Israel Hancurkan Satu Terowongan dari Gaza

Typography

YERUSALEM, RadarPena.com - Israel menyatakan telah menggunakan perpaduan serangan udara dan berbagai sarana lain untuk menghancurkan terowongan yang membentang dari Jalur Gaza ke Israel dan berlanjut hingga ke Mesir. Juru bicara militer Israel Jonathan Conricus mengatakan terowongan itu milik gerakan Hamas Palestina, yang mengendalikan Jalur Gaza, dan diniatkan untuk melancarkan serangan bukannya untuk penyelundupan.

Terowongan tersebut bermula dari timur kota Rafah di Jalur Gaza menyeberang ke Israel sekitar 180 meter, kemudian berlanjut ke Mesir dengan panjang tidak tertentu dan tidak ada titik keluar yang dideteksi, katanya, menambahkan bahwa panjang total terowongan itu sekitar satu setengah meter.

Terowongan-terowongan semacam itu pernah digunakan untuk melancarkan serangan pada masa lalu. Conricus mengatakan bahwa dia tidak tahu apakah ada korban dari operasi penghancuran terowongan yang masih dalam tahap pembangunan tersebut.

Terowongan itu berada di bawah pos pengiriman barang utama antara Israel dan daerah blokade Jalur Gaza yang dikenal sebagai Kerem Shalom  serta pipa gas dan minyak menurut Conricus. Pos lintas batas tersebut ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Menurut Conricus, serangan udara Israel pada Sabtu malam bersama dengan berbagai sarana lain yang tidak dijelaskan digunakan untuk menghancurkan terowongan itu. Serangan udara terjadi di dalam Jalur Gaza, sementara sarana lainnya digunakan di wilayah Israel.

Iklan Detail 1