Mahasiswa UMP, Sosialisasikan Pembuatan Sabun Cuci Tangan & Karbol Ramah Lingkungan Kepada Kader PKK Kelurahan Muktisari

Hani Nur Hanifah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang sedang malaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar bekerjasama dengan ibu-ibu kader PKK Kelurahan Muktisari untuk membuat sabun cuci tangan secara mandiri dan juga karbol (pembersih lantai) yang ramah lingkungan.

Berbekal ilmu yang telah dipelajari selama di perkuliahan, Hani Nur Hanifah mahasiswa Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Purwokerto, menginisiasi ibu-ibu kader PKK untuk membuat sabun cuci tangan yang aman bagi anak-anak dan orang dewasa.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti aquades (air), texapon (mengangkat kotoran), gleserin (pelembab), NaCl / Garam Dapur (sebagai pengental). Hani Nur Hanifah memberikan pelatihan kepada para ibu-ibu PKK di aula Kelurahan Muktisari.

Hal ini tentu disambut baik, oleh ibu-ibu kader PKK dan terkhusus bapak lurah Kelurahan Muktisari yaitu Bapak Asep Intan Yuliana, S.STP., M.AP.

Beliau menegaskan bahwa, semoga kegiatan-kegiatan seperti ini, bisa mendorong masyarakat untuk lebih kreatif dan mulai sadar terhadap hal-hal baru yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari, contohnya seperti yang diajarkan oleh saudari Hani Nur Hanifah ini, ucapnya saat ditemui di Aula Kelurahan Muktisari, Rabu (26 Januari 2022).

Selain itu, Bapak Asep Intan Yuliana selaku lurah di Kelurahan Muktisari, juga memberikan nasehat kepada kita sebagai mahasiswa, untuk bisa saling bersinergi dalam membangun masyarakat, terkhusus di Kelurahan Muktisari.

Pelatihan pembuatan sabun cuci tangan dan karbol (pembersih lantai) ini dihadiri juga oleh beberapa mahasiswa dari Universitas Galuh, yang juga sedang malaksanakan KKN di Kelurahan Muktisari.

Leave a Comment