasiswa KKN UMP di Kelurahan Muktisari Menuai Pujian

Pelatihan memberdayakan sampah dengan metode ecobrik diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UMP kelompok 47-48 Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Mahasiswa KKN UMP di Kelurahan Muktisari bekerja sama dengan ibu-ibu PKK Kelurahan Muktisari melakukan pelatihan ecobrik, kegiatan ini merupakan program kerja unggulan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN UMP.

“Sampah plastik merupakan sampah yang paling susah terurai, hal ini perlu adannya tindakan dari kita, khususnya kita sebagai mahasiswa yang seharusnya bisa menginisiasi dan juga mengedukasi masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan, dan terkhusus memberikan pandangan kepada masyarakat ternyata sampah bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bermanfaat, contohnnya pelatihan ecobrik yang saya lakukan.” Ujar Wildan Syuja Rabbani As Hari selaku mahasiswa KKN UMP 2022.

Ecobrik menjadi metode pengurang sampah plastik dengan media botol bekas yang diisi sampah anorganik seperti kantung kresek atau bungkus plastik lainnya sehingga benar-benar menjadi padat. Botol berisi plastik ini kemudian bisa digunakan sebagai pengganti kayu dalam pembuatan kursi, meja, atau digunakan untuk produk lainnya.

Pelatihan ecobrik ini dilakukan di Aula Kelurahan Muktisari, selain memaparkan hal-hal teknis dan dasar mengenai pembuatan ecobrik, para mahasiswa KKN UMP juga mempraktikkan secara langsung pembuatan ecobrik dari awal sampai menjadi barang yang bermanfaat.

Selain itu hal ini juga disambut baik oleh bapak lurah Kelurahan Muktisari yaitu Bapak Asep Intan Yuliana, S.STP., M.AP.

Beliau berharap, adanya pelatihan ecobrik ini dapat membuat masyarakat tidak membuang sampah sembarangan lagi, dan bisa memanfaatkan sampah anorganik menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Leave a Comment