3 Pasangan Cagub Sumut Tes Urine

Typography

MEDAN, RadarPena.com - Pasangan peserta Pilkada Sumatera Utara menjalani pemeriksaan lanjutan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik. Pemeriksaan hari kedua berlangsung di Gedung Paviliun.

Pemeriksaan kesehatan dimulai dengan pengambilan sampel urine untuk pemeriksaan penyakit dalam dan narkotika. Selanjutnya pemeriksaan kesehatan lainya. Antara lain pemeriksaan paru-paru, ginjal sampai alat gerak dan akan diakhiri dengan tes psikiatri.

"Tes pada hari ini akan berlangsung sampai sore hari," papar Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada 2018 dr Ramlan Sitompul di RSUP Haji Adam Malik, Kota Medan, Jumat (12/1).

Kamis (11/1) kemarin, pemeriksaan lebih dominan pada psikologi. Sedangkan hari ini, pemeriksaan lebih fokus pada kesehatan. "Nanti juga ada BNN (Badan Narkotika Nasional). Termasuk juga akan dilakukan USG. Pokoknya semua bagian tubuh akan diperiksa,” timpal Ramlan.

Nantinya hasil pemeriksaan masing-masing bacagub-bacawagub akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut. Rencananya, penyerahan hasil pemeriksaan dilakukan pada 15-16 Januari 2018. "Hasil rapat pleno KPU yang akan menentukan lulus tidaknya pasangan calon dari tes kesehatan. Kami hanya melakukan pemeriksaan saja,” tandas Ramlan.

Sebelumnya, Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga menjelaskan bahwa ada tiga aspek yang akan dinilai dalam tes kesehatan. Adalah psikologi, kesehatan, dan narkotika.

“Yang perlu kami informasikan, keputusan akan bersifat mengikat dan final. Semua aspek yang telah ditentukan harus dipenuhi oleh pasangan calon,” tandas Benget.

Seperti diketahui, 3 Bacagub-Bacawagub Sumut resmi mendaftar di KPU Sumut. Adalah pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas), JR Saragih-Ance Selian, dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus.(jawapos)