Yuk, Berwisata dan Beribadah di Masjid Bahtera Nuh di Semarang

Typography

SEMARANG, RadarPena.com - Ada Masjid Kapal atau Masjid Bahtera Nuh di Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah. Bangunan yang 

terinspirasi dari masjid di kota Islamabad, Pakistan, itu dibangun pada tahun 2017.

Masjid dibuat semirip mungkin dengan Bahtera Nabi Nuh yang menyelamatkan umatnya saat negerinya dahulu diterjang banjir bandang ribuan tahun lalu.

Masjid yang dibangun di atas tanah seluas 2.500 meter persegi itu memang dibangun layaknya sebuah kapal besar lengkap dengan jendela berbentuk bulat, puritan, haluan, dan aksesoris kapal lainnya. Di pinggiran kapal pun dibuat parit kecil yang mengelilingi kapal, berfungsi sebagai kolam ikan sekaligus menimbulkan kesan kapal tersebut sedang berada di atas lautan.

Seorang pengawas masjid, Husein ketika ditemui mengungkapkan bahwa masjid kapal ini akhirnya dibangun atas dasar mimpi dari seorang ulama dan guru agama dari Semarang, bernama Kyai Achmad.

"Jadi sambil mengingat sejarah, untuk kembali mengajak mengingat Tuhan, maka dibuatlah masjid ini. Proses pembangunan sudah 90 persen," katanya saat ditemui Juli tahun lalu.

Husein mengungkapkan karena bentuknya yang unik, masyarakat dari berbagai daerah sengaja berkunjung untuk sekadar berswafoto atau ada juga yang memang berniat beribadah.

Tetapi, ke depannya tidak hanya sebagai tempat beribadah, bangunan tiga lantai tersebut rencananya akan dilengkapi fasilitas umum, seperti perpustakaan, ruang pertemuan, dan klinik kesehatan untuk masyarakat umum.

Menariknya, untuk memasuki kawasan masjid, pengunjung tidak dipungut biaya. Setiap kendaraan roda dua yang masuk hanya akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Walaupun, lahan parkir yang tersedia masih cukup sederhana, yaitu lapangan bola.

Namun sayangnya, masih banyak pungutan liar menuju kawasan tersebut. Di tambah lagi, akses jalan yang tidak cukup luas dipastikan akan membuat kemacetan di saat akhir pekan tiba.

Lalu bagaimana cara untuk sampai ke sana? Pertama, catat dahulu lokasi lengkapnya. Masjid unik ini berada di kampung pinggiran Semarang Barat, tepatnya di Jalan Kyai Padak, RT 5/RW 5, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sekitar 15 kilometer dari bandara A Yani.

Kedua, jika kalian datang dari arah bundaran Kalibanteng, maka lurus ke arah barat melewati kampus UIN Semarang menuju BSB (Bukit Semarang Baru). Kemudian, belok ke kanan sebelum LP (Lembaga Pemasyarakatan) Kedung Pane. Di kampung dekat hutan itulah, seorang kyai bernama Achmad membangun masjid unik ini.(jawapos)

Iklan Detail 1