Sport News

JAKARTA, RadarPena.com - Keperkasaan Barcelona yang selalu menang dalam 5 laga terakhir di pentas Divisi Primera musim ini akhirnya runtuh. Bertanding di kandang Espanyol pada leg pertama perempat final Copa del Rey, Kamis (18/1) dini hari WIB, Barcelona tumbang dengan skor 0-1.

 

Ironisnya, kekalahan dalam laga derby bertajuk Derbi Barceloni itu diwarnai dengan kegagalan penalti Lionel Messi. Gol tunggal kemenangan Espanyol dihasilkan Melendo pada menit 88 usai memanfaatkan umpan dari Navarro.

 

Kekalahan tersebut jelas menyakitkan lantaran gol lawan tercipta pada menit-menit akhir. Padahal sepanjang pertandingan sebelum gawang Jasper Cillessen kebobolan, Blaugrana - julukan Barcelona, tampil sangat dominan. Baik dalam penguasaan bola maupun jumlah tendangan ke gawang lawan, tim asuhan Ernesto Valverde itu unggul mutlak dari Espanyol.

 

Selain itu, sebenarnya Barcelona bisa unggul lebih dahulu saat wasit Ricardo De Burgos Bengoetxea menunjuk titik putih. Namun, tendangan penalti yang dilakukan Messi pada menit 62 tak membuahkan hasil. Messi pun tercatat sebagai pemain di La Liga yang paling sering gagal penalti pada semua ajang. Kapten timnas Argentina itu telah 3 kali gagal dalam eksekusi penalti dari 6 kesempatan.

 

Kegagalan penalti yang dilakukan Messi harus dibayar mahal. Justru pada menit akhir Espanyol mampu mencetak gol dan sekaligus meraih kemenangan. Hasil apik di RCDE Stadium menjadi modal bagi Espanyol pada leg kedua nanti di Camp Nou.

 

Bagi Espanyol, kemenangan itu cukup bersejarah. Itu menjadi kemenangan pertama dalam Derbi Barceloni melawan Barcelona sejak 2009 silam. Artinya dalam 8 tahun terakhir, Espanyol tak pernah menang atas Barcelona di semua ajang sebelum akhirnya rekor buruk itu diputus pada Kamis (18/1) dini hari WIB.

 

Sebelum ini, kemenangan terakhir Espanyol dari Barcelona terjadi pada Februari 2009. Kala itu, mereka menang 2-1 di Camp Nou dalam pentas Divisi Primera.

 

Di satu sisi, meski kalah 0-1, Barcelona masih punya peluang melaju ke semifinal. Maklum saja, mereka berganti menjadi tuan rumah pada leg kedua yang akan dilangsungkan pada 25 Januari mendatang di Camp Nou.

 

Espanyol 1-0 Barcelona

(Melendo 88)

 

 

(epr/Football Espana/JPC)

JAKARTA, RadarPena.com - Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez, tak bisa menyembunyikan kegembiraannya usai tim asuhannya mampu mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 1-0, Selasa (16/1) sore WIB pada laga pertama Grup A Piala Presiden 2018. Wajah Mario Gomez pun terlihat semringah.

 

Gol tunggal Persib dihasilkan Oh In-kyun pada menit ke-55. Usai laga, Mario Gomez mengatakan para pemainnya bekerja keras untuk meraih kemenangan. Kesulitan saat menghadapi laga pembuka bisa diatasi dengan kepercayaan diri yang tinggi.

 

"Pada laga perdana ini kami bermain bagus. Skema dan taktik yang direncanakan bisa berjalan. Apa yang diharapkan telah tercapai," beber Mario Gomez seperti dilansir liga-indonesia.id.

 

"Para pemain menunjukkan gairah yang tinggi. Mereka terus bergerak menjaga area permainan dan cepat dalam melakukan serangan," imbuhnya.

 

Mario Gomez lantas menambahkan bahwa kemenangan itu menjadi modal untuk menghadapi laga berikutnya demi upaya lolos ke babak selanjutnya. "Hasil ini penting untuk modal kami di pertandingan selanjutnya. Saya berharap para pemain terus mempertahankan performa seperti saat ini," pungkas Mario Gomez.

 

 

(epr/JPC)

MANCHESTER, RadarPena.com - Manchester City menarik diri dari pertarungan untuk mendapatkan penyerang Arsenal Alexis Sanchez. Ini membuat Manchester United asuhan Jose Mourinho menjadi kandidat terdepan untuk mendapatkan pemain berusia 29 tahun itu.

City, yang telah lama mengincar Sanchez, memutuskan untuk menarik ketertarikan mereka terhadap pemain Chile itu setelah melakukan pertemuan-pertemuan dengan klub untuk mendiskusikan aspek-aspek finansial kesepakatan itu.

Meski manajer City Pep Guardiola, yang pernah melatih Sanchez di Barcelona, berniat untuk menambahkan penyerang itu ke dalam skuatnya, permintaan gaji dan biaya transfernya dipatok teru tinggi oleh klub yang ikatan kontraknya dengan dia habis pada akhir musim ini. Mourinho mengonfirmasi bahwa United tertarik mendatangkan Sanchez, namun berkata bahwa ia "tidak yakin maupun yakin" mengenai mengamankan tanda tangan sang pemain.

 

GIANYAR, RadarPena.com  - Di Singapura, Tampines Rovers belum pernah merasakan bagaimana atmosfer pertandingan yang disaksikan belasan bahkan puluhan ribu suporter.

 

Sebab, kandang mereka Jurong West Sports and Recreation Centre hanya berkapasitas 5 ribu penonton. Jauh di bawah Stadion Dipta yang mampu menampung 30 ribu penontong.

 

Karena itu pelatih Tampines Rovers Jurgen Raab fokus mengasah mental dan fisik anak asuhnya sebelum melawan Serdadu Tridatu.

 

Terlebih, Tampines Rovers belum pernah melawan tim asal Liga Indonesia. “Tentu berbeda melawan tim asal Indonesia.

 

FIsik dan mental harus siap besok. Apalagi sebelumnya kami tidak pernah melawan tim asal Indonesia,” ujar Jurgen Raab.

 

Jürgen Raab sendiri hanya membawa 18 pemain ke Bali. Namun dengan persiapan kurang lebih empat minggu, timnya sudah sangat siap.

 

“Ada beberapa pemain yang tidak bisa bermain. Tetapi kami sudah merekrut beberapa pemain untuk menghadapi laga ini,” bebernya.

 

 

(rb/lit/mus/mus/JPR)

JAKARTA, RadarPena.com  - Laga persahabatan Timnas Indonesia kontra Islandia Minggu (14/1) malam menyisakan kejadian yang bikin geleng-geleng kepala.

 

Kursi Stadion Utama Gelora Bung Karno rusak akibat ulah suporter tak bertanggung jawab.

 

Foto-foto aksi tidak tertib sejumlah penonton yang duduk di sandaran serta menginjak bagian yang harusnya untuk duduk, viral usai pertandingan berakhir.

 

Tentu miris rasanya. Mengingat, renovasi stadion tersebut menelan biaya ratusan miliar rupiah.

 

Netizen juga semakin marah ketika foto-foto itu menunjukkansebuah kursi merah yang patah. ”Norak banget yang nonton kakinya diatas bangku. Dikira warteg kali ya,” seru akun @dwiokiriyanto di instagram.

 

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Winarto, membenarkan memang ada penonton bandel yang duduk tidak tertib.

 

Dia juga menanggapi satu foto yang memperlihatkan empat orang penonton berdiri di atas kursi kuning dengan tiga kursi di sebelahnya yang patah.

 

”Itu hoaks bukan terjadi di SUGBK. Kursinya tidak seperti itu. Untuk yang kursi merah memang itu di SUGBK,” ucapnya.

 

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan inspeksi. Ada sebagian kecil dudukan kursi lepas akibat baut yang kendur sehingga lepas. ”Kalau rusak parah karena penonton belum ada," imbuhnya.

 

Winarto menegaskan akan memperketat regulasi untuk penonton di laga-laga ke depan. Dia menilai laga timnas tadi malam menjadi uji coba untuk menampung dan melihat perilaku penonton saat pertandingan. Momen tersebut tentu akan menjadi bahan evaluasi bagi PPK GBK.

 

Winarto memastikan kerusakan yang ada tidak signifikan. Proses perbaikan akan langsung dilakukan setelah pemeriksaan selesai seluruhnya.

 

Menurutnya, pembenahan yang dilakukan pihak kontraktor tidak akan amengganggu kesiapan SUGBK sebagai main venue Asian Games 2018.

 

Menpora, Imam Nahrawi sebagai pemangku kebijakan olahraga nasional turut menyoroti vandalisme yang terjadi di SUGBK pada minggu malam. “Pertama tolong cek lagi, bener terjadi gak,” sebutnya.

 

Masalah tersebut menjadi ancaman dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 Agustus mendatang. Sebab, secara teknis mereka membutuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih bijak saat ke SUGBK.

 

”Ini sudah zaman now yang foto bisa ketauan oleh temannya dan di post, tolong berubahlah,” terangnya.

 

 

Imam menyarankan pengelolaan nantinya bisa lebih baik lagi. Adanya teknologi face recognition seharusnya sudah bisa diberlakukan, termasuk yang tertangkap kamera melakukan vandalisme bisa diberikan opsi di-blacklist tidak boleh masuk GBK lagi. (nap)

LONDON, RadarPena.com - Mantan pemain sayap Manchester United (MU) Ryan Giggs dilaporkan siap ditunjuk menjadi pelatih timnas Wales. FA Wales mengadakan konferensi pers pada Senin (15/1),  dan Giggs (44) diperkirakan akan diperkenalkan sebagai suksesor Chris Coleman yang berhenti dari posisinya pada November untuk melatih Sunderland.

Giggs memperkuat timnasnya sebanyak 64 kali antara 1991 sampai 2007, namun tidak populer bagi sebagian penggemar Wales karena banyak melewatkan pertandingan internasional, khususnya laga-laga persahabatan. Dia mengakhiri 23 tahun karier bermainnya pada 2014 dan melatih Manchester United sebagai pelatih sementara untuk empat pertandingan pada akhir musim 2013/2014, setelah David Moyes dipecat.

Giggs merupakan asisten Louis van Gaal di Old Trafford selama dua musim sebelum meninggalkan United pada 2016 setelah Jose Mourinho ditunjuk sebagai manajer. Coleman memimpin Wales ke semifinal Piala Eropa 2016 namun mereka gagal menembus putaran final Piala Dunia tahun ini.

 

JAKARTA, RadarPena.com - Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla Aspas mengakui timnya kalah kelas dari Islandia sehingga takluk 1-4 dalam uji coba.

 

Menurut pelatih asal Spanyol itu, ada beberapa faktor yang membuat timnya kalah dengan margin besar dalam laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Minggu (14/1) malam.

 

"Anak anak kami untuk berkumpul punya latihan sekitar 6-7 hari dengan klub tapi saya sangat senang dengan attitude pemain dan sprit anak-anak di pertandingan," ungkapnya, usai laga.

 

Pada babak pertama, lanjut Milla fisik pemainnya masih bagus. Tapi pada babak kedua, fisik anak didiknya mulai menurun.

 

"Terlihat jelas tim lawan punya fisik lebih baik dan lebih siap tentunya. saya ulangi saya merasa anak anak hari ini tidak berhak untuk kalah terlalu banyak gol," tegasnya.

 

Dalam laga ini, Indonesia memang tampil luar biasa di babak pertama karena sempat unggul 1-0 terlebih dulu via Ilham Udin Armayn.

 

Sayangnya, pada babak kedua permainan Indonesia menurun, masuknya Evan Dimas dan keluarnya Septian David, ternyata membuat lawan lebih leluasa menekan.

 

 

Akibatnya, lawan bisa mencetak gol kedua, ketiga dan keempat dengan mudah ke gawang skuay Garuda. (dkk/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, tak sabar segera menyaksikan video pertandingan melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (14/01/2018).

 

Milla tampaknya memang ingin melakukan evaluasi besar usai laga ini. Sebab, anak asuhnya dirasa cukup kedodoran dari segi fisik meski permainannya perlahan membaik.

 

Hal itu berkaca lantaran Timnas Indonesia sejatinya sempat unggul. Namun malah dibalas tuntas empat gol kemudian oleh Islandia melalui hat-trick Albert Gudmundsson, dan Arnor Smarason.

 

"Saya tak sabar melihat video pertandingan. Kami ingin evaluasi dan belajar dari Islandia. Bagaimana tim yang sebelumnya berada di urutan 125 FIFA, kini ada di sekitar 20-an, kami harus berkaca dengan itu," ungkap Luis Milla usai pertandingan.

 

Apalagi, Timnas Indonesia, lanjut pelatih asal Spanyol itu, sebenarnya sukses mengimbangi Islandia. Hal tersebut terbukti dari penguasaan bola Indonesia unggul 61 persen ketimbang Islandia 39 persen.

 

"Kami ada beberapa momen sekelas dengan permainan mereka. Tapi bermain melawan tim Eropa tentu tak mudah, kami akan evaluasi dan bangkit membenahi kesalahan di tim ini," tandas mantan pemain Barcelona itu.

 

 

(ies/JPC)

JAKARTA, RadarPena.com - Timnas Islandia sebenarnya menantikan permainan menawan dari Evan Dimas saat lawan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (14/01/2018). Namun Evan sendiri kurang terlihat dalam laga ini.

 

Evan memang cuma jadi pengganti dalam laga ini. Namun masuk pada menit ke-57 sebenarnya sudah cukup baginya untuk menunjukkan kelihaiannya. Akan tetapi, pemain Selangor FA itu kurang terlihat dalam pertandingan tersebut.

 

Sebenarnya, Pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson sudah mengamati permainannya. "Jujur, saya tak menganalisa permainan Indonesia. Namun, saya sebelumnya sudah analisis dan waspadai pemain bernomor enam," kata Halgrimsson usai pertandingan.

 

Imbuhnya, "Sayangnya dia tak terlalu terlihat dalam laga ini. Namun dia punya masa depan yang cerah andai mendapatkan jam terbang tinggi."

 

Secara individu, menurut Hallgrimsson, Indonesia memang patut diacungi jempol. Hal itu terbukti dari beberapa kali gawang timnya sempat diancam pemain Garuda.

 

"Mereka bagus kerja sama timnya dan punya tekad dalam pertandingan. Mereka akan mendapatkan hal yang lebih baik ke depannya," tandas Hallgrimsson.

 

 

(ies/JPC)

JAKARTA, RadarPena.com - Arsenal mengalami nasib sial serupa Timnas Indonesia. Bertandang ke markas Bournemouth, Stadion Vitality, Minggu (14/1), Arsenal dipaksa takluk 1-2 meski sempat unggul lebih dahulu. Sama hal ketika Timnas Indonesia takluk dari Islandia 1-4 meski unggul satu gol lebih dahulu, beberapa jam yang lalu.

 

Bagi Arsenal, ini kekalahan ketiga beruntun saat Alexis Sanchez tak ada di dalam skuad. Sebelumnya, ketiadaan striker asal Cile itu juga memaksa The Gunners takluk 0-1 di kandang Stoke City dan 1-2 di markas Watford.

 

Padahal, secara penguasaan bola, Arsenal lebih dominan sejak awal laga. Anak asuh Arsene Wenger pun lebih banyak menciptakan peluang ketimbang tuan rumah. Dalam catatan Livescore, Arsenal menguasai 55 persen ball possession dan melepas 11 tembakan (4 on target).

 

Akan tetapi, upaya Arsenal untuk mencetak gol kerap menemui kebuntuan sepanjang babak pertama. Permainan disiplin Bournemouth membuat Alexandre Lacazette dan kawan-kawan harus puas berbagi skor 0-0 hingga jeda.

 

Selepas turun minum, Arsenal baru bisa memecah kebuntuan. Hector Bellerin membawa Arsenal unggul usai mengkonversi umpan Alex Iwobi menjadi gol. Gol itu membuat tuan rumah mulai berani kian agresif menyerang.

 

Memasuki pertengahan babak kedua, Bournemouth beberapa kali menciptakan peluang emas menyamakan kedudukan. Hasilnya, pada menit ke-70, gol balasan sukses diciptakan Callum Wilson usai memanfaatkan umpan Ryan Fraser.

 

Bahkan, empat menit berselang The Cherries -julukan Bournemouth- mampu berbalik unggul. Kali ini Wilson gantian bertindak sebagai pemberi umpan untuk gol Jordon Ibe pada menit ke-74. Gol itu membawa Bournemouth unggul 2-1 atas Arsenal.

 

Pada sisa waktu, Arsenal mencoba mengejar defisit satu gol. Masuknya Theo Walcott pada menit ke-76 membuat tim tamu tampil semakin beringas dalam menggempur pertahanan tuan rumah. Akan tetapi, upaya mereka gagal hingga akhir laga. Bournemouth mempertahankan keunggulan 2-1 sampai peluit akhir.

 

Kekalahan ini membuat Arsenal tertahan di peringkat keenam dengan 39 poin, tertinggal 5 angka di belakang rival sekotanya, Tottenham Hotspur. Sementara, Bournemouth menempati peringkat ke-13 dengan poin 24.

 

SUSUNAN PEMAIN

 

Bournemouth (3-4-2-1): Asmir Begovic; Simon Francis, Steve Cook, Nathan Ake; Adam Smith, Lewis Cook, Dan Gosling, Charlie Daniels (Lys Mousset 63'); Jordon Ibe (Marc Pugh 86'), Ryan Fraser; Callum Wilson (Benik Afobe 90')

Pelatih: Eddie Howe

 

Arsenal (3-4-2-1): Petr Cech; Calum Chambers (Aaron Ramsey 74'), Shkodran Mustafi, Rob Holding; Hector Bellerin, Granit Xhaka, Jack Wilshere, Ainsley Maitland-Niles; Alex Iwobi (Theo Walcott 76'), Danny Welbeck; Alexandre Lacazette

Pelatih: Arsene Wenger

 

 

(ira/JPC)

TANGERANG, RadarPena.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menyelesaikan agenda kongres luar biasa (KLB). Ini sebagai bagian dari Kongres PSSI 2018 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/1). 

KLB  yang dilangsungkan tak lebih dari satu jam dan disetujui oleh semua peserta kongres itu menghasilkan lima keputusan.  Adapun keputusan yang dibacakan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono adalah pertama penambahan klausul tentang asosiasi kabupaten dan asosiasi kota di pasal 2A statuta PSSI. 

Kedua, setiap klub di bawah PSSI harus mempunyai badan hukum perusahaan atau yayasan demi menghindari dualisme.  Selanjutnya tentang pengembangan pesepak bola usia muda di mana dicanangkan pembentukan sebuah lembaga khusus di bawah PSSI untuk mengurusi hal ini. 

Keempat adalah jumlah pemberi suara ("voter") ditetapkan 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, delapan klub Liga 4, 34 asprov, asosiasi futsal, sepak bola putri, pelatih dan wasit. Sementara PSSI menegaskan bahwa perhimpunan pemain sepak bola profesional Indonesia bukan merupakan voter PSSI. "PSSI mengikuti bagaimana hubungan yang dilakukan FIFA dan FIFPro, hanya dalam bentuk nota kesepahaman atau MoU," ujar Joko. Terakhir, keputusan kelima PSSI mengurangi jumlah komite tetap dari 17 komite menjadi 12 komite. 

 

TANGERANG, RadarPena.com - Menpora Imam Nahrawi tidak bisa menghadiri Kongres PSSI 2018 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/1/). Hal itu disindir oleh Ketum PSSI, Edy Rahmayadi. Sebenarnya dalam kongres kali ini Menpora Imam Nahrawi sudah diundang oleh PSSI. Namun, Imam berhalangan hadir karena sesuatu hal.

Perwakilan dari Kemenpora sendiri dihadiri Deputi 4, Mulyana. Edy sendiri sebenarya berharap Imam bisa menghadiri langsung Kongres PSSI. "Tolonglah Pak Deputi sampaikan salam saya kepada Menpora. Datang kalau PSSI buat acara. Kalau Timnas kalah jangan marah ya. Sampaikan kalau tidak bapak berdosa," ucap Edy Rahmayadi.

Kehadiran Menpora sebenarnya cukup dinantikan karena dalam kongres kali ini PSSI tengah mematangkan rencana jadi tuan rumah Piala Dunia. Apalagi ada beberapa hal yang bisa dibicarakan bersama. Selain itu, Indonesia akan jadi tuan rumah Asian Games 2018. Jelas harus ada koordinasi antarpihak untuk menyukseskan hajat besar tersebut.

 

JAKARTA, RadarPena.com - Sebanyak enam pemain asing bisa didaftarkan ke Piala Presiden 2018. Anggota panitia pelaksana (OC) Piala Presiden 2018 Risha Adi Wijaya mengatakan dari enam pemain yang didaftarkan tersebut, hanya empat orang yang bisa dimainkan. Formatnya tiga plus satu yakni tiga pemain asing berkewarganegaraan bebas dari mana saja dan seorang pemain impor dari benua Asia.

"Aturan itu diterapkan karena ini adalah pra-musim, saat di mana tim melakukan percobaan strategi termasuk melihat pemain. Namun pemain asing yang dimainkan harus tiga plus satu," ujar pria yang juga direktur operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) usai melakukan rapat manajer tim peserta Liga 1 di Jakarta, Sabtu (13/1).

Risha mengakui, regulasi satu tim peserta bisa mendaftarkan enam pemain impor di Piala Presiden 2018 merupakan permintaan beberapa klub peserta. "Mereka minta jumlah pemain asing lebih fleksibel makanya kami putuskan bisa mendaftarkan enam nama," tuturnya. Adapun regulasi pemain Piala Presiden 2018 sedikit berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya. Selain mengenai pemain asing seperti yang disebutkan di atas, di Piala Presiden 2018 setiap tim dapat mendaftarkan sedikit-dikitnya 18 pemain dan maksimal 36 pemain ke Piala Presiden 2018, lebih banyak dari Piala Presiden 2017 yang maksimal bisa mendaftarkan 30 pemain.

Jumlah ini diharapkan bisa memberikan keleluasaan memilih punggawa tim bagi klub-klub yang bersamaan dengan Piala Presiden 2018 juga terlibat di kompetisi internasional AFC. Kemudian, di turnamen pramusim edisi terkini itu, setiap klub peserta wajib mendaftarkan tujuh pemain dengan usia di bawah 23 tahun atau yang lahir setelah 1 Januari 1996. Akan tetapi, klub tidak wajib memainkan para pesepak bola U-23 ini. "Mereka harus didaftarkan tetapi tidak wajib dimainkan," papar Risha.

Untuk pemain asing, di Piala Presiden 2018 semua pemain dan ofisial warga negara asing wajib memiliki Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang masih berlaku. "Pendaftaran pemain akan kami buka mulai 10 Januari 2018 hingga sehari menjelang laga pertama pada pertandingan masing-masing grup," tutur anggota OC Piala Presiden Tigor Shalom Boboy.

Piala Presiden 2018 akan dibuka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Selasa (16/1), disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Turnamen pra-musim ini diikuti 20 tim yang dibagi dalam lima grup. Pertandingan Grup A dilangsungkan di Bandung, beranggotakan Persib, Sriwijaya FC, PSM Makassar, dan PSMS. Kemudian Grup B, digelar di Tenggarong, Kalimantan Timur, ada Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Martapura FC, dan Barito Putera. Persebaya Surabaya, Madura United, Perseru Serui, dan PS TNI mengisi Grup C dan akan dilaksanakan pertandingannya di Surabaya.

Grup D mempertandingkan Persija Jakarta, PSPS Pekanbaru, Borneo FC, dan Bali United. Semua laga grup ini digelar di Bali. Terakhir di Grup E, akan bertanding di Malang, Jawa Timur, yaitu Arema FC, Bhayangkara FC, PSIS Semarang, dan Persela Lamongan.

 

JAKARTA, RadarPena.com - Stadion BayArena tak lagi angker bagi Bayern Muenchen. Dalam laga spieltag 18 Bundesliga 1 2017-2018, Sabtu (13/1) dini hari WIB, Bayern menang 3-1 atas tuan rumah Bayer Leverkusen. Sebelumnya, dari 4 kunjungan terakhir ke BayArena secara beruntun di ajang Bundesliga 1, Bayern tak pernah menang. Mereka mencatat 3 kali hasil seri dan 1 kali kalah.

 

Hanya saja, dalam laga kali ini yang dipimpin wasit Daniel Siebert, Bayern kembali bisa membuat Leverkusen tertunduk di depan publiknya, BayArena. Tiga gol berhasil disarangkan ke gawang Bernd Leno oleh Javi Martinez, Franck Ribery, dan James Rodriguez. Sementara gawang Sven Ulreich hanya kebobolan satu gol lewat Kevin Volland.

 

Libur musim dingin hampir sebulan tak membuat pasukan Jupp Heynckes kehilangan sisi kompetitif. Bahkan, pemusatan yang mereka gelar mampu membuat Bayern lebih agresif dalam bermain.

 

Bayern unggul lebih dahulu pada menit 32 lewat Martinez. Keunggulan 1-0 bertahan hingga jeda babak pertama. Pada menit 59, Ribery membawa Bayern unggul 2-0 usai mencetak gol berkat umpan dari James Rodriguez.

 

Tuan rumah yang dilatih Heiko Herlich sempat memunculkan asa bangkit setelah Volland memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 pada menit 70. Namun, James Rodriguez menunjukkan kebintangannya dalam laga ini. Tak hanya membuat satu assist, dia pun mencetak gol pada menit akhir sekaligus mengunci kemenangan Bayern dengan skor 3-1. Gol tersebut dihasilkan lewat tendangan bebas langsung.

 

Bagi James Rodriguez, itu menjadi gol ketiga bersama Bayern di Bundesliga 1 2017-2018. Dia mulai menunjukkan performa menawan usai kepindahan dari Real Madrid pada awal musim ini.

 

Dengan kemenangan tersebut, untuk sementara Bayern unggul 14 angka dari FC Schalke 04 di peringkat kedua. Bayern kini mengoleksi 44 poin dari 18 laga. Schalke sendiri baru akan bermain pada Sabtu (13/1) malam WIB.

 

Bayer Leverkusen 1-3 Bayern Muenchen

(Volland 70 - Martinez 32, Ribery 59, James Rodriguez 90)

SUSUNAN PEMAIN

Bayer Leverkusen: Leno - Tah, S. Bender, Wendell - Bellarabi (Henrichs 60), L. Bender, Kohr (Alario 65), Bailey - Havertz - Volland, Brandt (Mehmedi 77)

Pelatih: Heiko Herrlich

 

Bayern Muenchen: Ulreich - Rafinha, Boateng, Sule, Alaba - James, Martínez, Vidal - Robben (Coman 65), Mueller (Tolisso 90+2), Ribery (Wagner 79)

Pelatih: Jupp Heynckes

 

 

(epr/JPC)

JAKARTA, RadarPena.com - Barcelona melaju ke perempat final Copa del Rey 2017-2018 berkat kemenangan telak 5-0 atas Celta Vigo pada leg kedua babak 16-besar di Camp Nou, Jumat (12/1) dini hari WIB. Kemenangan tersebut berkat kombinasi ciamik Jordi Alba dan Lionel Messi.

 

Blaugrana - julukan Barcelona, lolos ke perempat final dengan keunggulan agregat 6-1. Pada leg pertama di Balaidos, Barcelona bermain imbang 1-1.

 

Kolaborasi Alba dan Messi sudah muncul pada menit 13. Messi membuka gol pertama Barcelona lewat assist dari Aba. Selang dua menit atau tepatnya menit 15, Messi mencetak gol kedua alias brace dan lagi-lagi berkat umpan dari Alba.

 

Seperti ingin membalas terima kasih, Messi memberikan umpan terukur kepada Alba pada menit 28 untuk mencetak gol. Barcelona unggul 3-0 dalam waktu yang singkat.

 

Daya dobrak tim asuhan Ernesto Valverde dalam laga tersebut benar-benar sangar. Tiga menit berselang, Luis Suarez membawa Barcelona menjauh dengan keunggulan 4-0. Gol Suarez tercipta pada menit 31. Babak pertama berakhir dengan skor yang mengesankan bagi Blaugrana.

 

Catatan istimewa pun ditorehkan Alba. Dia telah membuat 7 assist bagi Messi di semua kompetisi musim ini. Jumlah itu terbanyak dibandingkan pemain Barcelona lainnya. Ini merupakan indikasi kuat bahwa kedua pemain terjalin pengertian yang kuat meski semua pemain Blaugrana juga memiliki kerja sama yang padu.

 

Selain itu, Messi menorehkan catatan tersendiri dengan mengemas dua gol dan satu assist dalam laga ini. Dia sudah terlibat dalam 24 gol dari 14 pertandingan terakhir di ajang Copa del Rey. Itu terdiri dari 14 gol dan 10 assist.

 

Babak kedua sendiri tercipta tambahan 1 gol. Gol tersebut diciptakan oleh Ivan Rakitic pada menit 87. Dia membobol gawang Celta usai menerima umpan dari Ousmane Dembele yang masuk menggantikan Messi pada menit 59. Hingga laga berakhir, skor 5-0 untuk keunggulan Barcelona tetap bertahan. Barcelona melaju ke perempat final dengan agregat 6-1.

 

Dalam laga tersebut, pemain anyar Coutinho belum diturunkan. Seperti diketahui, dia harus menjalani pemulihan terlebih dahulu agar dalam kondisi fit. Mantan penggawa Liverpool itu juga tak berada dalam daftar pemain cadangan.

 

Barcelona 5-0 Celta Vigo

(Messi 13, 15, Alba 28, Suarez 31, Rakitic 87)

SUSUNAN PEMAIN

Barcelona: 13-Jasper Cillessen, 2-Nelson Semedo, 3-Pique (Vermaelen 46'), 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba, 4-Ivan Rakitic, 5-Busquets, 8-Iniesta (Arnaiz 63'), 21-Andre Gomes, 9-Luis Suarez, 10-Lionel Messi (Dembele 59')

Pelatih: Ernesto Valverde

 

Celta Vigo: 1-Sergio Alvarez, 2-Hugo Mallo, 3-Fontas, 19-Jonny, 20-Sergi Gomez, 11-Pione Sisto (Mendez 57'), 14-Stanislav Lobotka, 16-Jozabed, 18-Daniel Wass (Radoja 46'), 10-Iago Aspas (Gomez 46'), 21-Emre Mor

Pelatih: Unzue

 

 

(epr/Football Espana/JPC)

MADRID, RadarPena.com - Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane telah memperpanjang kontrak dengan klub Spanyol tersebut sampai 2020 mendatang. "Sudah ditandatangani," kata pelatih asal Prancis itu setelah timnya bermain imbang 2-2 dengan Numancia untuk melaju ke perempat final Copa del Rey dengan agregat 5-2. Setelah awal karier yang luar biasa di Real Madrid, dengan delapan trofi dari kemungkinan 10 trofi, Zidane mengalami musim yang sulit dengan timnya saat tertinggal 16 poin di bawah Barcelona dalam perebutan gelar juara La Liga musim ini.

Pelatih berusia 45 tahun itu mengingatkan dirinya menikmati apa yang saya lakukan setiap hari di Real Madrid. "Memang begitulah adanya. Saya tidak dapat membayangkan diri saya sebagai pelatih dalam dua tahun, tiga tahun. Saya tahu bagaimana kelanjutannya, bahkan dengan kontrak ini, tidak akan mengubah apa pun," tegas Zidane.

 

JAKARTA, RadarPena.com - London Derby antara Chelsea kontra Arsenal pada musim 2017-2018 yang telah berlangsung masih tanpa pemenang. Dari tiga kali bersua, semuanya berakhir dengan hasil imbang. Teranyar di semifinal leg pertama Carabao Cup atau Piala Liga, Kamis (11/1) dini hari WIB.

 

Dalam duel yang berlangsung di Stamford Bridge, Chelsea dan Arsenal harus puas bermain imbang tanpa gol alias 0-0. Sebelumnya, dalam dua pertemuan pada musim ini di pentas Premier League, skor imbang pun tersaji yakni 0-0 dan 2-2.

 

Kedua tim bakal bertemu untuk keempat kalinya pada musim ini di semifinal Carabao Cup leg kedua (24/1). Arsenal giliran bertindak sebagai tuan rumah dan patut dinanti siapa yang akan menjadi pemenang pertama dalam London Derby musim ini. Pastinya akan muncul pemenang lantaran menentukan tim yang berhak lolos ke final.

 

Chelsea dan Arsenal memang seolah ditakdirkan untuk lebih sering bertemu pada musim ini. Sebanyak 4 kali mereka akan menjalani laga seru bertajuk London Derby. Sebenarnya kans untuk bersua lebih sering ada yakni di pentas Piala FA. Namun, Arsenal sudah tersingkir di babak ketiga lantaran kalah 2-4 di tangan tuan rumah Nottingham Forest.

 

Hasil imbang ini sebenarnya layak disyukuri oleh The Gunners - julukan Arsenal, dan manajernya, Arsene Wenger. Maklum saja, Alexis Sanchez cs bertandang ke Stamford Bridge. Pulang dengan tanpa kekalahan dari markas The Blues - julukan Chelsea, adalah pencapaian yang positif.

 

Selain itu, bisa menahan The Blues tanpa gol di Stamford Bridge juga mengindikasikan bahwa mental para pemain Arsenal tak terpengaruh usai dikalahkan Forest di Piala FA. Konon, masa depan Wenger sebagai manajer Arsenal akan digoyang andai kalah dalam laga ini. Setidaknya Arsenal masih memiliki peluang besar untuk melaju ke final lantaran pada leg kedua bertindak sebagai tuan rumah.

 

Hanya saja, Arsenal tetap harus waspada. Maklum saja, mereka memiliki catatan buruk di semifinal di ajang ini. Arsenal adalah tim yang paling banyak tersingkir di semifinal Piala Liga dibandingkan tim lain yakni sebanyak tujuh kali.

 

Chelsea 0-0 Arsenal

SUSUNAN PEMAIN

Chelsea: 13-Thibaut Courtois, 2-Antonio Rudiger, 27-Andreas Christensen, 28-Azpilicueta, 3-Marcos Alonso, 4-Cesc Fàbregas, 6-Danny Drinkwater (Willian 68'), 7-N'Golo Kante, 15-Victor Moses, 9-Morata (Batshuayi 87), 10-Eden Hazard (Bakayoko 84)

Manajer: Antonio Conte

 

Arsenal: 13-David Ospina, 16-Rob Holding, 20-Shkodran Mustafi, 21-Calum Chambers, 24-Hector Bellerín, 10-Jack Wilshere (Elneny 57'), 29-Granit Xhaka, 30-Ainsley Maitland-Niles, 9-Alexandre Lacazette (Alexis Sanchez 66'), 17-Alex Iwobi, 23-Danny Welbeck

Manajer: Arsene Wenger

 

 

(epr/JPC)

JAKARTA, RadarPena.com- Real Madrid memastikan tiket perempat final Copa del Rey 2017-2018. Namun, langkah mereka diiringi hasil minor di Santiago Bernabeu, Kamis (11/1) dini hari WIB, pada leg kedua 16-Besar. Menjamu klub Divisi Segunda, Numancia, Los Blancos hanya mampu bermain imbang 2-2.

 

Ini jelas hasil yang mengecewakan. Bukan apa-apa, bermain di hadapan pendukung sendiri dan menghadapi tim dari kasta kedua, Isco cs hanya mampu bermain imbang. Keputusan pelatih Zinedine Zidane memainkan sebagian besar pemain muda berstatus pelapis bukan tameng dari hasil tersebut. Setidaknya tampil di Santiago Bernabeu, Madrid tetap harus meraih kemenangan mengingat lawannya adalah dari kasta kedua.

 

Madrid sendiri lolos ke perempat final dengan keunggulan agregat 5-2. Kemenangan telak 3-0 pada leg pertama di kandang Numancia menjadi faktor utama mereka menginjakkan kaki di perempat final.

 

 

Skuad Madrid pun layak mendapat kritikan. Dalam dua laga terakhir secara beruntun, mereka selalu meraih hasil seri dengan skor sama 2-2. Sebelumnya di pentas Divisi Primera, Madrid ditahan imbang tuan rumah Celta Vigo dengan skor 2-2.

 

Los Merengues - julukan lain Madrid, sebenarnya memulai laga secara normal. Mereka sudah unggul 1-0 pada menit 10 lewat Lucas Vazquez. Namun, menjelang turun minum, Guillermo mampu membobol gawang Kiko Casilla dan kedudukan menjadi sama kuat 1-1.

 

Empat belas menit babak kedua dimulai, Vazquez kembali mencetak gol dan membawa Madrid unggul 2-1. Kemenangan sepertinya bakal diraih. Hingga menit 81, skor masih 2-1. Namun, Guillermo menjadi momok bagi pertahanan Madrid dalam laga ini. Pada menit 82, dia kembali menodai gawang Kiko Casilla sekaligus membawa Numancia menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Skor tersebut bertahan hingga laga berakhir.

 

Meski bermain imbang, ada catatan menarik yang ditorehkan Madrid terkait pemainnya. Lucas Vazquez mampu mencetak brace dan itu merupakan untuk pertama kalinya dia melakukannya bersama Madrid di semua ajang. Dia memembuat brace setelah melakoni 109 pertandingan.

 

Real Madrid 2-2 Numancia (Agregat 5-2)

(Vazquez 10, 59 - Guillermo 45, 82)

SUSUNAN PEMAIN

Real Madrid: Casilla; Carvajal (Achraf 46), Vallejo, Nacho, Theo; Marcos Llorente, Kovacic, Ceballos; Vazquez, Mayoral (Casemiro 77), Asensio (Isco 63)

Pelatih: Zinedine Zidane

 

Numancia: Munir; Medina (Markel 72), Calvo, Elgezabal, Saul Garcia; Larrea, Sierra; Nacho, Nieto, Mateu (Milla 66); Higinio (Guillermo 41)

Pelatih: Jagoba Arrasate

 

 

(epr/Football Espana/JPC)

MANCHESTER, RadarPena.com - Manchester United (MU) melirik pemain sayap Paris Saint-Germain (PSG) Lucas Moura. Namun, sampai sejauh ini MU belum mengajukan tawaran apapun. Moura tidak pernah lagi menjadi starter sepanjang musim ini . Dia hanya bermain total satu jam pada enam kali penampilan. Itu  pun sebagai pemain cadangan.

PSG berniat melepas pemain berusia 25 tahun ini yang juga menginginkan ditarik United karena tidak pernah diturunkan pada enam pertandingan Liga Champions PSG.

MU sebenarnya nyaris mendapatkan Moura dari Sao Paulo pada musim panas 2012, namun kalah oleh penawaran PSG yang mengikat kontrak pemain itu pada harga 35 pound. Kabarnya PSG akan melepas Javier Pastore dan Angel Di Maria.

 

MANCHESTER, RadarPena.com - Manchester City sudah menyiapkan paket finansial untuk mendapatkan Alexis Sanchez. Kabarnya Sanchez akan meninggalkan Arsenal saat kontraknya habis musim panas tahun ini. Pemain asal Chile ini akan ditawari gaji per tahun 13 juta pound dan nilai kontrak 30 juta pound. Bos Arsenal Arsene Wenger menyatakan klubnya belum mendapatkan tawaran dari siapa pun untuk mendapatkan Sanchez. Dia menepis laporan bahwa City menyiapkan paket 30 juta pound untuk menggaet pemain ini pada jendela transfer sekarang ini.

Ketika ditanya apakah dia sudah memperkirakan Sanchez akan meninggalkan Arsenal, Wenger menjawab, "Saya tidak memperkirakan apa-apa, saya fokus pada pertandingan saja," ujar Wenger.

Sanchez akan diturunkan untuk menghadapi Chelsea pada leg pertama semifinal Piala Liga, kata Wenger, yang mengatakan tak punya informasi terbaru mengenai masa depan dua pemain dia lainnya, Mesut Ozil dan Jack Wilshere.

 

PARIS, RadarPena.com - Real Madrid mungkin menutup tahun lalu dengan buruk. Namun Zinedine Zidane dinyatakan sebagai pelatih terbaik Prancis 2017 karena memimpin klubnya meraih gelar La Liga dan Liga Champions.

“Saya ingin menunjukkan bahwa saya juga bisa menjadi pelatih yang baik dalam kondisi sulit,” ujar Zidane di Madrid, Rabu (10/1). Real mengalami tahun yang buruk. Mereka menduduki peringkat keempat pada La Liga, ketinggalan 16 poin dari Barcelona, dan menutup 2017 dengan kekalahan 0-3 di kandang dalam laga el Clasico.

Pada Minggu, mereka ditahan imbang 2-2 di Celta Vigo. “Hari ini, ya, memang ada ancaman, namun saya tidak akan berubah. Saya tahu bahwa saya punya pemain-pemain hebat di depan saya yang mendengarkan saya. Bermain sepak bola, saya tahu caranya. Jadi pada akhirnya masalah akan selesai sendiri,” terang Zidane.

“Sebagian orang mungkin berpikir bahwa semuanya selalu mudah bagi saya, bahwa saya melakukan semuanya berdasarkan insting, tapi itu tidak benar! Baik sebagai pemain atau pelatih, saya selalu berusaha,” ungkapnya.

Tim asuhannya akan melanjutkan usaha mempertahankan gelar Liga Champions mereka melawan tim asal Prancis yang diasuh pelatih asal Spanyol, ketika Real menghadapi tim asuhan Unai Emery Paris Saint-Germain dalam putaran sistem gugur pertama pada 14 Februari dan 6 Maret.