Permudah Investasi, Pemerintah Buat Program Single Submission

Typography

JAKARTA, RadarPena.com - Menteri Komunikasi dan Informartika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, permasalahan regulasi masih menjadi momok bagi para investor. Kendala itu juga dianggap menghambat niat baik mereka guna mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Namun menurut dia, permasalahan itu bukan tanpa solusi. Pemerintah telah menemukan formula baru dalam memberantas permasalahan berusaha. Salah satu langkah yang ditempuh adalah melalui program single submission.

Dia menjelaskan, program itu nantinya akan fokus pada pemberian mandat. Artinya, kementerian yang ditunjuk atas kesepakatan bersama akan menjadi 'broker' bagi para investor.

"Contoh, Kominfo mendapat mandat dari BKPM untuk mengurus perizinan dari investor, nah kita yang harus bergerak. Kementerian lain nanti akan membantu dan memberi kemudahan," ujarnya di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/1)

"Jadi pelayanannya satu pintu dari yang diberi mandat. Nah, ini tidak boleh ada ego sektoral," tambahnya.

Disamping itu, dalam pengurusan berkas investor juga akan diberi kemudahan. Jika sebelumnya dalam mengurus perizinan berinvestasi membutuhkan banyak foto copy, namun pada kebijakan baru ini satu foto copy berkas sudah cukup untuk mewakili.

"Jadi nanti menyampaikan satu copy bisa langsung disampaikan ke pihak yang terkait. Itu akan disampaikan via elektronik," jelas dia.

Selain itu, dirinya memastikan kebijakan tersebut akan berjalan pada Maret 2018 mendatang. Diharapkan, perubahan regulasi ini akan mendorong kemudahan berusaha bagi investor. "Mulai Maret ada perubahan tata kelola dan perizinannya," tandasnya. (hap/JPC/JP)