Sistem Perizinan dan Pengadaan Barang di KKP Disorot KPK

Typography

JAKARTA, RadarPena.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diminta melakukan perbaikan sistem pengadaan barang dan jasa serta melakukan transparansi anggaran. Sebab di kedua sistem tersebut sangat rawan terjadi tindak korupsi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif saat menjadi keynote speaker pada acara bertemakan Ayo Kita Berantas Korupsi untuk Mewujudkan Masyarakat Kelautan dan Perikanan yang Sejahterah.

Kegiatan tersebut digelar untuk memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang jatuh pada 9 Desember nanti. Acara digelar di gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kamis (7/12).

Laode Syarif berharap kerjasama yang terjalin dengan KKP menjadikan pencegahan korupsi sebagai isu utama. Dengan begitu, kata dia, dapat mencegah terjadinya korupsi di Kementerian KKP.

"Pencegahan korupsi di KKP itu akan dijadikan agenda utama," kata Laode.

Laode berpesan, agar KKP memperbaiki sistem perizinan dan transparansi anggaran operasional. Kedua hal tersebut menjadi perhatian khusus KPK. "Sistem perizinan yang lebih baik, yang kedua pengadaan barang dan jasa di KKP bisa lebih transparan dan accountable." ungkapnya.

Sementara itu, Inspektur Jenderal KKP Muhammad Yusuf mengatakan, sejauh ini instansinya sudah memiliki sistem kelola dalam pengawasan pengadaan barang dan jasa yang baik. "Kami di sini sudah melakukan probity audit untuk setiap pengadaan barang dan jasa," kata Yusuf.

Dia berharap, pengawalan secara step by step yang sudah berjalan, itu bisa menjadi pencegahan tindak pidana korupsi di KKP.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan setiap eselon seperti Sekjen dan semua Dirjen KKP termasuk Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sebagai simbol bentuk kerjasama dalam pencegahan korupsi.

Kegiatan ini juga akan dilengkapi dengan diskusi panel dengan melibatkan pimpinan KPK periode 2010-2011 Busyro Muqoddas, Ketua Pukat UGM Zainal Arifin Mochtar, dan aktivis ICW Adnan Topan Husodo.(jawapos)